5 Alasan Kenapa Wajib Pakai Masker Saat Naik Motor

 

Sehari-hari saya pakai motor kalau mau pergi kemana-mana. Mulai antar anak sekolah sampai beli tempe ke pasar semua pakai motor. Yaaaa kadang nyetir sendiri, kadang naik ojek online, kadang juga diantar papih buat pergi. Kalau naik motor itu banyak yang harus diperhatikan salah satunya wajib pakai masker. Ternyata, bahaya loh naik motor tidak pakai masker.

Loh kok bisa?

Untuk pengendara sepeda motor, selain pakai helm, jaket dan sepatu, masker adalah hal wajib yang harus dipakai. Padahal nih ya. saya itu kalau mau antar anak sekolah saja jarang pakai --". Boro-boro pakai wong beli kangkung di warung mince saja tidak pernah pakai atribut wajib pengendara motor.

Anak apalagi, biasanya senang banget kalau naik motor duduk depan. Kena angin itu anak jadi senang. Tapi sayang, ternyata hal ini sangat tidak boleh. Hikz, jadi merasa bersalah sering dudukin Raffi di depan pas naik motor.

Padahal sebenarnya banyak loh alasan kenapa kita wajib pakai masker saat naik motor. Ini saya tulis biar kita juga saling mengingatkan bahayanya tidak pakai masker. 

1. Polusi udara semakin menggila

Polusi udara sekarang makin lama makin meningkat. Dengan berkendara motor akan membuat orang sangat bisa menghirup partikel-partikel berbahaya polusi udara di jalan. Dalam jangka waktu panjang membahayakan kesehatan loh. Banyak zat beracun dalam asap kendaraan bermotor yang sangat berbahaya.

Edun ya, panas udara tambah polusi udara. Duh :"(

2. Sayang sama kesehatan diri sendiri dan orang lain


Salah satu kegunaan pakai masker itu untuk melindungi paru-paru saat menghirup polusi udara yang ada. Cuma pakai masker masak tidak mau? Mencegah bukannya lebih baik dari pada mengobati, kan? Kebayang kan kalau tidak pakai masker kita bisa menghirup partikel berbahaya di polusi udara.

Sayang kesehatan saat berkendara dengan lupa pakai masker *ngomong kediri sendiri. Sampai pak polisi suka ngingetin loh, kalau kita pergi gak pakai masker xD.  Saya pernah digituin soalnya wkwkkw. Duh pakpolnya baik benerrrr.

3. Tidak pakai masker saat berkendara motor bisa menyebabkan depresi

Ciri-ciri awal terkena polusi udara itu seperti flu, pusing, sesak nafas, penyakit paru, kanker hingga depresi.

Wait! Depresi?

Iya beneran! Makanya kenapa hal ini menjadi concern banyak pihak kalau berkendara motor harus lengkap atributnya termasuk WAJIB pakai masker. Makanya tahun ini WHO mengambil tema global “Depression: Let’s Talk” untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia tanggal 7 April 2017.

Ditahun 2015, WHO mencatat 4,4 persen populasi dunia menderita depresi. 3 juta kematian pertahun disebabkan terpapar polusi udara dengan 90% kematian terjadi di negara berkembang. Indonesia sendiri sudah 3,7% dari populasi yang menderita depresi karena polusi udara.

Ngeri ya ... :(. Hanya gara-gara tidak pakai masker saat berkendara motor.

4. Masker sekarang keren-keren

Alasan macam apa coba ini :v. Eh tapi serius, masker sekarang bukan cuma warna hijau atau hitam standar gitu. Lucu-lucu, warna-warni bahkan customized loh. Mulai yang cuma nutupin hidung mulut seperti biasa sampai yang topeng gitu modelnya kayak ninja.

Yakin gak mau abang boncengin?

Malah banyak yang sekarang dimatching-matchingin sama helm, jaket dan sepatu. Contohnya lihat saja para pengusaha ojek online sudah sadar banget pentingnya masker bagi mitranya. Makanya kalau kita daftar ojek online biasanya langsung dikasih masker juga, dan penumpang biasanya ditawarkan pakai masker juga (walau masker yang hijau sih ya).

5. 1000 Masker gratis dari Mobil123.com dan Otospirit.com

Sebagai salah satu bentuk kepedulian makin luasnya depresi dimasyarakat, Mobil123.com dan otospirit.com mengadakan kegiatan sosial "Mask for Bikers". Dengan melibatkan 15 bikers dari lima komunitas sepeda motor, kegiatan ini berlangsung tanggal 12 April 2017 pukul 16.00 – 17.00 WIB di daerah persimpangan Buaran, Jakarta Timur. 

Ibu Regia Glamouria sebagai Direktur Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan Otospirit.com menyatakan aksi peduli ini selain untuk ikut serta dalam kampanye hari kesehatan dunia WHO, juga sebagai  bentuk tanggung jawab bersama atas permasalahan depresi karena polusi udara ini. Dengan membagikan 1000 masker pada pengguna jalan yang melintas hari itu, Mobil123.com dan Otospirit.com ingin para pengendara motor sadar akan pentingnya menggunakan masker motor saat berkendara.

Sebelum naik motor, pakai masker dulu yaaa

Hari gini siapa yang menolak gratisan kan? Apalagi penting buat kesehatan ^^. Tidak heran, aksi bagi 1000 masker itu disambut antusias para pengendara motor. Banyak yang datang menghampiri dan mengambil masker yang dibagikan ^^.

"Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja," ucap Regia.

Inget ya, lindungi paru-parumu dan sayangi kesehatanmu. Jangan lupa gunakan masker walau cuma sebentar ke warung beli bawang putih. Karena kalau bukan kita siapa lagi? 


Siap berkendara motor di jalan
Pakai helm, jaket, sepatu dan tidak lupa MASKER


Sudahkah kamu pakai masker saat naik motor? 

9 comments:

  1. Aku lebih senang pakai slayer Mbk/kain gitu nutup wajah dibanding masker yang dijual. Polusi emang parah sekarang ya

    ReplyDelete
  2. Mak chaa itu stiker masker darimana???lucuuuuuu.

    ReplyDelete
  3. Aku jg pakek masker mbk echa, klok ndak pakek suka sesek nafas soalnya, kumat deh asma eikeh, huaaaa...
    Pakek masker wajiblah pokoknya ya mbk

    ReplyDelete
  4. Saya sering lupa, Mba Cha buat pake masker. Pas inget udah di jalan. Akhirnya pake jilbab aja buat nutupin pake peniti

    ReplyDelete
  5. Aku dari dulu alo naik motor pasti pake masker

    ReplyDelete
  6. Kebayang deh klo di cibinong ga pake masker, bisa2 pulang ke rumah, muka jadi jerawatan kena debu jalanan

    ReplyDelete
  7. aku ga kepikiran kalau efeknya smapai separah itu lho mba

    ReplyDelete
  8. Savety bukan hanya pakai Helm, tapi Masker punya dampak/manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan ...

    ReplyDelete
  9. Kalo saya selalu pakai masker, tapi suami dan anak-anak nggak mau karena susah napas

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^