Tips Manajemen Gudang dengan System Ever, Software ERP Manufaktur Terbaik

Tips Manajemen Gudang dengan SystemEver Software ERP Manufaktur Terbaik

"Pih, serundengnya sisa berapa ya? Ini orang mau beli soalnya"
"Kalau lihat catatan kayaknya ada 10an"
"Eh ini di lemari cuma ada 4 sisanya"
"Lah kok ga sama jumlahnya?"

Buat UMKM kecil, pasti pencatatan stok ini penting. Ya tujuannya biar sinkron saja biar tidak seperti percakapan di atas. Iya, itu skala kecil. Kebayang tidak kalau skala besar seperti industri? Pasti akan sangat terasa bila jumlah barang yang ada di pencatatan data dengan stok asli yang di gudang berbeda jumlahnya. Iya, kalau UMKM paling cuma beberapa buah saja. Lah kalau industri besar bila terjadi selisih pasti bingung.

Karena itu pencatatan data stok seperti ini memang harus dilakukan bagi semua sektor, mulai dari UMKM sampai ke industri manufaktur. Sistem yang sangat berguna untuk bisnis jangka panjang ini biasanya dikenal dengan sistem manajemen pergudangan. Dengan sistem manajemen pergudangan yang baik diharapkan arus barang akan tertata rapi dan teratur. Dan tentunya ini pasti akan memudahkan banyak pihak, beda kan kayak pencatatan biasa nanti bingung seperti obrolan saya dan Papih.

Sayangnya, hal ini jarang menjadi perhatian para pelaku bisnis. Malah kadang terlupakan karena lebih memikirkan keuntungan, padahal ini juga sangat mempengaruhi penjualan. Soalnya sistem manajemen pergudangan yang baik bukan hanya membahas jenis stok barang, tapi juga memastikan produk yang disimpan di gudang sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

Ini Tips Manajemen Pergudangan yang baik 

1. Membuat data yang akurat
2. Membuat Forecast persediaan stok barang
3. Pengecekan kembali sebelum masuk gudang
4. Pemisahan stok barang lama dan stok barang baru
5. Arus persediaan barang, mulai dari pembelian, penerimaan, pembuatan dan pengiriman barang
6. Pengaturan tata letak

Memang terlihat simpel ya, cuma perlu diketahui juga stok barang yang dibuat data secara akurat ini bukan hanya satuan tapi ribuan bahkan jutaan. Jadi pasti akan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Karena itu dibutuhkan suatu sistem manajemen pergudangan yang apik.

Pentingnya Software ERP Manufaktur


Untuk efisensi gudang ini, sekarang sudah ada software sistem ERP yang bisa gunakan juga untuk memudahkan mengatur manajemen gudang yang baik. ERP atau kepanjangannya Enterprise Resources Planning ini merupakan sebuah sistem atau program yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan.⁣ ERP dapat membuat semua proses dalam perusahaan lebih efisien, mulai dari HRD, absensi, akuntansi, sales, distribusi, hingga ke inventory atau pergudangan.⁣

apa itu erp

Bagi sebuah perusahaan industri manufaktur, ERP ini sangat berguna dalam mengelola perusahaannya. Dengan sistem ERP, bisa membuat kemudahan bagi perusahaan manufaktur sehingga informasi tepat dan real time yang bisa dijadikan untuk keputusan bisnis pada banyak hal. Selain itu, untuk manajemen gudang di industri manufaktur, ERP memberikan kepraktisan dan efisiensi. Apalagi jumlah data persediaan barang usaha manufaktur pasti tidak dalam jumlah sedikit. 

ERP ini dapat berjalan baik untuk perusahaan industri manufaktur mulai dari skala kecil ke besar. Karena kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi biasanya sama. Semua manufaktur harus dapat mengelola persediaan dan pengiriman barang secara efisien, sehingga bisa membuat dan memperbaiki sistem manajemen gudang atau inventory terkait ketersediaan barang dan persediaan secara aktual.

Namun sayangnya, hampir semua manufaktur sangat kesulitan melakukan untuk melakukan pekerjaan secara manual karena keterbatasan sumber daya. Dan dengan ERP ini akan sangat termudahkan karena semua akan serba otomatis dan komputerisasi sistem manajemen gudangnya. 

Jadi harus kapan pakai ERP? Sekarang dong, jangan tunda lagi!

SystemEver, Software ERP Industri Manufaktur Pergudangan Terbaik


Cuma banyaknya sofware ERP ini, kita juga kudu bijak pakai sistem ERP yang mana. Karena manajemen pergudangan itu tidak hanya sedikit stok barangnya. Tidak mungkin kalau sering beralih ke dari software satu ke software lainnya walau sama, yang ada akan membuang waktu karena mulai dari awal lagi.

Nah saya kasih tahu salah satu software ERP terbaik untuk industri manufaktur pergudangan yaitu SystemEver. Ini adalah produk dari perusahaan teknologi terkemuka asal Korea Selatan, Younglimwon 永林院 Soft Lab Co., Ltd. yang sudah sejak tahun 2017 ada di Indonesia. Bukan hanya sekedar ERP biasa, SystemEver ini menghadirkan teknologi manajemen sistem Cloud ERP yang dapat membuat perusahaan makin berkembang dan dapat bersaing di pasar global, khususnya pada sektor distribusi, perdagangan dan manufaktur.

Jadi bukan hanya oppa-oppa drakor cakep saja di Korea Selatan, tapi teknologi juga cakep *eh

guna erp manufaktur

Di dalam Produk Cloud ERP SystemEver ada 3 layanan (i-series)
1. i1 (Account Tax Service) 
Kemudahan ERP bagi layanan konsultan pajak dan akuntansi 
2. i5 (Sales/Distribution) 
ERP untuk para perusahaan distribusi dan penjualan
3. i7 (Manufacturing) 
ERP untuk industri manufaktur dalam skala besar. Soalnya semakin besar usaha pasti akan semakin besar dibutuhkan solusi pengelolaan manajemen dengan masalah yang pasti makin kompleks.

Keunggulan SystemEver ini bisa mulai merancang sistem komputerisasi pengelolaan stok barang lengkap hingga manajemen pencatatan keuangan terbaik yang semua dilakukan secara real time. Pas banget buat suasana kantor pandemi yang bisa dilakukan di rumah saja.

Kelebihan SystemEver lainnya adalah tampilan Visual K-Process Map yang apik. Dimana pemetaan kerja sangat simpel sehingga mudah membuat para pengguna melakukan tugasnya lebih efisien. 

Dengan produk SystemEver Trading & Distribution (manajemen penjualan/perdagangan dan distribusi) dan SystemEver Manufacture ERP (manajemen pabrik), Systemever membantu berbagai sektor bisnis dalam menciptakan ekosistem transformasi digital yang mendukung khususnya pada masa pandemi. Investasi yang tepat dan sangat terjangkau buat para pelaku bisnis untuk digitalisasi kerja yang efisien dan kondusif, bukan? 

Untuk industri manufaktur, SystemEver kan punya produk unggulan yaitu i-7 series. Sehingga dapat mengelola seluruh kegiatan manajemen manufaktur menyeluruh secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.

Tips Manajemen Gudang dengan SystemEver Software ERP Manufaktur Terbaik

Untuk sistem manajemen gudang manufaktur, SystemEver dapat memaksimalkan efisiensi pergudangan, optimasi proses alur barang dan kontrol barang di manapun kapanpun. Mayan banget kita bisa atur penyimpanan tanpa error dengan SystemEver ini. Yang tadinya susah dapat disederhanakan dengan SystemEver ini sehingga terjadi efiensi operasional dna ini bakal menghemat anggaran industri manufaktur.

Dengan sistem manajemen gudang SystemEver, manajemen inventory manufaktur meliputi gudang, pergerakan stok, stok opname, pencatatan perakitan, perhitungan HPP, pengambilan barang, alokasi barang, kontrol hingga perhitungan dapat dilakukan dengan tepat. Hemat waktu, tenaga dan biaya tentunya.

Untuk harga, SystemEver terbaik dan bersaing kok. Untuk i-5 series saja, ERPnya bisa dibeli cukup 1,9 juta sebulan dan untuk 1-7 series yang digunakan pada manufaktur mulai 6,5juta sebulan. Tentunya fiturnya juga sangat banyak yang bisa membantu untuk proses sistem manajemen manufaktur berjalan dengan baik. 

Tips Manajemen Gudang dengan SystemEver Software ERP Manufaktur Terbaik

Salah satu yang sudah menggunakan ERP dari SystemEver ini adalah Jeong Semmul Beauty, suatu brand kecantikan ternama di Korea Selatan. Mr Kwon Ki-deok sebagai SCM Team Leader dari Jeong Semmul Beauty bilang ternyata kalau pakai SystemEver perusahaannya sangat terbantu untuk mengelola data agar lebih siap sehingga dapat merambah ke pasar global ke depannya. SystemEver memudahkan karyawan pakai berkat execl interfacenya. Selain itu SystemEver juga memiliki cost structure yang transparan dan jelas, sehingga keakuratan data yang dibutuhkan untuk memutuskan suatu kebijakan dapat digunakan para jajaran manajemen perusahaan.

Pantes sih ya, Jeong Semmul Beauty terus pakai SystemEver ini.

 

Tips Manajemen Gudang dengan SystemEver Software ERP Manufaktur Terbaik

Buat para pelaku bisnis apalagi industri manufaktur yang sangat membutuhkan kemudahan dan efisiensi dalam manajemen pergudangannya pas banget kalau pakai SystemEver, software ERP manufaktur yang bisa jadi pilihan tepat untuk efisiensi.

Sotware ERP Manufaktur SystemEver ini bakal bantu bisnis agar terus berkembang dengan manajemen data yang akurat dan real time. Percayakan pengelolaan bisnis dengan menggunakan sistem manajemen perusahaan terbaik kepada SystemEver Indonesia. 

Berminat kan? Yuk baca caranya di   https://systemever.co.id/id/join-partner 

Komentar

  1. Bener banget pencatatan tentunya harus sesuai dengan jumlah yang asli apalagi kalau sampai barang di sebuah gudang industri pencatatan seperti ini tidak sesuai bisa menimbulkan keraguan bahkan bisa ada kemungkinan korupsi

    BalasHapus
  2. Jadi gak perlu lagi catat mencatat ya Cha, kadang manual saja suka lupa jadi lebih enak juga ini menggunakan ERP System ya. Kita yang punya usaha juga jadi lebih efisien waktunya.

    BalasHapus
  3. suamiku kerja di kantor logistik kerjaannya urus barang di gudang buat dikirim, hmm sepertinya sistem ini bisa diinfoin ke beliau dan kantornya deh biar makin rapi lagi pencatatan

    BalasHapus
  4. Sebagai pembeli juga suka agak kesel kalau barangnya dibilang ada. Tapi, gak taunya keabisan stok. Makanya memang bener banget deh butuh pendataan yang rapi catatannya.

    BalasHapus
  5. Waduuuh, data pencatatatan tuh riskan banget ya Chaaa, kalo ga klop, bikin hebooh.
    Adanya software ERP ngebantu banget, waktu jadi lebih efesien, bisa mengerjakan yang lain.

    BalasHapus
  6. Baik drakor maupun teknologi KorSel tuh ciamik...seruu banget ya untuk dimanfaatkan utk kebutuhan sehari²

    BalasHapus
  7. Bisnis skala kecil maupun skala besar harus punya sistem pencatatan yang tepat ya, biar nggak bingung mengingat-ingat masih ada stok barang atau enggak ya, Mam

    BalasHapus
  8. Aku pernah ngatur pergudangan kaya gini, tapi pas aku gak ada dan gak punya pengganti juga jadi ambyar. Kalau ada software ERP manufaktur ini bakal bantu

    BalasHapus
  9. Walaupun usaha skala kecil sistem pencatatan penting juga ya biar bisa mantau stok, kalau udah menipis berarti harus menambah stok. Pakai software ERP jadi bikin mudah ya untuk pencatatan & manajemen gudang jadi lebih baik lagi soalnya ga manual sistemnya

    BalasHapus
  10. Update stok memang penting banget kalau memiliki usaha menjual produk, aku aja kalau beli online dibilang stok aman ngak tahunya lain yang diminta eh lain yang dikirim...rasanya kesel banget apalagi kalau untuk industri manufaktur besar, pastinya selain harus update stok.

    BalasHapus
  11. Patut digunakan nih karena kelebihan SystemEver Visual K-Process Map yang apik. Dimana pemetaan kerja sangat simpel sehingga mudah membuat para pengguna melakukan tugasnya lebih efisien.

    biar bisa makin mudah usahanya dan fokus ama pengembangan lainnya

    BalasHapus
  12. Wah, fiturnya juga sangat banyak ya bisa membantu untuk proses sistem manajemen manufaktur berjalan dengan baik nih
    Mana harga bersaing untuk i-5 series bisa dibeli cukup 1,9 juta sebulan dan untuk 1-7 series yang digunakan pada manufaktur mulai 6,5juta sebulan. Menarik ini

    BalasHapus
  13. dengan adanya software ERP ini urusan pergudangan jadi lebih mudah terkontrol ya mbak
    bisnis manufaktur jadi makin lancar

    BalasHapus
  14. Wah, cocok nih dipakai gudang perusahaan tempatku kerja nih. Karena harus tahu stock dan jenisnya. Wah, ternyata ERP terbaik itu SystemEver yang dari Korea Selatan. Uuhh, bukan hanya KPOPnya aka yang keren softwarenya ternyata keren juga nih KorSel.

    BalasHapus
  15. Kebayang sih urusan catat mencatat barnag usaha itu rada ribet apalagi kau usahanya sudah besar. Urusan pergudangan serahkan saja ke ahlinya, pakai software ERP manufaktur

    BalasHapus
  16. Karena suamiku di tempat kerjanya juga menyentuh bidang packing dan pergudangan, aku diajarin banyak hal ttg stok yang bisa aku apply di kehidupan sehari-hari.
    Dan bener mbak, pencatatan dan penghitungan yg akurat tuh ngaruh bgt dalam hal stok barang

    BalasHapus
  17. Sistem ERP ini bagus banget yah menolong pelaku UMKM dalam mengolah data apalagi sistemnya mudah dipahami

    BalasHapus
  18. Perusahaan yang udah mencapai omzet besar harus menggunakan manajemen gudang yang mumpuni. Aku dulu bagian audit, tiap enam bulan sekali ngecek stok di gudang dan mencocokkannya dengan di komputer. Udah ada programnya tapi tetep manual juga untuk auditnya, pusing kalo nggak cocok, wkwkwkk

    BalasHapus
  19. Bener banget pencatatan stok di gudang, barang keluar masuk ini emang penting banget. Repot kalau sampai ada selisih, bisa-bisa karyawan mesti lembur ngecek kembali. Pencatatan dengan menggunakan sistem informasi tentunya akan mempermudah dan juga meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian data. Untung ada systemever, pencatatan stok gudang kini jadi lebih mudah dan cepat

    BalasHapus
  20. Bener banget manajemen pergudangan itu penting sekali. Karena kaitan dg stok, penjualan dan omzet tentunya. Alhamdulillah sekarang ada SystemEver ya mbak

    BalasHapus
  21. Korea semakin maju nih teknologi dan sepertinya mulai "menjajah" kita dari segala segi. Mulai dari film dan dramanya, musiknya dan sekarang teknologi digitalnya nih. Kabar baiknya bagi pelaku usaha yang menggunakan gudang, ini nih software yang wajib diketahui. Kalau cocok bisa langsung digunakan.

    BalasHapus
  22. Wah, cocok nih sistem ERP digunakan di perusahaan. Selama ini masih manual dan ada saja kesalahan. Kalau pakai teknologi ERP lebih efektif dan efisien kali, ya.

    BalasHapus
  23. Soal catat mencatat apalagi pergudangan ..pasti rumit dan banyak..gak boleh ada istilah luoa atau mereka2 dlam jumlah gak bisachma ngandelin ingatan..kudu pasti..wislah pakai ERP aja..sangat membantu banget..dN bisa diandalkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!