Serunya Dibacain Dongeng Sama Storytel

serunya dibacain aplikasi audiobook Storytel

"Ma, hari ini aku mau dengerin cerita Bawang Merah dan Bawang Putih"
"Boleh, Nak!"
"Aku mau cerita Dilan, Ma"
"Boleh boleh. Boleh semua. Nanti ya satu-satu gantian"
"Siap, Ma"

Hayo sini merapat, siapa yang setiap hari mau tidur didapuk buat bacain cerita dan buku dongeng sama anak? Ya ampun, malah kadang ya yang dibaca bukunya itu-itu saja. Sampai tulisan perbaris hapal banget. Tapi ya anak-anakku tetep lucu minta bacain lagi lagi dan lagi.

Cuma setelah anak gede saya baru tahu manfaatnya membaca buku buat anak. Iyesss, ternyata saat SD ada yang namanya pelajaran literasi. Dan kebiasaan membaca buku ini sangat kepake untuk pelajaran literasi. Anak diminta membaca sebuah cerita atau buku dan nanti buat literasinya atau rangkumannya. Jadi buat anak yang kurang suka membaca buku ya pasti terasa.

Yah tahu sendiri, sekarang minat literasi membaca di Indonesia memang rendah. Tapi bukan berarti anak kita tidak bisa ditingkatkan kan? Sebelum dia dewasa, mumpung masih kecil penting biar sayang sama buku dan tahu isinya. 

Jangan sampai karena kita terlalu berteknologi sampai lupa membaca. Apalagi sekarang teknologi canggih juga bisa banget untuk meningkatkan minat baca. Saya sendiri juga pakai untuk anak-anak kok. Sayang kan teknologi tidak kita pakai apalagi dalam kegiatan positif.

Kenalan Sama Storytel


Kalau dulu anak hanya bisa membaca pakai buku, dengan teknologi sekarang buku bacaan sudah banyak yang bisa dibaca lewat komputer, tablet dan handphone. Sayang kan kalau tidak dipergunakan dengan baik. Apalagi sekarang tren mendengarkan buku mulai ramai karena bisa jadi pembunuh bosan saat di jalan atau bahkan lagi melipat-lipat baju setrikaan*eh. 

Akhirnya bertemulah saya sama Storytel. Ini adalah platform Audiobook Indonesia yang memudahkan perluasan pengetahuan dan wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan. Ada banyak buku yang bisa dibacakan di sana. Serius, saya sendiri waktu pertama kali install langsung ingat jaman dulu saat mendengarkan cerita di radio. 

audiobook Storytel untuk anak minimalisir screentime layar

Saya masih ingat dulu saat kecil cinta banget dengerin sandiwara radio. Tahun berapa yak itu, kalau sekarang kan sudah tidak ada ganti kayak podcast gitu kali dan semacamnya. Nah, pas install Storytel saya langsung nostalgia jaman lalu. Dan kembali jatuh cinta :"). 

Saya kaget saat lihat koleksi bukunya, ya ampun banyak banget yaaa! Kebayang itu saya milih sampai bingung jadinya mau baca yang mana. Ada Ayat-ayat Cinta, bahkan kalau mau baca kayak Divortiare ada juga loh. Saking banyaknyaaaa bingung. Ada bermacam-macam buku, mulai buku cerita anak, novel fiksi kayak Sapiens, dongeng, manajemen, bisa belajar hal baru dari buku-buku self development, sampai dalam bentuk bahasa Inggris kayak Hunger Games juga ada. Bahkan buku best seller juga ada banget, seperti yang jadi best seller Harry Potter Audiobook ada. Ada semua!

platform audiobook indonesia

Oh ya, karena saya punya teman-teman menulis kadang kerap menemukan buku mereka juga di Storytel. Jadi seneng juga baca buku teman sendiri kan ^^. Jadi seru deh sambil tiduran sambil dengerin Negeri Lima Menara. Atau lagi bete setrikaan banyak, bisa banget sambil menyetrika dengerin buku Selamat Tinggal. 

Storytel memang rada beda ya, kalau yang baca buku online lain aplikasinya hanya bisa membaca buku saja tapi kalau di Storytel kita bisa membaca dan mendengar juga. Ini soalnya Storytel itu kan aplikasi audiobook, jadi kita akan mendengarkan isi buku yang dibacakan tanpa harus membolak balik halaman satu persatu. Seneng juga tidak capek baca Game of Thrones walau tebel tapi seneng. 

Yang saya suka juga di Storytel kita bisa bikin target buku mau baca berapa buku dalam 1 bulan atau bahkan sampai setahun. Nanti buku-bukunya terpampang di halaman rak buku kita. 

Storytel Membacakan Buku Dongeng Kesukaan Anakku


Menurut saya, Storytel ini bisa banget untuk ngurangi screentime anak melihat layar. Kan mereka tinggal mendengarkan bersama atau bisa pakai headphone. Saya sendiri sukanya pas mau tidur anak-anak milih buku mana yang mau dibacakan sama Storytel. Nanti kita mendengarkan bareng-bareng hehehe. Jadi ya lumayan buat kita tidak capek banget membacakan buku seperti biasa buat anak-anak. 

Untuk fiksi seperti dongeng, cerita atau novel, audio yang membacakan juga bagus kok nadanya. Misalnya lagi marah ya membacanya sedikit tinggi, atau lagi mengobrol ya seperti biasa berbicara. Saya sendiri sampai kepo sama yang baca ternyata banyak artis loh yang baca, kayak Dian Sastro atau Fedi Nuril juga adaaaa. 

rekomendasi buku best seller dongeng Storytel

Anak-anak sih senang ya, karena kadang saat Mamanya baca biasanya nadanya datar-datar saja dan buru-buru hehehe. Kalau ini beneran deh kayak dengerin sandiwara radio seperti saya dulu kecil. Tuh kan nostalgia lagi deh! Anak-anak juga senang soalnya bener-bener bisa memahami yang dibacakan.

Apalagi Raffi, dia sangat senang bisa dengerin buku  tanpa harus membacanya buat bahan literasi sekolah yang rutin seminggu 2 kali. Walau kadang lupa siapa nama atau pengarang buku, Raffi bisa langsung lihat di keterangan buku yang dibacakan. Ada lengkap kok sampai sinopsis yang tidak panjang juga ada. Tinggal tulis di buku pelajaran deh!

Oh iya, ini ada 2 rekomendasi buku dongeng yang anak-anakku suka. Soalnya kalau ditulis semua judulnya tidak cukup, mending eksplorasi aja sendiri kan mau baca dongeng yang mana sesuai hati. Tidak lama kok rata-rata durasi audiobook untuk setiap dongeng sekitar 10-15 menit saja untuk cerita pendek dan bisa sampai berjam-jam kalau ceritanya banyak plus panjang. Gak perlu langsung didengerin sampai habis, bertahap saja per cerrita ^^. Dan saya yakin anak-anak pasti betah dengerin karena tidak lama baca dongengnya.

1. Cerita Anak Nusantara

Buku ini bercerita tentang persahabatan anak-anak yang berasal dari daerah berbeda dan bagaimana caranya menyelesaikan masalahnya. Buku ciptaan Kitty Felicia Ramadhani ini seru juga untuk anak tahu mengolah rasa persahabatan.

2. Bawang Merah Bawang Putih

Cerita rakyat ini memang legenda yang kerap kali anak-anak suka. Pesannya sederhana dengan cerita sederhana tentang baik buruk.Buku ini tulisan Dian Kristiani yang pasti tidak asing lagi di antara penulis buku anak.

3, Dongeng 1001 Malam

Cerita 1001 malam memang cerita favorit banyak orang ini tetep tidak bosan kalau dibacakan. Sebenarnya ini memang durasinya panjang karena ceritanya banyak banget, hanya kita bisa mendengarkan pelan-pelan. Cuma untuk 1 cerita dongeng ya seperti saya bilang paling 10-15 menit saja ^^. Tetap seru kok. Anakku dah hampir selesai dengerin. Terus ini buku saduran tulisan Nunik Utami, temen blogger saya. 

Yang saya suka juga, biasanya ada hikmah cerita di akhir dongeng. Jadi kita bisa mengingatkan anak juga tentang apa yang bisa dipetik dari cerita yang habis dia dengarkan barusan di Storytel.

Seru banget kan ini! Anak-anakku demen loh! Praktis bisa dinikmati kapan dan di mana saja, mau bobok atau perjalanan kantor juga jadi menyenangkan. Bisa juga sambil tiduran dibacain Mariposa yang lagi hits.


Hayuklah dengerin buku pakai Storytel, lagi ada promo cuma Rp 39.000 saja. Download sekarang juga di Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android.

Komentar

  1. Eh iya ya, bisa juga denger dongeng di story tel gak hanya cerita buat Maknya. Si anak juga bisa bobo nyenyak dengan dongeng dari aplikasi audiobook ini, mantep.

    BalasHapus
  2. Mursidaa bangeett! Akk, ini cucok nih buat budget ibu2 rumah tangga, tydack mengguncang cash flow ye kan?
    Dan memang bakalan enjoy banget di bulan puasa ini nambah wawasan dan pengetahuan dgn menyimak aneka buku bagus via app Storytel

    BalasHapus
  3. Dengan Storytel ini kita jadi bisa lebih menikmati buku .. yang gak suka membaca pun bisa jadi suka sama buku ya.

    BalasHapus
  4. Hahhaaa, idem donk Cha, masa muda aku suka banget dengerin dongeng di radio kek saur sepuh, Arya Kamandanu duh hobby banget.
    Jaman now malah semakin canggih baca buku tapi bisa dengerin pula di hp, tablet or perangkat kompi. Jadilah sekarang tren mendengarkan buku mulai ramai karena bisa jadi pembunuh bosan saat menunggu, di jalan atau saat aktivitas lainnya.
    Ahhh.. berasa dinina boboin deeh kalo dengertin Storytel.

    BalasHapus
  5. Dulu saat anak-anakku masih kecil, aku juga suka dongengin mereka. Tapi dongengnya baca dari buku ya mom. Sekarang enak ya sudah ada aplikasi Storytel, canggih deh. Anak-anak tinggal pilih dongeng apa yang mau dibacain. Keren euy!

    BalasHapus
  6. Wah, bener juga yah coba pas zaman anak2ku kecil dulu udah ada Storytel pastinya mereka bakalan betah banget nih dengerinnya karena berasa lagi dibacain deh. Jadi penasaran pengen cobain Storytel juga soalnya aku punya waiting list buku yang belum sempet dibaca nih

    BalasHapus
  7. cucok meyong ini buat bacain dongeng anaku. sambil rebahan nunggu buka puasa, dengerin storytel jadi ngabuburit yang asik

    BalasHapus
  8. Kalau di Storytel ada gak suaranya yang kayak Hyunbin atau Song Kang mak? Kebayang kalau yang bacain suaranya kayak mereka ya, wakakaa... Btw ini Storytel tuh jadi cara banget untuk kita yang malas baca buku fisik ya. Karena tinggal download appsnya saja.

    BalasHapus
  9. Pasti drama radio yang didengarkan Mbak Echa dulu: Saur Sepuh, Misteri dari Gunung Berapi....hihi
    Aku pun sama , Storytel beneran solusi buatku saat ga sempat baca buku, dnegerin saja sambil ngerjain ini itu!Beres!

    BalasHapus
  10. Storytel ini emang solusi buat yang pengen baca novel tapi males dan nggak ada waktu buat duduk diam baca buku. wkwk
    Apalagi ada mode anak jadi nggak perlu khawatir lagi deh dengan bacaan sang anak karena udah ada batasan-batasan umurnya ya. Top banget deh

    BalasHapus
  11. Aku dengar Storytel ini emang jadi mengingatkanku dengan masa kecil dulu yang mendengarkan sandiwara radio ya mba. Kita jadi berimajinasi juga dengan suara yang ada ya

    BalasHapus
  12. Haha toss, aku pas dengarin Storytel ini berasa lagi dengar sandiwara radio dan sanggar cerita Cha, enak juga ya bisa beraktivitas sambil dengarkan buku berasa didongengi..ternyata ada buku anaknya ya pengen cari juga buat bocah-bocah sak iki susah baca buku :(

    BalasHapus
  13. Ihhh aku mau cobain juga donk..kayaknya seru ya..baca buku lewat media audio gini.. Tinggal isntal..bisa disambi masak..bisa disambi olahraga juga..

    BalasHapus
  14. Iya seru banget yah kayak dibacain dongeng, jelang tidur dengerin storytel sesuatu banget, me time dah.

    BalasHapus
  15. Sama mbak
    Anak anakku juga suka banget dengerin cerita anak anak dari aplikasi Storytel ini
    Banyak cerita Nusantara yang bisa didengarkan di sini ya

    BalasHapus
  16. Storytell menyenangkan sekali ya mamm, bisa mendengarkan cerita sambil tiduran atau sambil beres beres rumah.

    BalasHapus
  17. 3 buku rekomendasinya sangaat membantu kami yang sedang cari buku yang menarik di aplikasi Storytel, kak Echa..
    Kemarin dengerin Le Petit Prince versi Bahasa Indonesia, alhamdulillah...kami bobok nyenyak setelah menyelami kisah karakter Pangeran Kecil.

    BalasHapus
  18. Mudah banget ya si Storytel ini. BIsa dengar buku di mana saja, untuk anak juga ada. Banyak juga pilihan judul audiobooknya. Mantul banget deh

    BalasHapus
  19. Jadi pengen dibacain cerita anak sama storytel hehehe. Aku lagi ngerangkumin biografinya Buya Hamka nih mak. Seneng banget sama aplikasi ini

    BalasHapus
  20. Zaman dulu suak banget dibacain dongeng, skr sih gak usah sewapendongeng bis alangsung kewat aplikasi storytel ya. Pingin nyobain ah download nanti tiap malam diceritain dongeng sama Storytel

    BalasHapus

  21. Asyik ya sekarang membaca jadi lebih menyenangkan karena ada storytel, jadi gak ada alesan lagi buat ga ada waktu buat baca buku ya mak

    BalasHapus
  22. Anak-anak saya nih, pada demen bener dengerin dongeng di Storytel sebagai pengantar tidur siang. Gak berasa, eh tahu-tahu habis aja tuh satu buku. Semoga koleksi buku anak di Storytel makin banyak lagi ya ke depannya.

    BalasHapus
  23. Sik, bentar Mak. Aku tak mesam-mesem dulu baca komennya Mak Chichie, hehehe. AKu juga mau atuh didongengi Kang Hyunbin meskipun nanti dikeplak si Embak, haha.

    Aku udah dengerin beberapa novel, Mak. Dasar aku suka banget sama Novel fiksi. Jadi makin betah deh sejak pakai Storytel.

    BalasHapus
  24. Banyak pilihan ceritanya ya, sekarang anak2 susah disuruh baca buku. Klo dengan cara mendengarkan cerita ini pasti lebih efektif

    BalasHapus
  25. Maak echaaa bener bener bikin aq tambah ilmu makasih yaa maak, aq jadi mau download aplikasinyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!