Memilih Gendongan Bayi yang Nyaman


Menggendong bayi itu akan membuat bayi lebih bahagia


Setuju nggak dengan pernyataan diatas? Aku sih setuju aja. Karena kebutuhan dasar bayi yaitu aman dan dicintai terpenuhi sempurna (Powell.A, Harvard Researches Say Children Need Touching and Attention, Harvard Gazette).

Namanya juga pertama punya anak bayi, pastinya pengen ngegendong terus-terusan. Karena masa-masa menggendong itu cuma sebentar menurutku. Kalau sudah gede pasti gak mau digendong lagi kan? selain sudah berat untuk digendong, anaknyapun lebih suka lari-lari kesana kemari.

Ternyata, menggendong bayi itu penting banget. Mau sambil nyusuin, mau sambil baca buku, mau bagaimanapun posisinya, menggendong itu punya keunikan tersendiri. Apalagi kita akan semakin dekat dengan bayi.

Dari Raffi bayi banget, dia sudah dibilang bau tangan sama orang-orang. Aku sih cuek aja dengan istilah itu..Kalau dalam logikaku, semua bayi newborn pasti lebih tenang dan nyaman bila didekap dan digendong seperti dirahim. Well, sesuailah sama umurnya. Biasanya dia hangat dalam perut sekarang harus buanyak melihat macem-macem, untuk membuat dia nyaman ya bayi mintanya digendonglah.

Saking pentingnya  menggendong itu, saya sampai putar otak gimana caranya biar aku tetap bisa menggendong tapi juga bisa melakukan aktifitas lain (makan contohnya). Situasi dimana Raffi tidak mau ditinggal sebentar saja itu sering banget terjadi. Jadi, aktifitas sehari-hari ya menggendong terus-menerus. Kecuali dia sudah tidur nyenyak beda ceritanya (itupun aku ikutan bobo biasanya :P). Yaaa...sesekali aku memang taruh dia di bouncer dan stroller biar main sendiri. 

Kalau menggendong sebentar-sebentar okelah.. lah kalau lama peggellah booo!!! Sapa bilang menggendong bayi itu gak bikin pegel ? hehehe.. Akhirnya, semua gendongan saya coba. Dari yang model sling, pakai jarit, wrap sampai carrier. Semua demi kenyamanan aku dan bayi plus kemudahan untuk menyusui. Yuk disimak yuk reviewku. Ini review pribadi loh ya, saya beruntung punya teman-teman yang kebetulan emang punya jadi tinggal pinjem buat nyobain. Dan semua gendongan ini saya pakai minimal sehari biar subjektif reviewnya.


1. Kain jarit atau batik


Raffi bengong liat aku xixixi


Kebetulan aku dibeliin banyak banget kain ini, selain dipakai saat lahiran bisa dipakai buat alas ompol juga :D. Model old fashion sepanjang masa ini banyak dipakai semua orang yang menggendong bayi. 

Buat saya pribadi, sebenarnya kurang enak makenya. Saat ngencengin iketan (padahal cuma di gulung-gulung) harus minta bantuan papihnya. Karena kainnya agak keras, kadang suka ngebekas dibadan bayi. Kalau dipake lama, luarrrr biasa pegelnya :D. Untuk naik motor so far enak karena kencang gendongannya. Awal-awal emang pakai gendongan kain ini...tapi sekarang dah hampir gak pernah...jarang-jarang makenya dah..ketimbang encok :p

Harga 30-50ribu


2. Gendongan Sling



ini bukan fotoku yaaa

Gendongan ini aku sering pake, bisa seharian...selain praktis juga jarang melorot. Kalau naik motor enak karena kencang dan tebal. Mau tidak mau tetap harus  menyangga kepala dan badan bayi. Peggelnya lebih mendingan daripada pakai kain jarit/batik. Dan gendongan sling ini paling pas kalau lagi duduk dibandingkan dengan gendongan lainnya karena letaknya lebih tinggi (buat gendong model samping ya).

Recomended sling : Baba sling. Bentuknya bagus, kainnya lentur dan enak dipakai. Harga 900ribuan. Kainnya lentur tapi enak tidak molor saat dipakai.

3. Gendongan Baby Wrap

 

Raffi lagi nyusu loh ini

Nih yang lagi ngetrend, kainnya lentur dan modis. Kainnya panjang banget (5m) yang dililit kebadan dan bisa dimodel macem-macem saat makenya. Bayi benar-benar hangat dan nyaman, karena didekap erat walau lentur kainnya mengikuti bentuk tubuh bayi. Yang nggak enak saat naik motor, goyang-goyang jadi harus dipegangin biar bayinya g mual keguncang-guncang. 

So far, aku nyaman pake ini dan sering kupake. Karena mau ngapain saja bisa, sambil makan juga enak. Bisa lepas tangan pokoknya. Selain itu, gak bikin pegel saat ngegendong.. bisa dibandingkan dengan gendongan lain. Cuma kalau jalan, aku rada majuu kedepan hehehe..Bayinya aku lihat enak..karena wrap ini kainnya bikin hangat dan kencang kayak didekap. Macem-macem model pake baby wrap, aku belajar dari internet kebanyakan (youtube-an aja dah). Rata-rata harga wrap 140rb-700rb tergantung merek. Kalau kataku sih sama saja semua..jadi mending yang biasa belinya.

Gak enaknya model wrap ini, suka melorot kalau kelamaan ngegendong jadi harus dibenerin. Dan kita jadi berasa artis, setiap orang yang ngeliat pasti suka tanya macem-macem. Gimana makenya, ga kasian ama bayinya atau beli dimana biasanya pertanyaannya :D.. Mayan ngeksis dikit :p *itu mah bukan aartis tapi marketing :v

Recomended wrap

a. Bobita Wrap
 aku punya ini, harganya murmer belinya dibaby shop. Produk Indonesia punya gitu. Harganya 200ribuan.

b. Baby K'Tan 
Lebih tebal kainnya dan saat nge-wrap lebih kencang kebayi. Dibagian punggung ada tempat silangan buat wrapnya jadi terlihat lebih rapi. Harga 600ribuan.

c. Sleepy Wrap
aka boba wrap. Enak dipakai, kain tidak terlihat kumal beberapa kali cuci dan lebih tebal. Harga 500ribuan.

4. Gendongan Carrier


Menggendong newborn ngangkang yang masih kontroversi, 
kalau buatku gendongan upright ini bagus buat newborn :)

Ini yang sering aku gunakan gendongan carrier.Pilih yang bisa dipakai dari newborn. Selain mantap makenya, bayi juga sangat nyaman. Kalau mau nyusui tinggal buka dada *eh. Gendongan ini sukses bikin gak pegel. paling the best diantara gendongan lainnya yang aku punya, sesuailah dengan harganya. Mau jalan atau naik motor seharian, uenaaake rek gak cape :D. Mau makan, bersih rumah, dll mudah dilakukan dan bisa dipakai rata-rata sampai 20kg lohh.. Ada tetheer buat gigit-gigit bayi disamping bagian pundak, ada buat tempat koin, hp dan nyantolin tas biar g ribet jatuh..keren kan?

Gak enaknya, males aja nanggapi orang kok newborn gendongnya model kaki ngangkang, nanti bisa bla bla bla. Sebelas dua belaslah sama aku gak pakein bedong :D *garuk2 lubang telinga. Semua tergantung kemantapan ortunya mau atau nggak sih kataku hehe. Padahal rata-rata, gendongan carrier yang bisa digunakan sejak newborn itu disediakan infantnya ^^.

Oh ya, pilih carrier yang bagus karena akan kepake lama :))). Harga ga bohong kok untuk tingkat kenyamanannya. Walau harganya selangit tapi sangat-sangat enak dipakenya :). Jangan lupa beli tetheer pad buat digendongannya soalnya biasanya digigit-gigit --".

Recomended Carrier :

a. Boba Carrier 
Aku pakai ini semenjak newborn ada infantnya juga. Enak banget seperti gendong ransel. Bagian pantat bayi empuk jadi bikin bayi nyaman. Gambar dibagian punggungnya lucu-lucu. Harga 1.2juta-1.8Juta. Tangan tidak bisa keluar karena penyangga punggung tinggi. Terus, bagian kaki ada penyangganya jadi bayi bisa memijakkan kaki disana. Saya belinya di www.bobacarrierindonesia.com



b. Ergo Carrier
Terlihat rangkanya lebih kokoh tapi ternyata pas dipakai empuk ga capek.Pas aku pake jalan-jalan naek motor ga khawatir masuk angin karena bagian punggungnya tebal. Harga 1,7-1,9juta. Bisa dicuci pakai mesin. tangan anak bisa keluar dari gendongan. ini banyak beredar versi KW -nya, tapi percayalah buibu yang ori bedanya terasa banget enaknya.


c. Beco Carrier
Fashionable kalau kataku. Lucu-lucu motif carriernya. Bisa dinaik turunin bagian kepalanya. Pas aku pakai, Raffi terlihat lebih feminin --" tapi enak ga capek gendongnya. Harga 1.5juta-1,8juta.

Update : ini foto saya saat Raffi umur 2 tahun
Masih bisa dipake kan ^^


Buatku gak ada istilahnya males gendong, capek, bau tangan dll...banyak cara buat mempermudah semuanya dengan tidak mengurangi kualitas dan kuantitas menggendong. Salah satunya dengan punya gendongan yang tepat. Pokoknya ya mah, aku bakal ngegendong Raffi sampai dia sudah nggak mau digendong lagi. :). Masa-masa menggendong itu sebentar lohh ^^.

33 comments:

  1. Aku sih pakai yang sling yg buat aku paling nyaman dan praktis. Yang lain sih aku masih kurang jago pakainya ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku juga suka pake sling :)) praktis tapi mayan pegel heehe

      Delete
  2. huaaaahh aku gk sanggup beli boba! wkwkkwkwk *ga diijinin suami,sih* akhirnya aku beli gendongan semacam boba, merek lokal. fungsi semuanya mirip, cuma beda harga aja. aku belinya sekitar 300rb-an. tapi ga bisa dari newborn, karena memang didisain khusus untuk yg udah bisa duduk tegak. jadi ya selama belum bisa pakai carrier itu, aku pake yg sling dan baby wrap. dan, bener! berasa artis! malah sampe ada yg tanya2 dan beli di mana. ih, tau gitu aku jualan aja ya sekalian. hahahahhaha. kalo yg sling dulu aku sering pake untuk nyuapin, enak nih posisinya. wkwkkwkw. kalo naik motor lbh enak pake baby wrap (wktu itu blm punya carrier). oya kalo baby wrapnya aku pake merek hanaroo, carriernya aku pake cuddle me.

    sekarang mereka semua udah pensiun, karena anakku udah gede. hehehehe.

    selamat ya Raffi, digendong mama itu emang paling nyaman sedunia, deh. ;)
    sun sayang buat raffi ya, mak :))))

    ReplyDelete
  3. jarik is the best, terkdg pengen yg lgsg jadi juga klo terpaksa :)

    ReplyDelete
  4. Cha, itu yang paling atas foto mamamu, ya? Mirip banget sama dirimu!

    ReplyDelete
  5. buatku gendongan jarik is the best.. wakakaka

    ReplyDelete
  6. lucu.. cara jelasinnya mbak... asyik bacanya..., aku baru tau baby wrap.....

    salam..

    ReplyDelete
  7. anak pertama pake jarik sakit dipundak, babysling pun begitu, naik motor, pundak rasanya mau copot.. nah pas anak kedua, aku baru deh beralih pake babywrap, enak pundak dan punggung mantap gak sakit lagi, hehe

    ReplyDelete
  8. kl sy nyerah deh kl pk jarik. tangan dulu pernah terkilir waktu kcil jd ga trampil ngunci jarik di pundak. plus pk jilbab jd tambah ribet. bersyukur bgt ktmu dg yg sling. praktis. tp skrg bocah dah gede2, jd dah dipensiunkn. kec kl punya baby lg hehe

    ReplyDelete
  9. Aku punya 3 gendongan, jarik, sling dan carrier. Dan ketiganya udah kupake sejak anak pertama 13 tahun yg lalu, gak pernah beli baru lagi karena belum ada yg rusak/sobek sama sekali. Jadi kelima anakku alat gembolnya sama semua hahaha.

    ReplyDelete
  10. Mak aku pernah punya semua kecuali baby wrap gak tega boooo hihihi
    belom pernah beli lagian anakku udah gedeee :D

    Tapi jadi pengen baby lagi liat raffi

    ReplyDelete
  11. Aku paling banyak pake yang Sling.... nyamaaaan :)

    ReplyDelete
  12. Belum pernah pakai yang acrrier. Kayaknya tahun depan mau kucoba. :D *niat hamil lagi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiippp nanti tak kadoin pas lahirannya yaaaA

      Delete
    2. Wuihhh mak Haya mau ham lagi taun depan. Semangaat ^^

      Delete
  13. wahh...keren tulidannya ringan2 gitu dehh.. buat lomba yah mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikz...bukan mba :) testimoni pribadi aja :))

      Delete
  14. Maaf typo : Tulisannya bukan tulidannya :)

    ReplyDelete
  15. semua udah pernah sy coba kecuali yg baby wrap. Tp sy kyknya emang gak cocok sm gendongan. Anak2 kl sy gendong pk gendongan pasti rewel hehe

    ReplyDelete
  16. Aku pake kain jarit terus, karena ga bisa pake gendongan lain, hehe.
    paling cuma pas kondangan aja pake carrier si mothercare, itupun cuma bisa sampe 12kg, Jadina sekarang udeh pensiun karena si Arfan dah >12kg --"

    Arfan waktu masih kecilan jarang banget digendong, malahan lebih suka jalan. Tapi sekarang malah demen banget digendong, pegel sih ga masalah buat bubunnya, tapi kaki ini yg mulai sakit (sedih, ga bisa gendong Arfan lama2 karena kaki yg bekas keseleo ga sembuh2 T,T)

    ReplyDelete
  17. Maaciihh ya mak echa buat referensinyaa :)

    ReplyDelete
  18. Mba ergo ORI beli nya dimana sih? Aku liat ada yg di bawah 1jt malah setengahnya apa itu yg KW ya? Aku sih maunya yg ori sekalian biar lebih mantap dan bisa makin tahan banting.. Pliss info dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ori pasti sejuta keatas mak... kalo yang dibawah 1 juta aku pastikan bukan.. kalau bekas mungkin ya..
      ergo ada di mothercare... atau bisa beli di online shop yang memang jualan asli mba...kalo asli ada sertifikatnya dikartu gitu ^^ worthed kook

      Delete
  19. Mba mau tanya baba sling na beli dimana ya? Abis aq liat kebanyakan online. padahal pengen liat barang na.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyaknya jual di online shop.
      Coba dibirds and bees store nya suka lengkap jualan yg ori ^^

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Mabk, kalau model wrap gitu bisa dipake dari newborn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak mulai newborn...soalnya berasa dipeluk dan hangat bayinya...ibunya juga bisa makan :) .

      kalau anaknya udah gede pasti lasak dan jadinya melorot2 wrapnya...

      Delete
  22. Kalau wrap aku pakai yg sleepy wrap enak bgt

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^