Mengenal Feline Urologic Syndrome (FUS)

Feline Urological Syndrome (FUS) atau dikenal sebagai Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) yaitu penyakit infeksi saluran kencing yang banyak menyerang pejantan


4 tahun lalu saat Cucuth umur 5 tahun, itu pertama kalinya dia terserang penyakit FUS atau FLUTD atau lebih gampangnya penyakit saluran kencing. Itu terjadi saat aku mau ngantor, tiba-tiba cucuth pingsan. Serius! Kucingku pingsan, badannya dingin... huaaaaaaaaa

  
  cucuth pertama kali kena FUS*aku sempet moto dooonkkk :p


Cucuth langsung aku  bawa keklinik hewan pandawa. Ternyata, kata vet (dokter hewan), cucuth kena penyakit FUS.. Pipisnya susah bahkan  harus dikateter...dia diinfus biar tidak lemes... Setelah 3 hari, cucuth mulai membaik dirawat inap dan langsung aku bawa pulang (saat itupun aku ga konsen ngantor nangis terus... jadi bolak-balik ke klinik terus..dan malem hari baru mau pulang* untung kenal ama vetnya haha)

Dan ternyata penyakit FUS  tidak berhenti sampai disana, terus berulang seriap tahunnya. Sampai puncaknya tahun lalu, saat cucuth umur 8 tahun...bulan juli  2012.. cucuth sakit FUS parah.. dan itu berjalan 2 minggu lamanya dia bisa sembuh. Mana pakai perjuangan susah nyari vet didaerah, yang bisa ngobati dan ga bedain kucing ras dan kampung... (silahkan baca disini cerita2nya)

Waktu itu aku dah mikir cucuth akan pergi ninggalin aku... :"( Tapi Tuhan berkata tidak.. aku diberi kesempatan untuk bersama cucuth lagi :") kami tetep soulmate :") alhamdulillah

Akhirnya, aku niat agar cucuth jangan sampai sakit lagi. Cari-cari informasi dimana-mana, sambil nanya detail penyebabnya...

FUS itu adalah sindrom yang terjadi pada kucing ini ditandai dengan pembentukan kristal (paling sering struvite) di dalam VU. Kristal tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi, perdarahan pada urin, kesulitan buang air kecil, serta beberapa kasus dapat menyebabkan obstruksi aliran normal urin keluar dari VU yang dapat menyebabkan kematian (Pinney, 2009)
 
Penyebab fus itu macem2, kalau aku kumpulin mungkin ini beberapa faktor utamanya : 

1. Pakan termasuk kandungan mineral air. Biasanya menyerang kucing umur 1-6 tahun.
Dulu cucuth dari kecil suka aku kasi makanan yang biasanya dijual bebas ditoko/supermarket..dan taukah kamu? ternyata itu gak bagus... :"( hikz... 
Jangan makanan murah deh...mending kalau mau aman ke makanan ikan atau bisa kayak konsep rawfood..

2. Kastrasi dilakukan sebelum masa puber, 
Yah ini bisa aja karena cucuth termasuk yang aku steril saat umur 5-6 bulan... :"( jadi ga sempat  menggagahi betina-betina sekalian eaaaa.. tapi tenang dia tetep suka kawin kok..walau g bisa menghasilkan :v

3. Kelebihan berat badan kucing kurang beraktifitas jadi kolesterol juga
yuppp cucuth beratnya 8.5 kilo.. akhirnya aku dietin sampe jadi 7 kilo maksimal ga boleh lebih lagi. kesian 

4. Ras terutama ras Persia dan lebih sering jenis kelamin jantan.
Mmmm cucuth termasuk kucing kampung sih ras sundanense bogorisme :v hahaha

Kucing jantan dan betina sama-sama beresiko menderita FLUTD, namun kucing jantan beresiko lebih besar terhadap obstruksi yang mematikan karena uretra jantan lebih kecil dibandingkan betina dan memiliki bagian yang mengecil (gambar 1) sehingga penyumbatan lebih gampang terjadi (Pinney 2009).

5. Stress dan umur yang sudah tua 
ini cucuth masuk umur embah-embah sih ya karena umurnya tua... dan cucuth sering aku bawa travelling..pindah sana-sini jadi stress


Beberapa kausa dari terbentuknya kristal mineral yang dapat mengiritasi mukosa VU dan menyebabkan blokade urehra adalah : a. Faktor asupan makanan (diet). Pakan yang kaya magnesium menyebabkan pH urine menjadi basa (alkalis). Kenaikan pH mempermudah pembentukan kristal mineral. b. Penurunan frekuensi urinasi. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya supan air, pakan yang kering, air yang terlalu hangat, terlalu dingin, menurunnya aktivitas fisik, hal ini dapat disebabkan karena kucing mengalami obesitas bahkan kandang yang kotor dapat menyebabkan kucing segan untuk urinasi (Duval 2002; Oaks Vet 2002)



Sampai sekarang cucuth dah move on dari penyakit FUS.. alhamdulillah

Ini aku bagi tips2 move on dari penyakit FUS yang udah aku jalanin... :

1. GANTI MAKANAN KUCINGNYA DENGAN YANG BAGUS
Kenapa harus aku pake huruf gede? karena ini salah satu yang penting..pasokan makanan yooo dari dalam tubuh, energi dan metabolisme dia dari makanan yang masuk.. jangan pernah boleh ngorek2 sampah (hueekk) 
Kalau bisa konsep RAW FOOD itu lebih baik... cuma sayang konsep rawfood aku ga pilih buat jadi makanan sehari-hari kucing-kucingku karena aku rada jijik pegang daging

Cucuth aku kasih campuran : urinary + hair skin + RC30 dicampur 

Saya lebih rela beli lebih mahal dan memberikan yang terbaik daripada harus lihat cucuth kesakitan :"( iya nggak... dah sedih..nangis dll :"(  no way dah...

Aku ga mau komen kalo ada yang bilang RC mahal dll sedangkan kucingnya banyak...mmmm no komen yaaa... tujuan awal kita memelihara kucing kan beda-beda :). Jadi, kalau masalahnya uang.. bener-bener no komen :)

2. Sedia vitamin dan jangan lupa divaksin
Aku selalu sedia cystaid (vitamin dari vitapet khusus untuk kucing 1 pak isi 30 sekitar 200rb), stimuno, curcuma plus dan batugin khusus kucingku
dan rajin ngasih obat cacing drontal atau petderm setiap 3 bulan sekali (akunya juga minum loohh)
vaksin juga rutin tiap setahun sekali hingga umur 9 tahun ini...


3. Liat pee-nya (pipisnya) 
Warna nya bening, keruh, merah? gimana saat dia pipis? kesakitan, netes sedikit demi sedikit atau lancar?nah kalau udah mulai keruh dan pipisnya  susah..langsung kasi vitamin dan obat

4. Paksa banyak minum
Ini mungkin rada serem...aku suka minumin cucuth pake spoit yang gede disemprotkan kemulutnya mau ga mau..karena dia maunya makan tapi malas minum...walau dengan rc urinary jatuhnya haus terus,  tapi tetep aja kudu dibantu pemiliknya biar banyak minum...

FYI, kebanyakan banyak yang ga bertahan karena penyakit ini... ;"( karena telat penanganan...makanya mati... :( makanya jangan sampai itu terjadi..*amit2

Waspadalah bila kucingmu susah pipis (cuma netes atau merah atau ga keluar pipis sama sekali), males makan minum, muntah, pipisnya kepaksa gitu (mengejan) dan ga mau beraktifitas seperti biasanya... maka cepatlah ke dokter hewan...

Selain itu, jangan lupa rawatlah kucing kita dengan baik dan benar. Seperti yang 10 produk yang harus dimiliki saat kita memelihara kucing rekomendasi saya.

Baca lengkap apa saja di 

Yuk move on dari sakit FUS...kita beri asupan makanan yang baik buat kucing-kucing kita. Percayalah,  kucing yang sehat akan mendukung lingkungan dan orang yang sehat juga :)

 

cucuth 9 tahun dan cacang 6 bulan



ini ada video pas cucuth sakit



211 comments:

  1. ijin share ke kakakku ya mbak..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba mau tanya, kucing ku abis cateter, nah pasca kateter mulut nye keluar liur terus, ini normal gak?

      Delete
    2. Ka kalo abis pasang cateter,trus mulut nya keluar liur terus apa ini normal?

      Delete
    3. Seminggu di rwat infus dan kateter dipasang ,,dua hari pulang kerumah ,perut mlah bengkak ,ga mau mkan dan mnum ,,apa ada yg salah dgn penangan dktrnya ya ?

      Delete
  2. Mbak skrg kucingku paska kateter. Dikasih antibiotik, vitamin, dan kapsul keji belink. Skrg sdh 3hari berjalan, dan dia masih kesusahan pipis. Menurut pengalaman mbak, apa itu normal dia masih susah pipis?

    ReplyDelete
  3. Mbak skrg kucingku paska kateter. Dikasih antibiotik, vitamin, dan kapsul keji belink. Skrg sdh 3hari berjalan, dan dia masih kesusahan pipis. Menurut pengalaman mbak, apa itu normal dia masih susah pipis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakin minum tetep makannya juga yang urinary dulu

      Delete
  4. Mbak, kucingku sekarang lagi dikateter tapi pipisnya masih mengejan. Apa memang seperti itu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lebih enak kan pipisnya apa masih keluar darah...?
      iya kayak gitu..makanya kesian kan :(

      Delete
  5. kucingku jantan kmrn juga kena FUS dan skrg makannya RC urinary. pipisnya msh sering tp banyak dan keliatannya udah ga susah lagi. minumnya juga sering. efek RC urinary apa bikin haus terus dan jd sering pipis ya?

    masalahnya skrg si pus udah mulai bosen makan RC urinary nya, mintanya ikan tp kt vet ga boleh krn ikan banyak mineralnya yg bisa bikin resiko FUS nya kumat lagi. tp dia udah susah bgt dikasih makan RC urinarynya, malah dimuntahin lg, aku jd stress kalo ngasih makan dia skrg. pgn aku kasih makan ikan lg biar dia mau makan tp takut FUS nya kambuh :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku kalau emang g mau dikasih dry food ubah ke pakan raw food ^^

      Delete
  6. Boleh nanya dong harga rc urinary berapa?kucingku sering nangkring di kotak wc nya,kaya mau pipis tapi gak keluar pipisnya.takutnya kena fus ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya yang 400gr biasanya 70-90ribu ..yang 1,5kg 300rb .carinya dipetshop soalnya kalau disupermarket biasanya g jual...

      bisa juga pake science diet harganya lebih murah..dipaksain minum banyak ya :(
      cepet sembuh kucingnya :")

      Delete
  7. Mba, kucingku kemarin kencing berdarah :'( sedih bgt aku. Trs q coba kasih rc urinary tp dy ga begitu doyan. Mau bawa ke vet lg krisis keuangan. Krn pst hrs raawat inap, aku mau cb rawat sendiri tp gmn y q jg kerja. Bingung bgt hrs gmn.. kira2 dikasih obat lg g mba selain rc urinary? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kudu dikateter itu :(
      Cuma kalo obat bisa dicoba chloramfenikol (paparan luas) sama kejibeling.... *aku biasa pake kloramfenikol cocoknya cucuth pake itu soale

      Delete
    2. Obat kloramfenikol itu caranya di apain ya mba...?
      Dan fungsinya buat apa...?

      Kejibeling itu belinya dimana ya mba...?

      Kedua obat itu cara minuminnya gimana ya mba...?

      Kucing q pipisnya dikit2....πŸ˜”

      Delete
  8. kak kucing aku baru habis pulang rawat inap karena mengidap FUS juga..kalau obat nya aku kasih kejibeling kira2 bagus ngag ya ?sudah mau pipis..tapi masih harus di bantu tekan biar keluar..kira2 bagaimana ya supaya cepat sembuh?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makannya pake urinary...dari dokter dikasi obat paparan luas kan kayak kloramfenikol kan? pake itu aja dulu
      kejibeling buat nanti aja...kalau dia sudah enakan..

      Delete
  9. kalau kucing nya lemas gimana kak?apa operasi itu perlu?awalnya aku mau operasi..tapi dokter anjurin untuk kateter dulu...skrg biaya aku ngag cukup kak..kalau di bantu dengan obat2 aja gimana kak baiknya?terima kasih..makan akrg aku kasih urinary kak..

    ReplyDelete
  10. Mau tnya jadi itu cucut sembuhnya dengan cara apa yah keliatannya emang udah parah gitu? Tolong bales yah sekarang kucingku lagi kena FUS :(((

    ReplyDelete
  11. Jadi itu cucuth sembuhnya dengan cara ala yah? Keliatannya emang udah parah tapi ko bisa sembuh? tolong dibalas yah kucingku lagi kena FUS :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikateter belum?
      kalau udah dikateter dan darah pipisnya sudah keluar walau dia masih ngeden itu dah mengurangi rasa sakitnya..ubah makanannya dengan urinary sementara
      dan panteng minum yang banyak...
      bisa dikasih kejibeling juga

      Delete
    2. Kemaren udah coba dikateter tapi ga masuk karena ada sumbatan di saluran kencingnya jd skrg aku bingung harus gimana biar sumbatannya hilang :( waktu cucuth sembuhnya karena dikateter atau dengan cara lain? Kata dokter kalau pake keji beling kan merangsang pipis jadi tambah kasian katanya

      Delete
    3. Mba boleh minta kontak yg bisa dihubungin ?biar aku bisa tanya tanya Aku bingung harus gimana:( aku gamau kucingku mati :'(

      Delete
    4. Mba marlinna.. boleh tau, kenapa kucingnya akhirnya bisa dikateter? Kucingnya mengalami hal yang serupa. Sudah dikateter 3x teterp ga bisa

      Delete
  12. Ka kucingku udah dikateter tapi pas udah dilepas masih ngeden kencingnya kalo pake kejibeling bagus ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bantu pake itu aja...pake makanan urinary dek

      Delete
    2. Kak, kucingku wkt di kateter ngga bisa masuk gara2 ada penyumbatan juga. Dia skrg lg rawat inap buat dikasih antibiotik sama obat inflamasi. Kalo kucing kakak akhirnya kucingnya bisa dikateter itu diapain ya? Mohon jawabannya kak :')

      Delete
    3. dikateter sama dokter dek..karena pemasangan kateter sama vet

      Delete
    4. kak, kucingku sama lg kena fus jg, udah 3x ini kambuh dan terakhir k dokter kemarin cateter gk masuk ky ada sumbatan di dalamnya, ada yg tau solusi biar gk sering kambuh² lagi?

      Delete
  13. Haloo momnya cucuth, chip sdh 2x ranap krn fus. Saat ini baru pulang abis ranap kedua. Mdh2an gak ranap lagi. Nah mslhnya abis ranap yg terakhir ini chip pipis msh darah dan lama banget kalo pipis,maunya nongkrong terus tapi pipisnya dikit. Makan udah wetfood yg c/d. Pusing aku mom,, stress juga,, jadi gak konsentrasi sm pekerjaanku. Nah dulu cucuth pipis lancarnya brp hari setelah ranap ya? Apa langsung normal dan lancar? So far chip sih msh keliatan aktif,makan banyak, minum aku cekokin terus tiap 3 jam,hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih darah ya? :( udah bilang dokternya?
      Cucuth biasanya 1-2 minggu balik normal lagi...kudu sabar emang... Dikasih obatnya terus aja biar enakan...sama itu cekokin minum...
      Umure berapa?yang sabar ya..semoga chip cepat sembuh...habis ini kalau keliatan kucinge rada2 ngeden pipis dikasih kayak kejibeling gitu bisa
      Dulu aku inget pas terakhir fus...abis dikateter ngompol terus :( karena dia tua tapi ngompol bersih dikasih neurobion..hihihi...

      Delete
  14. Pagi kak..
    Kucingku lagi terkena FUS, udah 2 hari pasang kateter & makan RC Urinary, tapi masih sulit utk buang air sendiri. Mungkin krn makan RC-nya belum terlalu banyak ya? Biasanya perlu waktu berapa hari ya kak utk bisa buang air sendiri?
    Kalau sambil diberikan keji beling kira-kira apakah aman? Boleh info beli obat tsb dimana & takarannya bagaimana?
    Thanks a lot, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minumnya dibanyakin ya...aku nyekokin minum cucuth terusan soale...
      biasanya abis kateter dan sudah g keluar darah..lancar walaupun masih ngeden pipisnya
      aman seh kejibeling gitu... beli diapotik banyakkk...kalau takarannya aku kasih setengah aja taruh disput dikasih air dan diminumin
      sekarang gimana?? maaf ya lama balesnya

      Delete
    2. Kemarin darahnya udah bersih & udah keluar urine dari keteternya. Tadi sore baru dilepas kateternya tapi sampe sekarang dia blm pipis lagi. Dia sempet coba jongkok bbrp kali tp gak keluar. Tp dia gak paksa sampe ngeden2 juga sih yg kali ini, dan gak panik pindah2 tempat buat nyoba pipis kayak sebelumnya. Jd cuma jongkok sebentar, gak keluar, ditinggal main atau tidur. Itu wajar ya kak? Kalau kemarin2 sblm pasang kateter kan dia selalu pindah2 tempat utk nyoba pipis, sampe gak bisa tidur dll.
      Udah 6 jam sejak dia lepas kateter sampe posting ini dibuat.

      Delete
    3. iya gpp memang gitu... baru lancar bener itu seminggu...kucingmu umur berapa dek?
      biasanya dia tetap berusaha pipis..makanya diberi asupan minum yang banyak...
      biasanya kalo jongkok g jadi gitu, dia ngeong...antara kesakitan dan bingung.. gpp diterusin obatnya dari vetnya..makannya tetep dijaga pake yang urinary..sama jangan lupa minumnya dibanyakin

      Delete
    4. Sekarang dia udah pipis kak. Tapi cuma beberapa tetes, terus pindah tempat buat pipis lagi beberapa tetes, gitu terus..
      Lancarnya seminggu setelah lepas kateter ya kak?
      Iya aku kasih minum tiap 1 jam sekali, makannya juga masih RC Urinary.
      Kucingku baru 7 bulan kak, huhuhu, kasian banget liatnya..

      Delete
  15. Dikasih kejibeling boleh ka? kalau boleh berapa dosis yang tepat buat kucing ya??
    kucingku juga abis di kateter ka soalnya. nah kmrn itu baru pulang. tapi ppeep nya belum lancar betul kadang keluar kadang ngga. dan dia ngejen. itu gimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp bener2 pulihnya pas 1-2mingguan... Dikasi minum yg banyak sama obat dokter pasca kateter..dikasih obat kan? Itu aja terusin jangan campur2

      Kalo kejibeling pas keliatan dia mulai susah ngeden dikasihnya
      Yang penting minumnya banyakin dan diperhatiin yak

      Delete
  16. pakan sih udh ku kasih RC urinary ka. untuk ngebiayainnya aja smpe jual komputer :') tapi gpp. demi toby :D

    ReplyDelete
  17. ga di kasih obat ka. kukira juga dikasih. tapi ini ngga

    ReplyDelete
  18. ga di kasih obat ka. kukira juga dikasih. tapi ini ngga

    ReplyDelete
  19. oh gitu... coba kasih kejibeling sehari sekali
    atau aku biasanya kasi cloramfenikol biar nyembuin bakterinya gitu
    dosise telpon dokternya ya...aku takut salah
    cepet sembuh ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cloramfenikol belinya dimana? Diapotik apotik ada ga kak? Trus dosis yg kk pake biasanya berapa?

      Delete
    2. diapotik ada tapi lebih baik bawa ke dokter hewan dek biar diperiksa dulu

      Delete
    3. Kaaaakkkk kucingku kena fus juga ,kemaren aku bawa ke vet kata dokter masih gejala jd belum di pasang kateter cuma infus,suntik vit antibiotik setelah itu boleh bawa pulang.. dokter cuma saran kasih kejibeling sama rc urinary,tapi ini udh 2 hari kucingku masih bingung pipis nya dikit2 di kandangnya sampe basah kuyup.. Nafsu makan normal tapi aku parno kak , mohon di jawab haruskah aku bawa ke vet lain atau gmna ?

      Delete
  20. Mbak.. kucing ku udah 2x rawat inap dikateter. Dan sekarang aku liat dia udah mulai gak bisa pipis lagi. Padahal pakan juga masih aku kasih urinary. Mbak di pasangin kateternya diinepin apa nggak kucingnya? Klo nggak dimana yah drh yg gak pake metode rawat inap dijakarta. Karna dari yg aku baca diatas aku nangkepnya kucing2nya yg dikateter gak diinepin ya? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal-awal seh aku inepin karena baru. Tapi abis itu cuma dikateter aja trus bawa pulang aja. Jadi dikateter sampe bersih dulu, baru bawa pulang
      Kamu bisa minta dirawat sendiri kok sebenare. Gpp asal sanggup ^^
      Coba dikasih kejibeling sementara sama kasih minum yang banyak.
      Cepet sembuh yaaa

      Delete
    2. Mbak.. akhirnya kucing aku udah di kateter 2 hari lalu dan aku rawat dirumah. Tapi kok sampe hari ini pipisnya berdarah dan susah pipis/ngeden trus keluarnya setetes2 yah? Klo dikasih kejibeling gak apa yah? Soalnya sekarang pun keadaannya masih minum obat dr dokter dan kateter masih terpasang. Pengen bangeet move on deh dari penyakit fus ini.. gak tega sama si barrel.. huhuhuuu...

      Delete
    3. gpp kalau kataku kasih aja... sambil minumnya yang banyak tetep
      kasih lampu biar anget
      abis itu jangan lupa kasih makan yang bagus ^^
      biasnaya cucuth 1-2 minggu baru sembuh

      Delete
    4. Mbak..makanan aku masih kasih rc urinary care. Mbak.. klo aku kasih batugin yg cair itu boleh gak yah? Batugin sama kejibeling itu sama aja kan yah? Aku pengen kasih batugin cair soalnya bentuknya yg cair. Karna kalo dikasih kapsul lg ngeri makin stress si barrel.. soalnya dapet obat dr dokter bentuknya juga kapsul. Dan stiap dikasih obat tuh dia kayak ngamuk dan pas dibalikin kekandangnya kayak stress ketakutan gitu.. kira2 mbak tau gak dosisnya klo aku ksh batugin yg cair itu berapa ml per bb. Soalnya bb kucingku cuma 3kg gara2 sejak sakit yg pertama sampe sekarang dia makannya jd rada susah... :(
      Btw terima kasiiih banget ya mbak sharingnya bermanfaat bangeet!! Apalagi aku orangnya panikan klo ngadepin kucing sakit.. dan begitu baca tulisan mbak yg detail dan comment yg selalu dijawab jd sangat membantu dan bikin tenang.. hihihii..

      Delete
    5. Kapsule ditumbuk kasih air kalau susah. Tapi sebenarnya enakan kapsul langsung glek masuk. Soalnya gak terasa pait. Gpp seh kejibeling sama batugin hampir sama ya. Yg penting minumnya yang bangak.
      Dosisnya dikit aja.
      Hihihi aku sebenarnya jarang bales komen. Bales yang perlu dibales komennya, seperti ini ^^

      Cepet sembuh ya kucinge

      Delete
  21. mbak suriaa.. Aku udah baca komen-komen diatas, tapi ya.. mungkin karena aku khawatir banget sama kucingku jadi rasa-rasanya aku ingin nanya langsung sama mbaknya.
    Kucingku sempet sekarat gara-gara ga bisa pee, soalnya dokternya udah angkat tangan, ga bisa masukin kateternya. Akhirnya aku dirujuk ke dokter lain dan alhamdullilah bisa.. (Waktu itu nafasnya udah sesek dan dia ga bereaksi :( sampai orang-orang yg disana bantuin aku biar kucingnya cepet diperiksa.)
    Nah, sekarang dia udah 2 hari dikateter, yg aku ingin tanyain
    - Kucingku pipisnya masih bedarah dan dia keliatan kesakitan, ngeden-ngeden gitu. Kira-kira mnurut pngalaman mbak, pee berdarahnya biasanya sampe brapa lama?
    - Kalo dikateter gitu harus netes terus, atau ada jedanya? Soalnya kucingku sempet lama ga netes kencingnya.
    - Kucingku ku taruh dikandang, baiknya kotak pasir di taruh didalam atau cuma pas dia ingin pup aja ya? Soalnya kalo pee dialas koran, kalau udah pee korannya kuganti
    Maaf banyak pertanyaannya :( Ingin nanya dokternya tapi sibuk gitu mbak. Ga enak kalo kutanya terus-terusan.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh :"(
      aku bantu jawab sesuai pengalaman pribadi pas ngerawat cucuth ya ^^

      1. Kucingku pipisnya masih bedarah dan dia keliatan kesakitan, ngeden-ngeden gitu. Kira-kira mnurut pngalaman mbak, pee berdarahnya biasanya sampe brapa lama?

      Berdarahnya waktu itu sampe 2-3 hari.. cuma ngeden2 bisa sampe 4- semingguan. dan bener2 sembuh setelah 2 minggu..

      2. Kalo dikateter gitu harus netes terus, atau ada jedanya? Soalnya kucingku sempet lama ga netes kencingnya.

      Kalau ga netes, berarti mungkin memang lagi g ada yang dikeluarin-> makanya kudu diminumin yang banyak biar terus pipis sementara sampai batu2nya ilang ga ada pasir kecil. selama dia gak terlalu susah ngeden, gpp. yang penting minumnya dibanyakin, aku dulu tiap jam spuit cucuth mimik biar banyak

      atau kateternya kesumbat --> dibenerin kateternya dan itu bikin ga nyaman kucing biasanya --". usahakan jangan banyak gerak, dan dikasih lampu biar anget. karena pipis terus itu bikin badan kucing dingin.


      3. Kucingku ku taruh dikandang, baiknya kotak pasir di taruh didalam atau cuma pas dia ingin pup aja ya? Soalnya kalo pee dialas koran, kalau udah pee korannya kuganti
      kalau kandangnya besar gpp dimasukin dikandang. tapi lebih enak didalamm kandang seh, jadi dia ga banyak gerak ^^

      cepet sembuh yo kucinge :")

      Delete
  22. amiin ya rabb :')
    ooya mbak, kalo kucing di kateter itu lemes & susah makan ya? Kalo makannya sendiri harus di paksa ya? Dia maunya hari ini tidur aja sama ngeden. Kalo bsok msh kyk gini, aku mau bawa lg ke vet. huhuhu

    ReplyDelete
  23. Mbaak, kucing udh pergi selamanya :''( Dia ga mau makan atau minum, terus aku paksa pake pipet & dia mau. Tadi pagi dia ga nyentuh makanan atau minumnya sama sekali, tapi dia keliatan seger dan sempet nyaut ingin keluar kandang ga seperti sebelumnya (diem aja). Terus ku paksa minum lagi & makan, dia sempet ingin kabur gitu tapi ku tahan.
    Pas aku taro kandang dia biasa aja & seger cuma ya .. males-malesan gitu. Maunya kubawa kedokter karna pee nya masih berdarah.
    Nah 2 jam kemudian, aku tengok dia udh ga nafas. Aku lgsung nangis & ga mau liat dia. Akhirnya dikubur sm adik & bapakku. Kata adikku badannya belum dingin, tapi dia udh ga nafas & lidahnya keluar.
    Akhirnya dia dikubur di halaman.
    Pas hari pertama dia kesusahan pipis aku lgsung bawa ke vet, cuma di vet nya aja yg lama soalnya mrk kesusahan masang kateternya, 4 dokter udh angkat tangan.
    Akhirnya dirujuk ke dokter lain yg lebih senior & langsung disedot.
    Aku jg udh curiga gitu dr awal, krn pas disedot lgsung dr kandung kemih isinya darah doang. Masa iya ga kena ginjalnya? Tp dokternya ga nganalisa sampai situ karna mungkin mrk udh tau kalo aku lg kesusahan sm biayanya.
    Aku inepin dia 2 hari, dia seger, mau makan, minum banyak. Aku smpet tanya" soal keadaan ginjalnya, mrk bilang "nah itu hrs dianalisa" tp ko diem aja, ga ada tawaran lbh lanjut. Ya udh kupikir dia baik-baik aja, toh keliatannya udh seger. Akhrnya pulangin & kuurus sendiri. Nah besoknya mulai ga mau makan & minum.
    dirawat di rumh dr rabu smpe hari ini sabtu.
    Sedihnya tuh pas dia berusaha terlihat seger dimata aku dihari terkhirnya, padahal mungkin dia udh tau dia ga akan hidup lama lagi. :'')
    Maaf ya mbak jadi curhat panjang lebar di komentar, abis kalo lg sedih gini rasa-rasanya ingin sharing, terutama kesesama cat lover.
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks...turut berduka cita ya dek :(((((
      *peluk cucuth :"(
      kamu dah ngelakuin yang terbaik buat kucingmu..RIP.. maaf ya nggak bisa bantu banyak :"( huhuhu
      *pelukkk

      Delete
    2. huaaa mbak e bikin nangisss,g isa bayangin klo kucingku smpek mati gimana huhhuu...dulu sdh sampe sekarat g peduli mau kerja lgsung ak bawa ke dokter hewan untung masih terselamatkan.turut berduka cita mbak ee

      Delete
    3. Mba sama nasib nya ama kucing aku mozzi

      Delete
  24. Mba sebelumnya makasih infonya, kucing ku persia himalaya ke fus juga kata dokter faktor makanan yg jelek banyak mengandung magnesiun "maklum anak kuliah nyari yg muragh" udah kedokter kmrn di bagian salurannya agak diperbesar tapi kasihan setelah kedokter kucingnya jadi kecing di tempat (lagi tiduran tiba2 kencing) udh ganti makanan Urinary sama obat, kira2 penyembuhan brp lama yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp.. Makanya aku pakein pampers itu cucuth biar ngompole enak.
      Biasanya bener2 sembuh 2 minggu ^^. Harus sabar dan jaga agar selalu hangat^^
      Cepet sembuh yo

      Delete
    2. Mba, aku bingung mau pakein Pampers...tpi ntr pup nya gimna?...kan dlm 1 hari pasti ada pup dia....skrg ngompol trs, bis dikasi calcusol, dan udah mulai bnyk keluar kencingnya...apa msh boleh dikasih calcusol lgi?

      Delete
  25. Kak mau tanya, kucingku sering bolak balik pasir mau pipis gitu tapi pipisnya keluar dikit2 banget. Rencananya aku mau ngasih batugin, tapi dia lagi nyusuin. Kira2 boleh nggak ya kalo lg nyusuin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku g tau kalo lagi nyusuin boleh gakkna. Tapi batugin gt kan herbal. Gpp kekna

      Delete
  26. Langsung bawa aja ke dokter hewan, kalau memang kena FUS langsung minta di keteter. Itu jauh lebih baik krn lebih cepat ditangani drpd obat, kalau kencingnya sudah sampe merah di dalam kemungkinan hidup jadi 50:50.

    ReplyDelete
  27. Saya mau tanya. Untuk pemberian batugin, itu rutin atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalau pas lagi gejala saja. sudah tidak pernah lagi
      lebih utama makanan dibenerin teratur dan sehat banyak minum plus kucing bahagia

      Delete
  28. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
  29. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
  30. kak hari ini kucingku(himalaya) di pasang kateter sekitar jam 7malam, nah dia masih dlm bius terus di mulutnya msh pakai penyangga(stick kek pena) gitu biar mulutnya kebuka terus lidahnya keluar.kata dokternya sih biar dia bisa nafas, nah pas ku tanya apa ini udh bisa dibawa pulang apa tunggu kucingnya sadar dulu? kata dokternya udh bisa dibawa pulang tp penyangga nya jgn dilepas biarin aja kalau dia udh sadar dari bius dia bakal lepasin yg nyangga mulutnya, dan dia sadar mungkin sekitar 2-3 jam lagi kata dr nya. nah pas dijalan pulang sekitar jam setengah 8an, saya masih nyari colar utk penyangga lehernya saran dari dr supaya kucingnya ga gigit kateternya.
    nah pas dirumah sekitar jam 9an saya letakin di kandangnya, tp setelah jam 10 kucing saya udh gak naik turun badannya alias kek gak nafas gitu, saya telfon dokternya dia suruh tarik lidahnya keluar dan cubit telinganya.terus saya coba raba detak jantungnya udh lemah:(( saya gak ngerti gmna lagi, apa proses pasang kateter dan penyangga di mulut itu emg dilakukan pd setiap abis operasi nya?jelasin dong kak berdasar pengalaman kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku g pernH pakai stik penyangga. tapi mungkin bener biar bisa napas..biasanya selama ini kalau dikateter pasang aja. sama kayak manusia dikateter saja tidak perlu tindakan yg gimana2.
      dibius mungkin karena biar diem kali ya? cuma kalau aku g bolehin kan dia drop dibius takut ngedrop.
      tapi yang tau sikon pas ngateter kan dokter dan kamu makanya bius dilakukan berarti perlu mungkin emang.
      sekarang gmn? udah sadar kan? dilepas aja penyangga mulutnya mba. gpp..saat kucing fus emang badan dingin dan lemah makanya pakein lampu biar rada angetan.
      cpat sembuh ya

      Delete
    2. Kak kucingku habis d kateter hari ini & d bius.. Tp msh blm sadar juga. Aku cek msh nafas. Itu kira" brp lama ya dia bsa sadar lg ? Aku takut kucingku gak bangn lagi 😭

      Delete
  31. Makasih kak infonya. , udh 2 hari kucing sodara aq minho kena. , udh di bawa ke klinik. Tapi katanya udah penanganan juga. ,tapi gk ada hasil, dan gk di infus segala kayak gitu mba. , ini baru hari ini aq kasih batugin. , dan baca artikel n koment tman² semua. , makasih mba ,jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  32. Barusan semalam si Boby dioperasi krn hal yg sama, tp mungkin krn sdh terlalu lama & dia sdh gak sanggup lagi nahan sakit akhirnya subuh tadi dia meninggal :'( umurnya baru 1thn 2bulan...
    Maafkan kami Boby... kami tdk pernah menyadari sebenarnya 'nakal'mu adalah caramu menunjukkan kalau kamu merasa sakit :'(
    Kami semua sangat menyesal & merasa kehilangan sekali...

    ReplyDelete
  33. Saat ini kucingku juga lagi ngalamin kena FUS umurnya 1 tahun 8bulan, Ras Persia. selasa tanggal 30 kemarin sudah ak bawa ke dokter dan dipasang kateter, waktu didokter sempet disedot pipisnya dan warnanya sudah merah banget. Dua hari sebelumnya si boemby (nama kucingku) susah pipis bolak balik ke liter box sampai ngeden berkali kali pipis juga gk keluar kelihatan kesakitan banget, di selasa dini hari mungkin saking sakit dan stres nya si Boemby mainin air minumnya yang aku taruh dibaskom diacak acak sama dia air ditumpahin kemana2 sampe sampe ak kebangun dari tidur karena denger itu. Oke back to dokter, waktu diperiksa itu si boemby msh aktif meskipun sudah gk seaktif biasanya info dari dokter si boemby harus dipasang kateter dan si dokter sempet kesulitan pemasangan kateter karena kristalnya sudah banyak yg menyumbat,tapi untungnya sama dokternya di coba beberapa kali sampai akirnya berhasil pasang kateter tersebut dari situ akirnya pipisnya bisa disedot dan banyak banget keluar (warna merah ) pantesan boemby ngerasa kesakitan segitu banyak air pipis gak bisa dikeluarin, sebenarnya dokternya nyaranin untuk rawat inap, tapi karna masalah money masih belum mencukupi akirnya boemby saya bawa pulang kerumah untuk dirawat sendiri dirumah,makan mulai saya ganti dengan RC Uninary dan tiap pagi dan malam saya kasih obat yang dari dokter, oh yaa satu lagi mungkin bisa dipraktekin untuk kucing yang lagi ngalamin FUS info dari dokter tersebut coba diraba bagian perut bawah deket saluran pipisnya kucing biasanya kalau kucing gak bisa pipis bisa dibantu dengan mendorong atau memencet area tersebut "tapi jangan keras keras" kasian kucingnya, dan ini berhasil membuat pipis kucing keluar (tapi ingat kalau berasa kandung kemihnya sudah besar boleh dipencet kalau biasa aja jangan loh ). Ini bisa dilakukan apabila kucing sudah dipasang kateter yaaa jadi pipisnya bisa keluar lewat kateter tersebut.
    Saat ini kondisi boemby belum sembuh, dia gak mau makan dan gak mau minum, tapi aku suapin biar ada tenaganya dan rencanya hari ini mau ak bawa kedokter lagi untuk diinfus biar ada tenaganya. minta doanya ya teman2 semoga boemby bisa sedera sembuhhhhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga boemby cepet sembuh ya... :* memang itu makanan faktor penting :") untung ada urinary kalau dulu g ada itu entah cucuth bisa bertahan atau tidak :")

      Delete
  34. kucingku janta umur 2 th 4 bln. gejalanya sering jilatin kemaluannya. sama bagian testisnya agak membesar kira2 dlu cucuth wkt fus gtu juga g y mhn blsny momy cucuth. soalny pipisny msh mau di literbox tp g merhatiin banyak dikitnya. tp kmrn dia hbs stress gara2 3 hr tak mskin pnitipan hewan. katanya dsna g mau mkn minum. apa gra2 itu y. kalo dksh batugin sbgai pncegahan gmn y. soalny lg g ada budget buat ke vet. thanks

    ReplyDelete
  35. momy cucuth boleh tanya. dlu wkt cucuth kna fus testisny mmbsar g y. kucingku jntan umur 2,4 thn. sering jilatin kemaluanyya sama testisny agak membesar. msh pee di litterbox tp g merhatiin bnyk ato eganya. mknnya msh banyak. trs skrg agak kurang aktf.kalo dksh batugin sebagai pencegahan gmn y. soalny kmrn 3 hr hbs stres gtu gara2 aku titipin k penitipan hewan. ktnya dsn mknnya dkt. apa gra2 stres y. mhn info pngalammnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatiin peenya klo dia bolak balik tapi g pipis itu bahaya. cuma cucuth..... testisnya dah g ada soale steril xD
      Kalau dia susah pipis kasih batugin buat awalan gpp tapi kalau bukan karena susah pipis jangan atuh
      kalau biar jelas bawa ke vet aja diperiksanya cepet sembuh ya

      Delete
  36. Kucingku hbs di kateter, tp dya gmau mkan, mnum Mau, tp dkit2
    Solusinya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih minum terusan yang banyak ^^ emang gitu hehehe

      Delete
  37. mba maaf ganggu, mau nanya mba. kebetulan kucingku sakit fus juga. sudah 3 hari di opname dan dipasang keteter, skrg keteternya sudah di lepas dan sudah boleh pulang, tp pas saya perhatikan pas dia pipis dirumah masih ada darahnya sedikit mba, saya mau nanya apakah kucing mba setelah keteternya dilepas dan sudah pulang dari ranap memang masih keluar darah sedikit seperti itu mba? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang masih ada walau g banyak. yang penting ga mampet ^^

      Delete
  38. Mbk.... Boleh minta kontaknya?
    Pin bb ku : 5ACF039D tolong di invite ya? Aku mau ngobrol banyak

    ReplyDelete
  39. Mbak mau tanya kucingku pernah sakit fus sempat dirawat 10 hari di klinik dan sembuh..dr oktiber pake RC urinary terus kata dokter hrs ganti makanan biasa..dry food baiknya merk apa ya untuk mantan fus..imo im organic bagus gak ya..sblm sakit fus makanannya RC jd malah khawatir ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai urinary cuma pas sakit aja mba jadi bukan waktu lama. Habis itu balik lagi ke rc 30 atau 32.
      Imo belum pernah nyoba mbak kebetulan. Kalau balik ke daging sebenarnya bagus cuma aku males ngolah xD

      Delete
  40. Kak maaf mau tanya. Aku baru pelihara kucing tapi kok aneh ya dia pipis mulu dan lama. Terus waktu digrooming kok kata masnya ada indikasi dia kena FUS. Saya baru pertama kali ini pelihara kucing nih Kak. Kalo ke Vet itu biayanya berapa ya? Dan kalo sampe pasang kateter itu biayanya sampe berapa? Makasih

    ReplyDelete
  41. Mbak kucingku udah seminggu pasang kateter dan besok lepas tp dari awl psang kteter npsu makanny bener2 kuraang ap memng seperti itu? Tpi kalo minum dia banyk banget , badannya juga sering dingin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. badan sering dingin iya makanya aku kasih lampu selama dia belum sembuh biar agak hangat.
      napsu makan kurang, tapi dicoba ditemeni makan. kalau minum banyak bagus atuh, jadi cepet bersih salurannya.
      maemnya pakai yang urinary dulu ya sampai sembuh

      Delete
  42. Kak mau tanya, kucing saya kan barusan di kateter hari sabtu kemaren uda di sedot jg yg ada di kantong kemihnya tp ngga di kasi obat apa2 cuman antibiotik. Terus katanaya dokternya uda bersih benjolannya ngga ada. 1 hari kencing masih ada darah tp engga parah, besoknya air kencingnya uda normal tp nasih netes2 . Selang 2 hari hbs di kateter tepatnya hari senin saya balik lg ke dr buat cek. Terus katanya masih ada benjolan. Nah akhirnya di urut lumayan kencingnya keluar banyak. Tp dokter nyaranin buat kateter lg gmna mnurut kakak? Kondisi kucing sih skg makan oke,minum jg oke kencing netes2 doang tp warna normal. Apakah saya coba dulu buat kasih batugin? Soalnya kasian jg kalok kucing di kateter terus belom jg 1 minggu. Dan biayanya jg ngga murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp dicoba batugin sama minum yang banyak sama makanannya sementara urinary. Sama terusin obat dari dokter ya

      Delete
  43. mbak aku ga tau kucing ku kena fus apa engga. yang pasti dia jarang minum, jadi aku beliin rc urinary sebagai pencegahan kena fus. menurut mba gimana kalo rc urinary dikasih ke kucing yg ga kena fus? aman kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kataku jangan :D.
      rc urinary buat yang sakit masalah ini aja yang nggak jangan atuh kasian

      Delete
  44. kak , kucing jantanku 1.5 tahun, udh 2 hari ada tanda2 susah kencing, dia jongkok lama banget tp urin yg keluar cuma sedikit,
    *tp kadang2 jadi suka kencing sembarangan, malah gak jarang pas di gendong tiba2 kencing nya banyak, lancar kaya air mancur, hampir kena muka aku , hehe :D (ga ngerti dah).
    kondisi kucing saat ini masih aktif kaya biasa main loncat sana sini, nafsu makan & minum masih normal.
    .
    karna khawatir langsung aku bawa ke Dr.H. hari itu juga, kata dokternya di saranin kasih makan RC urinary dulu & di awasi perkembangannya, baca2 artikel tentang ini jadi takut klw kenapa napa sama si kucing, dan kata dokternya kalau pasang kateter biayanya 800rb-an. :(
    .
    yg jadi pertanyaan nih kak, karna baru 2-3 hari ada tanda2 & langsung di kasih RC urinary, apa bisa sembuh cuma dengan itu makanan & minum teratur ?
    ,trus aku ada dengar tentang "kateter",masih belum paham sanget, fungsi itu sebenarnya untuk keluarin "kristal" nya biar sembuh, atau cuma biar urinnya lancar yah ?
    ,nah klw cuma buat lancarin urin, masalah "kristal" yg menyumbat dimana ngeluarinnya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat kucing lagi drop makan ini sangaaaat ngebantu. Huooo pasang kateter mahal ya xD. Beda2 tiap vet emang.
      Kateter buat keluarin kristal sehingga urin lancar

      Delete
  45. Halo.. Kucingku paska kateter pipisnya masih dikit2. Tapi sering. Skrg udh sekitar seminggu masih sedikit. Aku mau tanya, batugin itu buat yg memang sebelumnya dibilang ada batu? Atau kalau ga ada batu bisa dipake juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kateter kenapa? bukan berarti bentuknya batu seh..tapi pasir gitu. diperbaiki pola makan saja dulu sementara urinary

      Delete
  46. Halo Mbak. Kucingku pagi tadi menunjukkan gejala seperti yang mbak tuliskan. Semula saya mau bawa ke vet, tp hari minggu tutup ternyata. Dokternya ke luar kota. Saya bingung. Takut banget Jeki kenapa2.
    Saya coba googling katanya air kelapa bisa bantu, tapi sudah saya minumin masih belum pipis.
    Terus saya cari kejibeling dari komenan di atas yang saya baca. Bentuknya kapsul. Saya kasih sedikit aja dilarutin di sendok pakai air. Dan minuminnya susah banget. Jeki nggak suka. Mungkin karena pahit banget.
    Saya bingung harus ngelakuin apa lagi sambil menunggu dokternya pulang nih mbak. Takut banget.
    Jekinya juga gak mau makan dan minum. Alhasil ya aku pakai suntikan itu ke mulutnya supaya dia tetap punya cairan.
    Oh iya.. kadang2 dia bisa pipis tapi keluarnya cuma setetes dan alhamdulillah bening. Terus kalau dipegang perut bawahnya dia ngerang, kayak kesakitan gitu mbak. Kasian :"(
    Jadi berdasarkan pengalamanku ini, aku harus gimana ya mbak? Please. Bantu jawab. Terima kasih mbak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Skrg gimana
      Batugin kejibeling buat pencegahan sebenarnya
      Kalau pengobatan ttp kudu masuk anti inflamasi dr vet nya dan dikateter. Maemnya gimana? Beri yg urinary dulu ya sama spuitin minum yang banyak. Maaf baru balas

      Delete
  47. Mba saya mau tanya. Kucing saya sudah 3 hari ngga bisa kencing sama BAB. Trs td pagi saya bawa ke vet. Tapi kateternya ngga bisa masuk ke saluran kencingnya. Jdnya kencingnya disedot paksa pake suntikan. Kalo kateter ngga bisa masuk, ada obat lain ngga mba? Biar kristal2 penyumbat saluran kencingnya itu bisa larut dan ngga bikin nyumbat. Makasi mba infonya. Tolong doakan kucing saya smg cepat sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minumin yang banyak sama makan yang urinary ya
      kenapa kateter ga bisa masuk :O harusnya vet nya bisa
      satu2nya jalan biar pasire keluar itu soale :((((
      cepet sembuh ya kucingnya sayang :(

      Delete
    2. Kucing saya sudah 2 kali di kateter dalam seminggu tapi msh blm bisa masuk alatnya :( kata vetnya itu terjadi krn adanya pembengkakan saluran krn si jumbo kucing saya blm pernah kawin dan juga ada beberapa batu2 kecil. Saya sedih banget mba, cuma itu satu2nya cara. Jd hari ini cuma dikasih antibiotik sama obat inflamasi. Saya baca komen2 di atas, ada yg sampe 10 hari baru kateternya bisa masuk. Semoga wkt kateter yg ke-3 nanti berhasil :'). Si umbo mau di x ray nanti biar tau dmn letak sumbatannya dan knp ngga bisa masuk.
      Saya nangis terus, pdhl jumbo kucung yg aktif, penurut, lincah, lucu, ngga pernah sakit. Mohon doanya mba semoga kucung saya bisa sembuh :').

      Delete
    3. i feel you... ngerasain dulu pas cucuth gini hiks
      semoga jumbo cepet sembuh ya... yang sabar

      Delete
  48. Mbaa kucingku kalo jalan sempoyongan. Dia udh 7 hari sakit FUS. Aku baru nemu dokter yg bisa operasi uretra. Tp gmn yaa aku takut kucingku malah makin drop. Tp disisi lain, pake kateter juga nggak mempan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dek maaf baru jawab, sekarang kucingnya gimana
      kateter buat ngeluarin yang mampet tapi tetep kudu diinfus atau diminumin banyak
      skrg gimana :"(

      Delete
  49. Mba.. Maaf ikutan comment.. Kasus mba sama dg kucing saya ibek, ibek terpaksa di operasi saluran uretranya karena itu satu2nya menyelamatkan nyawa ibek krn sdh dipasang kateter2x ttp saja gak sembuh2.. Ternyata jaringan uretra ibek didalam sdh robek dan membusuk, akhirnya ibekpun dioperasi dan alhamdulillaah setelah dioperasi ibek berangsur2 pulih.. Semoga anabul mba lekas sembuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya sama ky kucingku cateter gk bisa masuk, kmungkinan ada pembengkakan tp khawatir jg klo sampe harus operasi 😭

      Delete
  50. kak kucingku habis kateter baru di ambil dari dokter skitar 4harian
    masih aku kasih makan RC urinary SO
    masih minum obat juga
    tapi perutnya kok masih besar ya?
    trus urinya masih berdarah dikit2
    dulu kucingnya gini juga atau gak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil banyakin minum dek. cucuth itu 2 minggu baru sembuh banget

      Delete
    2. Mbk maaf mau tanya kucing saya bombom dari kemaren lusa itu susah buat kencing terus kemaren kencingx gk keluar sama sekali,, q mau bawa ke vet tpi baru bsa jam 5 kata dokternya,, skeng bombom lemes cuma tiduran kalau perutx dipegang kesakitan,, saya bingung,, kira" saya harus giemana ya mbk,, bombom umurx 2thn

      Delete
  51. Alhamdulillah nemu tulisan mbak ini, jd mengurangi kepanikan saya. Kucing saya, namanya Bubu,kucing kampung, usia 1thn 3bln, blm pernah kawin krn dlm rmh trs, hr Kamis kmrn saya perhatikan pipisnya ngeden dan berwarna merah (tp tdk kental), setiap 5 menit bgtu..lalu dia sembunyi di loteng, dipanggil2 tdk mau keluar. Jumat Pagi dia muncul, saya ksh mkn daging ayam, dia mkn dgn lahap..sore plg kerja, saya ksh nasi+ikan cue, diapun lahap mknnya, tp tdk mau minum, saya paksa dia minum. pipisnya msh ngeden, tp sdh tdk merah. Sabtu pagi, Bubu ngeden tiap 3 menit, pipisnya keluar sedikit tp dah Kuning biasa, lalu saya ksh minum kelapa ijo, dan kapsul kejibeling. Minggu pagi ini, pipisnya msh ngeden. Menurut mbak, Bubu kena fus/tidak? Apa dia kurang minum saja? Bbrp Hari ini sptnya dia stress pngn kawin, tp tak ada betina. Mhn pencerahannya ya, mbak...hr Kamis itu sempat mau bawa ke vet, sblm ksna saya tlp dulu..kt vet nya kucing bisa rawat inap klo udh Di vaksin, smntra Bubu blm kena vaksin satu kalipun, saya jd tdk PD ke vet

    ReplyDelete
    Replies
    1. pipis merah sebenarnya bukan karena birahi (tapi bisa aja seh hehehe) pastinya ada luka makanya berdarah dan bengkak. itu kenapa bisa kamu tau kalau dipegang langsung dokternya dek

      sekarang gimana

      Delete
  52. kaaaa, hari ini aku baru cek kucingku ke vet, positif ke fus, sudah di jelaskan sama vetnya untuk mulai lakukan kateter dan terapi lainnya, cuma dari akunya masih krisis keuangan, ku tanya sama dokternya kalo misalnya ditunggu sampe akhir bulan gimana, kata dokter ga bisa, aku lgsg stres, mksudku sih pengennya dikasih obat apa dulu gtu buat nahan sakitnya sampe nanti bener" kateter, tapi sama dokternya ga disaranin apa" 😭😭
    kalo aku boleh tanya(mungkin kaka tau) kira" kuat brp lama ya kucingnya kalo blm dikateter? trs kira" ada obat yg bisa nahanin sakitnya ga? thanks ka sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya langsung dikateter biar yang nyumbat bisa keluar dulu
      dokternya sudah benar itu untuk dikateter dan keukeuh harus begitu. Karena memang begitu dek

      Delete
  53. hai kaka, seneng nemu tulisan mba ini. tadi aku baru ke vet, dan kucingku positif kena FUS dan harus dikateter, aku blg ke dokternya aku masih terkendala masalah biaya, dan aku tanya kira" bisa/engga tunggu sampe minggu depan, dokternya hanya gelengin kenapa dan tetep kekeh sama saran pengobatan yg sdh beliau jelaskan, dan aku makin stres 😭😭😭 bingung setengah idup harus gimana, akhirnya aku bawa pulang kucingku dan aku beli RC urinary, kucingku sama sekali ga mau makan apalagi minum 😭. aku mau tanya ke kaka, mungkin aja kaka tau, kira" kucing kuat brp lama ya sampe tunggu dikateter? trs kira" ada obat untuk pencegahan sakitnya walaupun sedikit?
    mohon jawabannya ya ka, terima kasih sebelumnya 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh maaf banget baru baca πŸ˜₯
      Kalau yang sumbatannya ga dikeluarkan kucing akan kesakitan dan akibatnya bisa fatal :"(
      Saranku ubah gaya hidup makanan ya

      Semoga skrg udah sehat dan ga sakit fus lagi

      Salam sayang dari cucuth

      Delete
  54. .mbak mau nanya,,kucingku kan habis di kateter,,udah dua hari ini dia pipis terus hri pertama dia pipis darah trs hari kedua udah mulai berkurang darahnya dan hanya pipis warna kuning kecoklatan,,dia tak kasih makan urinary sama obat yg dri vet dan dia minumnya juga banyak tp makannya susah dan mesti aku cekokin biar dia makan,,tp setelah makan jarak agak lama an dia pasti muntah,,dan udah dua hari ini setelah di kateter dia gg pup sama sekali,,itu gimana ya mbak masih normal atau gimana? Mohon di bls ya mbk

    ReplyDelete
  55. .mbak mau nanya,,kan kucingku dua hari yg lalu habis dikateter,,satu hari setelahnya pipisnya masih campur darah dan hari kedua darahnya udah mulai berkurang,,dia tak kasih makan urinary tp dia gg mau makan akhirnya aku cekokin (tapi cuma sedikit banget makannya gg seperti biasanya) dan aku juga cekokin obat yg dri vet,,kalau minumnya dia minum sendiri dan buanyak banget minumnya,,tp mbak setelah makan jarak agak lama sih dia pasti muntah,,dan udah dua hari ini juga stelah di kateter dia belum pup,,itu gimama ya mbak masih normal emang gitu atau tidak normal ya mbak,,dan aku harus gimana ya mbak? Sedih campur bingung,,mohon di bls ya mbak πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mba. Nanti pup juga. Yang penting minum ama makan dikit2 ya kalau bisa soalnya mau g mau kan ttp kudu ada asupan yang masuk

      Maaf ya baru balas :")

      Delete
  56. Kucing ku abis di keteter dan baru 2hari jdi blum di lepas, pipisnya kmna mana, apa boleh aku sediakan pasir dalam kandang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Tapi cepet bersiin ya takut nempel ke kelamine si meong.
      Aku lebih seneng pake koran

      Delete
  57. Kak kucing aku udah di kateter sekarang jalan 3 hari. Belum pup juga tapi untuk kencing dia biasanya lama tapi setelah di kateter pipisnya bentar. Udah aku kasih RC urinary so tapi berhubung yg drynya habis adanya yg wet.berhubung masalah keterbatasan dana aku campur RC urinary so nya dengan fillet ayam yg di rebus kalo RC urynary aja saya ga sanggup ka masalah dananya. Saya baca2 ternyata bisa pake batugin ya ? Itu efeknya gmn ya ka ? Apakah bisa memperlancar kencingnya ? Menurut kaka kalo aku campur RC urinary dengan filet ayam yg di rebus gmn? Mohon jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan dicampur daging gpp sih asal kucingnya mau makan yg penting
      .untuk batugin itu lebih ke mencegah kalau buat cucuth.cuma kalau obat lebih baik konsul dokter dek

      Delete
  58. Kak kucing aku udah di kateter dan saya kasih makannya RC urinary so tapi berhubung harganya sangat mahal dan saya terkendala masalah dana jadi saya campur dengan filet ayam yg di rebus.menurur kaka gmn ? Ouh ya saya cari2 info katanya batugin bisa untuk kucing juga ? Takarannya segimana ya ka ? Kucing saya beratnya 5,2kg

    ReplyDelete
  59. Kak kucing saya terkena fus dan udah di kateter ini udah hari ke 4 sama dokter cuman di kasih antibiotik sama obat radangnya.dan di suruh sama dokternya pake RC urinary so berhubung harganya mahal alhasil saya combain dengan rebusan filet ayam di campur RC urinary.itu gpp kan ka ? Terus saya baca blog kaka katanya pake batugin bisa ? Tapi kucing saya masih makan obat dari dokter,kalo obatnya udah habis boleh saya kasih langsung batugin apa ada jeda berapa hari dari habisnya obat yg di kasih dokter ? Pipisnya udah ga lama tapi masih terlihat sedikit ngeden.banyak atau tidaknya urin yg dia keluarkan saya kurang tau soalnya di pipisnya di kloset. Mohon jawabannya ya ka.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu itu ngasih barengan. Soale batugin kan suplemen. Cuma emng lebih baik konsul dulu kalau obat2an. Takut salah soale dek. Kalau abis ini bisa kasih daging ayam lebih enak

      Delete
  60. Mbak,mau nanya. Kucingku awal puasa kan susah pipisnya, lgsg aku konsultasi ke dokternya mbak, diksh nephrolit Sehari 2x 1/2 kapsul, udah 2 mingguan lah mbak, pipisnya msh ngeden. Lha tadi mlh keluar darah segar mbak, tp dah dicek dokter katanya nggak pa2 blm perlu dikateter, trus saya hrs gimana ya mbak. Nephrolit itu samakah sama keji beling? Pakan sudah ganti rc urinary care juga,minum sehari brp ml mbak klo boleh tahu, saya sering spet in dia, tiap 2 jam sekali, pake spet 5ml sampai 5x dlm 2 jam. Kira kebanyakan nggak ya? Doainya mbak moga nggak pa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku sejam sekali 5-10ml. Nephrolit untuk saluran kemih ginjal juga.aturan pas awal itu g cocok keknya ya sampe bisa malah keluar darah,:(.
      Cepat sembuh ya

      Delete
    2. punyaku terakhir kemarin ke dokter jg dikasi nephrolit tapi sekarang kambuh lagi, hubungi drh.nya katanya suruh kasih obatnya lagi tp sampai sekarang blm bisa² pip, kasian liatnya 😒😭

      Delete
    3. kesian liat ucing ga bisa kencing mba, dikasih makan/minum muntah terus, tadi saya ke vet, minta langsung di kateter, bener aja, isinya sudah merah,bincang2 sama dokternya ini itu ini itu(sama dgn solusi yg sudah saya baca diatas), saya tanya apakah ada solusi selain makanan? soalnya kucing saya 9,ga kliatan kalo salah satu ada kesulitan kencing. dokter ngasih jawaban: bisa... kucing jantan bapak di jadiin perempuan.. mohon infonya mbak. thanks

      Delete
  61. Mbak mau nanya, kucingku baru lepas kateter beberapa hari yg lalu, tapi pipis nya masih ngeden tp gak ada darah dan normal, sebentar sebentar mau nya pipis melulu kadang cuma sedikit pipisnya apa karna emang efek lepas kateter ya? Cucuth kaya gitu gak mbak?

    ReplyDelete
  62. Halo kak. Kak, kucingku namanya BoB. 2 hari lalu dikateter trus dirawat inap sehari abistu kubawa pulang. Kateter masi dipasang. Kata dokternya minggu depan baru dilepas. Ini ku rawat dirumah dikandangi trus makannya rc urinary so. Alhamdulillah pipisnya uda gak banyak darah kayak pas baru pasang kateter pipisnya darah semua :(. Tapi kan kak, si BoB belum ada pup dari 2 hari lalu? Itu gimana ya kak? Padahal makannya lumayan banyak. Kalo pipis keluar terus karena masi pake kateter. Tapi belum pup dia nya :(

    ReplyDelete
  63. Hai kak, kucingku jantan (sekitar umur 4th nan) kan ga bisa pipis, trs ak bawa ke vet di kateter.. setelah di kateter, pipisnya banyak bgt yg keluar trs perutnya yg gembung itu, berangsur2 normal lagi.. nah pemasangan keteter hari 2, masih suka pipis tp warna nya udah kuning bening cuma masih ada darahnya dikit kyk warna pink2 muda gt.

    Apa dulu cucuth juga gt ya kak waktu masih dipasang kateter? trs kl misalkan aku sekarang kasih keji beling capsul / batugin apa nggak papa ya? maksutku biar kristal/batu2 nya keluar gt, kan mumpung lg pasang kateter, kan lubang kateter lebih gede drpd lubang penis nya dia sendiri gto sih..

    untuk makanan sih ak kasih urinary, sedikit2 tapi sering + dicampur di pakannya biar ga perlu spuit2 lagi.. air minumnya(ak sediain di mangkuk kecil gto) juga ak campur royal canin recovery, apa gpp ya? soalnya kl air putih polosan gt dia ga suka kak, kl dikasih recovery gto bisa minum/makan banyak bgt..

    tolong dibales ya kak, ak bingung soalnya ini jg kucing pertama, eh kena fus lagi T.T

    thank you kak..

    ReplyDelete
  64. Hai kak, kucingku jantan (sekitar umur 4th nan) kan ga bisa pipis, trs ak bawa ke vet di kateter.. setelah di kateter, pipisnya banyak bgt yg keluar trs perutnya yg gembung itu, berangsur2 normal lagi.. nah pemasangan keteter hari 2, masih suka pipis tp warna nya udah kuning bening cuma masih ada darahnya dikit kyk warna pink2 muda gt.

    Apa dulu cucuth juga gt ya kak waktu masih dipasang kateter? trs kl misalkan aku sekarang kasih keji beling capsul / batugin apa nggak papa ya? maksutku biar kristal/batu2 nya keluar gt, kan mumpung lg pasang kateter, kan lubang kateter lebih gede drpd lubang penis nya dia sendiri gto sih..

    untuk makanan sih ak kasih urinary, sedikit2 tapi sering + dicampur di pakannya biar ga perlu spuit2 lagi.. air minumnya(ak sediain di mangkuk kecil gto) juga ak campur royal canin recovery, apa gpp ya? soalnya kl air putih polosan gt dia ga suka kak, kl dikasih recovery gto bisa minum/makan banyak bgt..

    tolong dibales ya kak, ak bingung soalnya ini jg kucing pertama, eh kena fus lagi T.T

    thank you kak..

    ReplyDelete
  65. Mbak..Sedihnya sama ky ngliat neo ku,pulang kerja mematung di kamar mandi (pdahal neo anti kamar mandi),gak mau makan minum muntah2 trus..akirnya tak bawa ke drh skrang dikateter..ak kira dia kena distemper tp kata drh nya ISK,. Ini hari ke-2 pasang kateter, tp neo belum mau makan minum sendiri, musti dipaksa & disuapin pke spuit.. Apa mmg gejalanya sprti itu yaa mb? Semua yg kena FUS gak doyan makan..Nanti lama2 napsu makannya numbuh lg gak yaa

    ReplyDelete
  66. Ass..mba kucingku kiemee, ngompol terus semenjak dikasih calcusol pelancar kencing, kasian jga jdi basah trs bagian blkngnya, mau pake pempes mikir ntr pupnya gimna?....trs apa boleh, slgi blm sembuh sakitnya sy bawa ke petshop to di growming, kasian bedanya udah bau ompol bgt...nah rncna stlh growming, pake pempes lgi biar gak basahi bulunya

    ReplyDelete
  67. Ass..mba kucingku kiemee, ngompol terus semenjak dikasih calcusol pelancar kencing, kasian jga jdi basah trs bagian blkngnya, mau pake pempes mikir ntr pupnya gimna?....trs apa boleh, slgi blm sembuh sakitnya sy bawa ke petshop to di growming, kasian bedanya udah bau ompol bgt...nah rncna stlh growming, pake pempes lgi biar gak basahi bulunya

    ReplyDelete
  68. halo mbak kucingku si tobby malem tadi dia di kateter karena fultd nah,malem kan saya kasih collar tapi dia ngga nyaman saya paksain karena takut dia narik kateternyan, ternyata collarnya berhasil dia lepas,akhirnya saya coba ngga pake collar dengan perasaan was-was dan pagi ini waktu saya cek kandangnya,dia ternyata ngga ada,dan waktu saya cari keadaanya lagi dilantai atas dengan kateter yg menghilang,nah kalau kateter terlepas begitu apa sebaiknya saya ke vet lagi atau habiskan dulu resep obat dari dokter?, dan sebagai hasil dari kenakalan si tobby akhirnya dia ngejen lagi pipisnya

    ReplyDelete
  69. Mbak kucingku Persian jantan umur 2 tahun. 2 hari yg lalu aku periksa dia ke vet karena lemes dan bolak balik pipis tp ga keluar. Vetnya ga bilang sakit apa, cuma deskripsiin aja dan deskripsinya mirip. Langsung dipasang kateter dan dikeluarin pipisnya yg udah campur darah dan kristal. Dikasih obat dan antibiotic juga, disaranin makan urinary dan konsul lagi 4 hari kemudian
    untuk check up dan lepas kateter (2 hari lagi). Hari ini sih udah mendingan mau makan, masalahnya... Kateternya copot. Aku harus bagaimana huhu

    ReplyDelete
  70. Kak.. Mau tanya.. Kucingku hbs di kateter kamis lalu.. Kmrn sdh lepas kateter dan hari ini sdh dibawa pulang tp ternyata blm bs pipis dia bolak balik litter box ga keluar2 pipisnya :'( kata dokter saluran VU nya msh bengkak dan tadi dokternya blg hrs di bantu pencet pelan2 VUnya supaya bs pipis tp aku blm nemu saluran VUnya. Skg kucingku tidur2an dilantai dia ga nyaut dipanggil, trs ngeluarin suara kayak marah gt pas aku deketin kayak agresif, persis pas sblm dia di kateter. Aku kasian apa dia kesakitan :'( udh dksh obat yg kyk pasir gt warna oren sama yg ijo aku lupa namanya. Aku hrs gmn ya kak.. Apa ini normal dia ga bs pipis pasca lepas kateter dan jadi diam bahkan agak marah pas dideketin?

    ReplyDelete
  71. Mbak untuk vitaminnya yg cystaid dosisnya bagaimana trus dikasih berapa kali ke kucing?
    Makanannya kalau saya kasih whiskas basah campur proplan atau royal canin hair&skin bagus atau tidak ?
    Rc urinary di kota saya ngak ada ssh mutar mutar nyari tapi ngak ada.

    ReplyDelete
  72. Kak kucingku udah 3x dikateter, kata dokter belom terlalu parah karena blm sampe ke ginjalnya (amit-amit). Aku udah ada opsi untuk operasi, tapi kayaknya pengen perawatan diet urinary dulu kak. Bisa kasih saran gak kira2 sehari hari aku harus gimana perawatannya? Harus dikasih apa aja untuk meminimalisir sumbatan lagi, seenggaknya aku mau mengurangi perjumpaan sama dokter. Makasih kak

    ReplyDelete
  73. Kak kucingku jg ngalamin kyk gini. Ini hari ke 3 dia pkai kateter, sabtu rako dipasang kateter, pas minggunya peenya rako udh bening gitu, tapi pas senin pagi aku liat peenya jadi kemerahan lagi. Pdhl makannya udh pkai urinary. Dan rako semenjak pkai kateter jg sulit pup. Kasih saran dong kak biar peenya ngg kemerahan lg. Biar cpt sembuh.

    ReplyDelete
  74. Mb ini hari ke3 kucingku pkai kateter. Rako pkai kateter mulai hari sabtu. Di hari minggu peenya udh bening. Tp dihari senin pee kucingku malah kluarnya darah segar. Minta solusinya dong mbak, aku ngg tega liat dia kayak gitu.. nangis trus bawaannya.

    ReplyDelete
  75. mbak mau nanya, gimana hasil penggunaan cystaid plus, apakah ada manfaatnya? kucing saya kena fus. lagi coba dikasih rc urinary so paling enggak 3 hari ke depan, kalo gak sembuh rencana mau ke vet. mohon info tentang pengalaman pakai cystaid plus. terima kasih.

    ReplyDelete
  76. Pagi kak, Alhamdulillah ketemu blog ini, kucingku Oren tgl 22 nov kemarin juga pasang kateter dan dirawat di vet 4 hari, pipisnya sampe disedot dan iya warnanya merah, tapi dia masih mau makan n minum jadi ga diinfus

    Setelah 4 hari dirawat pipisnya udah normal dan kateter dilepas kemudian saya bawa pulang, makanan ganti ke RC urinary kata dokter minimal selama 1 bulan

    Tapi ini baru 2 minggu setelah pulang kumat lagi pipis berdarahnya, padahal makanan masih RC urinary

    Apa dikasih kejibelink bisa membantu melarutkan sumbatannya ya ?

    kalau minum sih terlihat cukup sering minum, mau saya tambah spetin takut dia kembung ga sih ?

    Maaf banyak tanya, berat juga biayanya soalnya kalo bawa ke vet lagi :( makasih banyak sharenya kak

    ReplyDelete
  77. Haaay kak, mau sharing+nanya ..
    Jadi kucingku baru di kateter sehari , sebelumnya udh ga bisa pipis+pup 5 hari, udh di bawa ke dokter dikasih suntikan, dan obat tapi malah ga mau makan dan cm tidur aja, akhirnya karena muntah terus aku bw si mpus ke dokter dengan tindakan di kateter krn perut udah besar dan keras, kata dokter vu nya udah full darah+serpihan batu. Krn blm mau makan+ mnum pasca kateter aku mnta dokter utk bantu infus agar gak kekurangan cairan krn pasca kateter urine yg campur darah itu 100cc info dr dokternya setelah kateter aku ranap si mpus krn pas di petshop dia nafsu makan+mnum akhirnya ku blh jemput dia. Sblm plg si mpus di kasih suntikan antibiotik,vitamin. Cm bekas infusanya luka dan bengkak krn si mpus gak betah. Pas ku bawa plg dia mau mnum 2x dan makan setelah itu tdr. pas mlm bangun dikasih makan+mnum ga mau. Di kasih obat pun dia nolak sekarang badannya anget dan nafasnya panas. Apa itu efek samping kateter/krn ada luka bekas infusanya?
    Tp si mpus pipis mlu dan allhamdulillah udh pup lumayan banyak.
    Tolong di bantu jwb ya, untuk efek samping kateter itu apa? Apa buat badan mpus jd anget? Trs penangan setelah ini bagaimana?
    Aku sayang sama mpus semenjak sakit dia cm bs bobo dan ga respon tiap di ajak becanda.. Sedih raaanya.

    Sekali lg tlg di jawab y kak.. Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Haaay kak, mau sharing+nanya ..
    Jadi kucingku baru di kateter sehari , sebelumnya udh ga bisa pipis+pup 5 hari, udh di bawa ke dokter dikasih suntikan, dan obat tapi malah ga mau makan dan cm tidur aja, akhirnya karena muntah terus aku bw si mpus ke dokter dengan tindakan di kateter krn perut udah besar dan keras, kata dokter vu nya udah full darah+serpihan batu. Krn blm mau makan+ mnum pasca kateter aku mnta dokter utk bantu infus agar gak kekurangan cairan krn pasca kateter urine yg campur darah itu 100cc info dr dokternya setelah kateter aku ranap si mpus krn pas di petshop dia nafsu makan+mnum akhirnya ku blh jemput dia. Sblm plg si mpus di kasih suntikan antibiotik,vitamin. Cm bekas infusanya luka dan bengkak krn si mpus gak betah. Pas ku bawa plg dia mau mnum 2x dan makan setelah itu tdr. pas mlm bangun dikasih makan+mnum ga mau. Di kasih obat pun dia nolak sekarang badannya anget dan nafasnya panas. Apa itu efek samping kateter/krn ada luka bekas infusanya?
    Tp si mpus pipis mlu dan allhamdulillah udh pup lumayan banyak.
    Tolong di bantu jwb ya, untuk efek samping kateter itu apa? Apa buat badan mpus jd anget? Trs penangan setelah ini bagaimana?
    Aku sayang sama mpus semenjak sakit dia cm bs bobo dan ga respon tiap di ajak becanda.. Sedih raaanya.

    Sekali lg tlg di jawab y kak.. Terimakasih

    ReplyDelete
  79. Alhamdulillah nemu blognya si embak
    Mba ak mau tanya dong
    Kucingku hbs d kateter sama nginep 4 hari ak bawa pulang soalny uda habis banyak (1,7) �� trs smpk rumah kn masih d kateter+popok lah besoknya kateternya digigitin sama kiko lepas deh. Ak bingung+takut ak bw k dktr lgi katae gpp lepas. Lah yg ak tanyain kmrn2 itu pipisnya g sbrp merah skrg kok merahny lebih pekat lg ya dr kmrn. Ak baca2 d kasih batugin sama vit semacam curc*ma gt. Apa aman? Kucingku umur 1,5thn skrg bobotnh 3,n (kmrn 5,n) tolong d bls ya mba. Mksh

    ReplyDelete
  80. Haloo, disini aku mau sharing tentang kucingku casey. Jadi 4 hari lalu tiba2 dia ngeong ga berhenti henti aku liat dia bolak balik minum terus dan dia berusaha mau pee tp ga keluar aku panik dan lgsng searching google kenapa dan apa penyebabnya. Blog mba ini amat sangat membantu bangetttt. Dengan segera aku bawa ke klinik dan fix lgsng dikateterr mashaAllah denger dia teriak2 kesakitan rasanyaa remuukk hatikuu:” aku minta buat lgsng dibawa pulang krna kl rawat inap disana dia gampang stress *dulu pernah patah tulang kakinya dirawat dsana gamau makan, stlh smpe rumah eehh makannya bnyak bngt* oke kembali lagi, setelah sampe rumah dia ttp gamau makan dan minum dikit2 bngt. Makanan aku pake RC urinary yg basah dan aku paksa krna baca dr blog ini katanya hrs ttp dipaksa makan dan minum. 3 harian dia masih ttp gamau makan minum:( aku ttp paksa krna hrs minum obat juga dr dokter. Setiap bbrp jam dia panggil2 krna hbs pee dia gamau tmptnya kotor hrs dibersihkan br dia diem dan merasa nyaman. Malem hbs aku ksh makan dan minum aku tinggal buat tugas, aku ngerasa kok casey ga manggil, akhirnya aku tengok dan aku pegang badannya udh mulai lemesss bngt kyk lumpuh gitu tp kepala msh merespon dan mau menelan minum:( disitu aku udh berusaha ikhlas bngt kl emang casey mau pergi, pergi aja drpd kesakitan:( pagi jam 3 dia manggil, badan udah ga berdaya tp kepala dan matanya msh merespon aku:” daaannnnn ternyata itu terakhir dia pamiittt:( pagi jam 5 casey udah pergi untuk selama lamanyaaa.. jadiiii untuk temen2 disini yg merasa kucingnya ada tanda2 diatas jgn telaattt bawa ke klinik!! Ganti makanan dengan makanan yg berkualitas sebelum kalian menyesal kemudian hari :”( anyway, sblm sakit casey aku kasih makan bolt krna pas gnti ke bolt dia sukaaa bngttt makannya lahap, bodohnya aku ga searching dlu apakah makanan itu baik untuk jangka panjang atau tidak. Daaan kalo misal ada disini yg membutuhkan RC urinary kering boleh hub aku yaa. Punya casey blm kesentuh krna dia aku ksh makan yg basah. Thnkyouu mba smga ilmu dan pengalaman yg km share disini bermanfaat dan terus mengalir pahala amiinnn

    ReplyDelete
  81. Hallo.....
    Kucing saya bernama monyong,dulu tidak aengaja di jalan saya nemu kucing bayi di tabrak taxi di tengah jalan, terus saya pungut dan saya bawa ke ke klinik hewan yuppie di wonorejo IV surabaya, saya bicara ke dokternya dok apakah kucing ini bisa sembuh? dokternya hanya bilang kita sudah berusaha dan dia luka dalam,setelah itu saya bertanya biayanya kembali sang dokter bilang gratis sesama pecinta hewan saya hanya membantu,hati saya bu dokter ini sangat baik,saya bawa pulang di rumah dia saya taruj di kotak ,karena saat itu saya tidak punya kandang,hebatnya si konyong ini mempunyai semangat hidup yang kuat,setelah 3 hari dia keluar kotak dan minta makan,saya kaget dan senang,beranjak dewasa karena dia tidak pernah sekalipun keluar rumah selama 1.5 tahun,dia mencoba keluar dan pulang pulang dia seperti bucara kepada saya dengan tatapanya yg sedih,saya tidak menherti artinya itu selang 1 jam dia muntah2 kejang2 jam 11 malam sampai tidak sadar,saya bingung jam 11 malam tidak ada klinik ada teman memberi saya refrensi dokter 24jam di surabaya,dengan semangat saya bawa monyong perjalanan sekitar 3 jam, sampai di tempat klinik nya tutup juga,saya pasrah saat itu akhirnya saya bawa pulang dan ajaibnya pagi hari si monyong jilat muka saya,saya kaget dan senang untuk ke 2x monyong berjuang untuk hidup, nah minggu kemarin si monyong bolak balik mau kecing tidak bisa akhirnya saya bawa ke klinik Yuppie lagi dan ketemu dengan dokter yang 1 tahun lalu menolong monyong,dokter bilang ini terkena FUP harus pasang Kateter, dalam hati saya Waduh tanggal tua dan saya takut karena di sosmed biasanya untuk pengibatan FUP bisa sampai lebih 1 juta,dengan memberanikan diri bilang ok dok saya sanggup bayar,padahal dalam hati kecil saya uang dari mana saya bayar 1 juta lebih,hahahahh ,dokter bertanya apakah monyong pernah bertemu orang sebelumnya? jarang dokter kembali bicara pantea sangat galak melebihi anjing kalau betemu orang asing,akhirnya dibiuslah si monyong setelah pasang Kateter saya tanya administrasinya ternyata hanya 250rb, dalam hati saya untung saya bawa uang 300rb dokter bilang sebenarnya monyong ini sudah marah dan telat karena darahnya yang keluar sudah sangat hitam,karena tidak punya uang untuk beli RC yg khusus untuk pipis saya tidak membelinya,di apotik tebus obat 40rb pas uang saya di saku tinggal 10rb.....tapi saya semangat terus untuk monyong karena dia juga semangat untuk hidup,udah ke 3x monyong semangat ya.....sampai di rumah dia tidak mau makan dan tidak mau minum obat,saya sempat kjawatir karena semakin melemah,karena marah dan tidak mau makan,minum dan obat...saya buatkan bubur sun dia juga marah,maklum monyong meskipun kucing rumah tapi galak,selang 3 hari alangkah kagetnya aku itu Kateter malah di tarik samoe jebol lalu di buat main bola.saya marah dia diam saya teringat kalau dia suka KFC akhirnya saya coba pancing dengan KFC ternyata habis 2 ayam saya sangat senang dan bahagia dia bisa loncat loncat dan makan karena semangat untuk hidupnya sangat kuat,besok saya akan ke klinik Yuppie lagi dan pasti di marahin oleh dokternya ,karena dokternya menyuruh makan,minum dan obat, tapi dari awal monyong tidak bisa kemasukan 3 hal tadi titambah kateternya jebol,semoga sakitnya cepat sembuh untuk monyong, saya berterima kasih kpd dokter dokter yang di klinik Yuppie wonorejo ,terima kasih sudah membantu kucing saya


    Salam Arie Dan Maya

    ReplyDelete
  82. Kak mau tanya. Kucingku susah pipis dan pup dan susah makan minum (kucingku emg susah banget minum), trus aku bawa ke vet dan di kateter sama dokter. pipisnya dikeluarin hampir semangkuk penuh, hari itu langsung pulang (kateter dilepas) dan sesampainya dirumah dia udah langsung mau makan dan minum sendiri (sebelumnya kudu pake pipet). Udah aku kasih RC urinary SO juga, dia udah mulai pup tapi pipisnya masing ngompol. Dulu si cucuth setelah lepas kateter apakah ngompol juga? Apa ngompol itu termasuk efek pasca kateter atau gimana? Dan apakah ngomponya bakal sembuh dengan sendirinya?

    ReplyDelete
  83. Mba kucing saya kan abis dikateter dan rawat inap selama 2 hari dan hari pertama dirumah masih mau makan dan minum tpi pipisnya masih setetes gitu dan bsoknya kucing saya udah gamau makan dan minum, saya coba kasih batugin ko malah ga keluar ya pipisnya , kira2 kenapa ya mba?

    ReplyDelete
  84. Kak kucing saya kan udah jalan 2 hari paska kateter pipisnya masih susah kadamg keluar kadang gak dan perutnya masih agak membesar apa emg proses penyembuhannya seperti itu mbak? Untuk makan sama minumnya saya paksa karna dia gamau makan dan minum.. Bingung duh:"")

    ReplyDelete
  85. Kak, kucing aku juga kena FUS. Kemarin badannya basah gitu dan aku lihat ada cairan campur darah netes dari penisnya. Pas aku bawa ke dokter urinenya masih bisa keluar pakai bantuan dokter dengan dipencet kadung kemihnya. Akhirnya dia diinfus karena dehidrasi dan aku rawat jalan dengan resep cystaid dan obat racikan dari dokter.

    Makanannya aku kasih RC Urinary yang wetfood karena dia ga doyan yang dryfood tapi cuma dijilatin airnya aja dan jarang minum. Setelah minum obat dia jadi suka pipis dikit-dikit, kadang ngeden tapi ga keluar pipisnya tapi banyakan keluar walau dikit sampai korannya suka langsung basah padahal habis diganti. Itu normal ga yah kak?

    ReplyDelete
  86. Mbak kucingku baru aku bawa ke dokter kemarin, tapi cuma di kateter dan di infus, plus diresepin obat antibiotik sama penghilang rasa sakit. Dokternya cuma berpesan kalo ampe muntah lagi mesti dibawa untuk cek darah. Nah hari ini kucingku masih rada lemes dan gak mau makan, tapi kencingnya ngalir mulu sembarangan banyak sedikit kemerahan. Ada pengalaman gitu gak mbak? Itu kemajuan atau lbh parah ya?

    ReplyDelete
  87. Halo mbak setelah cucuth sembuh dari fus tetap diberi makan urinary s/o sampai sekarang? atau urinary care? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba. Aku paling pake 32, seumuran kucingku juga seringnya ayam suwir secara giginya udah tua juga

      Delete
  88. Hallo mba, saya seneng liatnya ada artikel pengalaman kucing gini. Kucing saya tipe persia himalaya kena susah pipis juga mba. Saya udah 2 x ganti dokter tapi ada sedikit perubahan udah bisa pipis dan juga udah di kateter juga. Nah tadi pagi saya ngeliat pipis si doi agak sedikit berdarah kaya kentel gitu engga banyak. Saya mau nanya mba. Obat dari dokter belum abis apa saya boleh berbarengan mengasih obat batugin? Untuk takarannya sendiri gimana yaa mbaa. Mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  89. Terima kasih mba info nya sangat bermanfaat. Mw tanya pas cucuth sakit fus makannya rc urinary yg care atw yg so? Kata drh klw lagi penyembuhan harus yg so tapi d sini semua pet g jual.dan kucing ku jg lg d kateter.aq bingung bgt cara ngerawat nya. Dan alhamdulillah nemu artikel nya mba.

    ReplyDelete
  90. Makasih mba info nya sangt bermanfaat. Kucing ku jg lg d kateter.sempet bingung cara ngerawat nya gimana sampe nemu artikel nya mba.mw tanya pas cucuth kena fus makanannya rc urinary yg care apa yg so? Saya di suruh drh yg so tapi semua pet d sini g jual yg so.

    ReplyDelete
  91. Makasih mba info nya sangat bermanfaat. Kucing ku juga lagi di kateter.sempet bingung cara ngerawat nya gimana sampe nemu artikel nya mba.mau tanya pas cucuth kena fus makanannya rc urinary yang care apa yang so? Saya di suruh drh yang so tapi semua pet d sini ga jual yang so.

    ReplyDelete
  92. Makasih mba info nya sangt bermanfaat. Kucing ku jg lg d kateter.sempet bingung cara ngerawat nya gimana sampe nemu artikel nya mba.mw tanya pas cucuth kena fus makanannya rc urinary yg care apa yg so? Saya di suruh drh yg so tapi semua pet d sini g jual yg so.

    ReplyDelete
  93. Mba kucing ku juga lagi di kateter. Sempet bingung cara ngerawat nya gimana sampe nemu artikel mba. Sangat membantu. Mau tanya pas di kateternya emang harus pake rc urinary yang s/o? Di sini yang s/o susah.

    ReplyDelete
  94. Assalammualaikum mommy cucuth,sya sangat terbantu dgn postingan mommy,kalu boleh saya tanya dosis untuk kejibeling itu brapa hari sekali?makanny satu kapslu ato setengah?mohon dibalas y mommy..trima kasih 😘

    ReplyDelete
  95. Kucing hasil resque yg dibawa pulang suami dr kantornya juga kena FUS. Dirawat 5 hari, dikateter sama dikasih obat cystaid (15rb perkapsul). 2 minggu sejak rawat inap dikasih cystaid sehari 2 kali, antibiotik (lupa namanya) dan batugin. Setelahnya lanjut sampe 1 bulan harus tetep minum cystaid. Sama makanan khusus RC Urinary S/O sampe 6 bulan. Lumayanlah biayanya kl kena FUS. Mommynya harus mengurangi jajan. Karna obatnya mahal makanannya pun mahal. Si "anak pungut" itu makannya sebulan bisa abis 3 kg kl diturutin. Sampe harus mengorbankan kucing2 saya yg lain, makanannya diganti yg lebih murah, demi pengobatan si "anak pungut" :(
    Alhamdulillah sekarang udah sehat, saat ini dy sedang menghabiskan jatah 1 bungkus makanan urinary nya yg terakhir. Kata dokternya setidaknya sebulan 2 kali harus dikasih cystaid demi menjaga kelancaran pee nya. Semoga ga kambuh2 lagi.
    Untuk yg kucing2nya sakit FUS mungkin bisa dicoba diberikan cystaid dan batugin lalu utk makannya kasih yg urinary S/O (untuk pengobatan). Karna yg Urinary Care itu hanya utk perawatan. Utk cystaid ada yg jual online kl dananya mungkin menipis utk ke dokter.

    ReplyDelete
  96. Kucing hasil resque yg dibawa pulang suami dr kantornya juga kena FUS. Dirawat 5 hari, dikateter sama dikasih obat cystaid (15rb perkapsul). 2 minggu sejak rawat inap dikasih cystaid sehari 2 kali, antibiotik (lupa namanya) dan batugin. Setelahnya lanjut sampe 1 bulan harus tetep minum cystaid. Sama makanan khusus RC Urinary S/O sampe 6 bulan. Lumayanlah biayanya kl kena FUS. Mommynya harus mengurangi jajan. Karna obatnya mahal makanannya pun mahal. Si "anak pungut" itu makannya sebulan bisa abis 3 kg kl diturutin. Sampe harus mengorbankan kucing2 saya yg lain, makanannya diganti yg lebih murah, demi pengobatan si "anak pungut" :(
    Alhamdulillah sekarang udah sehat, saat ini dy sedang menghabiskan jatah 1 bungkus makanan urinary nya yg terakhir. Kata dokternya setidaknya sebulan 2 kali harus dikasih cystaid demi menjaga kelancaran pee nya. Semoga ga kambuh2 lagi.
    Untuk yg kucing2nya sakit FUS mungkin bisa dicoba diberikan cystaid dan batugin lalu utk makannya kasih yg urinary S/O (untuk pengobatan). Karna yg Urinary Care itu hanya utk perawatan. Utk cystaid ada yg jual online kl dananya mungkin menipis utk ke dokter.

    ReplyDelete
  97. Halo mba, mau sharing tentang Kumi yg kena FLUTD juga sekarang, 5 hari lalu keadaannya emergency karena gamau makan, minum, dan gabisa pipis. Perutnya pun keras karena kandung kemihnya penuh. Langsung saya bawa ke vet care dan dokter bilang positif FLUTD, harus dipasang kateter. Sudah 2 jam proses pemasangan kateter gagal, sudah habis 4 selang dan dokternya akhirnya nyerah. Disitu saya mulai sedih :( akhirnya saya yg usulkan ke dokter buat di bedah dan dibersihkan batunya langsung dari dalam, dokter setuju dan info biayanya, sangat sangat ngga murah, tp itu jalan satu satunya :") tapi dokter bilang 'ga jamin berhasil karena beresiko'. Si kumi ditinggal di klinik buat di operasi besok paginya. Semalaman saya nangis takut operasinya gagal. Berdoaaa biar Kumi bisa disembuhin. Alhamdulillah, besok paginya dapat kabar dari dokter kalau operasinya berhasil, kencing + darah udah dikuras dari kandung kemihnya, batu2nya jg dibersihkan, dan batu yg menyumbat salurannya udah keluar jd akhirnya bisa dipasang kateter. Sujud syukur sayaa :""") tapi karena masih lemas pasca operasi, Kumi harus rawat inap 4 hari, harus di observe kemajuannya. Hari pertama pasca operasi makanannya cuma cairan infus, kencingnya masih kental dgn darah. Hari kedua pasca operasi, kencingnya masih merah tp sudah lebih cair dan banyak urinnya. Hari kedua pasca operasi ini sudah kuat berdiri dan sudah mau makan urinary, alhamdulillah senang saya liat dia lahap makanπŸ˜… Hari ketiga dan keempat ga saya pantau, menunggu kabar dari dokter. Hari keempat dikabari dokter kalau kencingnya masih berdarah sedikit, tp sudah banyak keluar, dan masih di infus tp kalau mau dirawat dirumah sudah bisa. Akhirnya saya putuskan untuk bawa pulang karena Kumi sdh mau makan dan minum sendiri, jd bisa lepas infus. Fyi, total operasi, rawat inap, infus dan makanannya saya habis 3jt mbak :""") sempat stress tp gpp uang bisa dicari, yg penting Kumi bisa terselamatkan.

    Hari kelima dirumah Kumi akhirnya pupπŸ˜‚ tapi buat pipis dia masih ngeden dan kadang ngeong marah gitu karena ga ada yg keluar. Tp setelah dia diem, baru kencingnya lancar keluar. Kalo habis ngeden berat kencingnya masih merah. Setelah itu bening kuning.

    Hari keenam masih sama, kencingnya sedikit2. Dia makan dan minum sendiri di kandangnya. Kalo susah pipis dia selalu ngeong marah2.

    Baca baca dari komen mbak, kasus gini baru sembuh sekitar 2 minggu ya?

    Dokter kemarin bilang sih memang tinggal dirajinkan makan urinary dan obatnya, tp ga dikasih obat buat dirumah. Apa perlu saya kasih sendiri batugin atau kejibeling?

    Terus kata dokter, kateternya itu nanti bakal ditarik sendiri sama kucingnya ya? Atau harus lepas ke dokter mbak? Kapan harus lepas kateter ini? Saya takutnya malah lebih infeksi karena kelamaan pemasangan.

    Mohon pencerahannya berdasarkan pengalaman mbak yaaπŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  98. Mba .. Kucing saya susah pipis, tadi saya bawa ke puskeswan kata drh nya harus di kateter, berhubung di puskeswan ga da alat jadi rekomen ke klinik. Berapa kira2 biaya kateter kucing ya mba?

    ReplyDelete
  99. Hi! Terima kasih ya sudah share banyak info tentang kucing FUS. Hari ini kucingku Snowy baru kubawa pulang dari vet habis rawat inap 10 hari, lumayan juga... Tapi disarankan untuk operasi PU karena sudah ada kena ke ginjalnya ada kristal-kristal gitu.... Sedih banget gatega abis kasian dikateter, langsung dioperasi jadinya makanya dibawa pulang dulu supaya bisa dirawat di rumah. Ohiya, mau nanya kalo misalnya kucing FUS kan harus stay di kandang dan Snowy itu kucing rumahan yang bebas gitu. Di kandang gabisa masukin litterboxnya, takut jadinya ga pup nanti. Ada saran ga ya takutnya dia malah nahan pipis dan pup lagi karena ga di tempatnya?

    ReplyDelete
  100. Kak kucing saya hari rabu malam dibawa ke vet karena tidak mau pipis, dan malam itu juga sudah di kateter , lalu di rawat inap , kamis sudah saya bawa pulang , karena menurut info dokternya sudah di lepas kateternya , dan udah mulai pipisnya normal . saat dibawa pulang kucingnya masih pipis di pet cargo, sampe ke rumah di bawa pulang di kasih makan RC Urinary dan obat dr dokter walupun dikasih obatnya dia agak ngamuk , sampai harus dipegangin, sampai dengan hari ini jumat dia blm pipis lagi , pup nya lancar , tapi peenya cuma ke pasir tp ga pee juga. apa yah kak yang sebaiknya saya lakukan ?

    ReplyDelete
  101. Halo mbak, aku punya kucing 3 yang 1 kesayangan aku dia kena fus. Kemarin udh tak bawa ke klinik trs katanya hrs pasang kateter tp aku blm berani karena masalah biaya. Akhirnya aku kasih rc urinary sama kasi obat, trs bisa pipis dikit2. Udah bisa loncat2 kya biasanya, kirain udh sembuh tapi ini aku perhattiin lagi ga bisa pipis lagi, kandung kemihnya gede. Aku setres mbak mau pasang kateter tapi blm ada biaya. 😭😭

    ReplyDelete
  102. Kak mau tanya , kucing saya kn skrng lg di rawat inap udh 4hari ,
    Pertanyaan saya , apa boleh di bawa pulang kucing nya biar saya rawat jalan ajj tp tetetp msih dalam keadaan di infus n di keteter ,
    Soalnya setiap saya jengguk kucing saya dia sulit untuk minum krna pke collar ,

    ReplyDelete
  103. Baca dari sumber yg valid (misal catfooddb), info dari vet, makanan kucing pengaruhnya sangat besar.
    Ini ada pembagian kelas dryfood. Kelas A adalah yg tertinggi kualitasnya.
    Walopun kucing yg makanannya kelas D, ada juga yg gak kena FUS/FLUTD.
    Tapi Semua yg kena FUS/FLUTD dan penyakit lainnya, makanannya pasti yg kelas D.
    A)
    Instinct
    Nulo
    Merrick
    Orijen
    Farmina N&D
    Welness
    Acana

    B)
    Taste of The Wild
    Nutrisource
    Canidae
    Pure Vita
    Nature Bridge
    Solid Gold

    C)
    Blackwood
    Proplan
    Adirondack
    Science Diet
    IAMS
    Natural Balance
    I'm Organic
    Royal Canin
    Kitchen Flavour
    Equilibrio

    D)
    Happy Cat
    Universal
    Friskies
    Whiskas
    Power Cat
    Maxi
    Felibite
    Eureka
    Me-O
    Bolt

    ReplyDelete
  104. kasih cuka apple yg ada mothers nya. 2 hari sudah lancar kembali kencingnya.

    ReplyDelete
  105. Di artikel Mbak tertulis "Batugin" itu maksudnya Batugin Elixir buat manusia? Gak apa-apa kucing dikasih itu? Kucing saya sempat FUS tapi setelah dikasih RC Urinary SO gak lama sudah membaik. Memang dia males banget minum meski di rumah disebar 6 wadah minum. Menurut Mbak Cystaid Plus bagus gak? *bukan promosi

    ReplyDelete
  106. Kak kucing aku juga gitu,tapi hari Selasa kemarin udah aku bawa ke klinik kak dipasang kateter dan di infus dan disuntik juga. Hari Rabu ya aku bawa pulang tapi kateternya belum di lepas.tadi pagi hari Kamis kateternya copot sendiri ntah ditarik Ambon atau gimana,dia dikasih vitamin, antibiotik,sama obat ginjal kapsul gitu kak. Makanannya juga udah aku ganti RC s/o terus sekarang aku harus gimana ? Dipantau dulu aja atau bawa ke klinik lagi tapi kasian kalau harus di kateter lagi :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipantau aja mba. biasanya 2 minggu aku sampai benar2 pulih si cucuth

      Delete
  107. Kalo makanan merk bolt itu gmna mba? Boleh nggak?

    ReplyDelete
  108. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh ini komen apa ya. maaf gasengaja ke apus xD

      Delete
  109. Baru ngalaminnn kucing ak kya gni umur 1 tn lebihhh bru 3x kwinnn skrng lg skt kmren2 ppis susah sya coba beli obt herbal di online krna bnyak yg sruh pakam hsusss urinary tp skrng ppis nyabjd drahhh gg sngup ak smpe nangis2 ak hrs bwa kdoktr ini mh....biaya kateter itu mahal gg? Trs hrs d inepin ap gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kateter biasanya g nginep gpp. dulu seh 400 ribu sama obat sekitar 700an. Gak tau kalau sekarang :"( alhamdulillah cucuth dah lama ga sakit flutd fus lagi soale :"(
      cepet sehat meownya :((

      Delete
  110. Permisi kak mau bertanya, kucingku hbs di kateter, sekarang sudah jalan seminggu dari pelepasan kateter. Tapi kencing nya masih terlihat setetes aja masih bolak balik litter box, apakah itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil dibantu banyakin minum ya (dispuit minumin)
      biasanya lepas kateter seminggu udah rada enakan cuma emang ga banyak. maemnya skrg pakai apa

      Delete
  111. Hallo kak mau tanya. Kucing aku abis di kateter hari ini, langsung aku bawa pulang rawat dirumah. Udah sadar tp lemes bgt badannya, cuma bisa tiduran. Pasca pemasangan kateter gtu boleh dikasih minum ga kak? Perlu dipaksa ga minumnya pake spuid?

    ReplyDelete
  112. Kak mau tanya kucing aku hari ini abis di kateter, langsung aku bawa pulang urus dirumah aja. Td sempet sadar tp masih lemes bgt, berdiri pun jatuh skrg cuma bisa tiduran. Pasca pemasangan kateter gitu boleh ga kak di kasih minum? Apa perlu dikasih minumnya pake spuid/suntikan gtu ke mulutnya? Soalnya lemes bgt ga bisa ngapa2in buka matapun ga sanggup sepertinya :(

    ReplyDelete
  113. Kak mau tanya kucing aku hari ini abis di kateter, langsung aku bawa pulang urus dirumah aja. Td sempet sadar tp masih lemes bgt, berdiri pun jatuh skrg cuma bisa tiduran. Pasca pemasangan kateter gitu boleh ga kak di kasih minum? Apa perlu dikasih minumnya pake spuid/suntikan gtu ke mulutnya? Soalnya lemes bgt ga bisa ngapa2in buka matapun ga sanggup sepertinya :(

    ReplyDelete
  114. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^