PINA Aplikasi Perencanaan Keuangan Keluarga Saya

PINA Aplikasi Perencanaan Keuangan Keluarga Saya

Sejak pandemi sebagai salah satu warga usia milenial, saya mulai rutin memilah-milah keuangan. Entah karena sekarang memang saya ketakutan sendiri sama biaya hidup atau karena saya berusaha jaga-jaga keluarga. Mengingat susahnya untuk mencari pekerjaaan kembali dan kebetulan saya membuka usaha jualan rengginang. Jadi jangan sampai boncos duitnya. Ya gimana ya? Pengalaman mengajarkan agar saya mulai tertata apalagi kalau enak kalau pakai aplikasi perencanaan keuangan

Karena gimana ya, pandemi bikin saya jadi ngeuh kalau memang harus saving banyak buat keluarga. Terutama buat anak-anak saya yang pasti masih panjang perjalanannya. Kasihan kan jadinya kalau kenapa- kenapa. Duh jangan sampai deh! Hidup mereka masih sangat butuh biaya. Tiga anak beb, tiga anak. Huaaaa!

Selama ini sejak saya mulai untuk mengenal perencanaan keuangan, saya hanya memilahnya di beberapa rekening saja. Tapi itupun belum terlalu berhasil, mengingat pengeluaran yang memang setiap bulannya besar. Belum lagi operasi jantung kemarin juga agak terasa. Yah menjadi tumpuan 7 orang manusia dan 3 kucing di sini membuat saya lebih struggle memang menjalani hidup :”). Mommy memang luar biasa kan kuatnya!

Saya akui sistem pencatatan memang belum benar hingga saat ini. Entah karena terpisah banyak rekeningnya atau karena memang belum terlalu pintar untuk melakukan pencatatan. Yah, kerja bank sekian lama ternyata tidak menjamin saya pintar dalam mengelola keuangan. Hehehe. Kayaknya enak deh kalau ada aplikasi catatan keuangan pribadi sehari-hari untuk kontrol keuangan keluarga saya. Ya nggak sih?

Karena itulah, saya butuh aplikasi perencanaan keuangan yang bisa mengakomodir semua pencatatan finansial saya. 

Akhirnya Saya Bertemu PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan yang Mengerti Saya Banget

Yup! Saya pun bertemu dengan PINA. PINA ini adalah aplikasi perencanaan keuangan yang sangat lengkap. Jadi mulai catatan rekening, aset sampai kalau mau pakai aplikasi investasi terpercaya juga bisa cukup dengan satu aplikasi saja, PINA. 

Fitur PINA Aplikasi budgeting

Tadinya saya jujur ragu, mengingat aplikasi ini masih termasuk baru kan? Tapi pas lihat dia banyak sekali fungsinya, saya jadi masukin satu-satu pencatatan finansial. Jadi biar saya tetap bisa track aplikasi budgeting di tempatnya. Paling tidak ada yang kontrol! 

Fitur PINA ada banyak banget kok!

1. Ini bisa jadi aplikasi catatan keuangan pribadi dari berbagai macam rekening

aplikasi catatan keuangan pribadi

Jadi seperti cerita saya tadi, ada bermacam-macam rekening terpisah yang sengaja saya pisah. Sebenarnya agar tidak diambil saja, biar aman ga gatel makenya. Tapi ternyata saya memang orangnya tidak pintar-pintar banget mencatat. Walau ada di rekening manapun, saya masih suka pakai dan tentu lupa mencatat tadi ambil buat apa.

Nah, di PINA saya terbantu untuk melihat catatan keuangan sendiri. Karena hampir semua bank yang saya pakai bisa dihubungkan ke akun PINA. Mulai BCA, Mandiri, BNI sampai OVO juga bisa ditrack uang keluar masuknya untuk apa saja. 

Saya tentu tidak terlewat lagi ini uang keluar buat apa. Dan bisa memilah uang masuk ke rekening sesuai kategorinya, ini uang usaha rengginang atau uang dari ngeblog atau uang dari kerjaan lainnya. Semua tercatat rapi di PINA. Bahkan kita jajan Chatime juga bisa terbaca. 

2. Aplikasi budgeting biar tidak overload

Yang saya juga suka, di PINA ini saya bisa budgeting satu-satu biaya hidup keluarga. Mulai dari bayar sekolah, bayar listrik, bayar satpam, bayar air, bayar internet, sampai jajan anak-anak juga saya bisa budgeting. 

Jadi saya tahu kira-kira budget mana yang sudah mau sampai garis finish. Biar jaga-jaga untuk tidak boros juga kan? Fitur ini bisa diakses di menu save loh!

3. Bisa cek NetWorth yaitu aset dan liabilitas keuangan 

Di PINA, saya bisa mencatat berbagai macam aset yang saya punya. Aset itu termasuk rumah dan tanah loh. Jadi saya tahu, ooh aset keluarga baru segini dan termasuk motivasi juga buat nambah aset. Asalkan ga nambah liabilitas atau hutang aja sih kan? Biar hidupnya tenang. Hehehe.

4. Bisa set goal keuangan 

Ini juga fitur yang saya suka. PINA bisa bantu saya untuk menabung pasti. Saya bisa tahu kalau mau punya tabungan 50 juta dalam waktu 1 tahun berarti harus nabung sekitar 4 jutaan lebih biar goalnya tercapai. Biasanya saya suka sembarangan masukin tabungan yang tidak diutak-atik. Tapi dengan PINA, saya makin tahu kalau mau punya duit ya kudu usaha nabung juga bukan cuma niat aja. Bener gak?

5. Aplikasi Investasi terpercaya agar akun kita makin growth up

PINA juga bisa banget bikin rekening saya jadi bertambah dengan fitur investasi. Iya, kita bukan hanya track transaksi saja tapi juga bisa invest sekalian. Tentunya saham atau reksadana pasar uang yang direkomendasikan dan aman sesuai profil risiko kita. Kalau saya kebetulan moderate, yang pengen punya duit banyak cepet tapi ga mau rugi. Eh gimana? Tapi kan wajar manusiawi bingittt. 

Yah ini lumayan loh, soalnya kita tidak perlu punya banyak RDN dari tempat lain. Pakai PINA saja dah cukup kan, sekalian bisa nambah goal kita! Dari segini bisa jadi segiiiiiiniiiiiiii. 

PINA aplikasi investasi terpercaya

Di PINA, saya juga bisa baca-baca beberapa artikel keuangan atau malah bisa ikutan belajar investasi dari pakar langsung. Jadi ada classroom gitu buat tambahan ilmu keuangan semua dibahas!

Hidup saya jadi lebih terasa sesuai jalur semenjak pakai PINA. Yang tadinya boros untuk jajan ini itu tidak terlalu penting, karena ada budgeting saya jadi tahu jangan sampai melebihi budget. Yes, karena itu tidak baik malah menyesal kemudian hehehe.

Eh iya, PINA mau bantu raih apa pun tujuan keuangan yang saya inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Hayukk buat tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun. Bakal dapat cashback loh dari PINA! Pelajari lebih lanjut deh buat cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA ini ya!

Download sekarang juga ya aplikasi PINA ini!

Aplikasi PINA untuk Android

Apikasi PINA untuk IOS

Komentar

  1. Budgeting, budgeting dan budgeting, begitu kira-kira kesibukan kita saat ini ya, Mak. Haha. Apalagi anak sudah mulai besar, sudah harus siapin dana pendidikan untuk masuk SMP nanti ya kaaan. Masya Allah semoga sehat selalu ya Mak Echa, dan sukses sama perencanaan keuangannya, demi masa depan anak-anak. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Jadi uang di berbagai rekening bisa ketahuan keluar masuknya, Krn kita hubungkan dengan aplikasi Pina ini ya mba? Tapi berarti dia ga akan bisa akses ilegal ke rek kita kan Yaa?

    Aku sendiri masih pake aplikasi pencatatan keuangan. Tapi memang ga pernah sampe menghubungkan rekening ke aplikasi , kec e wallet, tapi aku ga terlalu kuatir Krn toh isi e-wallet ga pernah aku isi banyak. Kalo rekening yang aku masih belum mau, Krn mostly uang di sana semua 😅.

    Penting sih memang pencatatan begini, jadi bisa tahu cash flow uang kemana aja. Dan harus konsisten. Stiap kluar, ya langsung catet, sebelum lupa. Kadang kebanyakan, orang2 pakai aplikasinya, tapi ttp lupa mencatat in out nya 😅

    BalasHapus
  3. waduh mantap banget nih mba promo cashback dari PINA aplikasi perencanaan keuangan keluarga, up to 10 juta lho

    BalasHapus
  4. Semangat dan semoga selalu sehat jadi tumpuan keluarga ya Mba... Mommy pejuang yang hebat memang dirimu, Mba Echa!
    Btw, PINA bagus bener jadi semua pada relnya, aplikasi perencanaan keuangan yang bisa bantu tercapaianya tujuan keuangan. Apalagi ada Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA ! Wah

    BalasHapus
  5. Aku juga paling males nih nyatet2 pengeluaran dan pemasukan, tahu2 akhir bulan boncos aja deh, paraaah hehe

    Butuh banget deh bantuan untuk bisa mengelola keuangan supaya lebih tertata rapi, kayaknya penasaran pengen cobain aplikasi PINA juga deh

    BalasHapus
  6. Aku ya gitu prinsipnya, jangan taruh semua telur dalam keranjang yang sama. Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  7. Keliatan banyak gunanya pakai aplikasi PINA. Jadi punya catatan keuangan yang rapi sekaligus mendukung perencanaan keuangan keluarga dengan baik. Kalau banyak manfaat positifnya gini, tunggu apa lagi, ikutan pasang juga ah :)

    BalasHapus
  8. Anak adalah prioritas dalam hidup kita. Jadi merencanakan keuangan demi masa depan mereka adalah salah satu kewajiban orang tua yang mbak Echa. Nah untuk memudahkan segala perencanaan keuangan tersebut untungnya ada Pina. Selain bisa membagi-bagi pos anggaran Kita juga bisa merencanakan sejumlah keuangan yang nanti akan digunakan di masa depan

    BalasHapus
  9. Dulu tim rajin catat keuangan. Sekarang udah malas. Tapi sekarang juga udah ada aplikasi perencana keuangan, yang bisa ngebantu mengalokasikan. Plus, cocok buat sekalian investasi kan ya.

    BalasHapus
  10. Ternyata PINA aplikasi keuangan yang lengkap banget ya Mak. Kirain hanya bisa untuk merencanakan keuangan saja eh ternyata bisa untuk inestasi dan transaksi lainnya juga. Benar-benar one stop service.

    BalasHapus
  11. Bagus ini buat Ibu rumah tangga tapi bisa kok buat siapa saja.
    Membantu merinci pengeluaran dan planing2 kedepan dalam hal keuangan keluarga.

    BalasHapus
  12. Wah baru tau aku aplikasi PINA mbak.lucu juga ya ada classroomnya jadi kita bisa belajar banyak soal keuangan dan investasi. Coba ah tak instal juga

    BalasHapus
  13. Wah promo cashbacknya nyampek 10 juta menarik bangeett.
    Emak2 emang butuh aplikasi macam PINA ini supaya gak terlalu banyak bocor alusnya terutama yang berhubungan dengan mengatur finansial keluarga.
    Bisa belajar investasi juga yaa dari aps ini, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  14. Bisa dihubungkan ke berbagai akun bank. Enak juga nih bisa sekalian bikin catatan keuangan pribadi. Aku sendiri orangnya kurang suka catat duit yang keluar. Kudu mulai dari sekarang biar pas ada anak nanti tahu gimana bikin budgeting

    BalasHapus
  15. Lengkap juga ya fitur di aplikasi PINA, dan bisa terkoneksi dengan rekening tabungan juga. Dari pada pakai pencatatan manual untuk pengeluaran rumah tangga, memang PINA lebih praktis kayaknya.

    BalasHapus
  16. Unik dan canggih banget aplikasi PINA ini.
    Aku jadi ingin mencoba, kayanya bakalan kena alarm terus ya.. karena aku boros banget, huhu.. Sadar tapi gak segera diperbaiki.

    Mulai diniatkan untuk mencatat dan sync semua perbankan ke apps PINA.
    Semoga pengaturan keuangan jadi lebih sehat dan bisa beli tiket konser NCT, yeeay~

    BalasHapus
  17. Wah bisa nyambung ke rekening Bank. Mantap kali aplikasi PINA ini, Cha. Aku tuh kalau nyatet pemgeluaran dan penerimaan masih di excel. Kalau pas inget ya dicatet, kalau enggak ya blas. Kadang suka mikir keras kalau ada selisih di catatan sama jumlah real muahaha.

    BalasHapus
  18. Wow, nambah wawasan lagi nih soal perencanaan keuangan melalui aplikasi PINA.
    Pilihan baru ada aplikasi perencanaan keuangan yang lengkap. Jadi mulai catatan rekening, aset sampai kalau mau pakai aplikasi investasi terpercaya.

    BalasHapus
  19. Nah buat keluarga kecil, pun mereka yang baru memulai berumah tangga alias keluarga muda. Pas banget nih belajar finansialnya dimulai dengan pakai aplikasi PINA. Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.

    BalasHapus
  20. Nah buat keluarga kecil, pun mereka yang baru memulai berumah tangga alias keluarga muda. Pas banget nih belajar finansialnya dimulai dengan pakai aplikasi PINA. Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.

    BalasHapus
  21. Urusan keuangan ini PR banget buatku. Apalagi sejak jualan online, masuk keluarnya duit makin macem2 kan. Kadang lieur juga sama duit nulis, juga duit belanja. Emang sudah saatnya mencatat dengan aplikasi begini.

    BalasHapus
  22. Banyak manfaatnya ini ya aplikasinya bisa untuk mengatur keuangan, dan yang penting lagi itu promo cashbacknya menggiurkan deh ahahha, tetep ya emak-emak nyari promo

    BalasHapus
  23. Wah keren nih. Baru tahu ada aplikasi perencana keuangan yang lengkap begini. Jadi kepengen nyoba. Biar semua hal yang menyangkut keuangan bisa dipantau dari hape ya. Cus install ah.

    BalasHapus
  24. Aq biasanya bikin keuangan pake manual aja. Kayanya pake aplikasi ini jadi lebih praktis ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!