Memulai MPASI dengan Nutrisi Sehat, Bergizi dan Seimbang

 
Memulai MPASI dengan Nutrisi Sehat, Bergizi dan Seimbang. Panjang benar ya judulnya? Hehehe. Tapi memang benar pemenuhan nutrisi itu sangat penting di 1000 hari pertama kehidupan. Saat menjadi ibu, kita harus mulai memikirkan nutrisi anak sejak dalam kandungan. Tidak bisa tidak!

Makanya saat diundang ke acara Hari Anak Nasional bersama Philips Avent tanggal 31 Juli 2017 di Thamrin Nine Ballroom, saya antusias untuk datang. Walau sudah memiliki dua anak, belajar tentang nutrisi kan memang terus berjalan. Apalagi sekarang, banyak sekali perbedaan pemberian nutrisi untuk anak. Mulai dari makanan yang dipilih, metode yang dianut sampai cara penyajiannya beda-beda sesuai hati yang cocok pada si Ibu.


Macam-macam produk Philips AVENT


 Beberapa produk Philips AVENT yang saya punya
Sebenarnya saya tidak asing dengan produk Philips Avent. Sejak lahiran bayi, banyak sekali produk Philips Avent yang saya miliki demi kemudahan pemberian nutrisi anak saya. Makanya, walau sudah bertahun-tahun lamanya produk Philips AVENT itu masih saya gunakan sampai ke Raffa, anak kedua saya. Masih awet pakai banget pula ^^.

Perjalanan menyusui saya sangatlah lancar sampai detik ini, begitupun saat masuk MPASI. Semua tidak lepas dari Philips Avent yang menyediakan semua kebutuhan saya dan bayi. Mulai dari breast pump, cooler bag, botol susu, sterilizer, tempat makan dan minum semua rata-rata pakai Philips AVENT. ASI sampai 2 tahun lebih dan MPASI sehat seimbang saya lalui dengan hati tenang karena perlengkapan perangnya full.

Seperti kata Bapak Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia, bahwa Philips AVENT hadir demi memberikan kemudahan kepada orang tua terutama ibu untuk dapat memberikan nutrisi terbaik pada buah hatinya. 


 
Jadi seperti pengalaman saya pribadi, Philips AVENT dengan rangkaian produknya membantu orang tua dalam pemberian ASI dan juga saat MPASI. Selain itu, Philips AVENT juga hadir dengan produk eletriknya. Seperti Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump yang sangat menghemat waktu saat memompa ASI. Atau juga Philips AVENT Fast Bottle Warmer yang bisa dibawa bepergian kemana-mana. Ada juga Philips AVENT 3 in 1 Electric Steam Sterilizer yang kapasitasnya bisa mensterilkan banyak peralatan bayi dengan cepat. Dan saat masuk MPASI, ada Philips AVENT 4 in 1 Healthy Baby Food Maker untuk memudahkan menyiapkan MPASI yang sesuai kebutuhan bayi.

Saya sendiri pengguna Philips AVENT breastpump, botol susu dan sterilizer-nya. Jadi saat di RS mau lahiran, breast pump sudah dibawa biar mulai bisa pompa ^^. Sampai sekarang saya tetap pompa sehari sekali, karena saya ibu SAHM yang mempraktekkan metode dalam 1 hari ada 1 botol masuk dan 1 botol keluar kulkas untuk ASIP bayi. Dan untuk pemberian ASIPnya, saya pakai botol susu Philips AVENT yang aman untuk bayi. Jadi saat saya keluar rumah ada kerjaan gitu, si Papih bisa memberi ASIP yang tersedia pada bayi ^^. 

Baca juga :  

Untuk sterilizernya, saya pakai yang 3 in 1 biar botol susu sampai peralatan makan bayi bebas kuman. Dan yang saya suka, sterilizernya itu mampu untuk tetap steril dalam waktu 24 jam selama kita tidak buka tutup ^^.  

Baca juga : 

Perahan ASI pertama saya di rumah sakit
Beberapa jam setelah melahirkan Raffa :")

Botol susu Philips AVENT buat menaruh ASIP
Bayi jadi bisa pegang sendiri tanpa harus kita khawatir tersedak




Talk Show dengan tema "Solusi untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak" yang saya datangi kemarin ini juga sangat sarat ilmu. Disini hadir sebagai nara sumber yaitu Ibu Dr.dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K) yang merupakan dokter spesialis anak sub spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik.
   

Beliau menyebutkan bahwa angka kelahiran di Indonesia sangatlah besar. Lebih kurang 4,3 juta bayi lahir setiap tahun yang harus dijaga kualitas hidupnya dengan nutrisi yang berkualitas. Tapi kenyataannya, malnutrisi makro dan mikronutrient merupakan masalah utama pada balita di Indonesia.

Saat anak lahir sampai 6 bulan, sebisa mungkin berilah ASI Eksklusif. Tapi saat masuk usia 6 bulan, berilah MPASI untuk melengkapi kebutuhan zat-zat nutrisi lainnya. Apalagi masuk periode emas, asupan nutrisi yang seimbang akan berdampak pada kecerdasan dan kesehatan anak di masa depan.

Tapi jangan pernah melupakan kebutuhan nutrisi anak akan zat gizi makro dan mikro yang lengkap, cukup dan seimbang dimasa tumbuh kembangnya. Makanya kenapa beliau sangat menyarankan disegerakan MPASI 4 bintang setelah beberapa hari menu tunggu, demi pemenuhan nutrisi bayi. Prinsip MPASI itu mengenalkan makanan keluarga Indonesia sehat bergizi dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya dan diolah dari bahan makanan lokal yang ada.


Kemarin di talkshow juga hadir Artasya Sudirman yang juga pengguna setia Philips AVENT. Sebagai ibu yang memiliki banyak sekali kegiatan, dia juga merasa dipermudah dengan semua peralatan dari philips AVENT. Wah iya, samaaa dong ya? *TOSS.


Ngomong-ngomong MPASI, kemarin teman-teman blogger dan media juga ikutan mencoba langsung membuat MPASI bayi dengan Philips AVENT 4 in 1. Bagaimana cara membuat nutrisi bayi yang kaya akan makro dan mikro nutrient yang dibutuhkan bayi. Dan ternyata pada pinter-pinter loh ^^, teman-teman media bisa memilih mana saja bahan olahan makanan yang dibutuhkan bayi.


Teman-teman blogger dan media yang mencoba membuat MPASI sehat untuk bayi

Kemarin kata Dr Damayanti, kalau bayi ASI Eksklusif untuk makanan padat pertama kali yang harus diberikan itu yang kurang di ASI. Ihik, tapi saya sendiri memulia MPASI pertama dengan bubur beras putih saring hehehe. Coba tahu infonya lebih dulu pasti MPASI pertama kemarin saya pakai ati ayam :D. Tapi tidak apa-apa, kan setelahnya bisa diberikan makanan yang sarat mikromakro nutrient toh ^^.

 Mpasi pertama Raffa
 
Mpasi 7 bulan Raffa yang rasanya enaaaaak banget :")


Baca juga : 

Tapi ya, gara-gara ikutan talkshow kemarin ini saya hampir tiap hari memberi sentuhan hati ayam yang kaya dengan zat besi. Bayam juga jadi lebih sering saya berikan pada Raffa. Terus untuk lauk menu ikan, saya sering berikan ikan kembung seperti saran Dr Damayanti. Karena ternyata ikan kembung itu lebih bergizi dibandingn kita beli salmon. Kan kembali lagi ke prinsip MPASI, mengenalkan makanan yang sesuai lidah dengan bahan olahan disekitar kita ^^.

Akhirnya bikin nasi lembek, tomat, hati ayam, telur, wortel dan bayam
Rasanya enakkkkkk banget :*
Raffa doyan bangetttt


Saya menyajikan #menuMPASIRaffa dengan perlengkapan makan Philips AVENT. Awet loh! Ini udah punya sejak Raffi piring mangkuknya dan tetap bagus sampai sekarang :").

Kalau mau beli produk dari Philips AVENT ini bisa ke JD ID saja. Banyak promonya soale ^^. Kan lumayan pakai banget diskon-diskonnya^^.

Sekali lagi, saat menjadi orang tua jangan lupa pemenuhan nutrisi sehat, bergizi dan seimbang-nya. Jangan sampai kita 'missing' dengan makro mikro nutrient yang ternyata sangat dibutuhkan bayi kita. Cerita sukses mengASI hingga S3 dan MPASI saya tidak lepas berkat produk dari Philips AVENT. Bagaimana dengan kalian? Sudah siapkah memenuhi nutrisi bayi kita bersama Philips AVENT?

Info lebih lengkap untuk Philips AVENT kunjungi


Ps : Bukan review berbayar. Catet! :D

17 comments:

  1. Aku males bawa bp ke rs. Susah nyucinya XD

    ReplyDelete
  2. Always kreafif echaaa...bahagianya anak2 punya mama kyk echa, rajin bikin makanan yang bervariasi gitu, saluut.

    ReplyDelete
  3. wahh..aku pernah ke dr damayanti. Di rscm kan ya?

    ReplyDelete
  4. Memang oke banget ya cha...aku juga sempat pakai waktu Obi kecil. Membantu banget

    ReplyDelete
  5. Yeay, bentar lagi si adik juga MPASI. Pas banget ini informasinya. Makasih Mba' Echa :)

    ReplyDelete
  6. Raffa udah gede, ya? Lucu banget. :)

    ReplyDelete
  7. Mau dong, resepnya nasi tomat itu. :D

    ReplyDelete
  8. Jd kangen nih pengen bikin menu2 Mpasi2an. Aku sempet pake dulu buat Millie nih produknya PA, emang ok punya.

    ReplyDelete
  9. Alat tempur mpasimu komplit banget ya mbak,aku kok pengen bubur ayam larutnya ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tertarik sama bubur ayam parut itu. Hebat ya anak umur 7 bulan sudah bisa makan ayam parut :)

      Delete
  10. Sekarang lagi gencar kempen makro dan mikro nutrisi buat si kecil ya dan Philips melirik pangsa pasar ini. Good job.
    Kalau aku suka pakai produk Philips yang home appliance. Juarak!

    ReplyDelete
  11. aku juga sering kasih ati ayam tapi langsung goreng mamam pakai nasi ma gorengan tempe bahaha... menu emaknya banget ini mah, uda males bikin mpasi bubur-buburan nih :(

    ReplyDelete
  12. Saya suka kepoin resep MPASInya Raffa nih di IG. Hihihi

    ReplyDelete
  13. Philips Avent memang bagus-bagus produknya.

    ReplyDelete
  14. Philips emang ga ngeraguin ya mba... Setrika nya aja awet bertahun2....

    ReplyDelete
  15. Philips emang ga ngeraguin ya mba Cha....

    ReplyDelete
  16. Philips peralatannya kece semua :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^