Mengenal Feline Urologic Syndrome (FUS)

Feline Urological Syndrome (FUS) atau dikenal sebagai Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) yaitu penyakit infeksi saluran kencing yang banyak menyerang pejantan


4 tahun lalu saat Cucuth umur 5 tahun, itu pertama kalinya dia terserang penyakit FUS atau FLUTD atau lebih gampangnya penyakit saluran kencing. Itu terjadi saat aku mau ngantor, tiba-tiba cucuth pingsan. Serius! Kucingku pingsan, badannya dingin... huaaaaaaaaa

  
  cucuth pertama kali kena FUS*aku sempet moto dooonkkk :p


Cucuth langsung aku  bawa keklinik hewan pandawa. Ternyata, kata vet (dokter hewan), cucuth kena penyakit FUS.. Pipisnya susah bahkan  harus dikateter...dia diinfus biar tidak lemes... Setelah 3 hari, cucuth mulai membaik dirawat inap dan langsung aku bawa pulang (saat itupun aku ga konsen ngantor nangis terus... jadi bolak-balik ke klinik terus..dan malem hari baru mau pulang* untung kenal ama vetnya haha)

Dan ternyata penyakit FUS  tidak berhenti sampai disana, terus berulang seriap tahunnya. Sampai puncaknya tahun lalu, saat cucuth umur 8 tahun...bulan juli  2012.. cucuth sakit FUS parah.. dan itu berjalan 2 minggu lamanya dia bisa sembuh. Mana pakai perjuangan susah nyari vet didaerah, yang bisa ngobati dan ga bedain kucing ras dan kampung... (silahkan baca disini cerita2nya)

Waktu itu aku dah mikir cucuth akan pergi ninggalin aku... :"( Tapi Tuhan berkata tidak.. aku diberi kesempatan untuk bersama cucuth lagi :") kami tetep soulmate :") alhamdulillah

Akhirnya, aku niat agar cucuth jangan sampai sakit lagi. Cari-cari informasi dimana-mana, sambil nanya detail penyebabnya...

FUS itu adalah sindrom yang terjadi pada kucing ini ditandai dengan pembentukan kristal (paling sering struvite) di dalam VU. Kristal tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi, perdarahan pada urin, kesulitan buang air kecil, serta beberapa kasus dapat menyebabkan obstruksi aliran normal urin keluar dari VU yang dapat menyebabkan kematian (Pinney, 2009)
 
Penyebab fus itu macem2, kalau aku kumpulin mungkin ini beberapa faktor utamanya : 

1. Pakan termasuk kandungan mineral air. Biasanya menyerang kucing umur 1-6 tahun.
Dulu cucuth dari kecil suka aku kasi makanan yang biasanya dijual bebas ditoko/supermarket..dan taukah kamu? ternyata itu gak bagus... :"( hikz...
Jangan makanan murah deh...mending kalau mau aman ke makanan ikan atau bisa kayak konsep rawfood..

2. Kastrasi dilakukan sebelum masa puber, 
Yah ini bisa aja karena cucuth termasuk yang aku steril saat umur 5-6 bulan... :"( jadi ga sempat  menggagahi betina-betina sekalian eaaaa.. tapi tenang dia tetep suka kawin kok..walau g bisa menghasilkan :v

3. Kelebihan berat badan kucing kurang beraktifitas jadi kolesterol juga
yuppp cucuth beratnya 8.5 kilo.. akhirnya aku dietin sampe jadi 7 kilo maksimal ga boleh lebih lagi. kesian 

4. Ras terutama ras Persia dan lebih sering jenis kelamin jantan.
Mmmm cucuth termasuk kucing kampung sih ras sundanense bogorisme :v hahaha

Kucing jantan dan betina sama-sama beresiko menderita FLUTD, namun kucing jantan beresiko lebih besar terhadap obstruksi yang mematikan karena uretra jantan lebih kecil dibandingkan betina dan memiliki bagian yang mengecil (gambar 1) sehingga penyumbatan lebih gampang terjadi (Pinney 2009).

5. Stress dan umur yang sudah tua 
ini cucuth masuk umur embah-embah sih ya karena umurnya tua... dan cucuth sering aku bawa travelling..pindah sana-sini jadi stress


Beberapa kausa dari terbentuknya kristal mineral yang dapat mengiritasi mukosa VU dan menyebabkan blokade urehra adalah : a. Faktor asupan makanan (diet). Pakan yang kaya magnesium menyebabkan pH urine menjadi basa (alkalis). Kenaikan pH mempermudah pembentukan kristal mineral. b. Penurunan frekuensi urinasi. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya supan air, pakan yang kering, air yang terlalu hangat, terlalu dingin, menurunnya aktivitas fisik, hal ini dapat disebabkan karena kucing mengalami obesitas bahkan kandang yang kotor dapat menyebabkan kucing segan untuk urinasi (Duval 2002; Oaks Vet 2002)



Sampai sekarang cucuth dah move on dari penyakit FUS.. alhamdulillah

Ini aku bagi tips2 move on dari penyakit FUS yang udah aku jalanin... :

1. GANTI MAKANAN KUCINGNYA DENGAN YANG BAGUS
Kenapa harus aku pake huruf gede? karena ini salah satu yang penting..pasokan makanan yooo dari dalam tubuh, energi dan metabolisme dia dari makanan yang masuk.. jangan pernah boleh ngorek2 sampah (hueekk) 
Kalau bisa konsep RAW FOOD itu lebih baik... cuma sayang konsep rawfood aku ga pilih buat jadi makanan sehari-hari kucing-kucingku karena aku rada jijik pegang daging

Cucuth aku kasih campuran : urinary + hair skin + RC30 dicampur 

Saya lebih rela beli lebih mahal dan memberikan yang terbaik daripada harus lihat cucuth kesakitan :"( iya nggak... dah sedih..nangis dll :"(  no way dah...

Aku ga mau komen kalo ada yang bilang RC mahal dll sedangkan kucingnya banyak...mmmm no komen yaaa... tujuan awal kita memelihara kucing kan beda-beda :). Jadi, kalau masalahnya uang.. bener-bener no komen :)

2. Sedia vitamin dan jangan lupa divaksin
Aku selalu sedia cystaid (vitamin dari vitapet khusus untuk kucing 1 pak isi 30 sekitar 200rb), stimuno, curcuma plus dan batugin khusus kucingku
dan rajin ngasih obat cacing drontal atau petderm setiap 3 bulan sekali (akunya juga minum loohh)
vaksin juga rutin tiap setahun sekali hingga umur 9 tahun ini...


3. Liat pee-nya (pipisnya) 
Warna nya bening, keruh, merah? gimana saat dia pipis? kesakitan, netes sedikit demi sedikit atau lancar?nah kalau udah mulai keruh dan pipisnya  susah..langsung kasi vitamin dan obat

4. Paksa banyak minum
Ini mungkin rada serem...aku suka minumin cucuth pake spoit yang gede disemprotkan kemulutnya mau ga mau..karena dia maunya makan tapi malas minum...walau dengan rc urinary jatuhnya haus terus,  tapi tetep aja kudu dibantu pemiliknya biar banyak minum...

FYI, kebanyakan banyak yang ga bertahan karena penyakit ini... ;"( karena telat penanganan...makanya mati... :( makanya jangan sampai itu terjadi..*amit2

Waspadalah bila kucingmu susah pipis (cuma netes atau merah atau ga keluar pipis sama sekali), males makan minum, muntah, pipisnya kepaksa gitu (mengejan) dan ga mau beraktifitas seperti biasanya... maka cepatlah ke dokter hewan...

Yuk move on dari sakit FUS...kita beri asupan makanan yang baik buat kucing-kucing kita. Percayalah,  kucing yang sehat akan mendukung lingkungan dan orang yang sehat juga :)

 

cucuth 9 tahun dan cacang 6 bulan



ini ada video pas cucuth sakit



72 comments:

  1. ijin share ke kakakku ya mbak..^^

    ReplyDelete
  2. Mbak skrg kucingku paska kateter. Dikasih antibiotik, vitamin, dan kapsul keji belink. Skrg sdh 3hari berjalan, dan dia masih kesusahan pipis. Menurut pengalaman mbak, apa itu normal dia masih susah pipis?

    ReplyDelete
  3. Mbak skrg kucingku paska kateter. Dikasih antibiotik, vitamin, dan kapsul keji belink. Skrg sdh 3hari berjalan, dan dia masih kesusahan pipis. Menurut pengalaman mbak, apa itu normal dia masih susah pipis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakin minum tetep makannya juga yang urinary dulu

      Delete
  4. Mbak, kucingku sekarang lagi dikateter tapi pipisnya masih mengejan. Apa memang seperti itu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lebih enak kan pipisnya apa masih keluar darah...?
      iya kayak gitu..makanya kesian kan :(

      Delete
  5. kucingku jantan kmrn juga kena FUS dan skrg makannya RC urinary. pipisnya msh sering tp banyak dan keliatannya udah ga susah lagi. minumnya juga sering. efek RC urinary apa bikin haus terus dan jd sering pipis ya?

    masalahnya skrg si pus udah mulai bosen makan RC urinary nya, mintanya ikan tp kt vet ga boleh krn ikan banyak mineralnya yg bisa bikin resiko FUS nya kumat lagi. tp dia udah susah bgt dikasih makan RC urinarynya, malah dimuntahin lg, aku jd stress kalo ngasih makan dia skrg. pgn aku kasih makan ikan lg biar dia mau makan tp takut FUS nya kambuh :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku kalau emang g mau dikasih dry food ubah ke pakan raw food ^^

      Delete
  6. Boleh nanya dong harga rc urinary berapa?kucingku sering nangkring di kotak wc nya,kaya mau pipis tapi gak keluar pipisnya.takutnya kena fus ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya yang 400gr biasanya 70-90ribu ..yang 1,5kg 300rb .carinya dipetshop soalnya kalau disupermarket biasanya g jual...

      bisa juga pake science diet harganya lebih murah..dipaksain minum banyak ya :(
      cepet sembuh kucingnya :")

      Delete
  7. Mba, kucingku kemarin kencing berdarah :'( sedih bgt aku. Trs q coba kasih rc urinary tp dy ga begitu doyan. Mau bawa ke vet lg krisis keuangan. Krn pst hrs raawat inap, aku mau cb rawat sendiri tp gmn y q jg kerja. Bingung bgt hrs gmn.. kira2 dikasih obat lg g mba selain rc urinary? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kudu dikateter itu :(
      Cuma kalo obat bisa dicoba chloramfenikol (paparan luas) sama kejibeling.... *aku biasa pake kloramfenikol cocoknya cucuth pake itu soale

      Delete
  8. kak kucing aku baru habis pulang rawat inap karena mengidap FUS juga..kalau obat nya aku kasih kejibeling kira2 bagus ngag ya ?sudah mau pipis..tapi masih harus di bantu tekan biar keluar..kira2 bagaimana ya supaya cepat sembuh?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makannya pake urinary...dari dokter dikasi obat paparan luas kan kayak kloramfenikol kan? pake itu aja dulu
      kejibeling buat nanti aja...kalau dia sudah enakan..

      Delete
  9. kalau kucing nya lemas gimana kak?apa operasi itu perlu?awalnya aku mau operasi..tapi dokter anjurin untuk kateter dulu...skrg biaya aku ngag cukup kak..kalau di bantu dengan obat2 aja gimana kak baiknya?terima kasih..makan akrg aku kasih urinary kak..

    ReplyDelete
  10. Mau tnya jadi itu cucut sembuhnya dengan cara apa yah keliatannya emang udah parah gitu? Tolong bales yah sekarang kucingku lagi kena FUS :(((

    ReplyDelete
  11. Jadi itu cucuth sembuhnya dengan cara ala yah? Keliatannya emang udah parah tapi ko bisa sembuh? tolong dibalas yah kucingku lagi kena FUS :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikateter belum?
      kalau udah dikateter dan darah pipisnya sudah keluar walau dia masih ngeden itu dah mengurangi rasa sakitnya..ubah makanannya dengan urinary sementara
      dan panteng minum yang banyak...
      bisa dikasih kejibeling juga

      Delete
    2. Kemaren udah coba dikateter tapi ga masuk karena ada sumbatan di saluran kencingnya jd skrg aku bingung harus gimana biar sumbatannya hilang :( waktu cucuth sembuhnya karena dikateter atau dengan cara lain? Kata dokter kalau pake keji beling kan merangsang pipis jadi tambah kasian katanya

      Delete
    3. Mba boleh minta kontak yg bisa dihubungin ?biar aku bisa tanya tanya Aku bingung harus gimana:( aku gamau kucingku mati :'(

      Delete
  12. Ka kucingku udah dikateter tapi pas udah dilepas masih ngeden kencingnya kalo pake kejibeling bagus ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bantu pake itu aja...pake makanan urinary dek

      Delete
  13. Haloo momnya cucuth, chip sdh 2x ranap krn fus. Saat ini baru pulang abis ranap kedua. Mdh2an gak ranap lagi. Nah mslhnya abis ranap yg terakhir ini chip pipis msh darah dan lama banget kalo pipis,maunya nongkrong terus tapi pipisnya dikit. Makan udah wetfood yg c/d. Pusing aku mom,, stress juga,, jadi gak konsentrasi sm pekerjaanku. Nah dulu cucuth pipis lancarnya brp hari setelah ranap ya? Apa langsung normal dan lancar? So far chip sih msh keliatan aktif,makan banyak, minum aku cekokin terus tiap 3 jam,hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih darah ya? :( udah bilang dokternya?
      Cucuth biasanya 1-2 minggu balik normal lagi...kudu sabar emang... Dikasih obatnya terus aja biar enakan...sama itu cekokin minum...
      Umure berapa?yang sabar ya..semoga chip cepat sembuh...habis ini kalau keliatan kucinge rada2 ngeden pipis dikasih kayak kejibeling gitu bisa
      Dulu aku inget pas terakhir fus...abis dikateter ngompol terus :( karena dia tua tapi ngompol bersih dikasih neurobion..hihihi...

      Delete
  14. Pagi kak..
    Kucingku lagi terkena FUS, udah 2 hari pasang kateter & makan RC Urinary, tapi masih sulit utk buang air sendiri. Mungkin krn makan RC-nya belum terlalu banyak ya? Biasanya perlu waktu berapa hari ya kak utk bisa buang air sendiri?
    Kalau sambil diberikan keji beling kira-kira apakah aman? Boleh info beli obat tsb dimana & takarannya bagaimana?
    Thanks a lot, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minumnya dibanyakin ya...aku nyekokin minum cucuth terusan soale...
      biasanya abis kateter dan sudah g keluar darah..lancar walaupun masih ngeden pipisnya
      aman seh kejibeling gitu... beli diapotik banyakkk...kalau takarannya aku kasih setengah aja taruh disput dikasih air dan diminumin
      sekarang gimana?? maaf ya lama balesnya

      Delete
    2. Kemarin darahnya udah bersih & udah keluar urine dari keteternya. Tadi sore baru dilepas kateternya tapi sampe sekarang dia blm pipis lagi. Dia sempet coba jongkok bbrp kali tp gak keluar. Tp dia gak paksa sampe ngeden2 juga sih yg kali ini, dan gak panik pindah2 tempat buat nyoba pipis kayak sebelumnya. Jd cuma jongkok sebentar, gak keluar, ditinggal main atau tidur. Itu wajar ya kak? Kalau kemarin2 sblm pasang kateter kan dia selalu pindah2 tempat utk nyoba pipis, sampe gak bisa tidur dll.
      Udah 6 jam sejak dia lepas kateter sampe posting ini dibuat.

      Delete
    3. iya gpp memang gitu... baru lancar bener itu seminggu...kucingmu umur berapa dek?
      biasanya dia tetap berusaha pipis..makanya diberi asupan minum yang banyak...
      biasanya kalo jongkok g jadi gitu, dia ngeong...antara kesakitan dan bingung.. gpp diterusin obatnya dari vetnya..makannya tetep dijaga pake yang urinary..sama jangan lupa minumnya dibanyakin

      Delete
    4. Sekarang dia udah pipis kak. Tapi cuma beberapa tetes, terus pindah tempat buat pipis lagi beberapa tetes, gitu terus..
      Lancarnya seminggu setelah lepas kateter ya kak?
      Iya aku kasih minum tiap 1 jam sekali, makannya juga masih RC Urinary.
      Kucingku baru 7 bulan kak, huhuhu, kasian banget liatnya..

      Delete
  15. Dikasih kejibeling boleh ka? kalau boleh berapa dosis yang tepat buat kucing ya??
    kucingku juga abis di kateter ka soalnya. nah kmrn itu baru pulang. tapi ppeep nya belum lancar betul kadang keluar kadang ngga. dan dia ngejen. itu gimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bener2 pulihnya pas 1-2mingguan... Dikasi minum yg banyak sama obat dokter pasca kateter..dikasih obat kan? Itu aja terusin jangan campur2

      Kalo kejibeling pas keliatan dia mulai susah ngeden dikasihnya
      Yang penting minumnya banyakin dan diperhatiin yak

      Delete
  16. pakan sih udh ku kasih RC urinary ka. untuk ngebiayainnya aja smpe jual komputer :') tapi gpp. demi toby :D

    ReplyDelete
  17. ga di kasih obat ka. kukira juga dikasih. tapi ini ngga

    ReplyDelete
  18. ga di kasih obat ka. kukira juga dikasih. tapi ini ngga

    ReplyDelete
  19. oh gitu... coba kasih kejibeling sehari sekali
    atau aku biasanya kasi cloramfenikol biar nyembuin bakterinya gitu
    dosise telpon dokternya ya...aku takut salah
    cepet sembuh ya :(

    ReplyDelete
  20. Mbak.. kucing ku udah 2x rawat inap dikateter. Dan sekarang aku liat dia udah mulai gak bisa pipis lagi. Padahal pakan juga masih aku kasih urinary. Mbak di pasangin kateternya diinepin apa nggak kucingnya? Klo nggak dimana yah drh yg gak pake metode rawat inap dijakarta. Karna dari yg aku baca diatas aku nangkepnya kucing2nya yg dikateter gak diinepin ya? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal-awal seh aku inepin karena baru. Tapi abis itu cuma dikateter aja trus bawa pulang aja. Jadi dikateter sampe bersih dulu, baru bawa pulang
      Kamu bisa minta dirawat sendiri kok sebenare. Gpp asal sanggup ^^
      Coba dikasih kejibeling sementara sama kasih minum yang banyak.
      Cepet sembuh yaaa

      Delete
    2. Mbak.. akhirnya kucing aku udah di kateter 2 hari lalu dan aku rawat dirumah. Tapi kok sampe hari ini pipisnya berdarah dan susah pipis/ngeden trus keluarnya setetes2 yah? Klo dikasih kejibeling gak apa yah? Soalnya sekarang pun keadaannya masih minum obat dr dokter dan kateter masih terpasang. Pengen bangeet move on deh dari penyakit fus ini.. gak tega sama si barrel.. huhuhuuu...

      Delete
    3. gpp kalau kataku kasih aja... sambil minumnya yang banyak tetep
      kasih lampu biar anget
      abis itu jangan lupa kasih makan yang bagus ^^
      biasnaya cucuth 1-2 minggu baru sembuh

      Delete
    4. Mbak..makanan aku masih kasih rc urinary care. Mbak.. klo aku kasih batugin yg cair itu boleh gak yah? Batugin sama kejibeling itu sama aja kan yah? Aku pengen kasih batugin cair soalnya bentuknya yg cair. Karna kalo dikasih kapsul lg ngeri makin stress si barrel.. soalnya dapet obat dr dokter bentuknya juga kapsul. Dan stiap dikasih obat tuh dia kayak ngamuk dan pas dibalikin kekandangnya kayak stress ketakutan gitu.. kira2 mbak tau gak dosisnya klo aku ksh batugin yg cair itu berapa ml per bb. Soalnya bb kucingku cuma 3kg gara2 sejak sakit yg pertama sampe sekarang dia makannya jd rada susah... :(
      Btw terima kasiiih banget ya mbak sharingnya bermanfaat bangeet!! Apalagi aku orangnya panikan klo ngadepin kucing sakit.. dan begitu baca tulisan mbak yg detail dan comment yg selalu dijawab jd sangat membantu dan bikin tenang.. hihihii..

      Delete
    5. Kapsule ditumbuk kasih air kalau susah. Tapi sebenarnya enakan kapsul langsung glek masuk. Soalnya gak terasa pait. Gpp seh kejibeling sama batugin hampir sama ya. Yg penting minumnya yang bangak.
      Dosisnya dikit aja.
      Hihihi aku sebenarnya jarang bales komen. Bales yang perlu dibales komennya, seperti ini ^^

      Cepet sembuh ya kucinge

      Delete
  21. mbak suriaa.. Aku udah baca komen-komen diatas, tapi ya.. mungkin karena aku khawatir banget sama kucingku jadi rasa-rasanya aku ingin nanya langsung sama mbaknya.
    Kucingku sempet sekarat gara-gara ga bisa pee, soalnya dokternya udah angkat tangan, ga bisa masukin kateternya. Akhirnya aku dirujuk ke dokter lain dan alhamdullilah bisa.. (Waktu itu nafasnya udah sesek dan dia ga bereaksi :( sampai orang-orang yg disana bantuin aku biar kucingnya cepet diperiksa.)
    Nah, sekarang dia udah 2 hari dikateter, yg aku ingin tanyain
    - Kucingku pipisnya masih bedarah dan dia keliatan kesakitan, ngeden-ngeden gitu. Kira-kira mnurut pngalaman mbak, pee berdarahnya biasanya sampe brapa lama?
    - Kalo dikateter gitu harus netes terus, atau ada jedanya? Soalnya kucingku sempet lama ga netes kencingnya.
    - Kucingku ku taruh dikandang, baiknya kotak pasir di taruh didalam atau cuma pas dia ingin pup aja ya? Soalnya kalo pee dialas koran, kalau udah pee korannya kuganti
    Maaf banyak pertanyaannya :( Ingin nanya dokternya tapi sibuk gitu mbak. Ga enak kalo kutanya terus-terusan.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh :"(
      aku bantu jawab sesuai pengalaman pribadi pas ngerawat cucuth ya ^^

      1. Kucingku pipisnya masih bedarah dan dia keliatan kesakitan, ngeden-ngeden gitu. Kira-kira mnurut pngalaman mbak, pee berdarahnya biasanya sampe brapa lama?

      Berdarahnya waktu itu sampe 2-3 hari.. cuma ngeden2 bisa sampe 4- semingguan. dan bener2 sembuh setelah 2 minggu..

      2. Kalo dikateter gitu harus netes terus, atau ada jedanya? Soalnya kucingku sempet lama ga netes kencingnya.

      Kalau ga netes, berarti mungkin memang lagi g ada yang dikeluarin-> makanya kudu diminumin yang banyak biar terus pipis sementara sampai batu2nya ilang ga ada pasir kecil. selama dia gak terlalu susah ngeden, gpp. yang penting minumnya dibanyakin, aku dulu tiap jam spuit cucuth mimik biar banyak

      atau kateternya kesumbat --> dibenerin kateternya dan itu bikin ga nyaman kucing biasanya --". usahakan jangan banyak gerak, dan dikasih lampu biar anget. karena pipis terus itu bikin badan kucing dingin.


      3. Kucingku ku taruh dikandang, baiknya kotak pasir di taruh didalam atau cuma pas dia ingin pup aja ya? Soalnya kalo pee dialas koran, kalau udah pee korannya kuganti
      kalau kandangnya besar gpp dimasukin dikandang. tapi lebih enak didalamm kandang seh, jadi dia ga banyak gerak ^^

      cepet sembuh yo kucinge :")

      Delete
  22. amiin ya rabb :')
    ooya mbak, kalo kucing di kateter itu lemes & susah makan ya? Kalo makannya sendiri harus di paksa ya? Dia maunya hari ini tidur aja sama ngeden. Kalo bsok msh kyk gini, aku mau bawa lg ke vet. huhuhu

    ReplyDelete
  23. Mbaak, kucing udh pergi selamanya :''( Dia ga mau makan atau minum, terus aku paksa pake pipet & dia mau. Tadi pagi dia ga nyentuh makanan atau minumnya sama sekali, tapi dia keliatan seger dan sempet nyaut ingin keluar kandang ga seperti sebelumnya (diem aja). Terus ku paksa minum lagi & makan, dia sempet ingin kabur gitu tapi ku tahan.
    Pas aku taro kandang dia biasa aja & seger cuma ya .. males-malesan gitu. Maunya kubawa kedokter karna pee nya masih berdarah.
    Nah 2 jam kemudian, aku tengok dia udh ga nafas. Aku lgsung nangis & ga mau liat dia. Akhirnya dikubur sm adik & bapakku. Kata adikku badannya belum dingin, tapi dia udh ga nafas & lidahnya keluar.
    Akhirnya dia dikubur di halaman.
    Pas hari pertama dia kesusahan pipis aku lgsung bawa ke vet, cuma di vet nya aja yg lama soalnya mrk kesusahan masang kateternya, 4 dokter udh angkat tangan.
    Akhirnya dirujuk ke dokter lain yg lebih senior & langsung disedot.
    Aku jg udh curiga gitu dr awal, krn pas disedot lgsung dr kandung kemih isinya darah doang. Masa iya ga kena ginjalnya? Tp dokternya ga nganalisa sampai situ karna mungkin mrk udh tau kalo aku lg kesusahan sm biayanya.
    Aku inepin dia 2 hari, dia seger, mau makan, minum banyak. Aku smpet tanya" soal keadaan ginjalnya, mrk bilang "nah itu hrs dianalisa" tp ko diem aja, ga ada tawaran lbh lanjut. Ya udh kupikir dia baik-baik aja, toh keliatannya udh seger. Akhrnya pulangin & kuurus sendiri. Nah besoknya mulai ga mau makan & minum.
    dirawat di rumh dr rabu smpe hari ini sabtu.
    Sedihnya tuh pas dia berusaha terlihat seger dimata aku dihari terkhirnya, padahal mungkin dia udh tau dia ga akan hidup lama lagi. :'')
    Maaf ya mbak jadi curhat panjang lebar di komentar, abis kalo lg sedih gini rasa-rasanya ingin sharing, terutama kesesama cat lover.
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks...turut berduka cita ya dek :(((((
      *peluk cucuth :"(
      kamu dah ngelakuin yang terbaik buat kucingmu..RIP.. maaf ya nggak bisa bantu banyak :"( huhuhu
      *pelukkk

      Delete
  24. Mba sebelumnya makasih infonya, kucing ku persia himalaya ke fus juga kata dokter faktor makanan yg jelek banyak mengandung magnesiun "maklum anak kuliah nyari yg muragh" udah kedokter kmrn di bagian salurannya agak diperbesar tapi kasihan setelah kedokter kucingnya jadi kecing di tempat (lagi tiduran tiba2 kencing) udh ganti makanan Urinary sama obat, kira2 penyembuhan brp lama yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp.. Makanya aku pakein pampers itu cucuth biar ngompole enak.
      Biasanya bener2 sembuh 2 minggu ^^. Harus sabar dan jaga agar selalu hangat^^
      Cepet sembuh yo

      Delete
  25. Kak mau tanya, kucingku sering bolak balik pasir mau pipis gitu tapi pipisnya keluar dikit2 banget. Rencananya aku mau ngasih batugin, tapi dia lagi nyusuin. Kira2 boleh nggak ya kalo lg nyusuin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku g tau kalo lagi nyusuin boleh gakkna. Tapi batugin gt kan herbal. Gpp kekna

      Delete
  26. Langsung bawa aja ke dokter hewan, kalau memang kena FUS langsung minta di keteter. Itu jauh lebih baik krn lebih cepat ditangani drpd obat, kalau kencingnya sudah sampe merah di dalam kemungkinan hidup jadi 50:50.

    ReplyDelete
  27. Saya mau tanya. Untuk pemberian batugin, itu rutin atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalau pas lagi gejala saja. sudah tidak pernah lagi
      lebih utama makanan dibenerin teratur dan sehat banyak minum plus kucing bahagia

      Delete
  28. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
  29. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
  30. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku g pernH pakai stik penyangga. tapi mungkin bener biar bisa napas..biasanya selama ini kalau dikateter pasang aja. sama kayak manusia dikateter saja tidak perlu tindakan yg gimana2.
      dibius mungkin karena biar diem kali ya? cuma kalau aku g bolehin kan dia drop dibius takut ngedrop.
      tapi yang tau sikon pas ngateter kan dokter dan kamu makanya bius dilakukan berarti perlu mungkin emang.
      sekarang gmn? udah sadar kan? dilepas aja penyangga mulutnya mba. gpp..saat kucing fus emang badan dingin dan lemah makanya pakein lampu biar rada angetan.
      cpat sembuh ya

      Delete
  31. Makasih kak infonya. , udh 2 hari kucing sodara aq minho kena. , udh di bawa ke klinik. Tapi katanya udah penanganan juga. ,tapi gk ada hasil, dan gk di infus segala kayak gitu mba. , ini baru hari ini aq kasih batugin. , dan baca artikel n koment tman² semua. , makasih mba ,jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  32. Barusan semalam si Boby dioperasi krn hal yg sama, tp mungkin krn sdh terlalu lama & dia sdh gak sanggup lagi nahan sakit akhirnya subuh tadi dia meninggal :'( umurnya baru 1thn 2bulan...
    Maafkan kami Boby... kami tdk pernah menyadari sebenarnya 'nakal'mu adalah caramu menunjukkan kalau kamu merasa sakit :'(
    Kami semua sangat menyesal & merasa kehilangan sekali...

    ReplyDelete
  33. Saat ini kucingku juga lagi ngalamin kena FUS umurnya 1 tahun 8bulan, Ras Persia. selasa tanggal 30 kemarin sudah ak bawa ke dokter dan dipasang kateter, waktu didokter sempet disedot pipisnya dan warnanya sudah merah banget. Dua hari sebelumnya si boemby (nama kucingku) susah pipis bolak balik ke liter box sampai ngeden berkali kali pipis juga gk keluar kelihatan kesakitan banget, di selasa dini hari mungkin saking sakit dan stres nya si Boemby mainin air minumnya yang aku taruh dibaskom diacak acak sama dia air ditumpahin kemana2 sampe sampe ak kebangun dari tidur karena denger itu. Oke back to dokter, waktu diperiksa itu si boemby msh aktif meskipun sudah gk seaktif biasanya info dari dokter si boemby harus dipasang kateter dan si dokter sempet kesulitan pemasangan kateter karena kristalnya sudah banyak yg menyumbat,tapi untungnya sama dokternya di coba beberapa kali sampai akirnya berhasil pasang kateter tersebut dari situ akirnya pipisnya bisa disedot dan banyak banget keluar (warna merah ) pantesan boemby ngerasa kesakitan segitu banyak air pipis gak bisa dikeluarin, sebenarnya dokternya nyaranin untuk rawat inap, tapi karna masalah money masih belum mencukupi akirnya boemby saya bawa pulang kerumah untuk dirawat sendiri dirumah,makan mulai saya ganti dengan RC Uninary dan tiap pagi dan malam saya kasih obat yang dari dokter, oh yaa satu lagi mungkin bisa dipraktekin untuk kucing yang lagi ngalamin FUS info dari dokter tersebut coba diraba bagian perut bawah deket saluran pipisnya kucing biasanya kalau kucing gak bisa pipis bisa dibantu dengan mendorong atau memencet area tersebut "tapi jangan keras keras" kasian kucingnya, dan ini berhasil membuat pipis kucing keluar (tapi ingat kalau berasa kandung kemihnya sudah besar boleh dipencet kalau biasa aja jangan loh ). Ini bisa dilakukan apabila kucing sudah dipasang kateter yaaa jadi pipisnya bisa keluar lewat kateter tersebut.
    Saat ini kondisi boemby belum sembuh, dia gak mau makan dan gak mau minum, tapi aku suapin biar ada tenaganya dan rencanya hari ini mau ak bawa kedokter lagi untuk diinfus biar ada tenaganya. minta doanya ya teman2 semoga boemby bisa sedera sembuhhhhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga boemby cepet sembuh ya... :* memang itu makanan faktor penting :") untung ada urinary kalau dulu g ada itu entah cucuth bisa bertahan atau tidak :")

      Delete
  34. kucingku janta umur 2 th 4 bln. gejalanya sering jilatin kemaluannya. sama bagian testisnya agak membesar kira2 dlu cucuth wkt fus gtu juga g y mhn blsny momy cucuth. soalny pipisny msh mau di literbox tp g merhatiin banyak dikitnya. tp kmrn dia hbs stress gara2 3 hr tak mskin pnitipan hewan. katanya dsna g mau mkn minum. apa gra2 itu y. kalo dksh batugin sbgai pncegahan gmn y. soalny lg g ada budget buat ke vet. thanks

    ReplyDelete
  35. momy cucuth boleh tanya. dlu wkt cucuth kna fus testisny mmbsar g y. kucingku jntan umur 2,4 thn. sering jilatin kemaluanyya sama testisny agak membesar. msh pee di litterbox tp g merhatiin bnyk ato eganya. mknnya msh banyak. trs skrg agak kurang aktf.kalo dksh batugin sebagai pencegahan gmn y. soalny kmrn 3 hr hbs stres gtu gara2 aku titipin k penitipan hewan. ktnya dsn mknnya dkt. apa gra2 stres y. mhn info pngalammnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatiin peenya klo dia bolak balik tapi g pipis itu bahaya. cuma cucuth..... testisnya dah g ada soale steril xD
      Kalau dia susah pipis kasih batugin buat awalan gpp tapi kalau bukan karena susah pipis jangan atuh
      kalau biar jelas bawa ke vet aja diperiksanya cepet sembuh ya

      Delete
  36. Kucingku hbs di kateter, tp dya gmau mkan, mnum Mau, tp dkit2
    Solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih minum terusan yang banyak ^^ emang gitu hehehe

      Delete
  37. mba maaf ganggu, mau nanya mba. kebetulan kucingku sakit fus juga. sudah 3 hari di opname dan dipasang keteter, skrg keteternya sudah di lepas dan sudah boleh pulang, tp pas saya perhatikan pas dia pipis dirumah masih ada darahnya sedikit mba, saya mau nanya apakah kucing mba setelah keteternya dilepas dan sudah pulang dari ranap memang masih keluar darah sedikit seperti itu mba? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang masih ada walau g banyak. yang penting ga mampet ^^

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^