Accenture Bloggers and Journalist Competition case #6 : Kolaborasi Accenture dengan Save The Children




ADP Accenture

Accenture development partnership (ADP) adalah program CSR Accenture yang non profit yang tujuannya untuk membantu lembaga LSM, yayasan dan donor di sektor pembangunan Internasional.

Seperti kita ketahui Accenture merupakan konsultan manajemen global, teknologi jasa dan perusahaan outsourcing, berkomitmen untuk memberikan inovasi untuk bisnis dan pemerintah. Dengan keahlian proses industri dan bisnis, sumber daya global yang luas dan track record yang terbukti, Accenture memobilisasi rakyat, keterampilan dan teknologi untuk membantu klien meningkatkan kinerja mereka.


Tak jarang harus merogoh kocek tinggi para pelaku bisnis untuk mendapatkan solusi bisnis mereka. tapi melalui program ADP, Accenture membuat semuanya mudah dan non kkomersil untuk konsultasi terbaik mereka. Program ini juga merupakan pendekatan terhadap karyawan perusahaan, karena mencerminkan tanggung jawab sosial perusahaan, mencerminkan visi bisnis, kode etik bisnis dan enam nilai inti. 

Sebelumnya Accenture memiliki program VSO yaitu sukarelawan servis oleh para karyawannya untuk membantu lembaga sosial. Para karyawan bisa membantu lebih banyak dan untuk accenture program ini memberikan pelatihan pengembangan untuk karyawannya, sehingga sepulangnya dari program ini para karyawan bisa membawa keterampilan baru untuk perusahaan.

Program ini juga berasal dari tiga cara pendanaan, yaitu sponsor dari Accenture yang menyediakan konsultan di biaya marjinal, bebas dari keuntungan dan overhead; kontribusi dari karyawan melalui penurunan gaji sukarela (50%) dan kontribusi dari klien melalui pembayaran biaya, yang ditetapkan pada sebagian kecil dari suku bunga pasar komersial biasa. 

Para peserta ADP ini bukan sebagai cuti, tapi sebagai pilihan karir yang terintegrasi dengan pekerjaan konsultasi yang sebenarnya. dengan peminat yang sangat banyak, program ADP accenture ini telah membantu dalam hal yang berhubungan dengan kegiatan accenture sebenarnya, yaitu strategi dan perencanaan; pengembangan organisasi dan manajemen perubahan, efektivitas operasional, manajemen rantai suplai, teknologi informasi, dan hubungan pelanggan manajemen. 








Accenture membantu Save The Children lewat program ADP

pentingnya anak-anak bagi dunia sangat tinggi, karena merupakan generasi penerus. Dimana accenture membantu perbaikan rantai suplai manajemen untuk meningkatkan program-program yang berkelanjutan dalam bidang kesehatan dan pendidikan juga.accenture juga mengembangkan database logistik dan pengadaan yang akan membantu dalam mengelola semua arus masuk barang dan pengiriman ke daerah yang dibutuhkan. 

Analisis accenture terdiri dari 3 kunci, yaitu di bidang people (manusia), proses dan teknologi. accenture mengembangkan struktur observasi dan evaluasi ke beberapa lokasi kantor save the children.dan setelah mewancarai staff di lapangan, accenture membuat sebuah modul rantai pasokan organisasi yang terintegrasi dalam menyikapi permasalahan supply chain yang kompleks.


metode ini dirancang dan dikembangkan dalam waktu yang singkat untuk mencatat transaksi khas logistik: permintaan, pengadaan, dan permintaan untuk pengiriman, delivery order, penerimaan barang, dan penyesuaian barang.Selain itu pelatihan untuk para staff dilapangan juga diberikan.

Jelas terlihat manfaat dari kolaborasi Accenture dan save the children sehingga tidak terjadi lagi telat dalam pengiriman barang dan kekurangan pasokan makananan walau kedaerah yang sangat terpencil sekalipun.

dan bila save the children tetap menggunakan metode lama, makan perubahan keefektifan penyaluran barang tidak akan secepat ini berubahnya. Ini semua berkat kerjasama yang baik antara accenture dengan save the children. kalau kita bisa membantu sekarang dengan lebih baik kenapa tidak demi melihat senyum anak-anak sebagai generasi penerus kita. dan accenture did it.


daftar pustaka bisa dilihat disini

2 comments:

  1. *tepok jidat
    gila neng postingannya seperti ini semua??
    kangen tulisanmu yang ringan itu

    ReplyDelete
  2. yang lainnya kan seperti tulisan biasa ini cm buat lomba :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^