Tips Menggunakan Xiaomi Mi Band Selain Untuk Olahraga

Tips Menggunakan Xiaomi Mi Band

Era smartwatch saat ini semakin bisa di jangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Dahulu, smartwatch hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.


Hal ini disebabkan masih tingginya biaya untuk memproduksi sebuah smartwatch. Saat ini, sudah ada banyak variasi dari smartwatch mulai dari merek, spesifikasi hingga harga. Salah satu jenis smartwatch yang sedang naik daun saat ini adalah Xiaomi Mi Band.

Xiaomi Mi Band

Xiaomi Mi Band merupakan sebuah smartwatch yang memiliki fungsi utama untuk merekam aktivitas olahraga dan kebugaran. Seperti misalnya merekam detak jantung atau merekam berapa banyak langkah yang sudah dilakukan dalam satu hari. Mi Band menjadi populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah karena harga Mi Band  yang sangat terjangkau. Meskipun jika dibandingkan dengan smartwatch pada umumnya, jumlah fitur yang disediakan juga lebih terbatas. Selain untuk keperluan olahraga, ternyata ada beberapa fitur dan fungsi lain yang bisa kita manfaatkan. Berikut ini di antaranya.


Mengatur jam tidur

Mi Band memiliki fitur sleep monitor dan alarm. Dengan mengoptimalkan kedua fitur ini, seseorang bisa memiliki catatan mengenai kebiasaan tidurnya. Dari sini, jam tidur tersebut dapat diatur agar dapat lebih optimal atau disesuaikan dengan perubahan aktivitas. Contohnya, bagi seseorang yang ingin meningkatkan produktivitas dengan mengurangi jam tidur, dapat memanfaatkan smartwatch ini sebagai alarm untuk mengubah pola tidurnya dari “monophasic” menjadi “polyphasic”.

Perubahan pola tidur memang umumnya memerlukan waktu beberapa hari untuk sebagai bagian dari adaptasi tubuh. Paling tidak, dengan bantuan smartwatch, proses adaptasi pola tidur ini dapat lebih terkontrol dengan baik tanpa harus mengorbankan produktivitas.


Notifikasi HP


Pada Mi Band seri terbaru, beberapa notifikasi pesan dari HP seperti WhatsApp dapat terbaca oleh smartwatch. Ini cukup bermanfaat bagi seseorang yang memiliki kesibukan cukup tinggi agar tidak teralihkan dengan HP. Ada kalanya seseorang hanya butuh untuk melihat pesan masuk ketika membuka HP. Namun tidak jarang, seseorang tergoda untuk membuka aplikasi yang lainnya juga. Sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk aktivitas produktif menjadi terbuang karena teralihkan oleh HP. Kasus semisal ini dapat diminimalisir dampaknya jika seseorang bisa melihat pesan cukup dari smartwatch saja. Dengan harga Mi Band yang terjangkau dan fitur yang terbatas, seseorang bisa lebih terjaga dari membuka aplikasi yang berpotensi menghabiskan waktu.

Event reminder


Ada kalanya seseorang memiliki jadwal yang cukup padat dalam satu hari. Jadwal yang padat ini akan bisa lebih dikelola dengan baik ketika seseorang memiliki sebuah reminder. Reminder yang tersimpan di dalam HP atau catatan tertulis kadang bisa sedikit merepotkan bagi seseorang yang kegiatannya dominan berada di lapangan atau outdoor. Dengan adanya smartwatch, reminder kegiatan dapat dengan lebih mudah dikelola dan mengingatkan seseorang karena lebih praktis dan portabel.

Aksesoris trendy


Mi Band juga dapat digunakan sebagai salah satu aksesoris pendukung agar seseorang bisa tampil trendy dan colorful. Harga Mi Band yang terjangkau menjadikannya alternatif yang baik sebagai pengganti jam tangan. Mi Band ini juga bisa digunakan sebagai aksesoris pengganti gelang warna namun dengan fungsional tambahan yang lebih dari sekedar hiasan. Strap dari smartwatch Mi Band juga dapat diganti-ganti dengan warna dan motif yang lain sehingga bisa menyesuaikan outfit yang sedang ingin dipakai.

Transaksi elektronik


Meski baru bisa digunakan di beberapa tempat, namun bukan tidak mungkin tren ini akan menjadi semakin umum. Hal ini karena teknologi NFC (Near-Field Communication) menjadi sebuah hal yang bisa diaplikasikan dalam sebuah smartwatch. Sebelum adanya smartwatch, NFC umumnya hanya ada pada smartphone kategori menengah atau premium. Dengan adanya smartwatch dan harga Mi Band yang lebih terjangkau, transaksi elektronik kedepan bisa menjadi lebih mudah karena tidak harus mengeluarkan smartphone yang bisa jadi juga menyimpan data-data penting.

Tips terakhir menggunakan Xiaomi Mi Band adalah membeli dari toko online yang bisa memberikan kelebihan tambahan seperti Bukalapak. Di Bukalapak, ada berbagai macam Mi Band, strap dan aksesori pendukung lainnya dari Xiaomi yang bisa dengan bebas di pilih. Dengan membeli Mi Band di Bukalapak, kita juga bisa mendapatkan harga Mi Band terbaik dengan peluang untuk mendapatkan bonus berupa diskon atau gratis ongkos kirim.

2 comments:

  1. Saya baru tahu ternyata smartwatch siomi udah dukung NFC. Kalau modelnya kayak gini mah, gak perlu bawa-bawa hape segede bata deh.

    ReplyDelete
  2. Whoaaaa, ternyata faedahnya banyak bangeeettt
    Menarik sekali ini Mak.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^