5 Booster ASI Paling Bagus

38 komentar
5 Booster ASI Paling Bagus. Kebanyakan semua ibu pasti ingin ASInya lancar dalam menyusui bayinya. Karenanya kadang kita berupaya agar ASI ekslusif bisa langsung keluar setelah melahirkan hingga 6 bulan. Syukur-syukur bisa sampai 2 tahun memberikan ASI buat anak tercinta.

Virtually all mothers can breastfed, provode they have accurate informatio, and the support of their family, the health care system and society at large - WHO -
Karena itu agar tujuan kita tercapai, pengetahuan tentang ASI ini dimulai dari masa kehamilan. Saat hamil kita rajin menjaga kebersihan payudara. Saat melahirkan, kita bisa mengusahakan agar proses menyusui itu tetap berjalan lancar. Mulai langsung memberikan ASI setelah melahirkan dengan IMD (selama ibu dan bayi sehat), memberikan ASI sesering mungkin pada bayi, memilih kamar yang bisa room in dengan bayi, termasuk pula meminta obat pelancar ASI dan obat penahan nyeri setelah lahiran. 

Seperti tulisan saya dulu-dulu tentang drama menyusui saat kakak Raffi, ASI itu cairan hidup yang datangnya dari Tuhan dan tiap tetesnya punya kandungan zat gizi yang dibutuhkan bayi sesuai kebutuhan usianya. Keren banget gak sih? 
Breastfeeding isn't just about milk. It's also about LOVE
Buat saya, proses menyusui itu butuh perjuangan. Setiap ibu pasti punya cerita tersendiri tentang mengASIhi ini. Iyappp, karena menyusui itu bukan hanya ngasih payudara ke bayi untuk diisap tapi ada banyak hal yang perlu kita ketahui dan kadang kala menguras emosi kita(*ihik mulai lebay). Paling tidak kita (dan bayi) harus belajar perlekatan menyusui yang baik, posisi menyusui yang benar, menyendawakan bayi, memerah ASI hingga mencari booster ASI yang tepat agar ASI kita selalu berjalan lancar.



Karena punya pengalaman saat menyusui kakak Raffi, kali ini hampir tidak ada 'drama' saat melakukan aktifitas breastfeeding pada adik Raffa. Aman pokoknya. Tapi walau begitu, demi ASI terus ngucur lancar sampai titik darah penghabisan di 2 tahun, saya tetap melakukan 5 booster ASI yang paling bagus. Apa saja sih? 

Ini dia 5 booster ASI paling bagus agar produktifitas ASI berjalan lancar versi saya : 

1. Percaya diri kalau ASI cukup sampai 2 tahun

Ini kunci utama agar kita bisa sukses menyusui, PEDE. Tanpa percaya diri yang ada kitanya galau galau terus bawaannya. Jangan dong! Kalau ibunya galau kumaha anaknya atuh manehna?.

Berpikir positif itu harus ditanamkan agar timbul optimisme dalam diri ibu (*ehem bahasanya). Eh tapi serius loooh ini terbukti pada saya sendiri, walau sering keluar masuk RS, saya bisa menyusui Raffi hingga 2 tahun lebih malah. Semoga kepedean saya kali ini berhasil bisa sukses menyusui Raffa seperti kakaknya. Gini loh, saya saja yang sakit-sakitan bisa menyusui apalagi bunda-bunda kece yang baca postingan ini pasti bakal bisa jauh lebih berhasil dari saya ^^.

ASI itu berdasarkan permintaan. Kalau semakin sering dikeluarkan, maka akan semakin banyak ASI yang diproduksi. Dikeluarkan ini banyak caranya, bisa langsung disusukan pada bayi atau dipompa menggunakan breastpump. Saya sendiri penganut short breastfeeding dengan memberi ASI secara singkat dan teratur selama lebih kurang 10 menit sekali, karena bisa menambah berat badan bayi lebih cepat dan produksi ASI terus bertambah.

2. Konsumsi makanan bergizi dalam jumlah wajar

Makan makanan minuman yang kita sukai saja dan jangan lupa memperbanyak buah sayuran. Ada juga makanan yang dipercaya bisa menambah jumlah produksi ASI. Ada daun katuk, daun pepaya, kacang-kacangan, sari kurma, tumis pare, susu soya dll. Banyak banget. Yang pasti, karena kita sudah menanamkan poin 1 yaitu percaya diri mau makan apa saja insyaallah bisa menambah produksi ASI. Apalagi kitanya suka makanannya, dijamin ngucur ^^. Tidak perlu porsi banyak sewajarnya saja, biar berat badan juga menyesuaikan kembali kesemula. Kalau busui itu bawaannya laperrrrrrrrrr banget kaaan? Hehehehe.

Jangan lupa minum yang banyak. Apalagi kalau kita pakai booster asi wajib ini pakai minum air  yang banyak. Bawaannya biasanya hausssssss.



Jangan lupa untuk melihat ada alergi tidak pada bayi kalau kita konsumsi makanan tertentu. Karena kadang ada beberapa bayi yang sensitif, misalnya kita konsumsi telur terus menerus yang ada nanti bayinya gatel-gatel. Dan itu kejadian pada Raffi sampai saat ini hehehe, kalau sama telur walau doyan. Misalnya beberapa hari Raffi saya kasih makan telur terus pasti merah-merah :v.

3. Minum ASI Booster

Makanan minuman untuk booster ASI banyak sebenarnya seperti poin 2. Apalagi kalau makanannya enak dan kita suka, alhasil produksi ASI pasti tambah banyak. Ini boleh dikonsumsi boleh tidak, namanya juga ikhtiar. Hehehehe.

Ada macam-macam seh sebenarnya, cuma yang sering saya konsumsi itu ada 3 :

  • ASI Booster Tea
Sekarang ada ASI Booster Tea untuk menambah produksi ASI. Itu kayak minuman teh pelancar ASI alami pertama di Indonesia yang bisa meningkatkan jumlah ASI dalam waktu 24 Jam. Lucunya, walau namanya teh, ASI booster tea ini tidak ada kandungan daun tehnya lohhh. Karena ini herbal jadi aman dikonsumsi buat ibu, apalagi harganya ekonomis pas buat kantong kalau beli terusan kan?

Komposisinya ada Fenugreek seed, fenugreek powder, FENNEL SEEDS,Fennel powder, ANISE, cinnam venum, alpinia powder, dan habbatussauda.

ASI Booster Tea ini dapat langsung diminum biasa, ditambah gula, madu atau juga krimer. Bisa juga dibuat campuran minuman kesayangan dengan dicampur jus, susu, dibuat milkshake. Suka-suka si ibu saja dah :D.

  • Blackmores
Kalau ini saya suka minum dan efeknya bukan memperbanyak. CMIIW. Tapi memperkental gitu hasil ASI-nya. Bakal terlihat kalau pas meras ASIP sebelum dan sesudah pakai.
Lengkapnya tentang Blackmores bisa dibaca di 

Blackmores

Selain dua ini pernah juga beli Jus wake wake (jus bangun), cuma kok lapar terus ga kenyang-kenyang habis minum itu hihihi. Tapi emang jadi banyak ASInya.

  •  Jus Wake Wake Booster ASI
 wake wake booster asi
 
Ini yang paling saya suka. Wake Wake ini saya kenal saat menyusui Raffa. Jusnya enak seger diminum dingin-dingin. 

Cocok yang mana? Ya cobain aja dulu semua selama seminggu. Nanti yang paling cocok sama kita yang mana.

4. Bahagia dan Ikhlas

Hidup itu sekali makanya kita harus bahagia. Dari dulu saya selalu bilang biar ASI lancar itu gampang sebenarnya. Kita harus bahagia, karena kalau bahagia akan membuat hormon prolaktin dan oksitosin jadi meningkat yang berguna untuk derasnya ASI. Coba deh, satu hari ada me time (kesalon, jalan-jalan atau belanja) pasti ASI-nya bisa deras. Ibu mah gampangan senangnya :"p.

Gampang ya kayaknya, tapi jujur ternyata 'bahagia' itu gak gampang loh. Karena melibatkan banyak hal, orang dan kondisi yang mau tidak mau saling berhubungan satu sama lain dan adaptasi. Dan cuma satu yang bikin semua bisa lebih mudah dijalani yaitu dengan IKHLAS menyusui :"). Dijamin lancar kedepannya dan segala perjuangan untuk selalu mengASI.

5.  Dapat dukungan menyusui dari lingkungan sekitar

Untuk support meng-ASI, jangan lupa lingkaran terdekat dari ibu yaitu suami dan keluarga (sahabat) dekat. Yang harus bantu kita untuk selalu "KERAS KEPALA" dalam mengASI. Kadang nih ya, dropnya ibu akhirnya putus tengah jalan mengASI itu berasal dari orang dekat seringnya loh. Makanya, tidak ada salahnya ngobrol dengan sekitar untuk memberi tahu tentang rencana tipe parenting (termasuk mengASI) kita.

Baca juga : Dear suami, lakukan ini setelah ibu melahirkan yaaaaaa!

Istirahat cukup itu juga termasuk didukung lingkungan, karena ada yang jagain bayi. Kalaupun gak ada ya udah sih ikut bobok saja sama bayi hehehe. Jangan lupa olahraga juga ya biar tetap bugar saat menyusui

Dan tidak ada salahnya mengikuti grup sharing ASI diforum-forum atau mengikuti kelas edukasi. Biasanya, karena kita mendapat "teman seperjuangan" curhatnya jadi nyambung tanpa harus digurui senior. Walau kadang saya akui sih, ada juga beberapa yang saing-saingan milestone terutama tentang berat badan :v :v. Tenang, ibu baru mah gitu apa-apa pamer anak (termasuk saya) diiyain saja dah :D (sebagai salah satu cara mendukung :P). Tapi terbukti loh, ikutan nimbrung curhat sesama pejuang ASI gini bakal bikin kita lebih semangat mengASInya ^^.

Sebelah kiri saat menyusui Raffi
Sebelah kanan saat menyusui Raffa
 2020 : On going menyusui Rafif




Saya punya 5 booster ASI paling bagus agar bisa sukses menyusui buah hati. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat. Yang pasti rumusnya : ibu bahagia, ASI lancar, anak sehat. Happy breastfeeding buibu pejuang ASI. Yuk, semangat mengASInya buat anak kita :*.

Atau punya booster ASI favorit? Yuk yuk yuk dishare ceritanya yuk!


Related Posts

38 komentar

  1. Bener smua tipsnya,,, peran suami jg dominan membantu ikut urus baby 😍😍

    BalasHapus
  2. Paling penting dukungan sekitar ya mb echa. Mujarab banget buat asi lancar hahaha

    BalasHapus
  3. Makasih mba cHa infonya, jadi tahu ada Asi booster tea.

    BalasHapus
  4. booster ASI favoritku sayuran2 ijo + minum susu yoghurt aja mak, enak juga ada ASI booster tea yg dicampur2 gitu :D

    BalasHapus
  5. Pengalamanku dulu banyak makan kacang hijau sama daun katuk mba :)

    BalasHapus
  6. Dulu aku minum jus pare! Hahaha... Pare campur mangga trus dijus.

    BalasHapus
  7. Mba itu myusui pake kacamata item pas lagi ngapain mba? Keren juga.. hihihi

    BalasHapus
  8. kalo kata orang tua harus rajin makan marning hehehe

    BalasHapus
  9. Tfs ya Mak, saya lagi hamil dan yakin kalo PD saya mampu mengASIhi baby selama 2 tahun aamiin

    BalasHapus
  10. memang harus yakin dan percaya..plus bahagia pol ya Cha biar lancar :)

    BalasHapus
  11. Rajin makan daun katu kalau kata ibukku. :D Raffa lucu! >_<

    BalasHapus
  12. Faktor utama emang dari pikiran, ya? ^_^

    BalasHapus
  13. Ada ASI booster tea? :o Langsung seret sodara bair asinya lancar.. :D

    BalasHapus
  14. Dulu saya pake Moloco B12 , sekarang ada Asi Booster ya

    BalasHapus
  15. Aku dulu sedikit banget ASinya huhuhu. Sedihh. nanti anak ke-2 kalau dikasih kepercayan lagi sama Allah dan kalo ASInya kurang lancar (tapi jangan sampai deng), bisa pake ini yaaa. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama anak pertama jg asi nya sedikit bgt..skrg br lahiran anak kedua..tips nya donk biar asi lancar dan banyak..

      Hapus
  16. huhu.... iri kalau liat pada lancar asi..

    BalasHapus
  17. Kalo aq yang penting hati senang asi pun lancar hehehe

    BalasHapus
  18. aku lagi suka minum mamanduy asi booster.. lumayan ngaruh di aku.. walau saat ini udah mulai seret hiks

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum mom, kebetulan browsing2 asi booster trs muncul blog ini. Sangat membantu sekali tips2nya mom.
    Ohya aku boleh minta ilmunya kan mom?? Jadi gini, skrg aku kan lg hamil 8bln, dan yg aku khawatirin asi aku blm keluar mom. Pdhl pgn banget program IMD & ASIX, takutnya produksi asiku sedikit.
    Nah, apa asi booster tea ini boleh dikonsumsi mulai hamil juga mom? Trs ada tips2nya gak mom untuk memperlancar produksi asi?
    Mohon bantuannya yaa mom, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Ga udah mba. Konsumsi makanan bergizi saja, sayur, jangan pikiran, banyakin kacang2an juga bisa ^^. Kalau mau pijet dikit2 payudara juga gpp asal ga sampe bikin kontraksi ^^.
      Percayalah, dengan positif thinking ASI SAYA CUKUP pasti BISA MENGASIHI ^^.

      Hapus
  20. Minta saran nya. Kemarin saya minum asi booster tea.. tp mlem nya saya diare, mual muntah. Kenapa yach??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kenapa ya? ga cocok kali. mungkin bisa dicoba lagi mba. kalau mual pusing juga coba yang lain ^^

      Hapus
  21. tak tambahin satu lagi mba Echa, sering2 d peras asinya 2-3 jam sekali juga membantu memperbanyak asi. :)

    BalasHapus
  22. Hai para bunda atau para ibu hamil.sedikit sharing..dr hamil aku ga kepikiran asi keluar atau tidak, karena aku dr hamil 7 bulan..tensi aku tinggi..jd takut kena preeklamsia.dan akhir nya baby lahir 2 minggu sebelum jadwal nya ( sc, karena berat bayi ga nambah di minggu trakhir). Setelah melahirkan lega rasa nya bun..tp ada kendala di hr pertama saya di rs.saya sendirian.dengan nyeri sakit sc yang luar biasa.hanya tidur stgh jam sekali.sebanyak 3 kali.alhasil saya tidak menyusui baby saya pada hari pertama dan saya bilang suster untuk kasih sufor (kasian ga minum,titip druang bayi). Ketiks pulang..saya stress sekali,dr asi dikit, lalu ortu suruh kasih sufor.dan kerjaan kantor saya ditanya tiap hari untuk kpk selesai..akhir nya saya kasih sufor( hanya mlm hari pertama pulang..dan sesekali siang (kasian nangis). Tetapi saya yakinin jgn kasih sufor dan saya susuin baby terus ( nyeri,sakit,cape tetep harus menyusui).Baby saya skrg 8 minggu. Inti nya dari asi adalah perasaan ibu yakin bahwa asi cukup untuk dd bayi, harus itu. Dukungan suami dalam mempersiapkan kebutuhan baby.seperti mencuci botol.pompa asi,makan bunda. Menjaga baby jika bunda nya lagi tidur,kelelahan bergadang,beresin rumah,dll.pihak keluarga semua harus dukung.. makanan yg di konsumsi..lebih banyakin sayur dan yang berkuah2.kalau booster saya minum blackmores dan lactamam dari dokter.saya jg minum susu lactamond. 1 minggu pertama saya coba semua booster itu dan sampe skrg asi saya sekali perah bisa 120-140ml, setiap 3 atau 4 jam.jika sempat pump,saya pump saja selain menyusui baby.inti nya jangan stress..yakinin asi kita cukup untuk baby dan sering pump jika baby tidur. Semangat para ibu ASI.. semoga bisa sampe 2 tahun..harus semangat.walau kadang jg cape..tp demi si buah hati ya Bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ❤❤❤❤❤perjuangannya

      Makasih sudah berbagi mba

      Hapus
  23. Bayiku sudah 3bln tapi ASI ku makin sdkit dan bayiku juga kena Bingung Puting d karenakan sewaktu mlahirkan ASI ku blm kluar dan kata bidannya d suruh kasih SUFOR alhasil skrang bayiku jadi bingput,udah coba berbagai macam cara ttep bayiku lebih memilih dot.nya dari pada PD.ku ,dan makin kesini ASI ku makin sdkit hanya bisa 10ml itupun dngan brsusah payah pompa ASI ,saya jadi bingung dan sdkit STRESS karna bayiku jadi minum SUFOR daripada ASI
    Adakah tipsnya untuk saya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pengalaman saya,psikologis mbak yg mempengaruhi produksi asi mbak. Tetap tenang dan tetap menyusui walaupun sedikit dan lecet. Tetap pompa walau hanya membuat embun di pompa Asi. Kalau sudh terlanjur bingput, berati mbak bisa milih pompa asi. Selama proses menaikkan produksi asi, ya lanjut sufor,seiring produksi asi mbak lancar (ada) tambahkan sedikit2 ke sufor. Pada akhirnya nanti ganti 100% asi perah. Semangat ya mbak.. Tuhan memberkati perjuangan mu.

      Hapus
  24. Bayiku sudah 3bln tapi ASI ku makin sdkit dan bayiku juga kena Bingung Puting d karenakan sewaktu mlahirkan ASI ku blm kluar dan kata bidannya d suruh kasih SUFOR alhasil skrang bayiku jadi bingput,udah coba berbagai macam cara ttep bayiku lebih memilih dot.nya dari pada PD.ku ,dan makin kesini ASI ku makin sdkit hanya bisa 10ml itupun dngan brsusah payah pompa ASI ,saya jadi bingung dan sdkit STRESS karna bayiku jadi minum SUFOR daripada ASI
    Adakah tipsnya untuk saya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relaktasi mba. Coba ke konselor laktasi atau rs yang pro asi biar lacth on kembali.

      Bisa mba bisa insyaallah tanoa dot. Percaya sama bayimu mba dan asi cukup sampai 2 taun.

      Posisi dimana mba.mungkin bisa aku kenalin ke konselor laktasi terdekat

      Hapus
  25. Assalamualaikum. Saya ibu baru yg juga bekerja. Minta saran dari mommy"sekalian donk.. Aku dh mnum segala boster dari asi boster tea, madu susu juga , Tp makin hari produksi asi makin menurun. dulu wkt si baby usia 1 bulan pernah coba sufor( krn waktu itu harus dtinggal check up) u si baby malah diare n nangis semalaman. Kira" makanan n boster asi apalagi ya mom biar asi ku banyak??

    BalasHapus
  26. Asi saya malah kalo dipumping 2-3jam sex kok makin sikit ya...kasi solusi dong moms

    BalasHapus
  27. sayapun alami nikmatnya mengasihi. bahagia adalah kunci utama. saya pernah stress berat saat nyusuin karna posisi pas ngerjain tesis. ASI langsung mandek. posisi anak usia 3bln. ketauannya anaknya nangis terus dan pampersny kering. sedih bgt. tp saya tetep kekeh anak sy g bole sufor. saya pumping 15menit sekali plus anak saya nenen terus dan g saya lepas. alhamdulillah kluar dikit2 dan besoknya lancar lg.

    BalasHapus
  28. Bayi saya 1,5bln di hari pertama kedua maksain kasih asi yg seret dikit bgt keluar mgkn kaya getah cm setetes, dan hari ketiga bayi jd demam tinggi mgkn Krn dehidrasi akhirnya saya kasih sufor aja wlw sedih bgt, tapi ttp berlanjut dg sering2 menyusui, skrg udh 1,5bln.. udh hampir sebulan ini coba macem2 asi booster dan ttp volume asi dikot-dikit. Sekali pompa cuma dapet paking banyak 30ml, keluar pas pompa banyak cuma beberapa detik saat rembes seyelah itu seret lagi ga keluar dipompa.. harus bgmn? Sedih merasa kalah saing sm sufor, coba ini itu tapi asi ga bs sederas aliran aungai.. ada yg bisa bantu?? Maaf saya pakai akun suami..

    BalasHapus
  29. Makasih mb infonya sangat membantu sekali kebetulan lagi cari2 booster yang abgus, ijin share ya

    BalasHapus
  30. Terimakasih ya mbak echa berkat artikel mbak aku jadi nggak bingung milih booster asi lagi pokoknya sangat berguna banget dan membantu banget :)

    BalasHapus
  31. Terima kasih sudah mempercayakan wake wake untuk booster asi terbaik mommy

    ❤❤❤

    BalasHapus

Posting Komentar