Membuat Rak Sepatu Sederhana dengan Besi Siku


Besi siku adalah besi yang berbentuk siku atau memiliki sudut 90 derajat. Harga jual besi siku berbeda - beda bergantung dari distributornya. Pada dasarnya besi siku dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai barang seperti rak sepatu, kanopi, penekuk plat, dan lain - lain. 

Kali saya akan memberikan informasi bagaimana membuat rak sepatu sederhana dari besi siku. Sebenarnya membuat rak sepatu dengan besi siku cukup mudah, adapun persiapan dan langkah-langkahnya sebagai berikut:

Bahan-Bahan

1. 4 buah besi siku lubang dengan panjang masing - masing 3 meter. 
2. 16 Buah Kunci Siku
3. Bor Listrik
4. Gerinda
5. Penggaris Siku
6. Mur Baut Secukupnya

Proses Pembuatan 

Setelah semua bahan dan perlatan disiapkan, adapun langkah - langkah membuat besi siku diantaranya 

1. Langkah awal, tentukan dulu ukuran dari rak sepatu yang ingin dibuat. Misal dimensi tinggi 1 meter, lebar 58 cm, dan kedalaman 22 cm. Setelah ditentukan ukurannya, lakukan pengukuran dan beri tanda pemotongan. Ukuran standart besi siku biasanya memiliki panjang 3 meter. Meski ukurannya sama, harga jual besi siku ini berbeda - beda bergantung dari distributornya. 

2. Setelah ditentukan panjang dan dimensi besi siku yang dibuat, proses selanjutnya adalah memotong besi siku sesuai dengan tanda yang dibuat. Gunakan gerinda untuk memotong besi siku tersebut agar presisi. Perlu dicatat, ketebalan dan kekuatan besi siku, bergantung dari pabrikan pembuatnya. Ketebalan ini juga mempengaruhi harga jual besi siku.

3. Selanjutnya, setelah di potong, Perhalus bagian ujung potongan dengan menggunakan gerinda agar tidak tajam. Perlu diperhatikan, Baik saat memotong atau menghaluskan besi, berhati - hatilah dengan percikan bunga api, percikan ini bisa saja panas jika mengenai kulit. 

4. Setelah di perhalus bagian sikunya, gunakan bor listrik untuk melubangi besi siku yang dirasa memiliki lubang tidak sesuai dengan mur yang dimiliki. 

5. Terakhir rangkai seluruh potongan besi siku sesuai dengan gambar awal dengan menggunakan kunci siku dan mur baut. Dengan dimensi tinggi 1 meter, lebar 59 cm dan kedalaman 22 cm, rak sepatu ini dapat menampung hingga 15 pasang sepatu. Dengan jumlah alas rak mencapai 5 tingkat. 

Sangat mudah bukan. Selamat mencoba soalnya saya juga mau nyoba bikin mumpung lagi senggang dan ada besi bekas gak kepake \m/.
(Dari berbagai sumber)

[Sponsored Post]

6 comments:

  1. Mba, jadi penasaran nyoba. Suami pernah buat nih rak sepatu tapi bukan dari bahan besi.

    ReplyDelete
  2. Aku suruh suamiku baca ini biar dibuatin rak sepatu wkwkkw, thanks yaaa mbak Echa

    ReplyDelete
  3. Baru kali ini mampir ke blog ini. Salam kenal. Kelihatannya gampang. Kecuali harus menggunakan gerinda untuk memotong besinya.

    ReplyDelete
  4. daripada bikin mending beli,,lebih praktis hahaha.. *piss*

    ReplyDelete
  5. boleeeh deh nanti dicoba buat sendiri chaaa

    ReplyDelete
  6. Kreatif tingkat tinggi tuh.. Perlu ditiru. Makasi tutorialnya mbak..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^