Buku Ibu Hamil dan Menyusui Wajib Untuk Orang Tua Baru

1 komentar

Buku Wajib Orang Tua Baru Saat Hamil dan Menyusui buku seri ayahbunda (1)

Kalau dipikir-pikir hamil dan menyusui itu cuma sebentar ya. Tiga tahun saja loh, dibanding seumur hidup membesarkan anak. Namun banyak orang tua yang galau, yaaaa termasuk eike lah di masa hamil dan menyusui. Yang berujung banyak drama huhuhu.

Tapi inilah hidup sih ya. Sebagai orang tua baru saat itu saya jujur kebingungan, kira-kira apa ya yang harus dipelajari. Jadi ingat saat awal saya hamil pertama kali, setiap hari melihat kira-kira pertumbuhannya sudah sampai berapa besarnya. Sudah ada detak jantungnya belum ya, kenapa saya kok mual terus dan seribu pertanyaan di kepala tentang hamil menyusui.


Jangankan gitu, setelah beberapa kali hamil saja saya masih galau bener ga ya saya hamil. Sampai berkali-kali beli testpack, walau sebenarnya sudah tahu cara membaca test pack tetap saja terus beli sampai benar-benar terlihat janinnya di USG *eaaaaaaa. Yaaa andai dulu saya tau kalau test pack positif itu bisa dijual belikan, lumayan tespek-tespek yang saya beli dulu wkwkkw.

Koleksi Buku Seri Ayah Bunda yang Wajib Dimiliki

Mungkin hal yang saya alami sama dengan ibu-ibu calon ibu kebanyakan sih ya. Apalagi sebagai orang tua baru yang bingung mau kemana belajarnya. Jadi karena itu saya beli beberapa buku parenting terbaik untuk orang tua yang isinya relate dan terpakai sampai kehamilan saya yang kelima. Kepake terus pokoknya beb!.

Kalau menurut saya, ini beberapa buku yang wajib dimiliki keluarga orang tua baru. Dari 2011 sampai 2023 masih kepake loh! Isinya bagus-bagus dan tentunya bermanfaat. Walau ilmu parenting dan kesehatan terus berubah seiring waktu, tapi dasarnya tetap terpakai ada di buku parenting bayi ini. Serius.
Buku Wajib Orang Tua Baru Saat Hamil dan Menyusui buku seri ayahbunda (1)

Baiklah, berikut buku-buku wajib buat orang tua baru new parents banget ala echaimutenan. Penting banget dimiliki buku ibu hamil dan menyusui!

1. Buku 9 Bulan yang Menakjubkan

Beli langsung diklik ini ya : Buku 9 Bulan yang Menakjubkan

Nah, rekomendasi buku parenting untuk orang tua ini berulang kali dibaca bikin sangat hangat hati saya. Di setiap tulisannya dan lembar ada gambar plus keterangan detil si bayi kira-kira ngapain di dalam kandungan. Tahu nggak? Kalau baca buku 9 bulan yang menakjubkan ini, rasanya ingin kembali ke masa-masa itu saat hamil. 

Indah banget dibaca berulang-ulang ga bosen pokoknya. Lalu juga ada tips untuk melahirkan, merawat bayi baru yang benar, dll saat anak sudah lahiran pokoknya garis besarnya disertakan juga. 

Buku wajib wajib wajib banget!

Baca Juga: Mendidik anak sesuai fitrah

2. Buku Perawatan Bayi Baru

Beli langsung diklik ini ya : Buku Perawatan Bayi Baru

Kalau buku perawatan bayi baru ini lanjutannya buku 9 bulan yang menakjubkan. Kalau di buku hamil sebelumnya sudah ada tips merawat bayi baru secara garis besar, kalau di buku ini akan lebih detil lagi penjabarannya.

Mulai bahaya ruam popok, stimulasi bayi sampai cara memandikan bayi dengan momen bonding bermakna penuh cinta juga ada. 

3. Buku Begini Caranya

Beli langsung diklik ini ya : Buku Begini Caranya 

Buat ngajari suami agar ikut dalam pengasuhan anak, bisa coba berikan buku ini. Ini ada versi ibu dan versi ayah sih. Jadi tahu dua-duanya gimana harus mengasuh anak apalagi bayi yang baru lahir. 

Ingat bikinnya bareng, jadi pengasuhan tetap bareng!

4. Buku Puree (Makanan Lembut Untuk Bayi 6-12 Bulan)

Beli langsung diklik ini ya : Buku Puree
Pas banget ini untuk yang mau masuk mpasi hehehe. Walau ini bentuk puree yaitu yang lembut dan sudah jarang dipakai untuk menu mpasi 6 bulan, tapi resep-resepnya masih bisa diadaptasi.

Kalau di buku ini memang masih yang buah satuan atau sayur satuan trus di puree-in gitu. Nah kita bisa mngadaptasinya dengan menu sehat gizi seimbang yang diambil dari menu makanan yang sama di meja keluarga. Jujur ini kepake saat Raffi dan Raffa mpasi, cuma pas Rafif sama sekali ga kepake. Tapi menunya kan banyak tetap bisa diadaptasi kok. Dan yang pasti rasanya sangat lezaaaaaaaaaaaaat.

Nah, dari keempat buku wajb untuk new parents di atas ini ada yang kalian punya gak? Insyaallah bermanfaat dan terus kepake terus. Ilmu parenting kan terus berjalan dan berkembang, tapi insyaallah dasarnya ada semua di buku ini. Selamat membaca buku parenting rekomendasi saya ini ya!

Related Posts

1 komentar

  1. Buku kayak gini berguna untuk parenting, soal parenting memang agak sulit bagi orang tua apalagi yang baru memiliki anak. Menarik juga buku-buku ini, jadi pengin ngoleksi tapi anak udah besar. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Posting Komentar