Bermain Bersama Anak di Kidzania Jakarta


Bermain Bersama Anak di Kidzania. Siapa disini yang kadang bingung mau ngajak anak-anak main kemana? Duh, saya termasuk yang bingung kalau mau kemana gitu pas weekend, Dari main sepeda, pesantren kilat sampai bikin DIY mainan tetap saja masih banyak baterainya. Gak ada capeknya anak itu ya?

Yang pasti, saya kalau ajak anak bermain kudu mainnya yang berfaedah (((BERFAEDAH))). Eh, serius ini. Jadi anak gak hanya bermain gitu saja, anak-anak main kesana-sini. Tapi harus ke tempat bermain yang ada nilai plusnya selain sosialisasi. Makanya, saya suka banget kalau pas Raffi lagi ada kegiatan study tur sekolah. Soalnya, benar-benar mengedukasi. Seperti waktu itu Raffi bikin pizza, menanam padi atau memberi susu sapi. Raffi jadi belajar dan bermain juga kan? 

Salah satu kegiatan tur sekolah Raffi yang sangat berfaedah. 
Bermain dan belajar

Kalau saya lihat sih, Raffi (3,5 tahun) ini lagi senang bercerita sekarang. Terus sering bermain peran gitu, seperti menirukan bapak tukang kirim paket. “Bu Echa, ada paket ini. Tolong tanda-tangan yaaa!’’, kata Raffi. Kadang saya ngikik kalau dia lagi bermain peran seperti itu, karena bukan cuma satu profesi banyakkkkk banget yang dia tiru. Kadang jadi polisi, kadang jadi dokter, kadang jadi penyanyi, bahkan kadang jadi....superman *LOL.

Tapi ya namanya juga seumur Raffi memang masanya seperti itu ^^. Bagus kan, menambah imajinasi, cerita dan kosakata. Dan tetap kita sebagai orang tua kudu menstimulasi sesuai umurnya kan?



Karena masa stimulasi inilah, saya memilih beberapa tempat yang tepat untuk bermain dan belajar untuk Raffi. Btw, siapa hayo yang pernah ke KidZania? Ngacung!!! Pasti pada pernah kan? Iyesss, ini tempat wajib bermain dan belajar bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Dan semua yang pernah datang kesini pasti bilang, “Pengen lagi main ke Kidzania”. Nah loh! Walau di Jakarta banyak tempat bermain untuk anak, tapi Cuma di Kidzania yang kita bisa berwisata edutainmet sekeluarga. 


Sekilas info, Kidzania itu taman hiburan keluarga yang asalnya dari Mexico sejak tahun 1999. Dan masuk ke Indonesia resmi pada tanggal 24 November 2007 di Kidzania Jakarta. Kalau tidak salah, Kidznia nanti juga bakalan ada di Surabaya loh!. Lokasi Kidzania Jakarta juga mudah digapai, mau pakai kereta commline, bis atau naik kendaraan pribadi pasti sampainya. Secara letaknya ada di di Pacific Place Mall Jakarta lantai 6, SCBD, Jl Jendral Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan. Dijamin gak bakal nyasar hehehe.

Sudah lama Kidzania ini jadi taman bermain anak dan keluarga. Loh kok bisa? Eh belum tahu ya? Kidzania teh dibangun seperti kota khusus anak (City of kids). Di kota itu ada banyaaaak sekali profesi yang bisa dimainkan anak-anak kita. Pssst, ada 110 profesi di 72 establishment (gedung-gedung dalam kota Kidzania) yang bisa anak-anak kita mainkan. Bisa dibayangkan tidak? Ya secara luas Kidzania saja 7500m2, makanya bisa menampung 1800 orang dalam 1 shift.


Jadi anak-anak bisa jadi pilot, koki, polisi, dokter dan profesi lain yang bisa anak mau. Kalau Raffi sendiri sudah milih mau jadi pilot dan petugas pemadam kebakaran. Coba kalau ada pilihan jadi superheroes, pasti dia milih jadi superman :v. 




Di Kidzania selain bekerja (bermain peran profesi di pilihan establishment-nya), anak-anak akan mendapatkan gaji berupa mata uang KidZos yang nantinya bisa dipakai buat beli cemilan, makan bahkan untuk menabung di bank. Suka-suka mereka deh belajar jadi perencana keuangan mau diapain ^^. Seru kan?

Aman tidak? Tenang, di KidZania stafnya sudah terlatih. Selain tempatnya yang memang dibuat untuk anak, juga akan selalu diawasi oleh staf KidZania. Orang tua yang menunggu jadi lebih santai menunggu anak bermain sambil ngafe di sana.


Di KidZania, Raffi bisa bermain peran (yang memang dia lagi senangi), bersosialisasi, belajar bertanggung jawab, menambah kosakata dan nilai-nilai baik lainnya yang didapat wisata edutainment ini.

Orang Tua bisa ikutan main juga di Parent’s Experience

Nah, kan Kidzania ini emang didesain buat anak-anak. Dari A sampai Z semua serba untuk anak. Bahkan untuk beberapa establishment, para orang tua tidak boleh ikut masuk kedalam melihat anaknya bermain dan belajar berprofesi. 

Ngiri? POLLLL! Secara ya, kalau ke tempat wisata bermain anak seperti ini yang senang sebenarnya orang tuanya kan kan kan?. Orang tuanya juga pasti ngiler pengen masuk ikutan main profesi. Hehehe. Maklumlah, jaman saya kecil dulu (aku dan kamu seumuran kan :P) belum ada yang seperti ini :”). Dulu diajak main prosotan di alun-alun saja dulu senangnya minta ampun :v.

Untunglah Kidzania mengerti keresahan orang tua yang ingin ikutan juga bermain bersama anaknya. Karena bagaimanapun, saat kita nemeni anak bonding orang tua dan anak itu bisa jadi sangat erat.

Dan taraaaaaa... ada yang namanya Parents Experience. Orang tua atau pendamping dewasa bisa bermain bersama anak di semua establishment di KidZania. Horeeeee \m/. Anak-anak senang, orang tua juga ikutan senang \m/. Seru loh bermain bareng di establisment bersama anak. Kita sama-sama pakai perlengkapan profesi yang anak pilih, sambil mengenang masa kecil juga kan bonusnya :”). Jadi misalnya kita dan anak memilih establishment untuk profesi dokter, nanti kita bareng-bareng periksa pasiennya. Kita juga jadi bermain peran menemani anak.

Oh iya, program ini khusus hari Jumat sesi sore, Sabtu dan Minggu sesi pagi dan sore saja ya ^^. Untuk bisa ikutan Parent’s Experience, orang tua cukup membeli tiket seharga tiket anak yaitu IDR 150.000 saat weekdays, IDR 200.000 saat weekend dan IDR 250.000 ketika Holiday season. 

Catet ya jadwalnya : 
Senin – Kamis : 09.00 – 16.00
Jumat, Sabtu, Minggu : sesi 1 : 09.00 – 14.00, Sesi 2 : 15.00 – 20.00



Jadi siapa yang mau bareng Raffi (dan mamihnya) bermain belajar yang berfaedah? Yokkk, seru-seruan main bareng di KidZania saja \m/.


Mau info lebih lanjut tentang Kidzania Jakarta ini? 
Langsung kesini yaaa ^^ :

Twitter : @kidzaniajakarta 
Instagram : @kidzaniajakarta

61 comments:

  1. Wuihh keren... kalau sudah punya anak ta'bawa main ke kidzania. Etapi cari misua dlu :D

    ReplyDelete
  2. Arfan waktu itu juga ke kidzania dari sekolah. Trus ya sampe rumah dia pamer kartu masuknya, dikira itu kartunya bisa digesek buat main di taman bermain lain. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayy kesana lagi sama Raffi yokk

      Delete
  3. Komplit banget kidzania ini, tempat bermain plus belajar, ntar kalo punya anak pengen aku ajakin kesini juga cha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajak Raffi ae mbak dia pasti ga nolak

      Delete
  4. Kidzania seru bangettt, Thifa dan Hana juga pernah ke sana. Tapi belum puas ada beberapa peran yang tidak bisa dimainkan karena tingginya kurang. Kapan2 pengen balik lagi ah :)

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke kidzania Mba', huhu.
    Di Probolinggo nggak ada. Kalo nanti di Surabaya ada, mau nyoba deh, seru kayaknya. :)
    Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya nanti di Surabaya bakal ada

      Delete
  6. Hiks...nang kene ora ono Kidzania. Padahal masio anak-anaku udah rada gedean, mereka pasti hepi banget kalau diaa ke sana

    ReplyDelete
  7. Ahhh selalu ketagihan kalau main di KidZania ,,,kalau kesana anak-anak main 5 jam juga kurang 😂😂.

    ReplyDelete
  8. Yang paling berkesan ke KidZania itu waktu Shafiyya umur 4 tahun. Dia jadi peri di teater KidZania. Seneng banget pake baju peri. Tapi pas berlakon, bingung. Nanti pemain lain ke mana dia asal ikut aja hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya waktu itu aku sempat baca postinganmu mbak <3

      Delete
  9. Penasaran ke sini dehh.. sayang KidZania gak buka cabang di Ruteng hehe.
    Murce juga uang masuknyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau ke Jakara ajak Raffi aja jen kan di sini ada :v

      Delete
  10. Main ke Kidzania memang seru. Inget Dimas yang gamau pulang dan pengen terus main jadi pemadam kebakaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti seru ya mak...kesana lagi yuk

      Delete
  11. Huaaa pengen ngajak kevia kesana euy

    ReplyDelete
  12. main di kidzania asyik ya mih.....

    ReplyDelete
  13. Bikin mupeng ya, seru anak bisa bermain sambil belajar, anak anakku masih kicik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar kalau dah 3 taun kesini pasti seneng

      Delete
  14. Waaahh seru, ortunya bisa ikutan.. Biasanya memang kalo jln2 ke tempat wisata edukatif gitu yg semangat bgt malah aku mba.. hihi Makacii infonya mba Echa.. Pingin pankapan ngajak Boo sama Mika ke Kidzania.. :D

    ReplyDelete
  15. Aku belom pernah main ke Kidzania, huweeeee...

    Rencananya kalau kid 3 udah 5 tahun sih bakal ngajak ke sana.
    Btw, kalau tiket biasa, ortu tetap boleh masuk ke kotanya kan? Nunggu depan tempat kerja anak gitu..
    (ngebayangin nungguin anak udah gede lagi kerja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ortu jadi ikutan maen peran :D seru kann

      Delete
  16. aku blm pernah ajak anak2 ke kidzania cha... kayaknya seru banget ya... jadi pengen kesana :)

    ReplyDelete
  17. Kidzania emang seru banget bun buat anak. Banyak nilai edukasinya. Saya terakhir k sana klo ga salah 5 tahun lalu bersama murid2 saya. Berkesan deh. Rencananya nanti klo anak saya sudah besar kidzania salah 1 tempat yang wajib di datangi

    ReplyDelete
  18. Keknya asyik deh kalo ke sana barengan. Yuk yuk yuuuk... :D

    ReplyDelete
  19. Aku belum ngajak ke sini nih. :D makin menarik ya konsepnya...
    Setuju banget, kok anak2 batrenya nggak abis2 :)) suka mati gaya buat mainan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama xD aku juga suka bingung mau ngapain

      Delete
  20. Cateeettttt,
    Kalau ada kesempatan ke jekardah, bisa melipir ngajak si ken ke sini,
    Tengkiu sharenya mbk echaaaaa

    ReplyDelete
  21. Aku dah lamaa ga ke sini, anaknya udah gede sekarang Cha..
    Aku bawa Raffi aja deh, yuk ahh kopdaran di sanah eeaa

    ReplyDelete
  22. waduhh mupeng aku mbak.. besok bisa nih diagendakan pas mau piknik eRTe :v

    ReplyDelete
  23. Itu ruangan yang ada tempat latihan jadi dokternya ngeri juga ya, mba. Emang anak2 kuat masuk kesitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuat aja sih mbak. mungkin bisa nyari tempat peran lainnya yang disukai anak banyak pilihannya

      Delete
  24. Enak ya sekarang udah bisa main bareng orang tuanya. Cuma klo liat indoor gini kok agak2 gelap yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terang pak terang, hayuk makanya kesana biar tau yuk

      Delete
  25. Harga tiketnya sama ya kayak HTM biasa sebelumnya kan ya? Huhuu tetep aja mahaal yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih,tapi lumayan kesana yuk mba

      Delete
  26. seru, aku aja seneng apalagi bocah bocah

    ReplyDelete
  27. Iyaa seumuran kan kita wkwkw x) Gavin belom ni mak raffi ke kidzania..pokonya wajib yah ngajak kesini

    ReplyDelete
  28. seru tempatnya, kayaknya rata² anak kalau diajak ke kidzania bakalan senang banget

    ReplyDelete
  29. Anakku suka banget main di Kidzania. Seru banget ini pastinya yang Kidzania parent's experience. :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^