3 Tips Happy Menyusui Hingga Dua Tahun, Dan Saya Berhasil Memberikan ASI Pada Semua Anak-anak!

3 Tips Happy Menyusui Hingga Dua Tahun, Dan Saya Berhasil Memberikan ASI Pada Semua Anak-anak!

Minggu Agustus pertama ini adalah World Breastfeeding Week, jadi inget masa-masa menyusui anak-anak dulu. Walau saya modelan yang breastfeeding langsung ke anak, tapi untuk mengejar kuantitas ASI nambah dengan pumping mau tidak mau. Paling tidak ya modalnya memang makan makanan bergizi plus minum air yang banyak, bahkan saya sedia galon bpa free khusus biar bisa ngingetin minum terussss.

Cuma saya bangga jadi saya! Serius! Saya itu ibu dengan riwayat kanker getah benih dan syaraf kejepit, namun buat menyusui semua anak-anak mulai dari IMD sampai 2 tahun full ASI sangat keras kepala. Keras kepalalah saat menyusui itu kalimat yang jadi pedoman saya selama 10 tahun menyusui. Ya yang penting usahalah ya dulu, Allah tinggal melancarkan niat baik kita.

Selama bolak balik rumah sakit, saya selalu minta obat yang ramah untuk ibu menyusui. Agar saya bisa tetap menyusui, soale berasa banget ribet dan mahalnya kalau sufor. Dan alhamdulillah 10 tahun menyusui, semua anak-anak tidak ada yang tersentuh susu formula hingga 2 tahun hidupnya. Subhanallah!

Baca Juga : Dukungan Menyusui

Tapi sambil mengenang masa-masa 10 tahun menyusui saya mau kasih sedikit tips tentang keberhasilan menyusui selama ini ya. Ya paling tidak mungkin bisa memotivasi buibu di sini agar lebih kuat hati saat menyusui anak, paling tidak hingga 2 tahun ya baru lepas sapih.

3 Tips Happy Menyusui Hingga Dua Tahun Ala Echa yang Berhasil 10 Tahun Menyusui

3 Tips Happy Menyusui Hingga Dua Tahun Ala Echa yang Berhasil 10 Tahun Menyusui

1. Berikan ASI Sesuai Kebutuhan Anak, Sesering Mungkin

Iya, berikan ASI sesuai kemauan anak. Misal bayi masih belum mau menyusui rutin ya jangan dituruti, tapi dijadwal yang rapi. Bayi baru lahir maksimal sejam sekali disusui dan pengosongan maksimal. Misalnya belum terasa kosong, biasanya saya bantu pumping biar enak.

2. Pilih Pumping yang Benar dan Rutin

Walau di rumah, saya tetap memilih pumping yang cocok untuk membantu ASI. Apalagi di awal saat bayi jarang menyusui, pumping membantu agar ASI keluar lancar. Kebantu banget pokoknya! Termasuk pilih pompa ASI manual atau elektrik, kalau saya pasti senang elektrik ga capek soale! Terus biasanya pakai yang single pump karena anak-anak kan kadang lagi pumping ingin menyusui. Jadilah satu payudara disusui langsung dan satunya pumping.

Inti dari pumping ASI yaitu kemampuannya mengosongkan payudara serta memerah ASI. Dari sekian banyak merek pompa ASI yang ada di pasaran, sebaiknya di sini Anda mencari tahu lebih dahulu mengenai kemampuan dari pumping. Beberapa pompa ASI daya hisapnya memang kurang kuat, sehingga membuat payudara tetap terasa penuh sekalipun telah dipompa sekian puluh menit.

3. Makan Sehat Gizi Seimbang dan Minum Minimal 4 Liter Sehari

Untuk makan ini saya memang sedikit kebablasan makanya gemuk mau obesitas huhu, tapi ya gimana belum bisa mengalahkan rasa lapar ingin makan saat menyusui. Namun pilih yang sehat dan bergizi ya biar tidak terlalu kebablasan (Kayak saya).

Nah kalau minuman saya jelas pilih air minum putih Cleo yang bermanfaat buat kesehatan. Dan saya pilih yang galon soalnya lebih mudah dan isinya banyak. Kan tinggal isi gelas aja isi ulang selesai.

Enaknya Pakai Galon Cleo, Galon BPA Free

Enaknya Pakai Galon Cleo, Galon BPA Free

Di rumah memang enaknya pakai galon buat minum sekeluarga, soalnya bisa buat minum banyak kan? Jangan lupa pilih kemasan yang mengandung BPA free untuk tubuh agar tetap sehat, soalnya bahaya kalau kemasan gak BPA free. Ada zat-zat berbahaya yang bisa mengkontaminasi minuman yang dikonsumsi kan?

Nah saya rekomendasikan galon Cleo, galon BPA free yang cocok buat keluarga termasuk untuk minum ibu menyusui. Kualitas airnya terjamin dari zat BPA dan zat kimia berbahaya lainnya. Kemasannya juga lucu loh bikin semangat buat minum terus. Ya nggak! Mau minum rutin agar ASI lancar atau minuman sehat sehari-hari buat keluarga jadi lebih nyaman pakai galon Cleo.

Produk Cleo memang cocok untuk konsumsi rumah tangga. Dikemas dengan galon plastik bebas BPA dan dilengkapi dengan handle serta easy cap untuk memudahkan pemasangan galon ke dispenser. Mau dispenser atas atau bawah semua bisa cocok dengan galon bpa free Cleo. Mudah, sehat dan terjangkau!

Menyusui memang hak ibu dan ASI adalah hak anak, karena itu wajib diberikan! Yuk semangat menyusui hingga 2 tahun! Saya bisa, bukibuk juga pasti!

Komentar

  1. Menyusui itu pasti ada suka dukanya apalagi kalau harus terjaga malam hari, pas awal menyusui juga agak sakit karena belum terbiasa. Nah, mantep ini tipsnya bisa diterapkan. Wah galon cleo makin memudahkan ya sekarang, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Senangnya bisa memberikan ASI full untuk semua anak ya mak. ASI memang hak anak dan bagian dari hukum UU keluarga dalam Islam

    BalasHapus
  3. MashaAllah~
    Kak Echa hebat sekali.

    Senang membaca kisa Ibu Menyusui dengan keras kepala. Ini membuktikan bahwa tiada yang menghalangi pengasuhan pertama dalam 1000 hari ananda yaa.. Dari sini, terbentuklah bonding dan karakter anak yang sholih sholiha seperti doa kedua orangtua.

    Ingin banget ganti galon Cleo yang BPA Free.
    Selama ini di rumah hanya ada 2 merk yang uda bisa ketebak yaa.. Dan mulai galau karena Ibuku udah berpindah ke Cleo dari sejak kapan taun. Katanya kandungan pH nya basa sehingga lebih baik bagi kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  4. Jujurly aku dari dulu kagum banget sama keras kepalanya mbak eca soal asi, soal gendongan, pokoknya soal anak deh. Dan aku juga seneng mbak echa selalu membagikannya di blog. Jadi gak pengen berhasil sendirian melainkan memberikan jalan bagi ibu lain agar semangat juga berhasil

    BalasHapus
  5. Wah hebat Mak, 10 tahun konsisten memberikan ASI buat anak-anak tanpa tergoda untuk memberikan sufor. layak di contoh bagi para wanita nih.

    Emang ya salah satu resepnya mesti dapat asupan makan minum yang mengandung banyak nutrisi. Air minumnya harus yang bersih dan terbebas dari aneka bakteri

    BalasHapus
  6. Bener banget soal tips menyusui ini, air putih itu penting! Inget dulu aku bisa tahan puasa pas hamil, tapi pas jadi busui subhanallah, jam 9 aja udah lemess aku Mba, pertanda nutrisi saat menyusui banyak disedot bayi, jadi minum air putih gak boleh kurang deh saat busui, karena rentan dehidrasi banget

    BalasHapus
  7. Semangat MengAsihi
    Belum lama ini juga ada pekan ASI, sebagai reminder utk para ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.
    Bayi yang mendapat ASI eksklusif lebih jarang sakit dan Sistem imun akan kian terbentuk dgn baik

    BalasHapus
  8. Betul banget tipsnya akupun nih 2 ASI semua mba...

    Pastinya klo pilih air mineral yg Aman ya kayak Cleo krn galon Cleo, galon BPA free cocok buat keluarga termasuk untuk minum ibu menyusui

    BalasHapus
  9. Semangat MengASIhi,,, selama ASI masih bisa diperjuangkan dengan asupan terbaik, perbanyak minum dan menyingkirkan ego ples stress ayo kita semangat .... #ngomong ke diri sendiri ...

    BalasHapus
  10. wah selamat ya kak udah sukses nih mengASIhinya... Meski tak mudah perjuangan 2 tahun masing2 anak agar bisa tumbuh dengan baik ya...

    BalasHapus
  11. Betul sekali, air putih sangat penting bagi kita terutama ibu yang sedang menyusui

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!