Posisi Menyusui Yang Benar dan Nyaman

posisi menyusui yang benarr dan nyaman

Saat memiliki bayi, pasti perasaan bahagia itu ada sampai tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Bagaimana tidak, bayi yang tadinya ada dalam perut selama 9 bulan sekarang sudah bisa dipegang dan dipeluk.

Karena itulah, Ibu harus bisa memberikan yang terbaik untuk bayi. Hal pertama yang bisa Ibu berikan adalah ASI. ASI adalah air susu Ibu yang biasanya akan keluar bertahap setelah melahirkan. Jangan lupa langsung berikan ASI melalui proses melahirkan sesaat setelah melahirkan agar bayi bisa mendapat perlekatan ASI dengan baik sehingga merangsang lancarnya ASI. Seperti kita ketahui kalau semakin banyak pengosongan maka akan semakin banyak ASI yang dihasilkan kembali. Karena itu memang cukup memberikan ASI sesering mungkin pada bayi.

Namun pemberian ASI langsung atau kita kenal dengan DBF (Direct Breastfeeding) ini tidaklah mudah. Ibu dan bayi harus benar-benar menemukan posisi menyusui yang tepat agar proses menyusui ini nyaman dilakukan.

Ketika posisi menyusui benar maka perlekatan yang diharapkan akan terwujud dan ASI akan mudah diberikan pada bayi. Selain itu, Ibu akan minim terkena masalah dalam menyusui seperti milk blister, puting lecet atau saluran ASI tidak lancar. Ini akan membuat rasa tidak nyaman bagi Ibu dan tentunya menghambat proses menyusui bayi.

Posisi Menyusui yang Benar dan Nyaman


Karena itu kita harus bisa mendapatkan posisi paling nyaman saat menyusui bayi. Ada beberapa posisi menyusui yang bisa kita lakukan saat memberikan ASI buat bayi.

Ini 6 posisi menyusui bayi yang benar dan nyaman

Posisi Menyusui Cradle Hold

posisi menyusui yang benarr dan nyaman

Posisi ini adalah posisi umum menyusui yang biasa dilakukan banyak Ibu untuk bayinya. Bayi biasanya akan tenang karena merasa seperti dipeluk ketika Ibu menopang tubuhnya dengan tangan Ibu. Bila Ibu menyusui dengan payudara sebelah kanan, maka tangan kanan Ibu akan menopang tubuh bayi.

Posisi ini sangat cocok untuk bayi baru lahir, tapi ketika sudah toddler biasanya bayi kurang nyaman dengan posisi cradle ini. Posisi ini juga akan lebih nyaman bila dibawah tangan yang menopang tubuh bayi diberikan bantalan agar tidak terlalu pegal saat menyusui.

Posisi Menyusui Cross Cradle Hold

posisi menyusui yang benar dan nyaman

Posisi ini mirip dengan cradle hold, tapi lengan atau tangan yang menopang tubuh bayi berlawanan dengan payudara yang disusukan. Misalnya bayi menyusu pada payudara kiri berarti yang menopang tubuh bayi adalah tangan kanan. Begitupun sebaliknya.

Bayi baru lahir juga cocok untuk menggunakan posisi ini karena akan tetap terasa nyaman saat melakukan proses menyusui.

Posisi Menyusui Clutch Hold

posisi menyusui yang benar dan nyaman

Ini juga dikenal sebagai posisi football hold, dimana bayi akan diapit menggunakan sisi tubuh Ibu di bawah lengan yang sama dengan payudara yang digunakan menyusui. Posisi ini cocok untuk Ibu yang caesar atau Ibu dengan payudara yang besar atau juga cocok untuk bayi kembar agar bisa disusui bersamaan.

Posisi Menyusui Laid Back Breastfeeding

posisi menyusui yang benar dan nyaman

Posisi menyusui ini sangat nyaman karena Ibu bisa menyandarkan punggung saat menyusui bayi. Biasanya Ibu posisi punggung akan sedikit membungkuk, tapi karena bersandar pasti lebih santai saat proses menyusui.

Ibu bisa menambahkan bantal sebagai sandaran punggung yang menempel ke dinding, kursi atau sandaran kasur. Bayi akan nyaman karena bisa mengeksplorasi payudara saat mendapatkan ASI dan perlekatan pun akan terjadi.

Posisi Menyusui Side Lying

posisi menyusui yang benar dan nyaman

Ini adalah posisi favorit Ibu, dimana Ibu bisa berbaring sambil tiduran ketika menyusui bayi. Cocok banget buat Ibu yang sedang lelah, sedang tidak ingin menyusui duduk atau sedang di malam hari ketika bayi menangis saat terbangun untuk menyusui. Posisi berbaring ini merupakan posisi yang biasanya dilakukan Ibu ketika sehabis melakukan caesar, agar tidak banyak bergerak ketika pemulihan.

Jangan lupa untuk memperhatikan hidung bayi agar tidak tertutup payudara ketika sedang menyusui. Berikan bantal atau guling di belakang punggung bayi agar lebih nyaman.

Posisi Menyusui Sitting Baby

posisi menyusui yang benar dan nyaman

Dengan posisi duduk, bayi yang sudah besar dan kuat untuk duduk sendiri akan mudah menyusui. Ibu tinggal memegang punggung bayi seperti posisi memeluk agar bayi tidak jatuh. Posisi ini juga tidak membuat pegal tangan karena kelamaan menopang tubuh bayi seperti pada posisi cradle.

Setelah membaca berbagai posisi menyusui yang benar dan nyaman di atas, mana yang menjadi favorit Ibu? Selamat memberikan ASI pada bayi dan Happy Breastfeeding! Semangat mengASIhi sampai 2 tahun!

13 komentar:

  1. Nah bener banget sering pas menyusui itu gak nyaman gonta-ganti posisi sampai si kecil jadi gak tenang saat menyusui, tapi kalau tahu begini paling suka posisi sambil rebahan atau side lying position.

    BalasHapus
  2. jadi inget jaman menyusui anak - anak niiih cha... memang harus aware dengan posisi yang baik dan benar biar nyaman yaa

    BalasHapus
  3. Waaahhh aku jadi inget belasan tahun silam, saat menjadi ibu baruuuu
    meng-ASI-hi tuh awalnya emang agak challenging
    karena baik ibu dan bayi kan sama2 masih beginner banget.
    posisi menyusui super duper ribet dah, tapi seiring berjalannya waktu, bisa adaptasii kan ya

    BalasHapus
  4. Aku pas pertama kali punya anak tatut menyusui sambil boboan padahal itu udah 3 bulan 😄 dan kata kakak aku, supaya nggak kendor jangan tiduran cobaa haha kan pegel yaa mba. Posisi menentukan banget, kejadian pas salah posisi, bayi nggak mau nenen. Dia nggak nyaman.. hiks

    BalasHapus
  5. Artikel ini cocok sekali untuk adik saya yang sedang menyusui keponakan. Karena keponakan sudah cukup besar, saya sering lihat anaknya menyusui dengan posisi duduk. Gemes lihatnya!

    BalasHapus
  6. Wah, informasi yg cakep nih Cha. Cocok buat calon ibu apalagi buat yg baru hamil anak pertama kayak menantu saya.
    Habis ini linknya saya share ke wag deh,biar beliau baca. Makasih ya Cha atas tulisannya ini.
    Semangat meng-ASI hi.

    BalasHapus
  7. Dulu pas menyusui kayaknya favoritku side lying position itu :D
    Soalnya enak gak pegel, tapi kadang sering jadi ketiduran, dan ga sadar kadang mulut bayi udah lepas dari puting, malah mukanya kena tetesan ASI kemana-mana haha.
    Tapi dulu suamiku rajin jagain (kalau pas di rumah). Jadi kalau aku tertidur, sementara anakku belum kelar nyusu, diliatin ama dia, sampai anakku kenyang dan selesai, asiku ditutupin ama suamiku:D (suamiku baik banget jagain sampai kayak gitu haha)

    BalasHapus
  8. Lhaa...pas masa menyusui aku malah nggak perhatian sama nama2 posisi menyusui. Yang mana enaknya aja tapi sama sekali nggak ngerti sebutannya hihihi
    Jadi ingat masa menyapih...itu kok malah seperti patah hati :D

    BalasHapus
  9. Tentu, posisi Side Lying.
    Apalagi ketika habis melahirkan, rasanya badan remuk redam. Huhu...

    Tapi memang pelekatan yang tepat ini penting sekali agar baik Ibu maupun bayinya nyaman dan sama-sama mendapatkan banyak manfaat dari mengASIhi.

    BalasHapus
  10. Kangen ugak jaman-jaman masih menyusui, waktu awal-awal tuh aku sempat lecet karena mungkin panik anakku bilirubin naik dan harus menyusui secara berkala dan sementara itu mendadak asiku mandeg.

    BalasHapus
  11. hahaha, jaid ingat wkatu menyusui anak - anak, ngak terasa semua gaya itu sudah dilakukan oleh semua anak-anak saya, hahaha. jadi kangen deh pengen nyusuin lagi, hahaha

    BalasHapus
  12. Pas awal2 memang Aku pake posisi Posisi Menyusui Cradle Hold itu Karena kagok pertama Kali menyusui. Dan bayi nyaman tapi lama kelamaan posisi tiduran euyy ini Lebih nyaman ke akuhh nya...

    BalasHapus
  13. Pas banget setelah lahiran saya cukup bingung posisi menyusui yang tepat. Tp skrg lbh sering menyusui pas baring. Klu duduk bekas jahitan di bawah masih kerasa

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^