Qualcomm Snapdragon, Prosesor Kecil Untuk Performa Besar




Hari gini siapa sih yang tidak pegang handphone? Contohnya saya sendiri, hampir keseluruhan foto diblog ini menggunakan smartphone. Tidak kalah kan hasil fotonya dengan kamera bagus. Apalagi saat ini berkecimpung mencari  rejeki di dunia sosial media, pastilah kerjaan kita harus didukung dengan performa smartphone yang handal.




Prosesor Merupakan Jantung Sebuah Ponsel

Kalau untuk orang awam, contohnya saya, biasanya kriteria membeli suatu ponsel itu yang penting kameranya bagus, bisa multi konektivitas dengan internet dan tidak sering hang. Males banget kan kalau kita punya ponsel tapi saat membuka suatu aplikasi 'lemot'.

Nah, ternyata kualitas prosesor adalah penentu kualitas ponsel loh. Duh kemana saja saya selama ini, pantas kalau ponsel saya sering error --". Belum lagi kita harus terus-terusan mencharge baterai handphone yang suka ngedrop. Bisa mati gaya kan kalo seperti itu...

Soalnya, selama ini saya selalu beranggapan kalau smartphone yang mereknya bagus pasti performanya bagus. Ternyata tidak juga loh, ada satu bagian yang menjadi titik kenapa suatu smartphone itu menjadi sangat bagus. Yup, itu ternyata prosesor yang ada dalam handphone kita yang menjadi jantung kualitas performa suatu ponsel.

Ternyata, untuk urusan prosesor ini harusnya menjadi spesifikasi awal saat kita memutuskan membeli suatu ponsel. Dan diindustri ini, Qualcomm menjadi pilar dalam dunia prosesor ponsel dengan produk Qualcomm Snapdragon.

Apakah Qualcomm Snapdragon itu?

Mari sejenak mengulik tentang Qualcomm Snapdragon ini. Perusahaan Qualcomm sudah 29 tahun fokus pada teknologi nirkabel dan mobile. Melalui produk prosesor Snapdragon ini, Qualcomm menghadirkan kualitas terbaik untuk performa sebuah ponsel. Sekali lagi ini bukan tergantung apa merek ponselnya, tapi spesifikasi prosesor apa yang ada dalam ponsel tersebut.

Perlu diketahuii, prosesor Qualcomm ini digunakan oleh banyak ponsel terbaik didunia. Contohnya saja ponsel Oppo N3 yang memiliki prosesor Snapdragon 801.

 

Salah satu ponsel yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, Oppo N3

Fungsi Qualcomm Snapdragon

Bentuk prosesor Qualcomm Snapdragon ini memang kecil, tapi siapa sangka kalau kinerjanya merupakan otak keseluruhan ponsel. 

Prosesor ini bisa digunakan untuk koneksi cepat 4G/LTE. Nah loh, coba sekarang dilihat berapa ponsel diIndonesia yang sudah bisa menggunakan layanan 4G? Coba kalau semua ponsel menggunakan layanan 4G, koneksi 'lemot' pasti tidak akan kita temui.

Untuk kualitas foto, prosesor Snapdragon menunjang kamera dengan tekhnologi khusus agar megapixel foto yang dihasilkan bagus. Kita juga bisa lebih mudah mengambil objek dengan autofokus cepat dan hasil foto yang ada dicahaya rendah tetap bagus. 

Prosesor ini juga bisa menampung 4K Video banyak banget kan? Apalagi sekarang saya lagi demen namanya vlogging, tinggal divideoin dan langsung bisa diupload ke youtube dengan koneksi internet cepat. Untuk memutar video juga nggak usah bingung, kualitas suara dan gambarnya sangat berkualitas seperti kita nonton bioskop. Kalau kita membesarkan volume, tidak perlu bingung karena suara speaker yang pecah tidak akan ditemui bila menggunakan prosesor ini.



Qualcomm Snapdragon Dalam Kehidupan

Ponsel itu buat saya pribadi untuk foto-foto , mencatat reminder lomba, menulis naskah, dll. Banyak ya ternyata fungsi ponsel itu? Sama nggak kalian sama saya? Hehehhe.. Hari gini nggak megang handphone 5 menit? Bisa gatal-gatal dah seluruh badan *eh.

Contoh kegunaan prosesor Qualcomm yang menunjang keseharian kita

Tapi benar, kemudahan memiliki ponsel itu selain untuk komunikasi juga sangat banyak membantu diera yang serba teknologi ini.

Contohnya, buat yang sekarang jadi runner... kita pasti memiliki aplikasi untuk menghitung jarak tempuh lari, menghitung denyut jantung, melihat  jalur lari. Ponsel itu sangat berguna untuk para runner kan?

Atau saat kita lagi dijalan, kita juga bisa menggunakan ponsel untuk melihat maps jalan raya. Jadi saat kita jalan, kita bisa lihat jalur mana yang tidak macet, jalur mana yang terdekat sesuai dengan arah mobil. Keren kan sekarang?

Dan kesemua itu, ternyata sebuah prosesorlah yang menjalankan. See? Betapa chipset yang begitu kecil ternyata memiliki banyak fungsi.

Jadi, sekarang sudah paham kan bagaimana cara memilih ponsel yang baik untuk kita, jangan lupa lihat spesifikasi prosesornya apa. Dan jangan salah, pilihlah ponsel yang pakai Qualcomm Snapdragon, prosesor kecil untuk performa ponsel maksimal.

Info lebih lanjut kunjungi : http://goo.gl/aiIzar

24 comments:

  1. Haha..lah kemana aja teh echa? :P emang pertama diliat kudu chipset-nya, kedua RAM minimal jaman sekarang mah 1GB lah. Fitur lainnya sesuai kebutuhan aja.
    Snapdragon siap2 aja disalip intel. Hihihii..

    ReplyDelete
  2. Laah hp ku blm pake itu cha, makane suka lelet nih :(

    ReplyDelete
  3. wah keren ya...ini terobosan baru..mau juga nih punya beginian mbak :)

    ReplyDelete
  4. Lucu itu Oppo N3 bentuknya. *malah mupeng*

    ReplyDelete
  5. waaahhh, ini nyambung banget sama postingan terbaruku hahaha

    ReplyDelete
  6. Snapdragon. ..namanya asyik yaaa...prosesor yang pI ntar memang pentiing niiih..biar hp makin mantaaap :)

    ReplyDelete
  7. Ini namanya kecil-kecil cabe rawit hehe. Hpku sudah mesti ganti nih, sudah lemot *nabung dulu biar bisa beli Oppo ini

    ReplyDelete
  8. Iya ih, selama ini aku juga ngira hape asal mahal pasti bagus dan awet. Nggak juga ya ternyata. :p

    ReplyDelete
  9. Itu, Oppo-nya kok cakep yaaaa.... >____<

    ReplyDelete
  10. Kudu periksa prosesor sekarang ini ya Mak soalnya mau segera beralih ke teknologi 4G LTE kita ...

    ReplyDelete
  11. Eh komen saya sdh masuk tadi ya, Mak?

    ReplyDelete
  12. Memang yang harus di perhatikan sebelum membeli barang elektronik seperti Hp adalah processornya dulu yang di cek.

    ReplyDelete
  13. Ya Allah, semoga saya dapat hadiah yg model begini.
    Aamiin.

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
  14. Oppo N3 ya Mak? Shasa sedang pengen HP baru nih... kayaknya Oppo N3 perlu dipertimbangkan nih

    ReplyDelete
  15. Aku naksir OPPO N3 sejak liat iklannya di tv dimana diperlihatkan hapenya punya kamera berputar... dengan prosesor kek gini makin mupeng aku

    ReplyDelete
  16. Eh...kayaknya tadi dah komen?

    ReplyDelete
  17. whoaaaa....
    aku juga mauuu yang kayak begituuuh mak Echaaa :)
    Kirimin ke Banduuuuung :)

    ReplyDelete
  18. memang sip deh chipset yang satu ini. buat saya sebuah ponsel pintar itu yang penting chipset prosesornya apa, :D kalau cuma ecek-ecek nggak jamin smart... hehehe

    ReplyDelete
  19. Kecil bentuknya besar performanya yo maak

    ReplyDelete
  20. Barang cuilik ngono kok yo penting banget ya. Kudu teliti meneh suk kalau beli :)

    ReplyDelete
  21. sip! nanti saya mulai perhatiin. Biasanya saya kalau beli hape itu lihat kameranya aja hihihi

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^