6 Manfaat Menggunakan Skincare untuk Kesehatan Kulit

6 Manfaat Menggunakan Skincare untuk Kesehatan Kulit

Menggunakan skincare bagi sebagian orang menjadi rutinitas yang malas untuk dilakukan. Padahal manfaat skincare jika digunakan secara rutin amatlah banyak, salah satunya dapat mencegah penuaan dini. Tentu klean tidak ingin bukan memiliki garis kerutan dini?

Sebenarnya tidak ada batasan usia secara pasti mengenai kapan waktu yang tepat menggunakan skincare. Namun, seseorang bisa mulai menggunakan skincare saat memasuki usia remaja. Sebab pada usia tersebut, terjadi perkembangan hormon yang seringkali menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Tentu hal ini harus diatasi agar tidak meninggalkan bekas atau flek pada kulit.


Penggunaan rangkaian skincare mulai dari pembersih muka hingga pelembab diyakini mampu meminimalisir terjadinya masalah kulit. Dalam urusan perawatan kulit, semua gender berhak melakukannya. Menggunakan skincare tidak hanya terbatas pada perempuan saja, namun juga laki-laki. Sebab baik kulit perempuan maupun laki-laki sejatinya membutuhkan perawatan yang sama.

Manfaat Rutin Menggunakan Skincare

Manfaat Rutin Menggunakan Skincare

1. Meminimalisir Resiko Kulit Kusam

Kulit yang kering dan kurang hidrasi menyebabkan ketebalannya berkurang. Hal ini yang membuat kulit terlihat kusam, akibat kurangnya kelembaban. Penggunaan produk yang dapat melembabkan secara menyeluruh, mulai dari lapisan paling dalam hingga terluar kulit dapat menjadi solusinya.

Kulit yang terhidrasi dengan baik, tentu tidak akan terlihat kusam dengan ciri-ciri tidak terlalu kering, ataupun berminyak. Buat yang punya dengan tipe kulit kering, skincare terbaik adalah dengan kandungan hyaluronic acid yang dapat membantu menghidrasi dan melembabkan.

2. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan dini sering kali muncul saat menginjak usia 30-an. Tanda tersebut seperti munculnya garis halus dan kerutan, warna kulit tidak merata, serta munculnya bintik penuaan. Hal tersebut dapat terjadi jika bukibuk tidak merawat kulit sejak dini. Sebab seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya.

Guna mencegah hal ini terjadi lebih cepat, penting untuk menggunakan skincare sejak dini. Pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulit loh ya!. Skincare yang bagus untuk mencegah penuaan, biasanya mengandung kolagen di dalamnya. Dimana kolagen berperan dalam mengencangkan kulit.

3. Mengurangi Dark Spot

Dark spot atau bekas hitam dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari maupun bekas jerawat yang telah lama dan menghitam. Adanya dark spot di kulit wajah, tentu dapat mengganggu penampilan.

Dark spot akibat paparan sinar matahari dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen. Sunscreen jadi salah satu rangkaian skincare yang wajib digunakan. Penggunaan sunscreen berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab dark spot.

Namun apabila dark spot di kulit timbul akibat bekas jerawat, maka menggunakan skincare dengan vitamin C bisa jadi solusi. Vitamin C dikenal dapat mencerahkan wajah. Hal ini dapat membantu juga dalam upaya menyamarkan dark spot.

4. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Penggunaan skincare secara rutin membantu saya untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan halus. Kandungan dalam skincare yang bagus, dapat berfungsi menutrisi kulit wajah. Dalam hal ini, kandungan kolagen mengambil peranan penting.

Kolagen jadi salah satu kandungan skincare terbaik yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Hal ini akan membuat kulit menjadi terlihat muda, kenyal, dan halus. Dengan manfaatnya, kolagen sering kali jadi bahan utama dalam produk skincare.

5. Memberikan Nutrisi pada Kulit

Melakukan aktivitas di luar ruangan sering kali menimbulkan dampak buruk bagi kulit. Paparan polusi, sinar matahari, hingga asap kendaraan bermotor seakan terus mengintai wajah. Hal ini yang menyebabkan kulit kehilangan nutrisinya.

Kulit yang kehilangan nutrisinya, beresiko memiliki masalah. Mungkin masalah kulit tidak bisa langsung terlihat. Akan tetapi jika dibiarkan terus-menerus, kulit menjadi tidak sehat. Kulit dapat terlihat kusam, memiliki noda hitam, dan terlihat tidak terawat. Kondisi ini tentu dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri.

Guna mencegah hal tersebut terjadi, maka penting memperhatikan rangkaian skincare yang bagus dan cocok bagi kulit. Skincare yang bagus bagi kulit setidaknya dapat mencegah radikal bebas dan melembabkan kulit. Penggunaan bahan seperti hyaluronic acid, Vitamin C, dan kolagen dapat jadi solusinya.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siapa sih yang tidak percaya diri jika memiliki kulit sehat? Hampir semua orang merasa percaya diri dengan kulit sehatnya. Oleh karena itu tidak heran jika orang-orang berlomba untuk mendapatkannya.

Penggunaan skincare secara rutin membantu saya untuk memiliki kulit yang sehat. Kulit yang sehat membuat rasa percaya diri meningkat. Hal ini yang kemudian membuat saya lebih leluasa untuk beraktivitas tanpa dibebani rasa ‘malu’ dengan kondisi kulit.

Itulah manfaat skincare yang bisa kalian dapatkan jika rutin menggunakannya. Sebelum memutuskan menggunakan skincare ada baiknya untuk mengenali tipe kulit terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya reaksi alergi ataupun tidak cocok akibat penggunaan skincare yang tidak tepat.

Pilihlah skincare terbaik yang sesuai tipe kulit dan budget yaaa! Perlu diingat bahwa bagus atau tidaknya skincare tidak selalu ditentukan oleh harga, maupun tempat pembuatannya. Sebab kini juga telah tersedia berbagai produk pilihan skincare lokal dengan kualitas mumpuni yang bisa dicek di ceklist.id. Dibandingkan dengan dengan skincare import, tentu lebih murah karena tidak dipungut bea cukai.

Komentar