Cantik Sehat Selama Hamil dan Menyusui

cantik sehat hamil menyusui

Cantik Sehat Selama Hamil dan Menyusui. Siapa yang di sini suka ngerasa kalau lagi hamil atau menyusui suka ngerasa gak cantik? Nganu, saya salah satunya huhuhu. Apalagi kalau sudah dihubung-hubungkan dengan berat badan. Huhuhu. Rasanya mau nangis.




Badanku dulu ga segini, mana kadang sering ada perubahan kulit di sana-sini, terus rambut suka rontok, jerawatan dll. Hahaha, banyak ya perubahan hormon yang memang terjadi selama kehamilan itu. Ada yang selow ngejalaninnya, ada yang panik, tapi saya yakin pasti dalam hati adalah bilan, "Duh, kok gini ya hamil nyusuin itu?"

Baca juga :

Kadang malah cari hiburan buka-buka foto lama saat saya masih KIYIS-KIYISnya. Ya elah, yang ada bukannya seneng malah baper karena berat badan yang berbeda #eh.

Tapi tenang Moms!. Sebenarnya, itu hanya sebagian kecil dari indahnya menjadi seorang Ibu. Betul tidak? Percaya deh, kadang ada yang merindukan masa-masa hamil dan menyusui :"). 

Balik lagi ke bahasan kehamilan sehat. Saya termasuk yang PAYAH saat hamil. Mual muntah sampai mau lahiran, makan susah, tidur ga enak, dll. Tapi setelah menjalaninya ternyata hal itu biasa saja seh dibandingkan berapa banyak yang harus kita syukuri. Betul tidak?


Seperti yang saya pelajari kemarin di acara Mom's Gathering Rumah Sakit Pondok Indah di Buba Bump tanggal 14 April 2018 kemarin yang mengangkat tema "Cantik Sehat selama hamil dan menyusui". 

Kata dr Grace, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RSPI, banyak Ibu hamil dan menyusui yang merasa dirinya tidak cantik. Padahal Ibu hamil menyusui harus menjaga mood swingnya sehingga kehamilan dan proses menyusuinya terasa begitu menyenangkan. Hal ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, karena bila Ibu sehat maka anak juga akan sehat.

Baca juga :

rumah sakit pondok indah

dr. Grace memberikan beberapa kiat agar tetap cantik sehat yang bisa kita jalani selama hamil dan menyusui :

1. Positif thinking dan selalu happy

Ini poin utama yang harus dipegang kita, karena kalau kita selalu membuat afirmasi positif maka segala hal (semesta kala kata naturalis) akan mengikuti dengan hal positif juga termasuk ke kehamilan dan menyusui yang sedang dijalani. 

Bisa juga ikut komunitas ibu hamil atau birth club atau lainnya yang selalu menyemangati dan support kita. Jadi bisa seneng terus bawaannya walau lagi mual-mual hihihi. 


2. Nutrisi baik dan gizi seimbang

Ini dilakukan sebelum hamil (prenatal), jadi saat kehamilan sampai proses menyusui kita dan bayi tidak akan kekurangan asupan nutrisi. Masih ingat kan dengan pentingnya 1000 HPK (hari pertama kehidupan) yang sangat penting buat tumbuh kembang optimal anak?



3. Latihan dan berolahraga teratur

Saya takjub loh ada ibu di sekolah gitu yang saat hamil besar pun masih sempat lari. Lah saya, ngejar kereta aja ngos-ngosan. Huhuhu secara memang malas banget ini ya kalau disuruh olah raga :(. Tapi selama hamil kalau bisa (selama tidak membuat kontraksi) kita bisa melakukan olahraga ringan, seperti renang atau yoga. Kan bagus juga buat bantu nanti saat melahirkan :D.

Oke sip, berarti mulai besok saya mau olahraga. Niat aja dulu, bismillah besok beneran olahraga *ceples pake sapu.
Tapi jangan lupa untuk istirahat juga ya, Moms

4. Perhatikan naik turunnya berat badan

Ya kale turun, yang ada masih naik ini xD. Tapi berat badan ini memang riskan seh ya. Kalau kita ga beneran jaga asupan makannya. Kan (katanya) ibu hamil menyusui itu laparan, lah kalau lapar makan mulu gimana mau berat badan ideal. Jadi walaupun kita lagi hamil dan menyusui, makanannya bener-bener harus diperhatikan ya *Ini lagi-lagi ngomong ke diri sendiri xD.

5. Pemeriksaan Antenatal care rutin

Antenatal adalah pemeriksaan kehamilan rutin untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, hingga mampu menghadapi persalinan, kala nifas, persiapan pemberian ASI dan kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar (diambil dari website RSPI).

Makanya kenapa saya selalu rutin cek kehamilan setiap bulannya ke dokter agar tahu kehamilan saya sehat atau tidak. Karena lebih baik sedini mungkin kan kita persiapan misalnya kenapa-kenapa (amit-amit ya).


Selain buku kehamilan, saya membuat list seperti ini saat hamil. Jadi saya tahu apa yang harus saya tanyakan sama dokter saat periksa. Jadi gak blank gitu pas lihat USG lupa deh mau tanya apaan. 

Seru ya menjaga Ibu hamil menyusui itu selalu sehat. Bisa kok! Semangat yaa :*. Terus kalau Ibu hamil menyusui ingin cantik boleh gak seh? Yaaaaa boleh bangetttttttt. Kata orang tuh, Ibu hamil menyusui auranya keluar tanpa harus pakai susuk #eh. Katanya berseri-seri gitu wajahnya, padahal kalau lagi ngetem di kamar mandi karena muntah-muntah mah gak akan kelihatan seri-serinya :v. 

Tapi iya sih, pas saya hamil ya perubahan hormon itu ada aja. Yang muka tiba-tiba berjerawatlah, yang kanan kiri badan tiba-tiba menghitam dan duh apa itu yang kayak batik di perut bernama strechmark yang sampai saat ini belum hilang. Huhuhu padahal bayinya sudah lahir tapi masih aja bergelambir dan ada strechmark. Huhuhu. Curhat ya, Cha!

rumah sakit pondok indah

Banyaknya perubahan hormon dalam tubuh Ibu hamil dan menyusui itu juga akan membuat beberapa perubahan pada kulit sang Ibu. Hal ini wajar, karena seiringnya waktu perubahan kulit itu akan menipis dan bahkan menghilang. 

Tapi kalau tidak dibarengin sama perawatan yang mumpuni ya bakal bisa lama kembali normalnya. Bahkan kalau termasuk kategori yang agak berat akan susah hilangnya. dr Suksmagita, dokter spesialis kulit dan Kelamin RSPI, mengatakan Ibu hamil menyusui haruslah tetap merawat tubuh dengan baik. 

Beberapa keluhan kulit itu biasanya terjadinya pigmentasi di beberapa bagian kulit dan kelainan pada rambut (misalnya suka rontok banyak banget). Dan kesemuanya itu bisa diatasi dengan perawatan selama hamild menyusui, tentunya dengan perawatan yang aman. Untuk perawatan-perawatan yang kadang kita kurang yakin ini aman atau tidak dipakai Ibu hamil menyusui, wajib untuk bertanya pada dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis kulit. Jangan sampai menggunakan produk yang ternyata berbahaya bagi kesehatan Ibu dan bahkan bayi.

Sebenarnya, saya yang tipe cari aman. Yang tidak memakai perawatan macam-macam selama hamil kecuali produknya memang produk alami. Yahhh kalau dalam pemikiran saya sih, mending ya wes ndak usah aneh-aneh dulu nanti kan ada masa-masanya kita kembali cucok meong kayak dulu :"). Ya nggak ya nggak.

Kemarin saya baca slidenya tentang Ibu hamil menyusui boleh untuk Chemical Peeling. Yang penting kembali ke awal, kita harus konsultasi dulu ya, agar tahu bahannya apa saja yang boleh dan tidak digunakan saat perawatan.



Hamil dan menyusui itu sebentar loh! Jadi, bagaimanapun harus dijalani dengan penuh ikhlas. Nanti akan ada masanya kita kangen masa hamil dan menyusui :"). Tapi, walaupun sebentar bukan berarti kita tidak menjaga kesehatan dan kecantikan selama kurun waktu tersebut kan? 

Be Happy, Moms! Ibu cantik dan sehat selama hamil menyusui akan membuat perasaan selalu bahagia. Dan tentunya akan bikin bayi kita ikutan sehat loh! Cantik sehat selama hamildan menyusi? Kenapa tidak :*. Paling tidak cantik sehat buat diri sendiri ya, Moms :*.

cantik sehat hamil menyusui
Foto bareng dr Grace dan dr Suksma


4 comments:

  1. alhamdulillah, sangat membantu bunda , sangat menginspirasi saya dan teman teman
    sering bikin artikel seputar kehamilan bunda :-)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^