4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Perlengkapan MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Perlengkapan MPASI untuk bayi 6 bulan. Alhamdulillah lulus ASIX (ASI Eksklusif), selama 6 bulan saya hanya memberikan ASI tanpa tambahan apapun (termasuk air putih) pada Raffa. Pertumbuhan Raffa juga sesuai dengan KMS-nya jadi tidak ada yang perlu saya kuatirkan. Iyap, ASI tetap yang terbaik untuk anak saya. Dan setelah ini saatnya Raffa mulai untuk diberikan makan MPASI, tapi ingat ASI tetap diberikan semau bayi loh ya ^^.

Saat 6 bulan ini, Raffa sudah siap untuk makan. Ciri-ciri bayi siap makan itu bisa dilihat dari kepala sudah tegak, sudah bisa duduk (sendiri atau dibantu), suka masukin tangan ke mulut, kalau di beri ASI rasanya gak puas, kalau ada orang makan nunjukin muka pengen dan suka menangis malam hari karena lapar. Raffa memiliki lebih dari 4 ciri bayi siap makan, makanya pas awal MPASI juga aman \m/. Gak pake drama sembur-sembur :").

Diusia 6 bulan ini, Raffa termasuk bayi yang aktif. Walau tidak segede Raffi saat 6 bulan 11 kg, Raffa 7kg termasuk yang masih dikategori hijau KMS ^^. Tapi dia sudah bisa duduk dan merangkak. Duh susah ya gak  banding-bandingin xD *ciumin Raffi Raffa satu-satu.


Sebelum MPASI, saya harus punya perlengkapan MPASInya dong. Jauh-jauh hari saya sudah ngelist apa saja yang mau dipakai untuk MPASI Raffa. Berhubung punya kakaknya juga sudah banyak dipreloved, mau tidak mau beli lagi buat MPASI kali ini.

Untuk sekarang, berdasarkan pengalaman MPASI sebelumnya, saya menyiapkan alat tempur MPASI yang bisa saya gunakan tanpa harus ribet sana-sini. Iya, sekarang ya perlengkapan mpasi bayi itu lucu-lucu. Saya saja sampai lapar mata, inginnya dibeli semua :D. Cuma kan sayangnya kepentok budget wkwkwk. 

Apa saja sih perlengkapan MPASI Raffa kali ini. Yang pasti kali ini, saya meminimalisir sibuk didapur. Jadi anak-anak tetap bisa kepegang dan kerjaan rumah juga bisa dilakukan tanpa bingung harus masak MPASI. Soalnya saya lagi merasa kerepotan (entahlah ini baby blues bukan ya) dengan kesibukan sekarang ini yang Raffa juga maunya minta gendong xD, Raffinya minta ini itu dan rumah harus rapi xD. Ampun deh. Makanya, bersyukur banget banyak teknologi yang mudahin ibu-ibu riweh pusing galau sendiri kayak saya ini xD.


Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk MPASI bayi ? Ini dia perlengkapan MPASI untuk bayi 6 bulan ala Echaimutenan.

1. Piring dan mangkuk bayi

Ini pakai punya kakak Raffi masih ada :D. Terus dapat dari kado-kado lahiran gitu lumayan dipakai. Merknya macem-macem, ada Philips Avent, Brother Max, Fiber, Ikea, Pigeon, Kiddy, dll. Jangan lupa sediakan juga yang ada tutupnya buat kalau dibawa pergi.

2. Sendok dan garpu bayi

Awalnya sih pakai sendok bayi. Sekarang ada yang bisa ngukur temperatur makanan loh sendok bayinya. Tapi kesini-kesininya saya malah pakai sendok biasa :D #serius.

3. Tempat minum bayi

Saya langsung kenalkan spout buat Raffa untuk minumnya. Ada Nuby, brother max dan pigeon mag-mag. Untuk merk terakhir saya saranin banget, soalnya jadi bikin lebih cepat belajar minum dari gelasnya *pengalaman kakaknya dulu seh.

4. Sterilizer

Saya pakai yang ada yaitu panasonic D sterilizer dan Philips Avent. Saya suka yang sterilizer philips avent, soalnya bisa dibawa kemana-mana dibanding panasonic D Sterilizer. Naruh piring, mangkok, gelas, sendok, dll di sterilizer. Gak sering seh saya sterilin, cuma beberapa kali seminggu saja :D *gak rajin wkwkwk.

5. Food prosesor dan hand blender

Ini paling enak buat persiapan tekstur yang lebih padat dan tergantung banyaknya makanan yang dibikin. Hand blender malah bisa dibawa kemana-mana lebih praktis :D.

6. Slabber atau BIB

Biar gak celemotan dimana-mana :D. Tapi nyatanya anaknya ga mau make. Ada yang slabber hits itu loh merk baby bjorn, cuma belum beli sampe sekarang :v. Ada yang mau beliin? #eh

7. Baby food processor

Ini yang membantu saya mengukus dan langsung blender tanpa bingung megang anak. Ada berbagai macam merk baby food processor, ada Nutribaby Babymoov, Beaba Baby cook, Philips Avent steamer blender, Chico Baby food processor, Little giant, baby safe, crown, dll. Soalnya enak, kita tinggal ngukus lalu ngeblender langsung. Makanan anak langsung jadi. Kalau naik terkstur sesuaikan saja blendernya, kan steamernya bisa kepake.Jadi saya mikir investasi jangka panjang seh ya. Mulai steam, blender, manasin sampai defrost bisa disini semua ^^.

  8. Baby Food Maker

Ini juga macam-macam merknya, cuma saya cari yang paling murah meriah dengan dungsi sama. Merk Kiddy udah dapat parutan, perasan, saringan kawat dan ulekan ^^ dengan harga cuam 20ribuan saja #BAHAHAHAHHA ngirit banget kan.
9. Baby Food Feeder

Ada yang buat ngunyah makanan sendiri, jadi buah dimasukin ketempatnya dan bayi cupcup gitu sarinya ^^. Ada juga spout food feeder, ini pure tinggal dimasukkan kedalam tempat lalu dikeluarkan dikit-dikit didulang ke mulut bayi.


10. Tempat menyimpan kaldu dan pure

Ini ada macam-macam bentuknya dan kapasitasnya. Saya pilih merk Richell murmer soalnya 25 dapat 8 biji 100ml :D.

11. EVOO, unsalted butter dan kaldu

Untuk kaldu saya bikin sendir dari ayam yang direbus diambil sarinya, kalau lainnya beli saja :D. Nanti kalau bayi sudah waktunya minum keju baru saya beliin tambahan keju.
   12. High chair dan booster seat

Lebih enak beli yang mana? Sesuaikan saja sih ya sama rumahnya. Saya sendiri pilih yang murah saja, yang penting anak mau duduk makan :D. Ya maklum saja perumahan murah dari perumnas harus pas perabotannya biar gak keliahatan sempiiiiiiiiiiiiit.
  
13. Tas untuk bawa MPASI

Kalau bisa semenjak anak MPASI, jangan satukan tas perlengkapan bayi (baju-baju dll) dengan makanan. Karena khawatir tumpah kemana-mana dan yang ada makanan gak higienis. Ini kita pakai kalau keluar rumah ^^



12. Slow Cooker

Walau belum beli, tapi ini nanti dibutuhkan setelah naik tekstur. Cuma karena dulu gak terlalu terpakai SC ini, jadi masih mikir-mikir beli :D.

Alhamdulillah, karena alat tempurnya lengkap saya jadi mudah melakukan semua kegiatan tanpa harus rempong masak MPASI. Raffa Raffi kepegang semua, rumah juga bisa tetap saya urus ^^. Santai mah saya mah sekarang xD. Menu juga lebih santai karena disesuaikan dengan isi kulkas saja ^^.

Semoga bermanfaat ya perlengkapan MPASI untuk bayi 6 bulan yang saya tulis ini. Selamat MPASI...Heart to heart ya :*.

5 comments:

  1. Wow,komplit luwar biyasa......
    met mamam Raffa^^

    ReplyDelete
  2. kalu ngomongin bayi kangen ama ponakan aku yang lucu dan ngangenin euy
    kira2 kapan yah angen ama anak sendiri heheheee

    ReplyDelete
  3. Kumplittt bingiiittt maaaakk, ini saya mau bongkar kado2 dulu hihihi.... kayanya bbrp uda ada.... syukurlah hihihi *ngirit.... saringan sama ice cubenya malah blm beliiiii, doakan semoga lancar ya maaakkk makasi :-*

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^