Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu


Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu. Sehari-hari saya menjadi ibu SAHM yang notabene cuma dirumah saja gak ngapa-ngapain :v. Walau begitu, saya tetap menyimpan ASIP (ASI Perahan) dikulkas. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi ASIP itu harus tetap ada untuk jaga-jaga dan menstimulasi banyaknya ASI. Seperti prinsip ASI, semakin banyak keluar maka akan semakin banyak pula produksi ASI.

Berbekal pengalaman saat menyimpan ASIP Raffi dulu, saya melakukan manajemen pompa ASI minimal sehari sekali dan bayi minum ASIP sehari sekali juga. Ini biar terjaga jumlah ASIP yang masuk dan  ASIP yang keluar kulkas. Maklumlah, kulkas saya masih kulkas 1 pintu yang bisanya cuma muat sedikit untuk menyimpan ASIP.

Salah satu hal penting dalam manajemen ASI itu adalah tempat menyimpan ASIP yaitu kulkas. Kulkas yang digunakan juga macam-macam, ada yang satu pintu, ada yang 2 pintu dan ada yang freezer tunggal. Semakin banyak ASIP yang dihasilkan akan membutuhkan ruang penyimpanan kulkas lebih besar lagi. 

Lah kalau kebetulan punyanya cuma kulkas 1 pintu bagaimana? Kira-kira bisa tidak menyimpan ASIP banyak? Ya tidak apa-apa, tetap bisa kok menyimpan ASIP dalam jumlah banyak. Saya mah punyanya kulkas 1 pintu :D. Pakai saja kulkas yang ada, tidak perlu dipaksain. Nanti kalau dipikirin malah bikin ASI seret hehehe. Santai saja. Bisa kok menyimpan ASIP dengan kulkas 1 pintu. Saya bisa kok, pasti ibu-ibu menyusui lainnya juga bisa ^^. Yang penting rajin nyortir mana ASIP yang harus segera diminumkan pada bayi dan mana yang masih bisa lebih lama disimpan. 

Kulkas 1 pintu saya

Karena mungilnya tempat penyimpanan dikulkas 1 pintu, ternyata ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menyimpan ASIP. Soalnya ASI kan mengandung banyak zat gizi, antibakteri dan antivirus, kalau salah menyimpannya kan kasihan tidak bisa dikonsumsi bayi. Ibaratnya setiap tetes ASI itu berharga :"). ASIP yang disimpan bisa tahan lama dan tidak cepat basi.

Ini tips agar ASIP tetap layak dikonsumsi bayi dengan menggunakan kulkas 1 pintu yang saya pelajari dari manajemen ASIP sesuai IDAI sehingga bisa dikonsumsi sikecil dengan aman.

1. Gunakan tempat penyimpanan ASIP yang baik

Ini bisa menggunakan botol kaca, jar atau kantung plastik khusus yang kedap udara. Jangan lupa tempat penyimpanan ASIP harus sudah disteril sebelum diisi ya. Kebetulan saya pakai plastik ASIP Express and Go dari Tommee Tippee dan plastik Natur untuk menyimpan ASIP. 


Kenapa saya memilih pakai plastik ASIP, soalnya bisa masuk banyak ASIP didalam kulkas 1 pintu. Kalau pakai botol kaca karena bentuk besar jadi cuma muat sedikit. Cuma memang lebih baik pakai yang kaca sih biar bisa lebih tahan lama. Cuma karena kalau nyimpen ASIP di kulkas 1 pintu itu ya pakai yang plastik aja :D. Kan cuma tahan 2 minggu ajaaaa dan muat banyak :D.


Selain itu, saya juga pakai wadah (boleh terbuka lebih baik lagi tertutup) untuk menyimpan plastik ASIP. Selain lebih rapi, juga lebih hemat tempat dalam kulkas.


Selain itu saya juga punya wadah sterilisasi yang bisa digunakan menyimpan botol atau meletakkan ASIP beku untuk dicairkan. Untuk ini saya pakai punyanya Dr Brown yang bisa dipakai berkali-kali.


2. Lakukan penyimpanan ASIP dan peralatan ASI yang benar dikulkas bawah

Dibawah freezer kulkas, itu saya buat tempat khusus untuk peralatan ASI. Dan ditempat itu tidak boleh menyimpan makanan. Makanan dibagian kulkas lainnya. Ada plastik ASIP yang sudah steril, ada pompa ASI yang ditaruh dalam wadah tertutup dan ada wadah steril buat mencairkan ASIP atau menyimpan botol. 

Saat mencairkan ASIP atau menyimpan ASIP segar, jangan pernah meletakkan didekat pintu. Pilih tempat dibagian terdalam kulkas.




3. Lakukan penyimpanan ASIP yang benar di freezer

Simpan dibagian dalam kulkas menggunakan wadah. Ini selain bikin lebih rapi juga lebih hemat tempat. Oh iya, untuk di freezer berlaku juga ditaruh ditempat tertutup untuk makanan beku ya. Soalnya biar tidak terkontaminasi antara makanan dan ASIP. 

Jangan sering buka tutup kulkas ataupun freezer, termasuk saat mati lampu juga. Tenang ASIP bisa bertahan 48 jam selama tidak buka kulkas sejak lampu mati. 




 4. Cermati masa berlaku penyimpanan ASIP

Jangan lupa untuk selalu menulis tanggal dan jam perahan disetiap ASIP. Selain mempermudah menyortir ASIP lama dan baru, ini juga akan membantu kita menghitung berapa jumlah ASIP yang dibutuhkan bayi setiap harinya. Sehingga jadi motivasi untuk mendapatkan hasil perahan ASIP lebih banyak lagi. Tapi ingat, harus rileks dan bahagia ya saat memerah ASI ^^.

Saya memberlakukan minimal 1 kali ASIP baru masuk dan 1 ASIP keluar freezer diminumkan ke bayi setiap hari. Untuk warmer atau penghangat ASIP, saya pakai punya tommeetippee. Soalnya bisa menghangatkan walau dalam keadaan beku (belum ada loh penghangat ASIP yang kek gitu xD).



Sterilizer dan warmer yang saya punya.
Tapi jatuh cinta sama yang tengah xD.


5. Percaya sama diri sendiri dan bayi kita

Kadang kalau bingung ASIP ini masih layak konsumsi atau tidak itu bisa dilihat dari mau tidaknya bayi minum ASIP ^^. Saat ASIP dicairkan dari freezer ke kulkas bawah, biasanya akan terjadi perubahan warna tapi tidak berbahaya pada bayi. Tenang saja. Yang pasti, MENYUSUILAH DENGAN KERAS KEPALA. Insyaallah bisa \m/.

Gampang kan menyimpan ASIP dikulkas 1 pintu? Tidak sulit toh? Jadi jangan buru-buru langsung upgrade kulkas , gunakan saja yang ada selama masih layak dipakai ^^. Yang penting, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips diatas agar ASIP tetap layak dikonsumsi bayi ya!.

Yuk sukses mengASIhi hingga 2 tahun! ASI lancar, ibu bahagia, anak sehat \m/. Semangat busui \m/.

63 comments:

  1. Aku dulu gak nyimpen ASIP karena mikirnya SAHM itu ya bener2 stay at home aja. Kalopun keluar bayinya dibawa aja. Eh, gak taunya perlu sesekali keluar ninggalin bayi dan repoooot gak ada ASIP yang ditinggalin :'(

    ReplyDelete
  2. Kulkasku juga satu pintu Mba'.. :)
    Pesan bidan kemaren, kalau asinya lebih, disimpan aja untuk persiapan MPASI, dulu pas kakaknya saya juga agak bingung pas mau nambahin susu sama pas lagi ditinggal bentar. Makasih sharingnya Mba', sehat selalu ya sekeluarga, Aamiin.. :)

    ReplyDelete
  3. Iya ya mbk, kalau nyimpennya pakek plastik, pasti size penyimpanannya kbh bnyk ya mbk, gk kebingungan nyari tempat lagi meskipun dg kondisi kulkas yg gk besar,
    Temgkiu sharenya, cateeettt

    ReplyDelete
  4. Wah, keren ini, saya calon ayah lagi baca-baca ginia :D hehe, istri juga kerja soalnya

    ReplyDelete
  5. Rumahmu apik mbak, bersiiiih. Wah, jadi inget dulu pas ngASIP juga cuma pake kulkas satu pintu. Btw, alat tempur ngASIPnya lengkap bangeet tuh.

    ReplyDelete
  6. wihh lengkap banget infonya Cha.., coba dulu pas anak2 masih bayik aku udah banyak tahu soal gini2an yah :)

    ReplyDelete
  7. Informasinya sangat bagus mbak, memang sekarang banyak kan yang memerah asi biar mudah diminumkan sama dedek bayi, jadi meski kita kerja dedek kebutuhan si dedek tetap terpenuhi.. makasihh ehehe

    ReplyDelete
  8. kenapa harus menyusuilah dengan keras kepala? sering baca tapi nggak paham maksudnya.btw kulkasnya cantik

    ReplyDelete
  9. Lengkap... Aku dulu suka lupa ngadih tanggal �� Lucuuu kulkasnyaaa

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tahuu walau tanpa listrik asi bisa bertahan di kulkas asal jangan dibuka.
    Ilmu yang harus diteriskan ke semua ibu2 di tempatku. Di sn sering banget mati lampu

    ReplyDelete
  11. ASI ku dulu gak bisa diperah Cha... jadi gak pernah ngerasain punya stok ASI di kulkas :(

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah dulu aku juga simpan ASIp di kulkas satu pintu mba :)

    ReplyDelete
  13. harus benear-bener disiplin dan rapi ya Cha nyimpennya

    ReplyDelete
  14. Wah para ibu ibu harus tau ini, buat pembelajaran, hehe :D terutama untuk yang berkarir :) biar gizi anak ga ketinggalan

    ReplyDelete
  15. Mbak sya sebelumnya nyimpen asip d kulkas khusus freezer drmh org tua.trs stelah cuti melahirkan sya plg krmh sya dan cuma pnya kulkas yg 1 pintu.tp stok asip sya udh lbh dr 2 minggu krn pindahan dr kulkas yg khusus freezer msk k kulkas 1 pintu.jd itungannya gmn mbak msh layak diminum ga krn sudah lbh dr 2 minggu.tp klo pindah d freezer 1 pintu bru 1 minggu..mhon infonya ya mbak

    ReplyDelete
  16. Mbak sya mau nanya ttg data tahan asip.sya nyimpen asip dkulkas khusus freezer udh hampir sebulan drmh org tua sya.setelah sya selesai cuti sya kmbali krumah sya yg hnya pnya freezer 1 pintu.apakah asip sya msh layak d konsumsi krn sudah pindah k freezer 1 pintu.sdgkan kalau dhitung daya tahan asip 1 pintu hnya 2 minggu. Baru skitar 1 minggu pindah k freezer 1 pintunya mbak.mhon infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak udah dpt pencerahan blm? Saya jg penasaran

      Delete
  17. cobain ke bayi mba...sayang soale huhuhu. Bayi itu perasa paling alami ASI kita ^^ kalau sudah gak enak biasanya bayi nolak. Tapi kalau bisa disegerakan dihabiskan yang kemarin di pintu 1 freezer

    ReplyDelete
  18. salam kenal. saya newbie dalam dunia per ASI an. tulisan mba sangat membantu sy yg sedang nyari referensi cara simpan stok Asip di kulkas 1 pintu.. apa ada komunitas / grup tentang asi ? sy sangat ingin belajar biar bisa lulus ASix min 6 bln . Klo bisa sampai 2tahun

    ReplyDelete
  19. jadi semangat Pumping meski adanya cm kulkas 1 pintuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mba
      mama bahagia susunya banyak, grup aimi asi, eping (exclusive pumping) dan grup2 support lain
      masuk ke forum yang membahas asi juga bisa seperti di the urban mama,mommies daily
      insyaalah bisa asal 1 tetap percaya asi kita cukup untuk anak sampai 2 tahun
      semangat ya mbak

      Delete
  20. Mbak mau tanya kalo simpannya hanya di kulkas saja dalam waktu lama tapi tidak di simpan di freezer boleh tidak?
    Asi nya tetap tahan lama gak kalo cuma di kulkas aja?
    Soalnya kulkas saya hampir penuh dgn makanan.
    Mohon infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asip segar 3 hari, asip yang udah dipanaskan 4jam, asip beku yang dicairkan seharian. Btw itu ada tabelnya mba aku kasih :* semangat ngasi

      Delete
  21. Mbak kulkas untuk penyimpanan ASIP boleh digunakan untuk makanan lain gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya punyanya freezer mung 1 saya pakai nyimpen juga tapi ya itu dipakein tempat tertutup semuanya.

      Delete
  22. Kalau kulkas 1 pintu tp khusus buat asip, kira2 bertahan berapa lama ya

    ReplyDelete
  23. Kalau kulkas 1 pintu tp khusus buat asip, kira2 bertahan berapa lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulkas biasa atau freezer mba? kalau kulkas biasa ada bagian atas bawah sama dengan ini. kecuali freezer semua bisa 6 bulan

      Delete
  24. Mbak kalo kasih asip buat anaknya, medianya pake apa? Terus ngajarin anaknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa pakai spout atau slippy cup atau sendok enak mba. Cuma saya kebetulan suami biasanya pakai botol dot pakai yang avent gt. Mau-mau saja seh selama buka saya yang nyusuin. Sama saya breastfeeding langsung

      Delete
  25. Kalau misalkan mati lampu mbak trs apakah yg d frezer bsa d bekukan lagi? Kulkas 1 pintu juga.. Tahan brapa lama ya kalau udah cair semua d frezer?

    ReplyDelete
  26. Mbak kalau mati lampu trs d frezer nya mencair masih bisakah di bekukan kembali? Tahan brapa lama ya? Kulkas w pintu juga

    ReplyDelete
  27. Mbak ma tanya kalo memindahkan Asip dari 1pintu ke kulkas 2pintu gmn caranya dengan jarak.rumah orgnya kerumah sy sekitar 1jam?dan sy punya stok sudah lebih dr 2minggu di frezer 1pintu apa masih bs diberikan pada bayi mengingat frezer org tua ada makanan lain sprt ikan karena ibu mungkin tidak paham.jd Segale2 bs dimasukin ke frezer. Ini Asip nya sayang perjuangan pamping kalo harus dibuang😂😭

    ReplyDelete
  28. mba cha mau tanya kulkas kan ada saatnya dicairkan, nach klo dicairkan ASIP nya disimpan dmn klo biasanya kita simpan di freezer ??? terus dia tahan berapa lama klo posisinya di turunkan di kulkas karena dicairkan ???

    ReplyDelete
  29. Kalo misal pumping pagi di botol plastik, terus mau saya simpan dan di pakai mlm hari ny, penyimpanan pakai botol plastik itu saja boleh tidak ya mba?mksh

    ReplyDelete
  30. Mau nanya kalau kulkas 1 pintu frezzer nya biasanya ada bunga es nya.. itu gmn ya? Kalau bunga es nya waktu d kuras mempengaruhi kualitas asi ga ya mbak?

    ReplyDelete
  31. Mba klau saya setelah pumping kan taruh di kulkas bawah,terus didinginkan dulu asinya baru taruh di freezer(tapi saya kelupaan pergi keluar gtu aja)
    Seharian asi yg ada di kantong plastik masih layak ndak di konsumsi ke babynya
    Uda lebih dr 15 jam di kulkas bawah
    Mohon maaf penjelasannya mba
    Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Mb saya mau tnya, Mb saya pake kulkas 1 pintu bwt nyimpen asi,nah salju ny kan semakin hari semakin bertambah jd gmna yah mb klo kita mau bersihin atau bwt salju ny cair? Tkut asi ny ikut cair jg :(

    ReplyDelete
  33. Mb saya mau tanya. Saya kan pake kulkas 1 pintu bwt nyimpen asi trs yg bersalju, nah gmna yah klo salju ny makin hari makin tebel trs mau d betsihin atau dicairkan? Takut ny asi ny ikut cair jg tp klo gk d bersihin salju ny susah bwt nyimpen asi :(

    ReplyDelete
  34. Mba. Saya msuk krjanya bulan sptmbr, sebaiknya saya stok asi nya mulai kapan mba? Mngingat asi beku hnya brthn 2mggu di dlm freezer kulkas 1 pintu. Plis mba infonya.

    ReplyDelete
  35. biasanya kalo asip yang disimpan di kulkas 1 pintu terus lewat 2minggu dikasih ke bayinya,aman gak yaa?? dan biasanya keluhan si bayi gimana?? mohon infonya. thx

    ReplyDelete
  36. biazanya bayi gimana yaa kalo asip dikasih sudah lewat 2minggu ? karna asip disimpan dikulkas 1 pintu

    ReplyDelete
  37. Kalo kulkas satu pintu kan sering muncul tuh bunga esnya.. Gimana nasip asip yg udh beku mba?

    ReplyDelete
  38. Mbak, asip beku aku pernah dikeluarin dr freezer ke cooler box dan sempat juga masuk kulkas bawah (ditambah cool pack dan es di kedua kasus)karena pindahan tp jd ada bagian yg cairnya, dlm kasus ga bener2 cair masih bisa kan dimasukin freezer lg dgn daya tahan sama?

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum,mba saya baru beli breastpump nah tadi coba² merah asi alhamdulillah lumayan hasilnya tp hatiku blm punya botol susu, terpaksa sy pake botol pump trus saya tutup pake tisu di kasih karet, kira² aman gak ASIP nya & kira² tahan brp lama??

    ReplyDelete
  40. Mbak kulkas 1 pintu khusus asi bisa tahan berapa lama? Bagian chiller ataupun yang frezer?

    ReplyDelete
  41. Kalau caranya manajemen asip dengan kulkas 1 pintu buat cadangan asip pas besok masuk kerja gimana ya mbk?skrang masih cuti.sedangkan kalau kulkas 1 pintu kan di freezernya cuma tahn 2 minggu.

    ReplyDelete
  42. Mba klo ga punya penghagat asip cairin dr freezernya gmna

    ReplyDelete
  43. Mba nanya dong...kalo asip ditaruh frezer sehari semalam tp engga beku. Itu msh aman ga dikonsumsi. Soalnya kmrn2 aku naruh asip di frezer udh bbrp hari tp engga beku2 juga. Asip nya aku taruh di wadah tertutup di frezer.

    ReplyDelete
  44. Mba.. Aku nyimpen asi di freezer kulkas satu pintu udh hmpir sebulan gmn y mba? Msh layak konsumsi kah?

    ReplyDelete
  45. aku punya kulkas kosong 1pintu yg biasa mba ap bisa bertahan berpa lama klo di pake mohon bantuan nua

    ReplyDelete
  46. mba, klo kulkas 1 pintu kan pasti ada bunga es nya, biar botol kaca/plastik asi ga susah (lengket) pas di ambil karena bunga es nya itu gmn ya ngakalinnya ya? makasih..

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum.. mba sy juga asip, trus sementara ini tinggal drmh ortu, kulkasx 1pintu.. sy simpan asip di botol kaca tp di freezer, sy cek udah 2hr asipx nggak beku.. otu bisa tahan brp lama yah?? Pdhl udah mau ngantor, klo drmh sy plg krmh sy jg nyetok lrn kulkas 2pintu dan freezerx khusu asip jg.. klo drmh sih beku.. nah yg drmh ortu wlpun sdh difreezer ttp nggak beku udh 2hr loh (maklum kulkas lama)?! Gimana tuh brthn brp lama?

    ReplyDelete
  48. Maaf mau tanya siapa tau ada bs membantu. Saya jg kn pke kulkas 1 pintu, asip nya udh di letakkan di freezer yg isinya cm es batu, tp kok ga membeku padahal udh 2 hr disimpan di freezer. Jd itu itungannya gmn ya? Apa ttep berlaku utk 2 minggu, atau cm 2 hr kaya kalo diletakkan di kulkas bawah Adakah yg tau :"((

    ReplyDelete
  49. Maaf mau tanya siapa tau ada bs membantu. Saya jg kn pke kulkas 1 pintu, asip nya udh di letakkan di freezer yg isinya cm es batu, tp kok ga membeku padahal udh 2 hr disimpan di freezer. Jd itu itungannya gmn ya? Apa ttep berlaku utk 2 minggu, atau cm 2 hr kaya kalo diletakkan di kulkas bawah Adakah yg tau :"((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Freezernya salah apa ya, kenapa gak beku ya? Harusnya 1-2 hari sudah membeku. Coba dinaikkan mbak ukurannya freezer dinginnya kurang dingin mmungkin. Kalau bisa jadi es bisa 2 minggu menurutku

      Delete
  50. kalo nyimpen di freezer kulkas 1 pintu , tp asip sudah beku , apa cm bertahan 2 minggu selama tidak dicairkan ? sy pny stok lebih dr 2 minggu , tp krna beku jd blm sy buang . kebetulan blm mulai ninggalin kerja

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Mba..aku mau tanya donk. Mba pakai kulkas merek apa ? Trus suhunya di 1,2,3,4 atau 5? Lalu kulkasku kan ada biang es nya.. nah itu nasib asi yg udh kesimpen di freezer gimana y klo bunga esnya dicairkan ? Thanks sebelumnya mba

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^