Semangat Menjalani Pandemi Bersama Sahabat - UMi Bangkit

Bersama Sahabat - UMi Bangkit

Kalau dipikir-pikir ya, pandemi ini memang beneran bikin pusing. Secara ya semua bagian kena dan itu memang bikin goyang segala penjuru. Yang punya usaha besar juga kena, yang punya usaha kecil apalagi. Belum lagi banyaknya PHK yang berakibat pengangguran bertambah banyak. Yah hampir 2 tahun pandemi dan terasa berat.

Tapi bukan berarti berdiam diri kan?

Karena semua orang harus berusaha. Kalau tidak usaha gimana caranya bisa survive? Perjalanan kan masih panjang, apalagi kalau anaknya banyak kayak saya. Ya pasti pusing lagi. Walau jujur memang rada susah memenangkan hati untuk tetap teguh bangkit. Balik lagi semua ada naik turun namanya roda kehidupan kan?

Nah, ngomong-ngomong usaha. Saat pandemi ini banyak sekali yang putar haluan dengan berjualan. Beneran deh! Hampir semua teman saya berjualan. Termasuk saya juga sebenarnya yang langsung bikin usaha baru saat dekor balon saya sepi karena tidak ada event apapun. Ya bayangin saja selama pandemi hampir 50 persen pelaku usaha UMKM terpaksa menutup usaha karena penjualan menurun sehingga modal tidak bisa berputar baik. Ya gimana bikin produk terus tidak ada yang beli kan berasa :(.

Tidak apa-apa loh, jangan malu kan? Selama kita masih bisa mencari uang halal jangan sampai takut apalagi malu.

Untungnya pemerintah tidak tinggal diam. Sekarang Kementerian Keuangan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membuat kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” demi meningkatkan perekonomian dengan sasaran utama para pelaku usaha kecil, menengah, mikro dan Ultra Mikro (UMi) tetap bisa bertahan dan meningkat kembali pendapatannya.

Bersama Sahabat - UMi Bangkit

Peluncuran program kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" di tanggal 1 September 2021 oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) ini merupakan angin segar bagi para pelaku usaha menengah ke bawah. UMi ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 23/2020 untuk mendayagunakan dan mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pasti banyak yang belum tahu apa itu Pusat Investasi Pemerintah (PIP)? Jadi Pusat Investasi Pemerintah ini adalah unit organisasi non eselon di bidang pinjaman usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Yang melakukan tugas dan fungsinya dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Nah, Pusat Investasi Pemerintah kan Badan Layanan Umum (BLU) jadi dia bisa memberikan fasilitas kredit usaha Rp20 juta buat pelaku usaha yang selama ini tidak dapat mengakses pinjaman perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Biasanya kalau pinjaman kredit usaha kan rada susah buat usaha kecil, ya gimana ya kalau di cek-cek bank pasti ga disetujui. Secara usahanya kecil-kecilan. Tapi dengan UMi, para pelaku usaha yang tak terbidik ini bisa mendapat bantuan pinjaman modal.

Selain itu pinjaman UMi ini hanya bisa dikucurkan melalui PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Koperasi Konsumen Syariah An Nisa, KSPPS Bakti Huria Syariah, dan KSPPS BMT Mandiri Sejahtera. Ini biar lebih bisa dikontrol oleh lembaga keuangan itu langsung.

Soalnya, kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” ini bukan cuma buat pinjaman modal saja. Tapi juga ada banyak program di dalamnya.
Bersama Sahabat - UMi Bangkit

Jadi pada kampanye "Bersama Sahabat – UMi Bangkit" yang bertujuan memperkuat ekosistem Ultra Mikro (UMi) di Indonesia ini juga selain memberikan pinjaman modal, juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan saat menjalankan usaha. Bahkan UMi juga menyediakan pemasaran agar produk bisa terbeli oleh orang lain.

Ada 3 Program UMi, yaitu :


1. Inkubasi UMi

Adanya pendampingan dan pelatihan bagi para debitur UMi sehingga pengetahuannya bertambah, kualitas produk meningkat, ada legalitas produk dan tentunya pemberian pengetahuan digital juga bertambah.

Saat ini sudah dilakukan di Jawa Barat (Majalengka dan Bandung Barat) dan Jawa Timur (Malang)

2. Wadah usaha UMi

Untuk memfasilitasi pemasaran produk pelaku usaha UMi di Maluku Utara

3. Kampung UMi

Penyediaan dukungan pemasaran yang terintegrasi bagi debitur UMi dallam cluster di suatu wilayah.

Bantuan pemasaran ini sangat membuat banyak manfaat. Soalnya biasanya orang susah untuk menjual produk. Kalau dibantu jadi lebih tenang, karena modal akan berputar. Betul tidak?

Tahu tidak kalau Inkubasi UMi di Jawa Barat itu juga menggandeng Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjajaran. Dan pendampingan ini ada 35 debitur UMi di Kabupatan Bandung Barat dan Majalengka. Kalau di Jawa Timur menggandeng Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB) yang berfokus di kota Malang dengan materi pengelolaan pemasaran digital dan pembukuan keuangan.

Dimana lagi kan selain dapat pinjaman modal dari pemerintah juga dapat pengetahuan agar produk yang dihasilkan semakin bagus dan luas pemasarannya. Hal ini diharapkan, kota tersebut akan menjadi wilayah percontohan UMi. Seperti yang di Ternate, Maluku Utara yang mendampingi 13 debitur UMi Ternate dalam suatu wadah sarana promosi usaha dan belajar manajemen. Kesemuanya bertujuan agar para pelaku usaha di Ternate bisa lebih besar menjadi pengusaha UMKM.

Salah satu debitur UMi asal Telaga - Majalengka,
Ibu Nonoh Ukinah (60 tahun) sedang menggoreng tahu yang akan dijual.

Suami dari Ibu Dedoh (46 tahun), debitur UMi asal Banjaran, Majalengka sebagai pengusaha retail barang bekas sedang memilah barang untuk diolah kembali.

Ibu Nonoy Nurhasanah (45 tahun) dan suami, pelaku usaha kuliner Sorabi Jaya di Banjaran, Majalengka. Kuliner menjadi salah satu sektor yang banyak dilakukan oleh para debitur UMi.

Hal ini sangat berpengaruh ke pertumbuhan ekonomi nasional. Dimana pendapatan akan meningkat seiring arus barang uang berputar baik. Selain ini juga disediakan program lelang di website www.lelang.go.id yang disediakan oleh Direktorat Lelang, DJKN yang dapat menjadi alternatif penjualan produk UMi. Sehingga produk pemasaran makin bertambah luas.

Enak gak sudah diberi kredit modal usaha, diberi pelatihan sampai dibantu memasarkan produknya. Enak banget pasti kan? Informasi selanjutnya bisa langsung ke instagram @pusatinvestasipemerintah ya! Dan yuk Bersama Sahabat – UMi Bangkit

25 komentar:

  1. Wah program kayak gini membantu banget, ya, selain membangkitkan ekonomi juga membantu sumber daya masyarakat. Keren!

    BalasHapus
  2. Memang pandemi ini beraaattt ya mba buat semua orang, terutama penggiat UMKM
    Untunglaaahh, Kementerian Keuangan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) membuat kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” demi meningkatkan perekonomian dengan sasaran utama para pelaku usaha kecil, menengah, mikro dan Ultra Mikro (UMi) tetap bisa bertahan dan meningkat kembali pendapatannya.

    Salut banget dgn program ini!

    BalasHapus
  3. Semoga adanya UMi bisa bantu usaha kecil ya, Mbak. Pandemi kaya gini emang jadi PR banget dan banyak yang terpuruk. Sekarang kita harus survive dan terus maju

    BalasHapus

  4. Luar biasa ya. Udah dikasih kredit modal usaha, diberi pelatihan sampai dibantu memasarkan produk. Mantap banget. Jadi perekonomian rakyat pun nggak stagnan selama pandemi. Tetap ada pemasukan.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ada program kayak gini, sangat membantu terutama pelaku UMKM yang sudah tersenduh banget dengan bantuan ini. Dimasa panemi ini, para pelaku UMKM butuh banget untuk dirangkul dan bantu. terima kasih ya program Umi Bangkit

    BalasHapus
  6. Sangat setuju program kayak gini, jadi lebih memberdayakan usaha kecil dan juga membantu mereka untuk bisa survive sekaligus tahu cara mengelola usaha. Semoga program ini bisa menjangkau banyak usaha di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  7. Program seperti ini yang dibutuhkan oleh pelaku usaha yang jatuh dan terpuruk diterjang badai pandemi saat ini. Semoga dengan adanya pelatihan bantuan fasilitas pemasaran, serta peminjaman dapat membuat mereka bangkit, roda usaha berputar lagi, dan ekonomi membaik. Aamiin

    BalasHapus
  8. Semoga dengan diberikannya kredit modal usaha, serta pelatihan sampai dibantu memasarkan produknya, sahabat UMi bisa bangkit sehingga mereka bisa terus mengoperasikan usaha. Program yang baik untuk pelaku UMi di Indonesia. Semoga sukses

    BalasHapus
  9. Sorabi Jaya kayaknya enak ya, jadi pengen itu liatnya. Semoga UMKM bangkit dengan program seperti ini ya. Jadinya selain dapat tambahan modal, juga dapat bantuan pelatihan dan lain-lain.

    BalasHapus
  10. Beneran emang banyak yang terdampak karena adanya pandemi ini. Dan dukungan terhadap UMKM sangat diperlukan. Salut atas koloanorasi dan bantuan kepeduliannya

    BalasHapus
  11. UMi memang tidak hanya meminjami tapi juga mewadahi, memfasilitasi, dan mendampingi. Saya dulu pengen ambil tapi kurang leluasa keluar. AKhirnya ga dulu deh.

    BalasHapus
  12. Aku ingat sekali kalau memberi bantuan sebaiknya yang berdaya guna begini, sehingga efeknya panjang.

    Bagaikan memberikan pancingnya yaa..
    Semoga program UMI bisa menjangkau lebih luas untuk masyarakat yang membutuhkan.

    BalasHapus
  13. Keren nih programnya. Nggak cuma memberi pinjaman modal usaha, tapi juga membantu pengusaha kecil dengan memberi pelatihan dan membantu pemasarannya. Semoga usaha mikro di Indonesia makin berkembang dengan proogram ini.

    BalasHapus
  14. Jujur saja aku baru kenal dengan program ultra mikro ini mam. Jaman aku kerja di perbankan belum ada sektor ini, paling mentok di UMKM. Alhamdulillah dengan UMI ekonomi masyarakat makin menggeliat.

    BalasHapus
  15. Sedih ya banyak perusahaan besar dan UMKM tutup karena pandemi, alhamdulillah ada program ini jadi umkm bisa bernapas lebih lega, semoga kita semua bisa melewati masa sulit ini dengan baik aamiin

    BalasHapus
  16. Keren banget Program Bersama Sahabat UMI Bangkir, selain mendapatkan pendampingan serta bantuan kredit modal usaha juga disediakan wadah dan dibantu dalam hal pemasaran. Semoga semakin banyak usaha mikro yang terbantu di masa pandemi dengan program ini, apalagi di era digital ini sayang jika banyak usaha mikro yang tidak memanfaatkannya.

    BalasHapus
  17. Asiiknya, program UMi semoga membantu para pelaku UMKM agar pulih kembali ditengah pandemi begini, sama2 saling support agar usaha mikro di Indonesia makin berkembang dengan proogram ini.


    BalasHapus
  18. Terasa sekali imbas ekonomi in yg punya usaha kecil2an, syukurlah ada program seperti ini, bisa membantu meningkatkan ekonomi uMi

    BalasHapus
  19. Dimasa pandemi seperti ini emang menjadi ancaman disetiap lini usaha, Mikro maupun Makro tapi kalau mikro yang keuntungannya kecil dan makin sepi pasarnya yauda bubar karena kurang modal. Semoga adanya program UMi ini membantu para UKM di masa pandemi ini serta makin banyak yang memanfaatkannya

    BalasHapus
  20. Kabar baik ada program ibu ya mba Echa. Allhamdulilah aku termasuk yang umum terdampak sepi banget. Semoga UMKM makin bangkit dan pulih dengan adanya program ini

    BalasHapus
  21. Dampak pandemi kerasa banget ya mbak buat UMKM. Alhamdulillah ada program Sahabat UMI Bangkit. Salah satunya bisa memberikan fasilitas bantuan kredit. Semmangat terus untuk para UMKM..

    BalasHapus
  22. Wah ternyata UMI ini utk UMKM yg sulit mengakses kredit perbankan ya. Bagus juga sih, membantu UMKM dan membuat usahanya lebih berputar dg bantuan nafas modal 😁

    BalasHapus
  23. Di tengah keterpurukan ekonomi kita yang disebabkan pandemi, ada angin segar ya mbak untuk membantu UMKM bangkit kembali usahanya. Semoga program ini akan tetap berkelanjutan meskipun pandemi telah usai. Pasti akan sangat membantu bangat untuk pelaku usaha kecil dan menengah

    BalasHapus
  24. Semoga program bantuan dari Pusat Investasi Pemerintah ini benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha menengah, mikro dan ultra mikro. Pandemi ini memang bikin banyak sektor usaha terpuruk ya, tapi bukan berarti terus menyerah.

    BalasHapus
  25. Kampanye yang keren. Akan sangat bisa membuat pelaku UMi Naik kelas. Semoga dengan ini, ke depannya UMi bisa bangkit dan bertahan menghadapi pandemi ini ya.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^