Yuk Cari Tahu Retina pada Mata Berfungsi untuk Apa?

Yuk Cari Tahu Retina pada Mata Berfungsi untuk Apa?
Seringkali kita dibuat bingung, retina pada mata berfungsi untuk apa ya? Mungkin sebagian dari kamu masih penasaran fungsi sebenarnya, jadi mari kita telusuri retina pada mata berfungsi untuk apa.

Retina adalah lapisan sangat tipis yang peka terhadap cahaya. Posisinya berada di dinding paling dalam dan berfungsi untuk menangkap bayangan benda.

Sel yang ada di dalam retina, yakni sel batang (basilus) dan kerucut (konus) yang berfungsi untuk memicu impuls saraf melalui saraf optik ke otak untuk membentuk penglihatan.

Kemudian otak akan bekerja untuk menyatakan benda apa yang dilihat dari informasi tersebut. Karena memiliki peran penting terhadap penglihatan, menjaga kesehatan mata menjadi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada retina.

Sehingga fungsi retina menjadi hal yang penting untuk diketahui, terutama dalam kaitannya dengan pencegahan dan mengobati penyakit retina pada mata. Retina punya peran penting sebagai bagian dari mata.

Berbagai macam penyakit retina bisa mengganggu penglihatan, dalam kasus tertentu terganggunya penglihatan akibat penyakit retina bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari yang membuatmu tidak merasa nyaman.

retina mata
Retina Mata

Retina bertanggung jawab terhadap kemampuan manusia dalam melihat. Maka saat retina rusak atau terkena penyakit kita tidak bisa melihat dengan maksimal. Bahkan penyakit retina yang kronis bisa mengakibatkan kebutaan.

Tentu gangguan pada retina ini sangat berdampak bagi kamu, terlebih bila terlambat mengetahuinya bisa berakibat fatal. Itulah alasan mengapa perlu mengetahui retina pada mata berfungsi untuk apa, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
 

Fungsi Retina


Sebelum mengenal lebih jauh retina pada mata berfungsi untuk apa, ada baiknya mengenal lebih dulu apa itu retina. Retina merupakan selapis tipis sel yang terletak di belakang bola mata. Retina memiliki jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya, dan sel saraf lainnya yang menerima dan mengelola informasi visual.

Sel batang dan sel kerucut pada retina berfungsi untuk memicu impuls saraf ke otak untuk membentuk penglihatan, kemudian retina akan mengirim sinyal ke otak melalui saraf optikus.

Fungsi retina pada mata erat kaitannya dengan penglihatan manusia. Adanya sel basilus dan konus bertugas untuk menerima cahaya yang kemudian akan memberikan visualisasi atas apa yang dilihat oleh mata.

Di bagian belakang retina ada cakram optik yang lebih dikenal dengan nama titik buta atau blind spot. Wilayah blind spot pada retina berbentuk oval dengan ukuran 3 milimeter persegi.

Ketika bayangan suatu benda jatuh pada titik blind spot, alias cahaya tidak diterima oleh kedua sel itu, maka manusia tidak dapat melihat benda tersebut.

Retina memproses cahaya melalui lapisan sel fotoreseptor tersebut, sel yang sangat peka terhadap cahaya ini pada prinsipnya punya kemampuan mendeteksi warna dan intensitas cahaya dari suatu benda yang dilihat oleh mata.

Nantinya fungsi retina mata akan menerima dan memproses informasi yang dikumpulkan oleh sel fotoreseptor dan menyampaikannya ke otak. Nantinya otak akan bekerja untuk menyampaikan benda apa yang sedang dilihat dari informasi tersebut.

Peran Retina


Retina memiliki peran penting dalam penglihatan kita, sehingga ketika retina mengalami kerusakan dan tidak segera diatasi akan menyebabkan kebutaan permanen. Fungsi retina pada mata bisa terganggu antara lain karena terlepasnya posisi retina pada mata.

Kondisi itu disebut dengan retinal detachment, ketika terjadi retinal detachment, retina tidak dapat menerima atau memproses cahaya yang masuk. Karena itu, otak tidak dapat menerima informasi dari retina yang pada akhirnya berujung pada kebutaan.

Di samping gangguan retinal detachment, ada beragam penyakit yang bisa membuat retina tidak dapat berfungsi maksimal. Beberapa di antaranya membutuhkan perawatan dan penanganan oleh dokter segera mungkin demi menjaga kualitas penglihatan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung menyambangi KMN EyeCare, yang merupakan klinik mata dengan dokter mata terbaik di Indonesia dengan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya. Masing-masing dokter di KMN EyeCare menangani berbagai gangguan mata, di antaranya masalah pada retina, katarak, lasik, mata kering, glaukoma, mata juling dan yang lainnya.

Lokasi KMN EyeCare terdapat di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk dan Semarang. Tiap klinik memiliki layanan katarak, retina, glaukoma, strabismus (mata juling) dan oftalmologi umum

24 komentar:

  1. jadi inget jaman sekolah nih mba, belajar tentang penglihatan dan ada apa aja di dalam mata, termasuk fungsi dari retina mata ini

    BalasHapus
  2. Peran retina untuk menangkap bayang-bayangnya Nicholas Saputra, hehehee... Tapi sebelum pandemi tuh aku pernah bawa mamahku ke KMN untuk ngecek mata karena dia berasa agak gak enak gitu katanya pada matanya.

    BalasHapus
  3. dulu waktu sekolah hanya belajar teorinya aja, dan tau kalau rabun dekat atau jauh begini begitu. sekarang pas udah gede dan mengalami rabun jauh, jadi mikir jangan jangan kebanyakan pola baca yg salah, kayak tiduran gitu, jadi mengganggu fungsi syaraf disekitar mata

    BalasHapus
  4. dengan peran yang sangat penting seperti ini kita harus bener - bener bisa jaga yaaa.. apalagi aku udah minus 8 nih cha hehehe

    BalasHapus
  5. Waktu usia masih di bawah 40 tahun,
    aku tuh songong banget, deh. Merasa mataku baik-baik aja, merasa "Aah.... kalo rajin minum jus wortel pasti aku oke" dan itu salaaaah Ferguso!

    Begitu usia 41an kalo ga salah,
    aku mulai ngomel karena baca BBM (waktu jaman BB tuh, Cha) mata sakit, berair, pusing, dll

    nah sekarang mulai deh langganan dokter mata, optometrist setiap tahun!

    BalasHapus
  6. Pelajaran zaman sekolah ini karena aku dulu jurusan IPA. Kudu ceki-ceki fungsi dan apa yang ada pada mata sehingga pas ada gangguan bisa langsung diketahui

    BalasHapus
  7. Anak sulungku penderita mata malas dan aku pernah bawa dia ke KMN eyecare Kebon Jeruk. Fasilitasnya bagus dan Nakesnya handal.
    Aku baru tahu begitu banyak dan pentingnya retina mata. Mesti kita jaga baik-baik nih ya

    BalasHapus
  8. Baca ini langsung ingat pelajaran Biologi, dulu tuh suka bingung kalau udah sampai masalah pada retina/penglihatan. Di kasih kasus, terus harus nentuin untuk membantu penglihatan kembali normal, harus pakai lensa apa.

    Kalau sekarang, nggak perlu bingung lagi, serahkan saja pada ahlinya, KMN eyecare

    BalasHapus
  9. wah iyaa..duluuu banget pernah dapat prlajaran ttg retina di pelajaran ipa. Tapi yaaa....it was so long time ago.

    dan sudaaah lupaaaaa hihihi.. Pokoknya tau aja kalo retina itu bagian mata dan pastinya gangguan pd retina mengurangi kemampuan melihat.

    BalasHapus
  10. Retina memang memiliki fungsi yang sangat penting karena menjadi garda terdepan untuk mengidentifikasi obyek yang dilihat, jadi kalau mengalami gangguan kesehatan harus segera diatasi agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius ya mak. KMN Eye Care memang sudah terkenal layanannya dan banyak tetangga ku kalau ada masalah dengan mata selalu ke kMN Eye Care.

    BalasHapus
  11. Banyak banget gangguan mata ya, perlu diketahui secara spesifik karena bukan hanya "sakit mata" namanya supaya penanganannya tepat.

    BalasHapus
  12. kakak ipar aku glukoma mba, dan operasi mata di sini, alhamdulillah lancar. Bayanginnya serem banget itu. Ibu mertua aku sering ngingetin klo kerja jangan capek2, matanya kasian

    BalasHapus
  13. wahh mataku minusnya tinggi banget, minus 9
    tiap tahun nambah minusnya, sedih
    hmm harus benar benar konsisten mearwat kesehatan mata nih

    BalasHapus
  14. Baca postingan ini jadi ingat jadwla saya untuk segera periksa dan ganti kacamata, perlu sekali untuk dicek berkal dan disiplin

    BalasHapus
  15. Ya Allah, aku jadi ingat pertama kali ke klinik mata saat kelas 5 SD.
    Mendadak periksa mata karena aduan dari wali kelasku kalau aku sangat aneh saat mengerjakan tugas. Sering maju-maju ke depan, kaya ada gangguan penglihatan.

    Dan bener aja...
    Saat cek langsung divonis minus 1.5 dengan ada silindris.
    Ini bener bikin shock.
    Karena anak dulu kalo pake kacamata persis penyanyi Gombloh ((sama ibuku dikasih tali warna emas pula)). Weess...makin mirip.

    Kesehatan mata ini memang perlu dijaga banget.
    Karena nikmat melihat ini, mashaAllah.

    BalasHapus
  16. Jadi inget pelajaran biologi danfisika kalau ngobrolin retina mata :D
    Iya nih retina mata tu berharga kalau udah ada penyakit mata yang menyerang situ hadeuh. Soalnya dulu mataku pernah infeksi gk bisa ngapa2in selama 2 mingguan. Untungnya sih gk sampai ke syaraf dan bagian2 retinanya itu.
    Btw thx info kliniknya

    BalasHapus
  17. Wah benar benar harus diperhatikan ya mba kesehatan mata, karena merupakan salah satu faktor penting juga untuk kita bisa terus aktivitas. Apalagi retina mata, kunci banget itu.

    BalasHapus
  18. Perawatan kesehatan mata emang butuh tempat yang emang udah terpercaya..Apalagi kalau layanannya juga memang bagus.. Semoga ada layanan sejenis ini juga di daerah2..

    BalasHapus
  19. Pernah loh dengar kabar tentang kasus orang yang retinanya lepas. Duuh bahasanya yaa.. mungkin ya detachment tadi itu ya. Orangnya habis jatuh atau gimana gitu loh kayaknya trus mengalami hal ini. Ngeri deh.

    BalasHapus
  20. MasyAllah makasih mba Echa, alhamdulillah ya pengetahuanku soal retina bertambah nih
    apalagi aku pemakai kacamata, rentan banget dengan debu.

    BalasHapus
  21. Retina ini memang punya fungsi yang besar untuk mata dan penglihatan. Jadinya kudu dirawat dengan baik. Jika mulai punya gejala, harus secepatnya ditangani. Biar gak keburu fatal. Beruntung sekarang mah udah banyak klinik modern ya. Jadinya kita bisa merawat Retina dan juga jadi solusi jika retina bermasalah.

    BalasHapus
  22. Pengetahuan sederhana tapi wajib tahu nih ya bun. Biar bisa lebih menghargai setiap organ tubuh. Pas SD dulu cuma sebatas pengetahuan kalau sekarang sudah lebih paham fungsi dari bagian-bagian mata

    BalasHapus
  23. Anak-anak nih yang selalu ta wanti2 urusan menjaga mata. Soalnya mata itu vital banget dan sekali nya bermasalah kemungkinan untuk kembali seperti semula itu ga mungkin.

    BalasHapus
  24. Indra penglihatan adalah anugerah terbesar dari Tuhan yang perlu disyukuri. Salah satu caranya adalah dengan merawat dan menjaga kesehatannya. Karenanya kita perlu sungguh-sungguh banget untuk menjaganya. Ngak kebayang andai nimat satu ini diambil kembali oleh Allah swt.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^