Tips Memilih Tas Sekolah Anak yang Bagus dan Awet



Kalau saat punya bayi, saya bingung pilih tas diaper bag. Nah, setelah anak sekolah saya bingung sama tas sekolahnya. Pengennya sih cuma punya satu atau dua yang enak, tapi ternyata kalau dikumpulin tas sekolah anak saya ada 10 lebih. 



Biasanya juga kalau lagi ulang tahun, rata-rata sukanya ngasih kado tas. Karena emang dipakai sih ya tas itu. Belum lagi misalnya ada tas gambar tokoh kesayangannya dipajang di etalase toko, terus dia lihat bisa-bisa beli daripada si anak gak mau pulang :v.

Penting gak sih pilh-pilih tas anak itu. Dulu kriteria pemilihan tas anak itu yang pasti gambarnya saja. Apalagi kalau  milih tas sekolah anak laki-laki kayak saya, yang dipilih ya pasti tokoh favoritnya. Seiring waktu, karena Raffi kudu bawa bekal, buku, baju ganti dll akhirnya mulai deh milih enaknya tas yang kayak gimana ya yang cucok meong sama Raffi.

Ya ampun tas doang padahal ya bisa bikin galau wkwkwk. Tapi emang iya sih, anak sekarang itu sering bawa banyak banget isi dalam tasnya. Apalagi denger-denger kalau udah di sekolah dasar, katanya sih berdasarkan isu-isu yang beredar bawaan bukunya banyak banget.


Tapi ada benarnya juga, dulu jaman saya masih imut saja ke sekolah (tahun 90an SD) tas rada berat karena ga ada loker. Mulai dari buku text wajib beli, buku tulis sampai LKS masing-masing pelajaran. Kebayang gak misal 1 hari ada 5 mata pelajaran, jadi kita harus bawa buku itu sebanyak 15 buku wkwkwk. Ya ampun, bisa kebayang beratnya anak mikul tas ya :(.

Yang pasti, setelah trial an error ada beberapa kriteria saya dalam memilih tas sekolah anak anak laki-laki. Apa sajakah ituuu? Ini dia tips memilih tas sekolah anak yang bagus dan awet

1. Pilih model tas punggung ransel dengan busa (pad bahu) yang enak

Model tas ini sudah paling enak dibandingkan lainnya. Bisa bawa banyak barang dan paling gampang dipakai. Beban tas juga terbagi rata kanan dan kiri. Yang pasti, sebelum membeli pastikan pad bahu enak dan nyaman dipakai.

Perlu beli tas yang beroda tidak? Sekarang lagi musim yang pakai roda gini ya? Enak sih walau kenyataannya kadang dipakainya digendong ransel juga xD. Cuma kadang ada sekolah yang bolehin pakai tas sekolah beroda gitu ada yang nggak bolehin. Kalau buat jalan-jalan sih pas ya buat pakai model koper beroda gitu :D. Ke sekolah? Hmmmm, jangan deh.

2. Minimal ada 2 tempat buat meletakkan macam-macam perlengkapan anak

2 tempat itu bisa bermacam-macam fungsinya. Bisa yang barang besar di tengah dan barang kecil di depan. Kalau cuma satu tempat kok rasanya ga enak nyatuin buku sama makanan ya :v. Saya juga menyukai tempat yang pakai resliting daripada model buka tutup. Rasanya kalau reslitingan gak akan mudah kebuka.







3. Ada tempat naruh bekal anak 

Karena sekarang lagi musim bawa bekal sekolah anak, paling tidak tas sekolah anak itu harus support  tempat minum dan kotak makan. Tempat minum itu ada saku di kanan kiri tas, jadi anak gampang ambil minumannya. Untuk naruh kotak makan, sekarang ada tas yang model cooler bag gitu. Lumayan kalau ke sekolah, makanan masih hangat dan gak bakal tumpah kemana-mana.




4. Bahannya tahan air

Namanya anak sekolah, pasti kena tumpahan es krimlah ini lah itu lah cem-macem. Kalau bahannya tahan air lebih enak bersihinnya. Misalnya juga kena hujan, buku-bukunya ga kebasahan. Dan tasnya kalau bahannya anti air bisa dipakai buat pergi berenang hehehe. Ngirit.


5. Ukurannya sesuai badan dan kebutuhan

Suka ngeliat anak pakai tas kegedean atau kekecilan? hihihi, anakku juga sering *getok pala emaknya. Tapi gimana ya, si anak udah bisa milih sih mau pakai tas yang mana hari ini ke sekolah. Tapi, mungkin bisa kita sediakan pilihan tas yang sesuai ukuran tubuh. Gak kekecilan dan gak kegedean.





tas sekolah anak laki-laki Raffi

 6. Jahitan dan resliting

Seperti tadi saya sebutkan saya suka model tas yang reslitingan daripada yang bukaan gitu. Lebih gampang rasanya buat Raffi, kalau yang bukaan suka nyumbul gitu :v. Tapi kalau reslitingan semua aman di dalam tas.

Terus saat beli amati jahitan tasnya rapi tidak? Ada benang nyembul tidak dll. Saya pernah punya tas sekolah anak yang harganya rada mahal (buat saya) ternyata jahitannya ga rapi huhuhu. Pedih rasa hati :"(.

Terus saya suka modelnya strap bahu dan bawah lengan yang langsung dijahit di tas bukan yang model ceklekan gitu (buckle). Rasanya lebih aman saja gak ringkih kelepas.


7. Ajak anak memilih dan membeli tas

Karena anak sekolah sudah punya pilihan, jangan lupa ajak dia untuk membeli tas. Paling tidak diikut sertakan memilih, jangan ujug-ujug selera kita saja. Soalnya nih ya, kan yang pakai si anak bukan kita. Daripada nyeri hati anak gak mau make tas yang kita pilihin, sepertinya berembug mau beli tas yang mana lebih enak ^^. Alot sih pasti, tapi menyenangkan. Cobain deh!




8. Merk mahal pasti bagus?

Hmmm gak juga seh. Poin 6 tadi saya cerita kalau ada tas yang buat saya mahal tapi jahitannya gak bagus huhu. Mungkin 1 dibanding 5 seh seperti itu, tapi kadang ada saja hahaha. 

Well, merk emang kadang suka ga bohong seh. Kayak sepatu saja, beli yang mahalan awet daripada beli yang 50-100ribuan. Ya nggak? Begitupun sama tas, walau gak semua kayak gitu hihihi. Jadi intinya mau merk mahal atau murah, yang penting cek ricek ya semuanya. Jangan sampai nyesel beli :P.

9. Biar awet dan ga bosen plus tasnya tetap bagus : ganti-ganti tas beberapa hari sekali dan jangan bawain berat-berat bebannya
Beban di sini termasuk bekal anak yaaaaa.  Bawa perlengkapan ke sekolah seperlunya saja. Kalau keberatan selain kasihan sama anak ya kasihan juga lihatnya. Plus ganti-ganti saja tiap hari tasnya biar anak gak bosen dan kayak yang punya tas banyak banget, padahal cuma itu-itu saja tasnya wkwkwk.

Kalau kata se sefilm Dilan, bukan rindu yang berat tapi bawaan tas sekolah anak yang beratnya amit-amit. Wkakakak.

Semoga bermanfaat ya tips memilih tas sekolah anak yang bagus dan awet ala saya ini. Semoga bermanfaat dan selamat belanja tas sekolah anak yaaaa. Muach!

9 comments:

  1. Aku juga milih yang ga terlalu gede dan jaitannya kuat, soalnya buku anak sekarang banyak dan berat2 mak.

    ReplyDelete
  2. dan di sini tuh anak-anak bawa bukunya beraaat. jadi tasnya harus kuat :)

    ReplyDelete
  3. urusan tas, palingan ke paud hanya bawa botol minum sama tempat bekal dan pake tasnya yg itu itu lagi karena anakku gak mau ganti2 tasnya padahal punya stok tas banyak dari hadiah ultah juga ... sepertinya bakal terpakai klo udah tk wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Wah, ingat waktu sekolahku dulu. Tas cepat rusak, gara-gara buku semua dibawa. Eh, nurun ke anakku. Solusinya ya kudu pintar-pintar pilih tas yang kualitasnya bagus.

    ReplyDelete
  5. Tas sekolah anak memang harus kuat ya biar nggak cepet rusak. Aku coba angkat tas sekolah anakkku, ampun deh berat bangeeet.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Tips supaya tas anak supaya aweet

    ReplyDelete
  7. Hehe namanya anak2 biasanya yg dipilih warna atau gambarnya ya.sy prnh beliin yang menurut sy kualitas nya bagus dilihat dari bahan dan jahita.tp anaknya malah sekarang lebih suka pakai tas harga 15ribu yang kualitasnya sesuai harganya 😄.nggak apa2 lah, semakin besar nanti akan tahu dg sendirinya

    ReplyDelete
  8. Saya senang tas yang ceria kayak gitu, herannya ada anak saya yang sukanya tas hitam aja..hehehe... Padahal lucu kan kalau warna ceria plus ada gambar yang cute ya Mba :)

    ReplyDelete
  9. Suka sama tas Raffi yang ada tempat buat bekal makan angetnya.. Kudu dicatet nih buat nanti si kakak hunting tas sekolahnya

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^