Dibalik Layar Bulan Agustus



Agustus banyak cerita... banyak banget malah... 


Mulai dari 10 tahun meninggalnya bapak ibu, nyiapin ulang tahun Raffi, persiapan insisi Raffi dan yang pasti persiapan kemoterapi... Belum lagi ditambah kejar-kejaran sama postingan lomba, review, kuis buat cari sesuap nasi dan masa depan cerah... Sumpah rasanya tidak pengen tidur...pengen dikerjain semua cepetan.. Tapi ternyata, memang setiap orang punya keterbatasan :").

Tapi satu yang bikin monumental, yaitu cerita dibalik layar ulang tahun Raffi... Secara, mulai 3 bulan sebelum ultah Raffi saya kejar semua lomba dan alhamdulillah nggak ada satupun yang menang :v. Edun nggak.. Capek-capek ikutan tapi kalah..Nangis mah jangan ditanya saya mah kalo kalah..Pan saya urangna sensitipp!. Wkwkwk.. Dan rejeki memang tidak pernah tertukar... Akhirnya saya menang lomba yang jumlahnya sangat cukup untuk ulang tahun Raffi.. :"). Belum lagi ditambah bonus THR dan jadi cat sitter selama orang-orang pulang kampung...

Sluku sluku bathok, Bathoke ela-elo
 
Saat deket-deket hari H, ternyata uangnya pas banget... Hikz, makanya saya sedikit pundung sama temen yang gak datang ultah Raffi kemaren.. Bukan apa-apa seh...Kan kita dah nyiapin sedemikian rupa dan sudah dibudgetin, jadi kalau nggak datang kan sayang alokasi dananya (ujung-ujungnya duit wkwkw).. Tapi akhirnya saya jadi tahu dan sadar, kalau jangan pernah menolak undangan ultah anak atau nikahan... Karena saya tahu pontang pantingnya orang tua dibelakang ultah anak itu :"). Janji diri sendiri...

Dan ternyata riweuhnya kegiatan nyiapin ulang tahun Raffi dan nulis postingan lomba, kuis plus review biar ada tambahan uang bulan depannya itu membuat saya stress, capek dan baper. Kadang sampai kesel kalau lagi enak-enak bikin adonan eeehhh Raffi numpahin adonan kue atau lagi sempet nulis dikomputer tiba-tiba Raffi ngerecokin dan sukses bikin postingan ilang semua :v... Rasanya mau teriakkkk... Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

10 hari sebelum ultah Raffi... Papih ngasih foto tulisan buat saya. Pas liat, jujur saya nggak ngerti artinya... Kata papih ini adalah tembang dolanan Jawa dan minta saya untuk cari tahu maknanya.. Ihh ini papih mah ada-ada ae, dah tahu orang riweuh malah disuruh gugling lagu :v.

Ini tembang dolanan Sluku Sluku Bathok

Karena penasaran saya gugling itu artinya... Dan ternyata, lagu sluku sluku bathok ini adalah tembang ciptaan para wali songo jaman dulu saat menyebarkan Islam diIndonesia. Dan satu-satu saya baca artinya...

Sluku sluku bathok : hidup itu tidak boleh dihabiskan untuk bekerja, jiwa raga harus seimbang dan jangan diforsir biar tidak stress
Bathoke ela elo : Berdzikirlah (ela elo Laa Ilaaha Ilallah) agar tenang 
Si Rama Menyang Solo : bersuci dan dirikan sholat
Oleh-olehe payung mutho : sholat akan mendapatkan perlindungan dari Allah
Mak jenthit lolo lo bah : Kematian itu datangnya tiba-tiba, Allah yang tahu
Yen obah medeni bocah : Saat kematian datang, semua sudah terlambat
Yen urip golekko dhuwit : Saat masih hidup berkarya dan beramal

Si Rama menyang solo, Oleh-olehe payung mutho

Tahu nggak, setelah baca artinya saya langsung nangis...Aku bener-bener sensitif... :"). Ternyata papih memperhatikan segala kegelisahan saya mengerjakan proyek ultah Raffi plus-plus lainnya beberapa bulan terakhir ini, terutama dibulan Agustus... Dan papih bilang ada hadist yang menyebutkan bahwa :

“ Bekerjalah kamu untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah kamu seakan-akan angkau akan mati besok”.

Hiks... iya, saya terlalu stress memikirkan banyak hal yang kadang tidak perlu saya pikirkan.. Saya terlalu angkuh membuat semuanya menjadi sempurna, padahal disana saya punya batasan yang tidak bisa saya lewati kalau tidak atas ijinNya... Tidak sepatutnya duniawi yang saya kejar sampai melupakanNya... Saya sampai lupa istirahat, jangan ditanya setiap hari saya tidur berapa jam :v.. Sekedipan mata lalu langsung nerusin lagi yang harus dikerjakan... :v. Dan itu memang membuat kondisi badan saya menurun...

Dan papih juga bilang, kalau kamu memang melakukan ini semua buat Raffi... Berarti selama prosesnya kamu juga harus buat Raffi bahagia dan kamu tersenyum melakukannya...Bulan ini kita diberi banyak berkah, terutama hadirnya Raffi 2 tahun kemarin...

Saya tambah mewek, iya benar juga... Saya tidak menyangka bakal punya anak, mengingat kemoterapi yang dijalankan... Dan tidak ada yang tahu kapan saat terakhirnya.. Kalau saya lupa sama kesehatan saya sendiri buat apa semua yang saya lakukan ini :"). Saya cuma diam dan nangis saja... Dan papih langsung ngasih obat pereda nyeri saat melihat leher saya tambah besar bengkaknya.. :")..
Aaah papih... ternyata kamu begitu memperhatikan saya istrimu ini.. Walau saking sibuknya saya sampai lupa nyiapin teh manis dipagi hari  selama sebulan ini...:"(.. Maaf ya, Pih...

Mak jenthit lolo lobah, Yen obah medeni bocah

Setelah hari itu, saya mulai membagi waktu untuk istirahat dan nyiapin ultah Raffi. Alhamdulillah ultah Raffi berjalan lancar.. Walau selama acara, leher saya bengkak dan nyeri tidak terkira ditambah ngantuk kurang tidur dan pusing karena nyeri... Dan alhamdulillah, ternyata sebelum dan selama acara saya banyak dibantu teman-teman dari awal sampai akhir... Kalau salah satu temanku bilang, ini merupakan investasi kebaikan. Yah seperti akhir lagu sluku sluku bathok "Yen urip golekko dhuwit". Membantu orang juga menjadi amalan besar. Terima kasih banyak ya teman-teman, My big circle...

Selesai acara, papih bilang "Enak kan kalau dijalaninya penuh senyuman?".. Saya cuma mengangguk... Dan dia bilang lagi, " Sluku sluku bathok, bathoke ela-elo. Habis ini istirahat ya, Mih!". Saya kembali mengangguk... Dan kamipun tersenyum bersama.. 

Yen urip golekko dhuwit

Betapa indah bulan Agustus ini, saya diberkahi suami yang baik, teman-teman yang baik, dan anak yang baik. Terima kasih Tuhan.. Bulan ini saya kembali disadarkan kalau kesehatan, keluarga dan pertemanan yang baik itu semua atas ijinMu... Iya, saya juga harus menjaga kesehatan buat menemani Raffi sampai kapanpun selalu bersama dan agar proses kemoterapi berjalan lancar kedepannya... Karena tidak ada yang tahu kematian itu kapan datangnya... Iya, karena kita tidak tahu kapan kita mati.. Mari tersenyum dan mencari ridhaNya dengan menjaga berkah yang Dia berikan... Semoga saya selalu diingatkan untuk berada dijalan yang lurus... Semoga...

Iya, saya tahu... Semangat Echa, mumpung masih hidup mari semangat mengumpulkan pahala dan perlindunganNya... Dan mari kita bilang bareng-bareng sekarang "Alhamdulillah".
 
Tulisan curcol geje ini diikutsertakan dalam giveaway
 

29 comments:

  1. yuk kumpulkan pahala, simpan tenaga Raffi masih butuh kasih sayang mak echa. semangat & sehat terus ya. Duh jadi sedih kok aku bacanya

    ReplyDelete
  2. Ouw ini toh artinya yang tadi (tembang), salut ama mbak Echa yang selalu semangat demi "sesuap nasi" dan bagi kebahagiaan keluarga. *terharu bacanya*

    ReplyDelete
  3. kereeeen chaaa...filosofi yang oke untuuk menjalani hidup ..selalu semangat ya chaa...dan juga sabar serta ikhlas..past Allah beri yang terbaik senantiasa :)
    hugs huuugs dari NYC :)

    Thanks for joining my GA as well...mmuuaaaah

    ReplyDelete
  4. Hehehe, aku belum punya anak (nikah aja belum kepikiran, hehehe) tapi ngerti banget gimana rasanya kalau udah siapin sesuatu sampai niat banget eh, ada yang gak datang :'D Tembangnya bagus sekali. Sebagai orang yang diberi anugrah kesehatan yang "istimewa" oleh Tuhan, aku juga ingin jadi orang yang memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Berkarya selagi ada usia. Cheers! :)

    ReplyDelete
  5. Daku jg ikut terharu mak ca...
    Terharu sm si papih raffi jg terharu am semangatmu mak ca...
    Sehat sellu ya mak, begitu jg sm raffi dan papih raffi..amin

    ReplyDelete
  6. mak echa, saya orang jawa, tapi beneran loh saya baru tau arti lagu sluku2 bathok itu.. dulu tiap hari nyanyiin, tapi baru tau artinya gara-gara tulisan mak echa ini.

    ReplyDelete
  7. malahan aku salut ama dirimu mbak...semangatmu itu loh..terus kreatifitasmu itu juga...cara mendidik raffi juga..pokoke aku salut ama dirimu... segala perubahan yg ada pd dirimu:)

    ReplyDelete
  8. tetap semangat Cha dan jaga kondisi badan yah :)

    ReplyDelete
  9. Filosofi lagu yang sangat memotivasi ya.
    Echa, aku selalu terharu dan tersemangati olehmu
    Selalu sehat dan semangat yaa, salam hangat

    ReplyDelete
  10. Semangat Emaaaak!!!! Aku padamu.... Selamat ulang tahun ya, Raffi! Ultahnya barengan sama aku huahahaha... Semoga selalu bahagia, Mak.

    ReplyDelete
  11. slukuk2 bathok itu lagunya anak kedua saya mba yg diajarin mbahnya :)

    ReplyDelete
  12. Baru pertama kali melihat tembang wali songo yang itu mbak, ternyata maknanya dalam sekali yah...

    Sedikit cerita, bulan agus ini bagi saya juga merupakan bulan yang berkah. Dari sisi rezeki saya mendapatkan rezeki dari jalan yang tidak pernah saya duga-duga sebelumnya, dan jumlahnya cukup banyak. Pokoknya bulan agustus tahun ini adalah salah satu bulan yang sangat membahagiakan, bagi saya...

    ReplyDelete
  13. gak nyangka suamimu is the best ya Chaaa

    ReplyDelete
  14. Jgn sensitip atuh Cha.. Klo kalah mah ga usah nangis, mewek aja hahahahaha

    Btw sukses yah.. Semoga menang hehehe

    ReplyDelete
  15. Ini sih lagu dolanan jaman aku masih kecil dulu, sering ketawa kalo pas mainan dan nyanyi lagu ini. Btw, mbak Echa keren loh semangatnya. Tapi tetap harus jaga kesehatan, buat apa bisa ngerjain semua-muanya tapi tubuh jadi nagih minta istirahat lama alias sakit. Jangan sampai sakit parah ya mbak, ingat hak tubuh kita :D
    Salam buat Rafi...

    ReplyDelete
  16. sering dinyanyiin ama mertua di Kudus.......hoaaaem

    ReplyDelete
  17. sehat terus yaa mak.. love you :D

    ReplyDelete
  18. hiks, saya termasuk yang berhalangan datang...

    Semoga sehat selalu, ya. Bagus itu arti liriknya :)

    ReplyDelete
  19. Lagu itu dalem banget ya mbakcuth maknanya. Suka sekali sama tulisanmu ini. AKu udah niat mau ngejar GA mama Bo, malah keturon, hiks

    ReplyDelete
  20. Sedih bacanya, Chaaa... Lalu merenung, aku masih kebanyakan tidur ketimbang berkarya :D Ampun dah

    ReplyDelete
  21. Sangat menginspirasi..saya akan baca tulisan selanjutnya...
    kayaknya ada kisah hidup yang "luar biasa" ya mbak... saya belum baca semua sih.. tetap semangat..!!

    ReplyDelete
  22. Mba echa kereen pokoke, saluut. Ultah raffi pingin drg tp tp tp tp... You know lah :D

    ReplyDelete
  23. Kamuuuu nek minum k********g lagiii, aku gamau temenan. huh!

    ReplyDelete
  24. Jadi kangen simbah putri yang suka nyanyiin lagu inih *lalu mewek *lalu narik2 ujung jilbab mak Echa buat ngelap ingus

    ReplyDelete
  25. orang jawa memang banyak filosofinya ya mbak. Saya banyak yang masih belum paham tentang hal filosofi-filosofi tersebut

    ReplyDelete
  26. wah ..keren tenan filosofinya ya mbak ....:)

    ReplyDelete
  27. aku pingin juga kayak mbak echa ... kayaknya wanita pekerja keras ...:)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^