Belajar Ngeblog Lagi

Belajar ngeblog lagi

Kalau dipikir-pikir, belajar blog itu memang susah-susah gampang. Saya sendiri masih inget dulu bingung mau belajar ke siapa. Untungnya masuk komunitas Blogger Bogor jadi lumayan tercerahkan. Lama-lama ya bisa tapi ternyata dunia internet itu cepat banget bergerak. Kalau ga berusaha belajar ngikuti ya ketinggalan jaman. 

Tapi alhamdulillah circle blog saya banyak menemukan orang-orang baik yang mau ngajari :").

Btw, postingan blog kali ini juga karena saya mau belajar di kelas Mas Irwin. Jadi saya mau jawab pertanyaan yang diberikan.

Ceritakan Bagaimana Anda terjun di Dunia Blogger?

Karena kebetulan suka nulis akhirnya bikin blog di friendster kala itu, trus akhirnya dipindah ke blog yang sekarang kalian baca ini 2008 sampai sekarang. 

Terus karena tambah sayang sama blog akhirnya ya jadi blogger sekarang. Jadi kalau ditanya kerja apa ya ngeblog jadi blogger. Mulai satu blog sekarang nambah-nambah blognya. Seru sih jadi blogger menurut saya.

Akhirnya sekarang ya blogger ini menjadi satu-satunya pekerjaan saya buat menghidupi keluarga di rumah. Hepi bisa nemeni anak di rumah sambil ngeblog. Hepi karena cuma di blog bisa kerja nulis sambil duduk anteng di wc.

Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

Caranya ya bikin blog. Atuhlah gimana mau dibilang blogger kalau ga mau bikin blog. Iya nggak? Tinggal pilih yang disukai enginenya. Dulu saya saja masih pakai blog gratisan (Sampai saat ini juga). 

Pilih yang disukai mulai engine, template sampai ciri khas biar blognya ada nyawanya. Jangan sampai blognya jadi sama dengan orang lain. Karena branding itu bisa buat orang malah ingat sama kita.

Kalau ada ide langsung ditulis jangan ditahan-tahan. Apapun yang ditahan asti tidak enak kan?

Apa Pencapaian Terbesar Anda di Dunia Blogger?

Apa yaaaa. Banyak. Punya teman, sahabat dan punya blog yang bercerita diri saya sendiri dari single sampai punya anak buat saya suatu konsiten pencapaian yang luar biasa.

Yang saya ingat itu, tahun 2015 bisa dapat penghargaan blog terbaik family di ajang blogger. Seneng? Seneng banget pokoknya.

Terus entah mengapa ya, kalau pengen apa gitu pasti ada aja rejekinya dapat dari blog :"). Alhamdulillah berkah termasuk pencapaian kan.

Pandangan Anda tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?

Pinter-pinter, kreatif-kreatif dan kece-kece. Sampai bingung kadang, kenapa ya kok saya gini-gini aja sedangkan orang lain blognya brandingnya sudah lari. Tapi ternyata saya harus cepat bergerak kalau tidak ya ketinggalan kereta. 

Tapi ya gpp, tiap orang kan punya rejeki masing-masing. Walau banyak blogger, tetap harus memperlihatkan eksistensi di yang muda-muda.

Kalau kata orang makin tua makin......................................menjadi keriput *eh.

Apa Niche Blog Anda? Mengapa Memilih Niche Tersebut?

Nichenya sebenarnya gado-gado tapi boleh menoktahkan diri jadi parenting and family blogger kan? Secara sekarang ceritanya anak mulu. Ya gimana tiap hari anak mulu yang diasuh wkwkwk.

Saya pilih karena lebih gampang bercerita, kalau susah kan saya ga bisa cerita. Atau bingung kudu nulis apa kalau ga pakai hati. Ya relate banget sama kehidupan sehari-hari ibu-ibu.

Untuk sekarangtetep bertahan kok di niche ini, tapi kemudian hari wallahualam...

Siapakah Anda di Dunia Blogger?

Saya echaimutenan. The one and only echaimutenan dengan ciri khasnya sendiri. Tak ada lawan wkwkwk.

Di saat yang lain pakai nama sendiri ngeblog saya masih pakai nama lama ga berubah semenjak blog ini ada. Habis sudah mager dan nyaman.

Saya juga salah satu blog yang bisa dijadikan tempat untuk referensi pengasuhan parenting anak. Gak percaya? Hayo buka-buka blogku deh!

Bagaimana Pendapat Anda tentang Blog Etalase?

Anu, karena 90% tulisan saya etalase kudunya jawab gimana dong. Hak pribadi yang punya blogger sih itu, karena kita tidak perlu ngurusi dapur orang lain.

Kalau misalnya mau diselang seling sama tulisan organik, ya sayanya ga bisa ga kuat.. Jadi biar kuat mending blog yang etalase. Kerjaan ada, cuan ada*eh gimana.

Blog ini punya saya jadi apapun yang saya lakukan ya gpp. Iya nggak?

Jika Tulisan Anda di Ambil/Copas, Apa yang Anda Lakukan?

Sedih sih. Tapi ya gimana namanya sudah post di internet ya jadi hak milik banyak. Soalnya sudah biasa mulai foto sampai tulisan dikopas :"). Jadi ya doa aja moga insaf yang nyuri.

Jadi buat saya pribadi kalau dikopas atau di ATM tetap terlihat kalau itu ide saya. Karena kadang beda hasil tulisan walau ide sama.

Cuma saya udah di level gpp kok dikopas terserah ae wes. Ya mo marah ya gimanaaa

Harapan Anda untuk Dunia Blogger?

Apa ya tetep jaya dan menebar kebaikan. Apa yang kita tulis jadi jejak digital yang semoga bermanfaat buat banyak orang

Dunia blogger semoga tetap ada dengan tulisan yang tambah bagus, penuh berkah dan bermanfaat.Semoga Blogger makin selektif memilih yang terbaik untuk ditulis di blognya. Iya, termasuk saya juga

Semoga dunia blogger tetep eksis dan menjadi salah satu tempat favorit buat banyak orang menambah kegiatan literasi masing-masing dan info yang dibutuhkan.

Apa saja langkah Anda dari Menulis Hingga Publish?

Nulis, merhatiin gambar, bikin kerangka, penuhin alt dll sampai sudah pantas dipost blog. Eh gimana? Tapi saya memang nulis itu semaunya sendiri rata-rata mulai dari awal sampai akhir. Tapi saya tidak lupa untuk menambahkan unssur SEO dalam tulisan.'

Walau saya sadar unsur SEO tidak mutlak bener di blog saya, cuma kan namanya juga usaha. Kan pengen tulisannya dibaca banyak orang.

Setelah publish, saya juga share ke banyak orang biar tambah banyak yang bisa baca tulisan bermanfaat saya *ehem

Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Saya nulis kalau ada job atau pengen nulis aja. Konsisten kan? Jadi sekarang doanya semoga jobnya rame biar konsiten wkwkk. Ya gimana blog butuh uang buat tetap hidup. Yang nulis blognya juga demikian buat mata pencaharian.

Selain itu, saya memang suka menulis dari dulu. Jadi kalau disuruh nulis itu dah paling senang. Jadi ingat masa sekolah, kalau nulis ya yang lain 1 lembar saya bisa mengarang sampai 3 lembar. Suatu pertanda mungkin kaau akhirnya sekarang saya jadi blogger.

Sebenernya konsistensi menulis ini kembali ke diri sendiri mau ngerjain apa nggak!

Apakah Blogger Masih Bisa Bertahan dengan adanya Youtuber?

Bisa dong kan sekarang saling silang, blogger punya youtube dan youtuber punya blog. Eksis beb! Apalagi sekarang hampir semua orang punya akun sosial media dan internet.

Blogger sekarang juga masih bisa tetep eksis dengan bikin video tentang postingan blognya. Saya sebenarnya sudah mencoba, tapi entah mengapa saya itu selalu malu di depan video. Jadi ya mending nulis aja.

Bukankah lebih nyaman kalau kita bekerja di tempat yang kita suka dan nyaman?

Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?

Duh GSC ini makin lama makin turun, terus url postingan hype dah kepentalkarena besarnya media online sekarang. Kamu jahat, Rangga!

Terus PV saya jadinya makin lama makin turun, mental semua kebanyakan keyword utama yang jadi andalan blog, kegerus sama web yang lebih paham SEO dan media besar. Yang blog hura-hura kayak saya bisa apa :(

Yang sedih lagi, entah gimana saat menulis kadang url saya ga kebaca di ser :(. Padahal udah masuk ke GSC. Sediiiih.

Menurut Anda, Apa Peranan Seorang Blogger di Indonesia?

Banyak banget, apalagi kalau tulisannya berguna buat banyak orang. Jadi pahalanya ngalir ke banyak orang. Makanya saya mau jadi blogger yang berkah saja, ngeblog berkah, uang berkah dan cari duitnya caranya juga berkah.

Blogger itu bisa membawa banyak perubahan dengan tulisan informatif dan penuh manfaat. Jadi kalau ada orang mau nyari apa di blog ada semua

Oh iya, blogger juga bisa menjadi kebanggaan Indonesia misalnya mengenalkan budaya dan kekayaan alam di Indonesia ke dunia luar sana.

Sejauh mana pemahaman Anda tentang SEO?

Kalau yang standar-standar insyaallah mengerti karena terus belajar, kalau yang lain ya susah :"(. Seperti tadi di atas saya bilang GSC saya linknya makin lama makin turun, PV turun, KW mental :(.

Padahal saya sebenarnya ngerti SEO, cuma entah kenapa sekarang makin turun performa blognya. Ini masih misteri dan saya memang lagi mencari. Kenapa? Kenapa? Kenapa?

Makanya mas Irwin saya mau belajar. Pilihlah akuuu jadi muridmuuu!

Perlukah Blogger Paham SEO?

Perlu. Kan biar blognya kebaca banyak orang sesuai KW tertentu nambah trafik dll. Kasian dah nulis bagus-bagus kalau ga ada yang baca :"(.

Ya kayak saya, bilang paham tapi kadang ternyata banyak missed. Makanya saya ingin belajar banyak biar blog saya tetap eksis lagi di dunia perbloggeran.

SEO adalah salah satu kebutuhan blogger agar tulisannya bisa dibaca orang lain dengan lebih luas

Bagaimana Cara Menaikkan Traffik?

Bagusin tulisan, perbaiki tulisan link lama, sehatin blognya, tulisan dan template SEO dan banyak berdoa. Percuma kita berusaha tapi restu Allah tidak datang. *Dandan ustadzah.

Tapi ini ya blogku ya lucu, DA nya dah meranjak tapi PV nya menurun kan sedih ya :(. Padahal sudah berusaha cuma kenapa tidak maksimal.

Trafik ini penting apalagi kalau kita ikutan campaign. Ribet sana sini minta klik kan ga musim lagi :(((

Menurut Anda, Apa itu Site Audit?

Mengetahi lebih dalam tentang blog kita mulai dari penempatan sampai link yang ada. Jadi tahu apa yang kurang dan bisa diperbaiki.

Biasanya kita tahu blog kita itu sitenya sudah bagus atau masih perlu perbaikan lagi. Kayak saya keliatannya bagus tapi ternyata sana sini perlu perbaikan.

Dengan site audit blog saya bakal lebih sehat lagi!

Mengapa Anda ingin Mempelajari Site Audit Web?

Biar tahu, karena sebenarnya baru banget ini blogku kubenerin. Entah bener atau tidak tapi PV ga naik-naik. Kan sedih :(. GSC linknya makin lama makin turun.

Kalau tahu sidte audit, saya jadi tahu apa yang saya perlu lakukan ke blog saya. Kalau saya diem-diem bae ya gak bisa-bisa. Iya nggak?

Oh iya site audit ini bakalan bikin blog makin makin makin makin sehat lagi

Kenapa Anda Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Harus biar makin pinter, makin unyu, makin eksis, dan blognya makin sehat tentunya untuk kejayaan Indonesia. Merdeka!!!! Jaya di darat, bahagia di laut, melanglang di angkasa dan luar biasa di internet.

Karena kalau saya gak ikut kudu kapan lagi saya ikut? Nuggu blognya karatan kan ga mungkin. Gimana mau eksis kalau begitu.

Makanya ya Mas Irwin, tolong tunjuk aku dipilih biar ikutan kelasmuuuu! Baiklah sekian postingan ini buat jawab semua pertanyaan syarat kelas Mas Irwin. Semoga berkesempatan.

Bismillah


Komentar

  1. waa, makin kece bunda didunia blog ini, semoga semakin semangat berbagi ilmu dalam parenting na , :)

    BalasHapus
  2. Nah ngeblog again, gak ada capeknya pokoknya kalau belajar buat meningkatkan blog apalagi asyik walau rumit. Sebagai blogger sih ada kesenangan sendiri kalau SEOnya meningkat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!