Hepi Jualan Moncer Jadi Blibli Seller

Hepi jualan makin moncer jadi blibli seller

"Pih, kita bisa bertahan tidak?"
"Bisa pasti bisa”

Hampir setiap hari, saya dan suami sejak pandemi selalu menguatkan satu sama lain. Seperti orang lain, pandemi ini memang menghantam banyak pihak termasuk saya dan suami. Usaha kami dekor balon sangat sepi selama pandemi, bisa kehitung jari.

Dan akhirnya kami buka usaha baru yaitu jualan makanan kering. Mulai serundeng buatan Papih dan yang sampai sekarang berjalan adalah ikan asin plus rengginang tanpa dijemur.

Suka Duka Jualan Online Dengan Rumah Raisya


Kebetulan kota kelahiran saya itu kaya akan hasil laut. Dan kebetulan saya memiliki teman yang menjadi pengusaha ikan asin dan rengginang asuhan pemerintah daerah, makanya saya berani untuk bekerja sama, Dan mulailah Rumah Raisya, toko online yang saya bangun setelah Garuda Balloon Party berjualan ikan asin dan rengginang.

Apalagi kami juga dipercaya untuk mengelola sendiri, nanti teman yang di daerah akan membantu semua. Setelah melihat ke lokasi ternyata memang bagus dan bersih pengelolaanya, makanya saya mantap jualan ini. Jadilah saya giat berjualan ikan asin dan rengginang sampai sekarang.

jualan ikan asin dan rengginang

Untuk omset termasuk lumayan, karena saya bekerja sama dengan beberapa restoran dan toko sebagai pemasok bahan ikan laut keringnya. Belum lagi ada teman yang suka beli ikan asin dan rengginang saya, jadinya ya senang banget tambah lariskan? Sekarang di daerah saya punya 2 karyawan yang siap membantu mengurus pasokan ikan asin kering dan rengginang. Alhamdulillah.

Tapi walau jualan online itu memang tanpa modal dan mudah dibuat, ada saja kendala. Yang paling besar adalah di ongkos kirim yang sangat besar. Ya bayangin saja, jualannya 10 ribu ongkirnya 10ribu sendiri minimal. Malah kalau beli banyak ongkosnya bisa 50 ribu ke atas. Walau sudah pakai subsidi ongkir tetap saja kurang rasanya. Jadinya kan customer kasihan juga.

Saya sudah mencari-cari ke sana ke sini dan telpon sana sini agar bisa dapat ongkos kirim yang murah. Karena kadang ya ada aja customer yang batal beli karena mahal. Huhuhu. Sedih kan? Padahal beda 1000 2000 kadang gak jadi. Pedih banget rasanya.

Selain ongkos kirim daerah yang mahal, yang jadi masalah saya adalah pasar yang kurang banyak. Padahal sudah promo sana sini, tapi kurang ngegrab banyak customer baru dengan pangsa pasar lebih luas. Ya jelas itu akan berpengaruh sama omset dan pendapatan bersih saya apalagi sekarang ada karyawan.

Ya walau harga di daerah lebih murah, tapi kalau ongkirnya mahal jatuhnya akan sama saja. Jadinya orang akan lebih milih barang langsung beli di Jakarta mendingan kan. Harga sama depan mata langsung pegang, walau mungkin barangnya lebih bagus daerah*uhuk.

Etapi bener loh! Selama saya tinggal di Jabodetabek, hampir tidak pernah saya mendapatkan ikan asin kering yang seenak rasa di daerah saya. Entah ya rasanya ikan asin keringnya itu kok ga sip gitu rasanya. Wkakakak aneh banget ikan asin mau coba cari di pasar, supermarket sampai ke lelangan ikan juga rasanya beda sama yang saya rasakan kalau di daerah.

Ya gimana ya, secara di daerah pantai dan lautnya masih seger tidak terlalu terkontaminasi seperti laut jabodetabek. Kalau di sini kan ya tahu sendiri laut jakarta kek mana butek serutekk begono kok ngarepin ikan segaaaaar. Mana ada keburu terpapar.

Makanya saya berani untuk jualan ikan asin menggandeng beberapa orang yang bisa kelola ya karena saat saya lihat dan rasakan sendiri ini beda banget segarnya. Rasanya juga lebih lezat saat digoreng karena asinnya itu beda. Beneran deh! Kalau tidak percaya bisa mencoooba beli ikan asin di Rumah Raisya*promo sikitlah ya.

Cuma ya walau produk ikan asin dan rengginang ini dari segi rasa dan kualitas bisa diadu, tapi bukan berarti selalu ada pembeli. Pernah ya ada satu hari rame dan satu hari sepi tidak ada pembeli sama sekali.

Pernah waktu itu, si Mas karyawan WA saya kalau belum ada yang beli. Saya bilang sabar semoga hari lain banyak. Benar-benar naik turun jualan itu, kadang banyak banget kadang dikit banget. Kayak lagu balonku ada lima, rupa-rupa warnanya.

Tapi belum saatnya lelah dan lemah apalagi menyerah kan? Saya dan suami terus memutar otak bagaimana agar jualan kami laku banyak! Dan kaminya hepi!

Kenalan Jadi Bibli Seller di Toko Blibli.com


Sebenarnya saya sering belanja di Blibli. Terus sekarang juga karena teman-teman banyak yang share beli barang-barang diskon dadakan di Blibli seperti susu yang sering promo dengan ongkir gratis. Saya jadi penasaran buat buka toko online menjadi seorang Bibli Seller.

Mudahnya jadi blibli seller

Dengan nama besar Blibli, saya jadinya merasa aman berjualan di Blibli. Platform pilihan banyak brand populer dan official store ini terpercaya. Makanya ya sudah deh akhirnya buka akun di Blibli Seller.

Kalau di ecomm lain saya pernah ngeyel-ngeyelan sama ongkos kirim, di Blibli Seller ternyata ada free shipping sampai 50ribu. Ini sangat mengcover dan bantu banget saya yang pengirimannya jauh di daerah. Bukan hanya itu, produk saya kan ikan asin dan rengginang yang perlu banyak cara agar produk tetap segar dan utuh sampai di customer. Dengan jadi Blibli Seller saya jadi lebih gampang dan nyaman, karena asuransi produknya benar-benar menjamin agar produk tetap aman. Misalnya karena logistik selama perjalanan kenapa-kenapa, di Blibli bisa diklaim agar barang tetap terjaga penuh sampai tujuan.

Oh iya, ternyata buka toko di Blibli ini gratis loh. Malah kita akan bebas uang jaminan langsung bisa jualan tanpa mikir. Karena saya butuh angsa pasar luas, Blibli seller akan membantu untuk marketing exposurenya makin meningkat sehingga penjualan tinggi kembali.

Bahkan bisa gratis promosi produk tanpa biaya tambahan. Kan ini lumayan, di mana biasanya di ecomm lain dikenakan biaya iklan. Dengan jadi Blibli Seller aman dan tenang. Kalau ada apa-apa Seller Care malah bisa dihubungi setiap hari via telepon, email atau live chat.

Kalau boleh bilang, ternyata ya ada banyak manfaat fasilitas gratis di Blibli ketika kita memutuskan mulai jualan di Blibli .
  1. Bisa menambah user baru untuk mengelola toko tanpa tambahan biaya dan tanpa batas
  2. Bisa foto produk gratis yang dilakukan fotografer profesional. Biasanya dilakukan di Kantor Blibli Jakarta
  3. Gratis ongkos kirim dan asuransi. Dengan subsidi ongkir yang besar, dan kerja sama dengan asuransi logistik maka produk akan lebih terjamin sampai dengan aman dan selamat sampai ke pembeli. Yah namanya sekarang jualan ikan asin dan rengginang, resikonya besar kan
  4. Gratis ongkirnya juga meliputi hingga jenis pengiriman instant dan sameday juga. Bisa kirim instan atau sameday buat kota-kota besar.
  5. Bisa banget dibantu untuk menganalisa produk dengan produk sejenis biar bisa tahu dan mengangkat produk kita lebih tinggi dari produk sejenis
  6. Training dan e-learning yang diberikan tim Blibli Seller untuk para seller sebagai bentuk dukungan untuk terus bersemangat dan berjualan di Blibli
  7. Aplikasi Blibli Seller yang memudahkan pemasaran yang memudahkan kita upload produk, cek stok dan cek pemesanan plus pengiriman di mana saja
  8. Promosi gratis yang Blibli Seller sediakan buat kita bahkan bisa banget dapat modal iklan 5,4 juta loh.
Ternyata banyak kan manfaatnya jualan di Blibli. Ya wes deh. Baiklah memantapkan diri jualan di Blibli menjadi Blibli seller biar tambah banyak rejekinya. Kalau rejeki banyak kan jadi hepi. Iya nggak? Hari gini gitu kudu banget hepi jualan di di masa pandemi.

Langkah Mudah Jualan Online di Blibli


Ternyata, cukup mudah jualan online di Blibli dengan menjadi Bibli Seller. Syaratnya cuma harus punya akun Blibli. Makin gampang kan jualan di Blibli ternyata.

Dan ini ternyata langkah mudah jualan online jadi Blibli Seller. Cukup mudah kok. Saya saja tidak sampai 5 menit sudah jadi toko onlinennya di Blibli.

1. Siapkan KTP dan NPWP. Jangan lupa foto bersama ktp megang untuk verifikasi
2 Siapkan password yang aman biar tidak mudah di enkripsi.
3. Buka toko dengan daftar link di https://blib.li/BL03. Nanti kita ikuti saja petunjuknya sampai dah siap tokonya bisa dipergunakan
4. Rapikan toko onlinenya agar terlihat cantik dan menarik
5. Lengkapi data perbankan untuk pembayaran hasil jualan di Blibli
6. Upload produknya dan toko sudah bisa digunakan

Untuk pertama awalan saya akan diberikan saldo iklan 20ribu dan setelah semua tugas dikerjakan. Kalau ingin saldo 300 ribu nanti bisa langsung digunakan loh. Tahu sendiri kan kalau ngiklan di ecomm manapun biasanya bayar ini gratisss dong. Terus yang bikin hepi ternyata seller di Blibli bisa dapat iklan 5,4 juta khusus untuk seller baru. Kan kan kan gimana ga ngiler kan?

gratis saldo iklan 5,4 juta bibli seller

Pengalaman saya buka toko sih memang cepat, upload produk lagi. Sekarang tinggal berikhtiar ngiklan sana sini biar banyak pembeli di Rumah Raisya. Pandemi bukan berarti kita jadi lengah kan. Ini saya nambah lagi semangat jadi Blibli Seller. Jangan lupa untuk foto produk di Toko Blibli ini lebih baik dengan latar belakang putih biar terfokus sama produknya. Biar cantik dipandang mata dan banyak yang beli. Jangan banyak mikir ya mau jualan di Blibli. Kudu start dari sekarang ya yuk yuk!

Harapan saya semoga jualan di Blibli ini bisa nambah banyak pembeli lagi. Biar banyak orang yang bisa merasakan kelezatan ikan asin kering dan rengginang dari daerah saya. Jadi bukan berarti makanan kering desa itu tidak enak ya. Lezat bangettt loh! Tidak percaya? Boleh loh cek cek Rumah Raisya di Toko Blibli.

Semudah itu loh jualan di Blibli dengan jadi Blibli Seller. Mudah banget kan? Hayuk bareng saya jadi Blibli Seller. Jualan hepi makin moncer di Blibli Seller. Kalau mau tahu informasi selengkapnya bisa juga dengan follow social media Instagram & TikTok @blibliseller. Selamat jualan. Bismillah!

mudah jualan di blibli jadi blibli seller

Komentar

  1. aku baca nih mba review kamu di Instagram, sejauh ini gimana mba buka toko dan jadi seller di Blibli?

    BalasHapus
  2. Rengginang Rumah Raisya emang daebaaakk
    Sukaakk banget dgn semua variannya, terutama yg cumi item. ya ampuun enaknyaaa notok jedhog!

    alhamdulillah ada BliBli Seller ini ya, beneran support para pegiat UMKM nih, keren!

    BalasHapus
  3. Wah, mak Echa semangat berjualan online bersama suami tercinta patut diacungi jempol dan jadi panutan teman2 lainnya nih. Jualan ikan asin dan semacamnya insya allah laris manis ya mak. Soal ongkir yang 10K juga ya ga apa2 hihihi :) Untung ada Blibli ya ada cover ongkir sampai 50K terutama pengiriman yang jauh2 kan jadi dapat support. Banyak sekali kebaikna yang diperoleh dengan menjadi seller di Blibli. Maju terus!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sekarang bisa ketemu di Blibli ya. Semoga jualannya makin laris manis. Makin banyak pelanggan. Semakin banyak testimoni bagus, semakin meningkat kepercayaan dan semoga kita semakin bisa amanah. Sukses selalu ...

    BalasHapus
  5. Keren mak! Tetep kreatif di masa pandemi, ya. Moga bisnisnya sukses bareng blibli.

    BalasHapus
  6. Aku sudah cobain ikan asin dan rengginangnya Echa. Ikan asin dan cumi asinnya memang beda dari yang pernah kubeli di pasar modern tempatku tinggal. Lebih segar pastinya. Dimasak apa aja tetep enak. Waktu itu beli banyak, aku jadi sehat karena asinnya bikin tensiku stabil haha. Sebagai penderita tensi rendah, makan ikan asin malah disarankan wkwkw

    Oh ya soal ongkir Blibli, aku tuh beberapa kali belanja di sana selalu pas promo ongkir. Terakhir beli rice cooker merk P itu pakai kurir instan, kan mayan mahal ya, eh ternyata diskonku sampe 30 ribu, ongkirnya jadi murah bingit. Pernah ga bayar ongkir sama sekali haha. Blibi bikin yang jualan seneng, yang belanja juga seneng.

    BalasHapus
  7. Hayuu semangat mbak pejuang online ikan asin dan rengginang khasnya. Memang sih jaman now berjualan pun ga perlu buka toko fisik ya, selain mengurangi pengeluaran modal juga bisa meningkatkan penjualan karena lebih gampang diakses banyak orang. Setahuku Blibli ini emang marketplace teman UMKM deh, semoga dengan menjadi seller blibli semakin besar ya mbak usahanya.

    BalasHapus
  8. Aku penggemar ikan asin nih mom.Terutama ikan asin jambal dan peda.Ini enak banget dengan nasi hangat+ sambel terasi+ sayur asam.Wow...kalah rasanya steak,hiks. Jadi penasaran nih mau coba Rumah Raisya. Aku bisa temukan di Blibli ya produksi Rumah Raisya?

    BalasHapus
  9. Wah dengan adanya BliBli Seller ini emang sangat mensupport para pegiat UMKM ya. Apalagi ternyata banyak manfaat fasilitas gratis di Blibli ketika kita memutuskan mulai jualan di Blibli ya cara jualan online di Blili juga mudah nggak ribet. Semangat terus ya mbak jualannya ku do'akan semoga laris terus jualannya.

    BalasHapus
  10. Masalah ongkir emang jadi sesuatu yang dipertimbangkan banget sama emak-emak. Kadang dibela2in scrolling terus buat bandingin ongkirnya doang, kalo bisa nyari yg deket aja. Untung niha da solusi dari Blibli ngga khawatir lagi masalah ongkir.

    BalasHapus
  11. wah asyik nih jadi seller di Blibli tanpa perlu uang jaminan.
    Saya pernah juga buat akun jualan di marketplace sebelah, pas ada pembelian dan mau narik uangnya, baru ada keterangan bahwa sekian ratus ribu ditahan sebagai uang jaminan. Melongo deh jadinya, karena diawal nggak ada keterangan soal uang jaminan.

    BalasHapus
  12. Jualan di Blibli nguntungin banget yah, seneng deh support banget sama UMKM.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah laris manis mak echa. Blibli memfasilitasi penjual ya, enak banget kalau e-commerce spt blinli semoga banyak yang menggunakan aplikasi ini supaya umkm di daerah terbantu dalam berjualan juga.

    BalasHapus
  14. Baca ulasan ini aku baru tahu kalau teryata buka toko online di Blibli ini gratis ya mba. Dan apalagi memudahkan juga. Jadi membantu sekali pastinya

    BalasHapus
  15. Nah, bener banget cha kadang aku pun sebagai pembeli kalo produk yang dibeli trus ongkirnya melebihi harga barang suka nyesek, suka kasian kan yaaa, hihii.
    Nah, kebeneran nih ada BliBli Seller dengan fasilitas2 yang ada termasuk cover ongkir yang nilainya lumayan banget tuuh, meringankan. Ahh, salut bnget support para pelaku UMKM nih, sukses dan laris manis jualannnya ya Cha.

    BalasHapus
  16. Pandemi mrmang menghantam semuanya. Kudu berpikir ulang dan ambil langkah yang tepat.

    Mba Echa keren nih, bisa langsung putar jualan online makanan kering.

    Iya, kerasa banget sih kalau berat di ongkir. Ya masa makanan 10rb ongkirnya segitu juga, malah kadang ada yang lebih.

    Untungnya sekarang gabung sama Bibli seller, ya, yang ada subsidi gratis ongkir.

    BalasHapus
  17. Aduh mak echa, aku baca tentang ikan asinmu sampai gak kerasa terbit air liurku lho, waduh, mana masih 2 jam lagi ke buka puasa haha btw emang ya, kalau ikan asin dari daerah laut yang masih seger rasanya lebih enak, yaa. Aku pernah juga makan ikan laut yang dibakar di deket pantai, cuma digaramin aja enaknya luar biasa. Nama ikannya ikan Ayu. itu pengalamanku waktu di Jepang, entah di sini namanya apa ya ikan itu, rasanya itu terbayang sampai sekarang.

    BalasHapus
  18. Baik bangeett yah... Kerasa terbantu sekali menjadi Bibli Seller di Toko Blibli.com
    Terasa banget buat ongkir ini rasanya aga memberatkan pembeli. Tapi dengan bantuan dari blibli, untuk pengiriman keluar kota atau keluar pulau menjadi lebih terjangkau.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya Cha Blibli banyak program yang memudahkan pengusaha UMKM untuk berbisnis, semoga lancar usahamu yaa rengginang nya enak banget jadi pengen ngunyaj teruus...

    BalasHapus
  20. aku sampe ngfans banget sama rangginang rumah Raisya ini mihh, top dan produk yang dikirim dari tempat mamih sampe k Tangerang aman lho, bebas remuk-remuk. Semoga makin lancar yo mihhhh dan pakai Blibli seller ini membantu banget dan mudah untuk buka tokonya juga secara online

    BalasHapus
  21. Sejak pandemi emang mesti banget kita berpikir kreatif ya, kalau enggak ekonomi bisa anjlok banget. Suka berbisnis juga dan merasakan jualan online sangat membantu ekonomi keluarga

    BalasHapus
  22. Wah Mak Echa ternyata juga jualan online ya
    Makin laris ya mak klo jualan online di Blibli ini
    Semoga usahanya sukses dan lancar ya

    BalasHapus
  23. Buat emak-emak emang sih biasanya mikir ongkir ya. Salut buat emak yang bisa tetap produktif di masa pandemi seperpti ini untuk berjualan apapun.
    kalau ada dukungan dari blibli mantul banget

    BalasHapus
  24. aku juga udah coba buka toko online di Blibli nih, walau belum banyak yang beli via blibli tapi ada beberapa konsumenku yang nanya toko ku di Blibli, insyallah jadi bibit penghasilan ya, hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!