#CeritaIbuJuara Tetap Sehat Walau Di Rumah Saja

#CeritaIbuJuara Tetap Sehat Walau Di Rumah Saja

Setiap hari di rumah menjaga anak, antar jemput ke sekolah, ngeblog terus gabut beneran bikin saya rada capek kadang-kadang. Tapi kalau kata Papih, kapalnya itu saya makanya karena saking banyaknya yang harus dilakukan ibu di rumah wajib banget jaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Saya sendiri sebenarnya sudah berusaha menjaga kesehatan keluarga semampunya. Ya seperti mulai awak menjaga kehamilan walau lemah banget saat mengandung, memberikan IMD demi ketahanan tubuh, memberikan ASI sampai dua tahun, hingga memasak sendiri MPASI dan makanan di rumah agar terjaga kualitas makanannya. Irit juga sih kalau masak sendiri serius!

Tapi namanya Ibu kan juga wajib jaga kesehatan bukan hanya jaga anggota keluarga lain saja. Kalau saya sakit ya gimana mau jaga kesehatan keluarga ya nggak? Pokoknya Ibu ga boleh sakit, berabe! Makanya saya sangat berusaha jaga diri sendiri biar lebih lama membersamai anak-anak dan suami tercinta. 

Kalau gitu saya bagi tips ya yang selama ini dilakukan, paling tidak mencoba memberikan yang terbaik buat diri sendiri kan sah-sah saja. Daripada malah tambah sakit malah susah! Tahu sendiri aktivitas Ibu sehari-hari yang tidak akan pernah ada habisnya kan? Makanya saya sekarang sangat berusaha agar selalu sehat sampai tua nanti. Bismillah!

Ini beberapa tips yang bisa bukibuk praktekkan di rumah. Gampang kok sebenarnya, dan saya yakin banyak yang sudah berusaha untuk melakukan hal-hal ini. Tingga kontinyu aja kan? Hayuk semangat! Perjalanan anak-anak kita masih sangaaaaaaaat panjang!

Berikut #CeritaIbuJuara Tetap Sehat Walau Di Rumah Saja!

1. Berolahraga Secara Teratur

1. Berolahraga Secara Teratur

Walau kata orang di rumah saja Ibu itu sudah olahraga, ternyata harus banget olahraga beneran secara teratur. Meski sudah ngepel lantai 5 kali dalam sehari, tapi menyempatkan diri untuk olahraga tidak ada salahnya ke luar rumah. Badan jadi lebih sehat dan tentunya bisa refresh tidak melihat seputaran rumah saja. HAHAHAHA. Iya loh bisa cuci mata lihat pemandangan sekitar rumah setiap olahraga. Betul tidak? Badan jadi sehat, bugar dan tentunya pikiran lebih fresh.

2. Minum Air Minimal Dua Liter Per Hari

2. Minum Air Minimal Dua Liter Per Hari

Mau Ibu dalam profesi apapun, jangan lupa untuk minum minimal 2 liter perhari. Kadang perempuan itu suka lupa minum, saya contohnya. Apalagi kalau sudah duduk depan meja komputer. Jangankan minum, makan atau mandi saja kadang lupa*eh. Tapi paling tidak kita membantu metabolisme tubuh biar tetap sehat dan berjalan lancar dengan minum air. Ingat, perempuan itu rentan banget kena ginjal loh! Hayo minum jangan males!

3. Makan Sehat Gizi Seimbang

3. Makan Sehat Gizi Seimbang cemilan lemonilo

Anak-anak sejak masuk MPASI selalu saya sendiri yang masak. Serius! Walau saya tidak pinter-pinter amat masak. Beruntung saya nikah sama suami yang puinter masak, dan saya juga pintar sekali makan. Jadilah masakan anak saya yang masak dan suami yang membuat menu plus mempersiapkan bahan-bahan. Jadi dulu sebelum ke kantor, kulkas itu sudah siap buat cuma sreng-sreng saja di wajan. Saya cukup mengolahnya saja.

Sekarang, suami yang sudah pensiun ini masak buat sekeluarga. Karena ya jujur lebh pintar dia yang masak daripada saya. Cuma kalau dulu saya seringnya beli makan di luar gitu, kalau sekarang seiring bertambahnya anak dan anggota keluarga, jadi saya mau tidak mau harus masak sendiri. Saya dan suami pakai food preparation biar gampang, jadi selalu nyiapkan menu makanan 3 kali untuk 7 hari. Ngirit beb! Apalagi anggota keluarga sekarang ada 7 orang dan 3 kucing! Maska sendiri juga bikin saya tahu kualitas bahan-bahan yang dipakai!

Begitupun cemilan buat keluarga saya seringnya buat sendiri, biar lebih irit. Mau resesi kudu ngirit daripada gigit jari nanti. Iya nggak? Jadi berbagai resep cemilan simple tuntas saya coba sesuai dengan selera anak. Yang paling gampang sebenarnya recook saja resep sempol ayam atau bisa mencoba resep topokki biar kayak Oppa Leminho. Ya nggak?

cemilan sempol ayam lemonilo

Btw, kalau bikin resep sempol ayam saya sukanya pakai lemonilo buat mie-nya. Soalnya lemonilo terkenal dengan mienya yang sehat, warna hijaunya saja bukan dari pengawet loh tapi bahan alami jadi pas buat tahu apa saja nutrisi asupan yang masuk ke dalam tubuh kami sekeluarga. Bisa cobain resep ini, mudah-murah-enak dan yang paling penting anak-anak suka. 

4. Tidur yang Cukup

4. Tidur yang Cukup

Ini tidak bisa ditawar, walau kelihatan sehat tapi tidur minimal 8 jam sehari kudu. Deep sleep. Kata orang Ibu itu tidak bisa tidur nyenyak kalau sudah punya anak. Tapi lebih baik terus mencoba tidur nyenyak daripada sakit. Hayoooo pilih yang mana?

Makanya saya sendiri sudah berusaha untuk tidur sebelum jam 12 malam. Sudah jarang untuk bergadang walau harus ngerjakan tugasa ngeblog. Mata ngantuk tidak fokus ya mana bisa kerjain apapun. Yang ada lelah kurang tidur. Bahaya banget!

Usia 40 mah kudu terus semangat! Jaga kesehatan dan kebugaran tubuh!

5. Jauhi Stress 

5. Jauhi Stress

Yang terakhir, jauhi stress iya serius! Jadi Ibu dan wanita memang rentan terkena stress. Tapi, walau masalah tidak bisa dihindari kalau mencoba rileks, sabar, ikhlas dan syukur insyaallah ada kemudahan dalam setiap jalannya. Yang penting semangat dan jangan lupa tersenyum ya Ibu. Anak-anak kalau tahu saya mulai bingung kerjaan pasti bilang, "Mama hayo senyum". Ahhh anak-anak, gimana ga terkewer-kewer gegara kesweetan kalian iniii.

Gimana? Mudah kan ternyata menjadi tetap sehat walau di rumah saja? Ya nggak? Yang penting tetap jaga kesehatan dan ingat anak kita butuh kita dalam waktu yang sangat lama. Hayo Ibu-ibu semangat! Dan praktikkan cara saya tetap sehat walau di rumah saja! 

Punya #ceritaIbuJuara yang lain seperti saya? Hayuk dishare buat sekeluarga tetap sehat dan bugar! Saya sudah berbagi #CeritaIbuJuara, kamu bagaimana? Yuk mulai dari diri sendiri!

mari mulai dari diri sendiri jaga kesehatan

Komentar

  1. Hemm hidup sehat dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, ya, lemonilo itu mi andalan yang disukai si kecil juga sih. Mantep banget emang apalagi aman bahannya jadi gak khawatir. Bener banget, untuk menjaga kesehatan saat di rumah yang paling penting adalah hindari stres. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!