5 Daftar Platform Digital Inovatif Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja

Kelas pelatihan prakerja

Siapa di sini yang pernah daftar Program Kartu Prakerja? Sayaaaaa. Eh hampir semua ya pernah daftar kayaknya. Ya gimana, namanya ada kesempatan kan? Gratis plus dapat insentif dan dapat ilmu Pelatihan Prakerja juga di masa pandemi. Tentu hal ini bawa angin segar waktu itu buat yang lagi berjuang, entah karena belum dapat kerja atau entah kena pandemi.

Makanya tidak heran saat awal-awal Prakerja dilaunching yang daftar masyaAllah banyak banget. Saya juga tidak melewatkan kesempatan itu. Ya maklum namanya juga freelance kan butuh skill tambahan biar tambah pinter. Tadinya merasa ga perlu, eeh tiba-tiba pandemi merubah segalanya. Dan pemerintah bikin prakerja yang ternyata sangat bermanfaat buat banyak orang. Iyes bener, manfaat Kartu Prakerja sangat besar.

Alhasil saya ikutan, suami juga karena dia kan baru ikutan pensiun dini. Sambil mengisi "kekosongan", kita upgrade ilmu dengan daftar prakerja. Sebenarnya cara daftar prakerja itu gampang kok. Dan semua kalangan bisa banget untuk ikutan kesempatan dapat kartu prakerja. 

Yang lolos biasanya akan dapat manfaat Kartu Prakerja dengan saldo kartu Rp 1.000.000 yang bisa dibuat untuk mengikuti berbagai macam pelatihan di platform digital yang direkomendasikan. Setelah itu bakal dapat juga insentif Prakerja Rp. 600.000 tiap bulan selama 4 bulan dan insentif ketenagakerjaan Rp 150.000. Jadi masing-masing insentif Prakerja tiap orang total akan mendapat bantuan Rp 3.550.000. 

Cara Mendaftar Prakerja


1. WNI diatas usia 18 tahun
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal, yaaa yang kuliah S1 atau S2 ya jangan yaa
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro kecil
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja
7. Program yang ramah difabel, jadi sangat bisa utnuk ikut mendaftar

Kalau lihat cara mendaftar dan syarat Kartu Prakerja di atas, saya dan suami berhak untuk ikutan dapat prakerja. Betul tidak? Tapi apakah kami langsung bisa dapat kuota kartu prakerja? OOOO TIDAK SEMUDAH ITU Alfonso de Amor! Yang daftar kan bukan cuma 1 atau 2 orang saja, tapi ratusan ribu yang ikutan dengan background masing-masing. Wong biasanya yang keterima 200ribuan setiap gelombang. 

Tahu tidak berapa kali saya mengikuti cara daftar Prakerja dengan benar? Tiga kali lohhh! Hasilnya? Alhamdulillah saya dan suami gagal semua tidak dapat kesempatan kartu Prakerja. Sedih tidak? Sedih lahhh. Kan kebayang insentifnya, ilmunya, dan kesempatan lainnya :"). Iya, kami gagal :"(. Kebayang serangkaian online learning, belajar online, e-learning insyaAllah akan membuat kita semakin pintar. Iya nggak?

tidak lulus prakerja

Tapi setelah saya lihat-lihat ternyata Lembaga Pelatihan yang menjadi penyelenggara pelatihan untuk Program Kartu Prakerja ini sangat banyak dan kompeten. Apalagi lembaga pelatihan ini sudah diverifikasi dan divalidasi. Jadi kita bisa memilih sesuai minat kita untuk belajar upgrade ilmu.

Yang saya suka juga semua e-platform ini juga bisa kita akses walau tidak berhasil menjadi salah satu penerima Program Kartu Prakerja. Saya juga bisa mengikuti kelas-kelas yang gratis atau berbayar (Ya tapi bayar sendiri tidak pakai Kartu Prakerja). Soalnya memang bagus-bagus. Apalagi kalau materi-materi digital marketing kan saya memang suka.

Menurut saya ini beberapa lembaga pelatihan platform e-learning di Indonesia Kartu Prakerja yang rekomen. Selain cara daftar Prakerja gampang, materinya banyak, biayanya terjangkau dan yang pasti mudah akses untuk belajar. Mau tahu apa saja?

5 Platform Digital Inovatif Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja

1. Cakap

Perkenalan saya dengan cakap dimulai dari dapat voucher gratis dari anteraja untuk belajar di Cakap. Di sini memang khusus untuk belajar bahasa saja, mulai dari bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Ada kelas dewasa dan anak-anak juga.

Tapi di Cakap juga ada beberapa webinar gratis yang bisa kita ikuti dengan berbagai materi yang hubungannya dengan ketrampilan berbahasa. Oh ya, kelas privsat bahasa Inggris anak di Cakap seru loh. Raffi suka, tapi nanti ya Nak. Nunggu dulu dapat voucher gratis belajar Cakap lagi. Hehehehe.

cakap.id

2. Sekolah Desain

Di sini saya pernah ikut kelas photoshop dewasa. Saking saya pengen bisa photoshop gitu. Nanti akan diinvite ke telegram buat jadwal kelas dan kelasnya pakai Gmeet atau Zoom. Hasilnya ya lumayan, saya mengerti cara desain pakai photoshop tidak cuma praktisan pakai Canva saja *eh. 

Harganya terjangkau banget dengan para mentor yang sangat muda. Jadi kepikiran yang tua-tua mature macam saya ini memang kudu banyak upgrade ilmu biar ikutan pintar sesuai jaman, 

sekolahdesain.id

3. Sekolah Pintar

Jujur tadinya ke sini kirain platform Online learning, belajar online, e-learning untuk anak sekolah. Apalagi pandemi butuh banget yang buat ngajari anak buat mata pelajaran sekolah. Tapi tetottt saya salah, ini ternyata untuk dewasa Kartu Prakerja. Hehe.

Ada banyak pilihan materi yang bisa kita ikuti di sekolahpintar. Mulai dari tentang membuat video sampai website. Cuma memang tidak terlalu banyak kelasnya dibanding lainnya.

sekolahpintar.id

4. Skill Academy


Kalau Skill Academy ini adalah salah satu platform Ruang Guru yang khusus untuk kursus berbagai macam ilmu. Kelasnya banyak dengan pengajar yang kompeten. Buat yang punya Kartu Prakerja bisa banget ikutan di sini. 

Cuma seperti Ruang Guru, Skill Academy di handphone saya berat user experiencenya. Pastikan untuk memiliki kuota ruang memori handphone yang mumpuni. Kelasnya lumayan harganya, menurut saya dibandingkan eplatform lain. Mungkin karena Ruang Guru juga punya andil. Tapi bagus kok, coba deh!

skill academy

5. QuBisa


Nah, ini platform digital inovatif penyedia pelatihan kartu prakerja pilihan saya. Selain mudah untuk digunakan, QuBisa ini kelasnya sangat banyak, mulai dari yang berbayar hingga gratisan. 

DSiikuti oleh lebih dari 500ribu peserta dengan 10ribu karyawan perusahaan dan 350ribu kelas, QuBisa menawarkan berbagai bidang ilmu yang bisa kita ikuti sesuai minat mengasah keahlian apa. Perusahaan yang ikutan pelatihan pun bonafid loh, seperti Pelindo, Telkom University, BRI sampai Maybank. Banyak yang sudah meningkatkan produktifitas karyawannya dengan QuBisa.

QuBisa Platform e-learning di Indonesia

Yang saya suka dari QuBisa, ini ada program kelas KDM (Keterampilan Digital Marketing), kelas KSM (Ketreampilan Sukses Milenial) dan kelas webinar gratis dengan materi ciamik juga bisa kita ikuti. KSM ini akan memntu kita menguasai kemampuan personal dengan berbagai bidang karir. Sedangkan KDM akan membantu menguasai topik digital terkini mulai dari level pemula sampai level ahli. Tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan. 

Kelebihan Pelatihan Prakerja QuBisa

Oh iya, kelas Kelas pelatihan Prakerja QuBisa banyak banget loh. Jadi kita bisa untuk mencoba belajar jadi ilustrator sampai belajar percaya diri depan umum juga bisa. Banyak banget kelasnya dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan kelas KDM dan KSM juga banyak yang gratis loh!

Buat yang sudah tahu cara mengikuti pelatihan Prakerja di Program Kartu Prakerja bisa banget untuk langsung membeli kelas yang ada label Kartu Prakerja dengan saldo pelatihan Prakerja. Gampang banget cara mendaftar Prakerja itu kok. Kita bisa gratis akses 3000 lebih konten microlearning, gratisan puluhan webinar bermanfaat dan bahkan di portal job QuBisa peluang mendapatkan kerja sangat besar. Kelas di QuBisa mulai dari Rp. 200.000 saja.

Materi pembelajaran di QuBisa berupa video menarik dengan ada kelas konsultasi dan instruktur ahli. Nanti akan ada tes dan practical assignment yang harus dilakukan biar bisa mendapat sertifikat yang pasti akan sangat berguna untuk lebih siap bekerja dengan kekuatan penuh. Kelas Siap Kerja ini memang membantu para pencari kerja yang ikutan Program Kartu Prakerja makin siap bersaing demi pekerjaan yang baik.

Kalau mau nyobain cara mengikuti pelatihan Prakerja bareng QuBisa loh langsung download Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android

Itu 5 Daftar Platform Digital Inovatif Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja rekomen dari saya. Yuk ugrade skill kita dengan pengetahuan yang sangat banyak. Bagus-bagus kan penyedia pelatihan kartu Prakerja, kita tinggal pilih sesuai kebutuhan dan minat kita. Penuhi segera yuk syarat kartu prakerja!

Yang belum keterima Program Kartu Prakerja hayuk kita coba lagi. Semangat ya!

Komentar

  1. Temen2ku juga ada beberapa yg daftar prakerja tapi banyak ga lolos. Wajar sih, saingan Ampe ratusan ribu atau mungkin jutaan 🀣.

    Tapi kalo utk tempwt2 belajar online di atas, aku beberapa kali ikutan mba, walo bayar sendiri. Krn menarik beberapa tema yg diajarkan. Secara sejak resign, aku juga ga banyak kegiatan, makanya cari kesibukan sendiri ikut zoom ataupun pembelajaran macam di atas yg sesuai passion. Lumayan ngisi waktu πŸ˜„πŸ‘

    BalasHapus
  2. Wah kalau dengar kartu prakerja jadi ingat dulu marak-maraknya dan banyak diburu karena banyak yang butuh bimbingan untuk kerja apalagi dulu bisa dapat uang.

    BalasHapus
  3. thank you informatif sekali

    BalasHapus
  4. Wahhh kerrrnz euy. Bermanfaat bgt infonya

    BalasHapus
  5. Wahhh keren. Bermanfaat bgt infonya

    BalasHapus
  6. Aku kebetulan termasuk salah satu yang lolos, hahaha. Daftar 5x baru keterima. Dan pelatihannya emang berguna, jadi dapat ilmu tambahan. Cuma agak nyesel aja, yang sekarang makin banyak variasi e learningnya. Dulu masih terbatas baru beberapa materi doang. Uang insentifnya sangat membantu banget, kupakai buat beli mesin jahit, hehehe.

    BalasHapus
  7. Wah ini ternyata banyak pilihannya ya mak, jadi bisa mengembangkan kemampuan juga nih untuk mereka yang ingin bersaing didunia kerja. Ini tuh kalau kayak kita bisa ikutan juga gak sih?

    BalasHapus
  8. Huhuhu aku daftar pertama gagal, yg kedua malah ga bisa, entah error entah apa, berlanjut sampe pendaftaran yg terakhir masih ga bisa juga. Yo wislah mungkin emang bukan di situ rejekinya😁

    BalasHapus
  9. noted mbaaaa echa, makasi rekomendasi sama sharingnya ya....

    BalasHapus
  10. Aku masih berusaha biar bisa lolos hehehe

    BalasHapus
  11. Iya ya mba sekarang banyak banget platform prakerja yg bisa diikuti tinggal pilih yg sesuai dg dan dan waktunya

    BalasHapus
  12. Weeee.. asal ada kemauan upgrade aja, skrg fasilitasnya dah banyak banget, ya. Apalagi ada kartu prakerja jiga kan

    BalasHapus
  13. Yang saya suka juga semua e-platform ini juga bisa kita akses walau tidak berhasil menjadi salah satu penerima Program Kartu Prakerja ----> ini menarik bingitsss

    BalasHapus
  14. Wooo aku barubdenger kalau ternyata banyak jenisnya ya.

    BalasHapus
  15. Aku salah satu yg udah ngerasain manfaat prakerja

    BalasHapus
  16. Aku tahun lalu sempat daftar tapi nggak lolos, adek sepupuku Alhamdulillah lolos

    BalasHapus
  17. Kereen, smoga bermanfaat.

    BalasHapus
  18. Semangat semuanya... yg blm dapet kerja, oke jg nih belajar di bimbingan2 prakerja gini....

    BalasHapus
  19. Orang orang di luar sana pasti terbantu banget nih dgn adanya kartu Prakerja. Semoga ke depan kehidupan mereka bisa lebih baik lagi terutama setelah lolos dan mendapatkan ilmu dari rekanan yg ditunjuk. Emmm masih bisa 2 nama dalam 1 KK Ini sangat membantu pastinya. Karena bisa jadi kakak dan adek membutuhkan kartu pra kerja yang sama ya.

    BalasHapus
  20. Kirain abis tanya Alfonso dapat apa engga setelah tiga kali daftar ... Oh dapat gitu ..hehehe tapi emang ga semudah itu sih, Ferguso!

    Soalnya kan lumayan ya benefitnya. insentif Prakerja Rp. 600.000 tiap bulan selama 4 bulan dan insentif ketenagakerjaan Rp 150.000. Jadi masing-masing insentif Prakerja tiap orang total akan mendapat bantuan Rp 3.550.000.

    Waaaw sesuatu banget kan. Gimana semua ngga pada nyobain terus tuh!

    BalasHapus
  21. Psra keponskzn bunda sda yg daftar tp gsknkunjung diterima tuh. Gak tau di mana kekurangan pemenuhan syarat2nya.

    BalasHapus
  22. Wohooo

    Asik banget karena dunia digital berkembang pesaattt

    Banyak peluang buat kita utk upscaling dgn ikutan aneka kelas online yaaakk

    BalasHapus
  23. Terima kasih banget untuk infonya. Akan saya teruskan ke Si Sulung. Informatif banget.

    BalasHapus
  24. Program Kartu Prakerja ini manfaatnya banyak banget ya bagi yang ingin upgrade skill, terutama yang sedang berjuang cari kerja. Adik² Iparku juga ikutan 2 tahun lalu. Semangaaaat, yuk yuk ikutan juga program Prakerja.

    BalasHapus
  25. Wahhh makasi infonya, kebetulan adikku baru lulus sekolah dan pengen langsung cari kerja, pas banget kalo ada progam ini.

    BalasHapus
  26. Waahhhh.... info menatik nih.

    BalasHapus
  27. Beberapa kenalan ada sangat terbantu ikutan program prakerja yg menambah skill. Samangat bisa nambah skill lagi untuk modal cari cuan.

    BalasHapus
  28. Semangat mba Echa, makasi infonya 😊

    BalasHapus
  29. Aku daftar beberapa kali tapu tau deh koq ga nyangkut-nyangkut. Wes pundung aku haha

    BalasHapus
  30. Banyak ternyata penyelenggara kursus online gini ya. Jadi bener-bener bisa menyesuaikan dengan minat, bakat dan kebutuhan tentu saja.

    Btw persaingan berat juga kartu prakerja itu. Jadi, apakah masih minat mencoba lagi?

    BalasHapus
  31. Wow, kartu prakerja bs digunakan utk belajar di berbagai platform ya. Pemerintah sdh menyediakan anggaran dan media utk belajar. Tinggal masyarakatnya sendiri mau memanfaatkan dgn baik atau tdk

    BalasHapus
  32. Program asyik nih selain dapat pelatihan juga dapat tambahan modal ya. 600 rb selama 4 bulan lumayan banget ...

    BalasHapus
  33. Wahh,infonya bermanfaat sekali, memang harus dicoba nih, makasih infonya ya Mba...

    BalasHapus
  34. Makasih banyak informasinya πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  35. Makasih banyak informasinya πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  36. Aku pernah nyobain sekali, error mulu wkwk. Liat temen kok kayanya gampang amat dapet. Yoweslah bisa belajar sendiri aja di aplikasi yang Echa udah sebutin tadi. Sama-sama bisa bikin pinter, bedanya gak dibayarin aja kan, hihi

    BalasHapus
  37. Thank u Mak Echa udah rekomendasiin Daftar Platform Digital Inovatif Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja. Jadi, mudah nemuin buat nambah skill kita.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!