Yuk Hadirkan Resep Kuliner Legendaris FJB untuk Keluarga di Rumah

24 komentar

Yuk Hadirkan Kuliner Legendaris FJB untuk Keluarga di Rumah

"Mamih, sarapan apa hari ini?"
"Seperti biasanya telur dadar"
"Iya gpp. Kan tinggal tambah kecap Bango aja"
"Bener, jadi tambah lezat ya Nak!

Hayo, siapa yang makan apa saja pasti pakai kecap seperti keluarga saya? Toss dulu sini! Iya bener! Saya dan keluarga hampir setiap hari mengkonsumsi kecap sebagai pelezat masakan dan makanan. Mau diolah apapun makanan pakai kecap kok rasanya enak saja gitu di lidah. Betul tidak?

Jadi walau masakannya sederhana, hasilnya tetap enak kalau pakai kecap. Coba deh pas sarapan pakai lauk telur dadar dikasih kecap, rasanya pasti tambah sedap banget. "Kobessa" kalau kata orang Madura buat masakan yang lezat banget.

Makanya kecap itu jadi salah satu hal wajib yang ada di rumah. Bahkan kalau lagi ke luar kota, suka bawa biar pas menginap enak hehehe. Salah satu kecap yang menjadi kesukaan keluarga kami adalah kecap Bango.

Westalah, tidak perlu dijelaskan juga pasti tahu rasa kecapnya emang paling uenak. Bukan hanya enak untuk langsung di makanannya, buat olah masakan juga enak kok. Intinya apa aja mau diolah pakai kecap Bango jadinya enak. Wong sarapan nasi hangat pakai lauk telur dadar dikasih kecap Bango saja enak. Dijamin habis bis bis sarapannya. 

Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala Festival Jajanan Bango di Rumah


Kalau ingat kecap Bango, saya jadi ingat event tahunannya yaitu Festival Jajanan Bango yang hype. Walau saya belum pernah datang ke FJB itu tapi baca dan dengar cerita teman-teman yang datang ke sana katanya assyik banget. Bagaimana tidak? Ujung ke ujung serba makanan kuliner Indonesia yang bisa kita beli di sana.

Memang sempat online sih saat pandemi, namun akhirnya hadir kembali Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 pada 28-30 Oktober 2022 lalu. Di FJB 2022 ada 97 ribu orang yang datang dan bisa mencicipi 90 resep kuliner legendaris khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

media gathering resep kuliner FJB Bango

Karena antusiasme masyarakat saat FJB 2022, akhirnya Bango melanjutkan dengan program demo masak resep kuliner legendaris yang ada di FJB 2022. Tujuannya agar masyarakat bisa masak makanan khas Indonesia dengan cara dan bumbu yang tepat. Jadi seperti berasa seperti di FJB beneran dan makan makanan legendaris langsung dari tempatnya. Saya yang sekarang jauh pun jadi lebih mudah recooknya, berasa kayak makan di FJB beneran.

Pada hari Selasa tanggal 6 Desember 2022, Bango menyelenggarakan Media & Community Gathering dan Live Cooking Demo bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu”. Hadir di acara ini sebagai narasumber yaitu Ibu Adisty Nilasari (Senior External & Digital Communication Manager Unilever Indonesia) dan Chef Ragil Imam Wibowo yang bakalan demo masak kuliner legendaris.

demo masak resep kuliner FJB

Ibu Adisty Nilasari bilang kalau Bango selalu berkomitmen untuk seluruh masyarakat kenal dengan kuliner nusantara, bukan hanya di festival Jajanan Bango saja. Dengan adanya bocoran resep kuliner legendaris FJB yang memiliki rasa otentik dan berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, Bango ingin menginspirasi para masyarakat agar bisa mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah sendiri untuk sajian keluarga. 

Bango juga berharap agar kegiatan ini membuat semangat banyak orang untuk terus menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah sendiri. Kelestarian kuliner nusantara dari generasi ke generasi bisa tetap terjaga. 

cara masak resep kuliner legendaris FJB Bango

Sedangkan Chef Ragil Imam Wibowo waktu FJB 2022 sempat mengeksplorasi banyak kuliner legendaris yang ada di sana. Bahkan katanya terus nyoba berkali-kali kalau bisa punya 5 perut biar bisa nyobain semua kuliner di FJB 2022 lalu hehehe. 

Chef Ragil pun demo masak dua makanan yang saat FJB 2022 itu antriannya sangat panjang. Yaitu  Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung. Selain jadi favorit di FJB, keduanya ternyata juga sangat mudah dibuat di rumah. Yang penting jangan lupa sediakan kecap Bango buat menambah lezatnya Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung itu yaaa.

Tapi kedua masakan ini memang punya cita rasa khas dengan bahan dan cara pengolahan yang unik loh! Di masakan Iga Sapi Bakar, daging iga dengan limpahan bumbu khas Indonesia ditambah kecap Bango membuat rasa manis yang segar. Sate Rembiga juga sama, daging bakaran jadi lezat bisa dipakai buat acara tahun baruan sebentar lagi!

masak pakai kecap bango

Saat demo masak, Chef Ragil juga memberikan tips dan cara memasak kedua makanan tersebut dengan baik dan benar. Tapi iya loh, saya kan jarang masak kalau pas gagal gitu sedih minta ampun. Kalau cuma lihat dari resep doang suka kurang bener huhu. Makanya pas lihat Chef Ragil langsung masak kemarin, jadi semangat pasti bisa ini makanannya pasti jadi dan uenak. 

Wong saya yang nonton youtubenya saja enak banget melihatnya, apalagi yang nyicipin beneran di sana. Fixlah abis ini masak resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung buat keluarga!.

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar Jangkung Ala Bango


Mau mau mau juga bikin makanan kuliner legendaris Indonesia FJB ini? Sini-sini kushare ya resepnya!

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh


resep sate rembiga ibu sinnaseh


Total waktu pembuatan: 45 menit
Tingkat kesulitan: Sedang

BAHAN-BAHAN:

Saus Rembiga
120 gram Bawang putih cincang
50 gram Kecap manis Bango
10 gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50 gram Cabe keriting
50 gram Minyak goreng
100 gram Air

250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
100 gram Saus Rembiga
2 gram Garam
5 pcs Tusuk sate

CARA MEMASAK:

Saus Rembiga
  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan 
  2. Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
  3. Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
  4. Matikan api, saus siap digunakan
  5. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate
Sate Rembiga
  1. Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
  2. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
  3. Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
  4. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  5. Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
  6. Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung


iga bakar si jangkung

Total waktu pembuatan: 30 menit
Tingkat kesulitan: Sedang

BAHAN-BAHAN:

300 gram  Iga sapi 
Bumbu halus untuk merebus iga
50 gram Bawang merah
50 gram Bawang putih
50 gram Sereh
10 gram Laos
10 gram Kunyit
5 butir Cengkeh
1 butir Pala
1 liter Air
3 gram Garam

Bumbu Tumis
100 ml Kecap manis Bango
80 gram Bawang merah iris kasar
10 gram Cabe rawit dimemarkan
50 gram Cabe merah iris tipis
50 gram Cabe hijau iris tipis
2 lembar Daun salam
30 ml Air asam Jawa
30 gram Minyak samin/margarine
100 gram Tomat merah potong kasar 

CARA MEMASAK
  1. Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
  2. Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
  3. Haluskan bumbu untuk merebus
  4. Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang
  5. Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
  6. Rebus hingga iga empuk
  7. Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya
  8. Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
  9. Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera
  10. Panaskan pan dengan minyak samin
  11. Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam
  12. Tumis hingga harum
  13. Masukkan daging iga yang sudah dipotong 
  14. Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa
  15. Aduk hingga merata
  16. Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
  17. Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar
Bagaimana? Sudah siap menghadirkan resep kuliner legendaris FJB untuk keluarga di rumah bersama kecap Bango? Yuk cobain recook resep kuliner Indonesia ini!

Follow ig dan cek Youtube Bango untuk 
info resep kuliner legendaris FJB lebih lengkap ya!
Instagram @bangowarisankulier 

Related Posts

24 komentar

  1. Kobessa.... aku juga suka makan telor pake kecap heheeeuuu, enak banget apalagi kecap Bango. Rasanya khas gitu di lidah. Sate rembiga wah belum pernah nyobain, mauuuuu recook, brb nyariii terasi lombok

    BalasHapus
  2. Kalau ngomongin kuliner legendaris, identik sama kecap Bango. Sate Rembiga kayanya enak ya. Aku belum pernah makan ini. Sausnya itu yang belum pernah nemu

    BalasHapus
  3. Kecap manis termasuk bahan pelengkap untuk beberapa olahan makanan, sehingga menambah cita rasa masakan jadi lebih nikmat. Dengan mengikuti acara dari kecap bango itu jd nambah inspirasi utk bikin beraneka hidanganala FJB

    BalasHapus
  4. ahaha, anak-anak memang demen banget deh makan pakai telur dan kecap. Nasi goreng aja gak lengkap deh tanpa kecap

    anw, ternyata Rembiga itu nama saus yaa, jadi memang ada saus khususnya lagi. Pengen banget nyobain bikin satenya deh, cari sausnya dulu deh, ihihi

    BalasHapus
  5. Wah masakan ini, masih pagi udah bikin laper aja apalagi sate. Paling baru ada dan buka itu sore, hemm memang enaknya buat sendiri pakai kecap bango. Yang satu ini memang legend rasanya bisa cocok di lidah dan pas untuk semua masakan. Terima kasih resepnya!

    BalasHapus
  6. Wah ada Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar pakai Kecap Bango, aseli Kobessa ini! Ada resepnya pula, besok weekend bisa nih dieksekusi

    BalasHapus
  7. Kecap Bango ini kecap favorit keluarga kami juga. Rasanya pas dan fleksibel untuk segala masakan. Paling sering sih untuk masak ikan bakar. Mantap banget lezatnya..

    BalasHapus
  8. Dulu wktu di Bandung suka ada FJB di lapangan gasibu, beneran tumpah ruah kuliner khas Indonesia, kangen aku dtg ke booth makanan tradisional, dan aku pun sama, kecap bango andalan bgt d rumah

    BalasHapus
  9. Aku kok penasaran pengen nyobain recook iga bakar sapi si Jangkung itu ya. Karena biasanya kalau ke Bandung selalu mampir untuk makan iga bakar si Jangkung ini.

    BalasHapus
  10. mak itu menu dua-duanya enaknya poollll parah, berasa bumbunya apalagi pas ditambah kecap bango, wah menyempurnakan rasa sih

    BalasHapus
  11. Wah ternyata ada juga resep jajanan Bango yang bisa dicoba di rumah ya mbak
    Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar Jangkung Ala Bango ini contohnya, enak dan cukup mudah membuatnya
    Kapan kaoan mau aku coba ah

    BalasHapus
  12. Idem nih di rumahku juga selalu tersedia kecap Bangi. Itu tu andalan banget buat memqsak khususnya bikin tumisan gtu selalu kukasi kecap.
    Aku baru tau FJB ada lagi, terakhir tu kyknya ke FJB tahun 2019. Sempat makan masakan jatim di sana. Ternyata tahun ini idolanya adalqh sate dan iga yaa.

    BalasHapus
  13. Seriusss, telur ceplok dimakan sama nasi dan kecap aja udah nambah nambah lho.. Gimana kalo kecap buat masak daging, kalap lah pastinya ahahaha. Mantap banget ini resepnya, pingin nyoba igaaa

    BalasHapus
  14. saya baru tahu nih saus rembiga. jadi penasaran sama rasa satenya ini. kecap ini memang andalan banget ya mbak buat masak dan makan. bahkan ada yang sampai nyetok kecap kalau di kantor

    BalasHapus
  15. Kalau aku biasanya pakai kecap Bango buat bikin ayam kecap atau baceman mba. Emang enak banget sih, kalau pakai Bango...

    BalasHapus
  16. Asik banget..
    Aku pernah punya temen yang anaknya kudu wajib harus makan pakai kecap. Jadi kebayang ya.. urgensi penggunaan kecap sebagai bumbu atau sebagai pelengkap makan.
    Apalagi Kecap Bango yang manisnya enaaak banget.. beda sama yang lain, pokonya mah..

    BalasHapus
  17. Iga Sapi Bakarnya pasti enak banget ini, aku jadi pengen nyobain pakai Resep Kuliner Legendaris Bango juga. Soalnya di rumah pakai Bango juga

    BalasHapus
  18. Ini memang kecap andalan kesayangan kia semuaaa. Aku bahagia karena di New Zealand ada juga yang jual kecap Bango Chaa. Juara yaaa

    BalasHapus
  19. Kecap memang harus selalu ada di dapur ya. Aku seneng dapat resep ini. Udah kucicipi dan enak semua.

    BalasHapus
  20. Daging sapi di sate? Wah boleh dicoba nih sesekali resep sate rembiga nya.

    Anak-anakku suka kecap mbak, kalau saya malas masak ya udah pokoknya ada nasi, ntar mereka bikin telur dadar terus diolesi kecap diatasnya sampai melimpah.
    Kalau saya sendiri, nggak begitu suka kecap.

    BalasHapus
  21. Wah dapat resep masakan lagii, pas banget lagi ngumpulin resep masakan terus memang kecap andalanku juga nih Bango hehe

    BalasHapus
  22. Di rumah suka masakan ada kecapnya. Ini resepnya pas banget utk dicoba

    BalasHapus
  23. Bango itu identik dengan kuliner Indonesia ya mak. Apalagi manisnya Bango memang khas ga marai eneg. Banyak makanan daerah cocoknya cuma pake Bango

    BalasHapus
  24. Emang ya kecap Bango itu seenak itu dan masakan jadi makin enak dan lezat deh.

    BalasHapus

Posting Komentar