Mengembangkan Usaha dengan Mobile Workstation Lengkap

mengembangkan usaha dengan pc workstation

"Jangan takut memulai, karena kalau tidak mulai-mulai ya tidak akan membawa perubahan apa-apa. Percayalah orang kreatif akan bisa hidup di manapun"

Kata-kata itu masih terngiang-ngiang di telinga saya saat acara entrepreneur waktu itu. Karena sebenarnya kejadiannya sama kayak yang saya alami. Maju mundur maju mundur. Tapi tidak mulai-mulai usaha apapun.

Masih ingat saat saya merintis usaha dekorasi tahun 2018 lalu. Rasanya mau posting status jualan itu gimana gitu, rasanya sungkan banget. Padahal ya kalau diikir-pikir, mana ada orang tahu kita jualan kalau tidak share apapun. Ya nggak?

Lalu saat pandemi akhirnya memutar otak lagi agar bisa "hidup" saya dan suami buka usaha lagi yaitu Rumah Raisya. Yah karena suami sudah resign, mau tidak mau kami harus kuat kembali kan buat anak-anak dan keluarga. Ini juga karena imbas pandemi, usaha dekor sama sekali tidak ada acara. Sedih juga sih, padahal dekoran balon yang besar masih berjaya. Cuma yang pas-pasan modalnya begini yang sedih.

Rumah Raisya saya khususkan ke makanan dan jilbab. Dulu, saya dan suami awalnya jualan jilbab dan serundeng buatan suami. Papih kebetulan suka masak memang, dan serundeng itu dia sering banget bikin buat lauk kami sekeluarga. Sayangnya, membagi waktu menjaga anak dan memasak serundeng yang tidak sebentar bikin Papih keteteran. Padahal ya lumayan, tidak banyak tapi cukup untuk hidup pas-pasan di rantau.

Jualan Ikan Asin dan Rengginang Enak


Putar otak lagi, dan setelah vakum 6 bulan kami bikin usaha lagi yaitu jualan hasil laut ikan asin. Setiap subuh saya ke pelabuhan untuk cari ikan asin yang baru dari nelayan digaramin. Itu rebutan loh sama tukang tadah ikan lainnya wkkwkw. Pelan-pelan saya dekatin tukang tadah ikan yang suangat banyak itu. Keras sob ternyata di pantai dan pelabuhan itu :"). Sampai kenal, sampai bisa diberi harga yang murah.

Sambil bawa yang bayi, anak-anak ditinggal di rumah pintu dikunci setiap hari kami jam 2-3 subuh ke pantai rebutan ikan asin yang baru digaramin langsung. Setelah semua pesanan jadi, kami pun pulang sekitar jam 5 pagi. Anak-anak lain dah bangun sholat dan bersiap ke sekolah.

Awalnya tercetus ide ini itu gara-gara anak-anak suka makan ikan. Terus ya aku pikir gimana kalau ikan-ikan ini dijual ke teman-teman karena rasanya enak. Udah simpel kan?Pakai nasi panas makan ikan asin kriuk-kriuk. Sedap banget apalagi cocol sambel dan lalapan. Ya nggak?

Saya dan suami memang baru menjalani hal ini, seru sih!. Tapi ya gitu namanya usaha merintis pasti ada saja kan. Tapi bukan berarti kami kalah. Karena kalau tidak nyoba ya susah :").

Oh iya, mau tahu apa saja produk jualan ikan asin Rumah Raisya? Ini dia!

jualan ikan asin enak

Seger-seger pokoknya. Ada ikan petek, ikan tambak, ikan batu, udang rebon, ikan krupuk, cumi dan klotok. Banyak pilihan yang pasti langsung nelayan euy! Selain ikan asin, saya juga dibantu teman yang jadi produsen rengginang. Jadi saya juga jualan rengginang enak, ada rasa original, terasi dan cumi.

jualan rengginang enak

Rengginangnya enak loh. Tanpa dijemur tinggal goreng pakai api kecil yang minyaknya sudah panas. UUUhhhh enak kriuk-kriuk. Anak-anak juga suka karena kan yang namanya snack berbunyi itu pasti mereka suka.

Di kampung saya dulu, ikan-ikan dan rengginang adalah menu sehari-hari. Sayang kan kalau tidak dikenalkan kepada banyak orang kekayaan alam laut Indonesia ini? Banyak, melimpah, enak dan bergizi pastinya. Masih ingat kan apa kata Bu Susi kalau makan ikan itu baik banget karena gizi yang sangat banyak? 

Laptop Mobile Workstation Lengkap Penunjang Usaha


Tapi jualan bukan cuma jualan saja, kudu ditunjang sama pemasaran dan pendataan yang baik. Soalnya beneran ternyata ngedata yang mau beli itu dan stok yang ada seringkali saya kelupaan, salah input dll. Soalnya kan ditulis manual. Duh beneran butuh banget yang namanya gawai cerdas mumpuni biar jualan oke.

Saya itu membayangkan andai kalau usaha saya punya workstation yang nyaman, lengkap dengan spesifikasi bagus. Paling tidak saya sudah mulai belajar tidak salah lagi input stok produk, bisa bikin grafis bagus buat jualan agar menarik hati pembeli, dll. Duh! Pengen ya!

Jadi worstation itu stasiun kerja di mana komputer atau laptop yang digunakan itu punya spesifikasi tinggi. Terus kalau misalnya servernya terhubung satu sama lain kan jadi mudah mulai mendata customer sampai pengiriman rapi. Kalau tidak salah ada PC workstation HP yang cocok buat kayak gini. Cuma kalau laptop yang mudah dibawa ke mana-mana juga sih buat saya ga masalah, yang penting speknya tinggi. Ya nggak?

Tentunya komputer kayak gitu butuh yang memiliki spesifikasi bagus kan? Paling tidak prosesornya 64 bit, RAM besar, hardwarenya bagus dan spesifikasi cakep lainnya juga. Yang pastinya bakal bikin mudah pas bikin desain grafis, hitung-hitung, bikin video ikan, ngeprint dll, Nyimpen datanya juga enak bisa tersimpan rapi tanpa takut kepenuhan. Biasanya laptop desain terbaik yang punya spesifikasi seperti ini ya!

Enak lagi kalau bisa dibawa pergi ke mana-mana. Jadi saya selama di jalan di pelabuhan sampai rumah bisa input data lengkap. Gak ribet kayak biasanya yang ya ampun nyoba nulisin satu-satu data -_________-. Semoga ada kesempatan punya laptop begitu ya! Aamiin.

Hayo semangat usahanya, jangan keder. Karena doa tanpa usaha nol, tapi yang benar usaha dengan doa akan dimudahkan Tuhan. Yang cari ikan asin macam-macam, sini colekin aku yaaa! Ready stok setiap hari!!

25 komentar:

  1. Wah kerupuk ini favorit banget, hemm perkembangan teknologi semakin pesat, ya, untuk mengembangkan usaha seperti ini bisa lebih mudah.

    BalasHapus
  2. Wow, ada ikan asin, cumi, rengginang dll murah meriah nih mbak Echa jualannya :D Semoga semakin laris ya aamiin. Iya ya kita butuh perangkat yang bisa menunjang aktivitas sehari2 :) Untung kini ada laptop mobile workstation. Mumpuni banget buat dipake seharian, apalagi buat kita ibu rumah tangga, yang jualan juga, berkarya dll harus dishare ya biar orang lain tau. Prosesornya 64 bit, RAM besar keren banget nih jadi andalan.

    BalasHapus
  3. Luar biasa banget perjuangannya, Mak Echa... Saluuut banget. Itu anak-anak pinter amat, ditinggal belanja ke pelabuhan, udah bangun sendiri, sholat shubuh ngga disuruh, Masya Allah..

    Semoga usahanya semakin lancar dan semakin besar ya, Mak.. Semangaaattt... Semoga laptop workstation-nya juga bisa segera termiliki. Aaamiiin...

    BalasHapus
  4. Kirain Urang Sunda saja yg makannya suka dengan asin sambal dan lalapan. Hehehe...
    Semoga usahanya lancar laris manis ya
    Btw saya juga jualan berbagai jenis rengginang lho.

    BalasHapus
  5. Seruuu banget perjuangannya Cha, semangat subuh2 ke Pelabuhan bikin smangat aku jugaa niih. NAmanya ikhtiar yaa, bener2 menyemangati, Sukses buat Echa dan keluarga plus usahanyaa. Trus aku baru tahu juga ada rengginang cumi.
    Rumah Raisya makin nambah ajaa jualannyaa..

    BalasHapus
  6. Kreatif banget sih, sampai kepikiran dagang macem2 gini. Punya laptop mumpuni jadi salah satu sarana yang bikin usaha lancar, ya

    BalasHapus
  7. Aku malah jadi fokus ke ikan asin & rengginangnya nih hehe. Untuk workstation ya memang oke banget untuk menunjang bisnis kita ya kan. Sip deh Mbak. Semoga bisnisnya sukses ya.

    BalasHapus
  8. Usaha kecil juga butuh digitalisasi makanya butuh laptop mobil workstation ya, persiapan untuk usaha yg lebih besar lagi. Insya Allah bisa jadi pemasok ikan yg mendunia juga

    BalasHapus
  9. Sepakat mba bagaimanapun juga kalau jualan harus didukung ama pemasaran serta pendataan yang baik. Bagus sekali ini mba jualannya. Sukses dan lancar ya mba Echa :)

    BalasHapus
  10. Mba Echaaaa enak2 bangettt dagangannya makasii
    laris manis tanjung kimpul yaaa
    dan pastinya di-support work station makin ciamiik!

    BalasHapus
  11. Bener mak, kerap kalo ketakutan itu cuma ada dalam pikiran aja. Begitu dijalani ternyata ya nggak menakutkan. Kek nya saya juga harus punya PC ini deh, supaya usaha saya lebih mudah dimenej.

    BalasHapus
  12. Meskipun usaha kecil tapi butuh banget laptop mobil workstation ya mbak. Marketingnya jago banget kamu mbak. Sukses selalu buat usaha ikan asinnya ya mbak..laris manis,lancar, dimudahkan dan berkah, aamiin

    BalasHapus
  13. wah keren banget mak echa perjuangannya. Pasti seru ya setiap hari ketemu penjual ikan asin dan rebutan dan pedagang lainnya. Btw semoga tercapai ya mbak memiliki laptop yang bagus biar bisa mengembangkan usaha lewat online.

    BalasHapus
  14. Salut dah ama perjuangan Mak Echa. Aku juga doyan ama ikan asin, makan pakai sambel ama kangkung rebus. enak bgt. Jadi pengen deh.

    BalasHapus
  15. Keren banget perjuangannya Mbak, subuh2 ke pelabuhan sambil bawa bayi. Semoga berkah dan laris manis usahanya.

    Wah iya aku juga pengen deh punya workstation gini biar usaha adikku makin lancar.

    BalasHapus
  16. Memang usaha kudu mulai dirintis kalo pengen tahu berkembang atau tidaknya ya Cha. Aku udah dibujukin suami dan ditanyai mau usaha apa selain jualan yang udah ditekuni selama ini. KEmarin udah sempat mau jualan telur aja yang gampang, tapi karena harga telur lagi anjlok jadi ya ditunda dulu.

    Itu ikan asinnya tinggal makan aja ya? Kok aku jadi ngiler membayangkan makan nasi panas dengan ikan asin dan sambel terasi, duhhh

    BalasHapus
  17. PC Workstation HP membuatmu jadi semakin mudah mengetahui stok ikan asin yang ada. Kerjaan sebagai ibu rumah tangga dan usaha berjalan lancar

    BalasHapus
  18. Pendataan yang baik akan menunjang usaha yaa, kak..
    Sehingga tau naik turunnya penjualan, sehingga bisa evaluasi apa-apa yang harus ditingkatkan. Apalagi kini zamannya digital marketing.
    Harus banget memiliki laptop PC Workstation yang speknya luar biasa mumpuni.

    BalasHapus
  19. Berkah untuk usahanya teh echa.... Klo kerja dirumah aplg online terus perangkatnya mumpuni speknya keren kayak PC workstation HP pastinya baklan lancar Jaya ya...

    BalasHapus
  20. Support UMKM biar bisa terus berkembang mereka ya mak. Dengan beli produknya. Aku suka semua itu camilannya. Butuh juga digitalisasi ya dan digital Marketing

    BalasHapus
  21. Masya Allah salut dengan Mak Echa dan suami. Bener-bener adaaa aja akalnya untuk menbuka usaha. Keren.

    BalasHapus
  22. luar biasa Mbayu usahanya jam 2 subuh sudah ke pantai dan pualng pukul 5 insyaAllah usaha tidak khianati hasil yah semoga berkembang terus jualannya aamiin jadi pengen order

    BalasHapus
  23. Masyaallah memang enak rengginangnya karena enak aku sampai pesen 3 pack ya wkwkwk, terus kata suami jangan sering-sering karena dia lagi tahap puasa gorengan. Lah, ada rengginang echa jadi bawaan gak mau berhenti loh sangking enaknya

    BalasHapus
  24. Mbak Echa strong banget, masyaAllah, kagum. Saya juga baru mulai usaha lagi, Mbak. Padahal dulu dagang baju, batik, siomay, semua udah saya jabanin. Giliran nikah jadi gak gerak-gerak nih. Bismillah nih, udah setahun bisnis homedress, semoga berjalan terus dan bisa meniru semangat Mbak Echa. Maju terus Rumah Raisya.

    BalasHapus
  25. Mbak Echa semangat yah, ini kapan2 harus coba nih ikan asinnya...

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^