Turn Over Karyawan Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Turn Over Karyawan Tinggi Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Mereka berperan melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. Di sisi lain, kemajuan teknologi membawa arus perubahan yang kuat, menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan zaman ini, tentunya menuntut beragam industri untuk terus berinovasi agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, perusahaan pun membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten.

Tapi tidak sedikit perusahaan yang justru banyak ditinggal karyawannya. Bermacam alasan, mulai dari tidak kuat dengan sistem kerjanya, tidak bisa beradaptasi, bahkan banyak pula yang bosan dan merasa tidak berkembang.

Menyikapi permasalahan tersebut, sebenarnya perusahaan bisa memberikan program pelatihan kerja bagi SDM. Pelatihan kerja merupakan salah satu media yang efektif untuk memperbaiki performa dan meningkatkan kompetensi karyawan. Sehingga, setiap karyawan merasa dirinya diperhatikan, merasa diajak untuk berkembang bersama, dan merasa difasilitasi untuk memiliki kompetensi yang lebih lagi.

Namun, hal ini menjadi kendala bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, bahkan hingga tersebar di seluruh Indonesia. Beragam kegiatan pelatihan kerja dinilai kurang efisien dan menyebabkan lemahnya efektivitas kinerja perusahaan. Apalagi, di masa pandemi saat ini, pelatihan kerja dapat meningkatkan resiko penyebaran virus.

Aplikasi ruangkerja, sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Aplikasi ruangkerja dianggap sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional.

aplikasi ruangkerja


Berikut ini beberapa fitur unggulan aplikasi ruangkerja serta manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan :


1. Pelatihan Berbasis Digital

Kapasitas waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas dalam memberikan pelatihan kerja dapat diatasi menggunakan aplikasi ruangkerja, sebuah platform pelatihan berbasis digital. Melalui ruangkerja, program pelatihan kerja akan mudah diakses karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptop. Dengan demikian, pelatihan akan jauh lebih efektif dan efisien.

2. Memungkinkan Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

Aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihannya dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya. kita dapat menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawan secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, kita juga dapat membuat kelas pelatihan sendiri secepat apa pun yang kita mau melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.

3. Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

Melalui fitur learning journey, materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.


aplikasi ruangkerja

4. Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

Di aplikasi ruangkerja, peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.

5. Memudahkan Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

Perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu kita dan Management Team dalam mengambil keputusan.

6. Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control

Fitur role-based control berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Artinya, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.

7. User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan

Agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. Bahkan, kita juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.

8. Meningkatkan Performa Karyawan

Aplikasi ruangkerja dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan materi yang diberikan. Reward points merupakan salah satu fitur yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan. Melalui fitur ini, peserta dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Selain itu, ada juga fitur leaderboard yang dapat mendorong peserta untuk menyelesaikan materi sebaik mungkin dan menjadi yang terbaik di kelas. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak.

aplikasi ruangkerja

9. Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

Dengan bermitra bersama ruangkerja, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri. Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Kita juga tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data kita.

Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan. Aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya. Aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.

25 komentar:

  1. Ruang guru sekarang gak hanya untuk siswa, ya, ternyata juga menyediakan ruang kerja buat yang ingin mencari kerja sukses terus

    BalasHapus
  2. Keren Ruangguru, menjawab permasalahan turn over yang tinggi di perusahaan. Bersama aplikasi ruangkerja, sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.

    BalasHapus
  3. Wah ini tampilan terbaru ruang kerja ya, makin bagus ya, semoga program-programnya dapat dirasakan manfaatnya oleh orang banyak. Ini bisa corporate training, solusi ditengah pandemi banget secara aku udah 2 taun ga ada training dari kantor

    BalasHapus
  4. Ya ampun bener-bener lengkap ya program ruang guru nih. Bukan cuma untuk pelajar tapi juga untuk mereka-mereka yang butuh pendampingan menjadi SDM yang siap kerja. Keren deh.

    BalasHapus
  5. Ruang Guru tuh lengkap banget ya, mulai dari anak SD, SMP, SMA, bahkan sekaranag dunia kerja pun dirambah untuk meningkatkan skill SDM di Indonesia

    BalasHapus
  6. baru tahu ternyata ada aplikasi ruang kerja ini by ruang guru yah mantap makin variatif aja aku tahunya untuk anak sekulah doang ternyata skearang nyasar juga buat pekerja

    BalasHapus
  7. Pas baca judulnya aku langsung "Kayak aplikasi apa, ya, yang ada ruang-ruangnya?" Hehe. Ternyata dari ruangguru, wah keren banget in, Mak. Perusahaan-perusahan harus invest di sini, sih, untuk pengembangan karyawan agar kinerjanya makin meningkat dan berpengaruh pada kemajuan bisnis.

    BalasHapus
  8. Komplit banget ini RuangGuru. Sekarang ada RuangKerja juga. Menjaga loyalitas karyawan memang bukan hal sepele. Bagus nih kalau RuangKerja bisa memberikan solusi.

    BalasHapus
  9. Wuiiihhh, baru ngeh Chaaa, ternyata ada Ruang Kerja by Ruangguru yaa. Makin melebarkan sayapnya aja nih ke dunia pekerjaan ga hanya dunnia pendidikan. Kereeen pisaan euuy, apalagi fitur2nya mendukung ituu.

    BalasHapus
  10. Bagus banget ya mak, inovasi dari ruang guru. cuma yah itu karena lokasi rumah saya di perbatasan kabupaten kota, kadang suka mati lampu, meski gak sering banget, di tempat saya, kalo mati lampu yah, mati juga wife dan sinyal. jadi gak bisa ngapain lagi, hehehe. moga deh ruang guru next bisa kerjsama ama PLN supaya gak mati lampu lagi, hehehe

    BalasHapus
  11. Inovasi yang up to date
    Aplikasi ruang guru tidak hanya mewadahi sistem pembelajaran untuk siswa tapi juga ada untuk meningkatkan sumber daya bagi karyawan melalui ruang kerja

    BalasHapus
  12. Ada saja inovasinya Ruang Guru ya, adanya Ruang Kerja ini membantu perusahaan mengelola pelatihan digital untuk karyawannya biar kerja mereka lebih bagus dan efisien..

    BalasHapus
  13. era digital seperti ini memang paling tepat jika melakukan pelatihan secara online ya mbak
    termasuk pelatihan karyawan agar tidak terjadi turn over tinggi

    BalasHapus
  14. Pandemi gini pelatihan karyawan secara online pasti sangat bermanfaat ya mbak. Sepakat banget kalo bisa Turn Over Karyawan berkurang dengan cara dftr di ruangkerja

    BalasHapus
  15. Keren ya ruangguru ada ruangkerja segala. Memudahkan perusahaan yang mau melakukan pelatihan kerja di musim pandemi gini karena bisa diakses melalui gadget

    BalasHapus
  16. Makin mantep ini mah ya mba. Sekarang ada ruang kerja juga dari ruangguru, makin keren ini.

    BalasHapus
  17. Awal baca ruang kerja kok, namanya hampir sama seperti ruang guru. Setelah baca artikelnya ternyata masih unit bisnisnya ruang guru.. MashaAllah keren banget sekarang tranning buat karyawan bisa lewat aplikasi ruang kerja

    BalasHapus
  18. Mantap banget inovasinya ruangguru ini, kini memfasilitasi para pekerja juga untuk memperoleh pelatihan di ruangkerja

    BalasHapus
  19. wah mantap banget ini ya raungguru, sekarang ada ruangkerja untuk mengupgrade pekerja yaa. Fiturnya juga lengkap banget. Bisa jadi solusi ya pada saat pandemi begini mak.

    BalasHapus
  20. Auu.. Baru tau ini dr ruangguru jg ya.. Bagus bangett ah. Solutif buat para pekerja yg mungkin seg kesusahan di kala pandemi begini

    BalasHapus
  21. Ruang Kerja menarik naget buat membantu karyawan..auto betah beneran deh kerjanya.. Gak mikir pindah ke tempat lain ya

    BalasHapus
  22. Tuntutan dari sebuah perusahaan yaa, kak Echa.
    Yang membuat kini para pekerja harus plus plus. Kalau di Korea ada Pak Hong yang berlisensi macam-macam, di Indonesia ada ruangkerja yang memungkinkan karyawan menjadi skillfull.

    BalasHapus
  23. eh baru denger nih RuangKerja niiihhh.. kayanya oke banget ya mak Cha dipake buat karyawan supaya bisa semakin produktif saat bekerja..

    BalasHapus
  24. waktu jadi karyawan paling suka saat pelatihan. Itungannya refreshing, bisa belajar ilmu baru. Ini juga bisa membuat semakin loyal kepada perusahaan.

    Ikut pelatihan karyawan di ruangkerja lebih enak, sih. Mending pakai jasa outsource begini, enggak mikir materi dari nol banget.

    BalasHapus
  25. Kupikir Ruang Guru cuma buat anak sekolah aja, ternyata bisa juga buat pelatihan untuk karyawan ya. Perusahaan bisa meningkatkan skill karyawan melalui pelatihan di ruang kerja ini.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^