Perlengkapan Wajib Menjelang Kelahiran Bayi


Salah satu hal penting untuk menyambut kelahiran bayi baru itu adalah membeli perlengkapan bayi. Kegiatan ini sangat menyenangkan bagi semua wanita hamil, karena sangat senang mempersiapkan segala kebutuhan saat bayi lahir. Tapi, pasti pada bingung dan panik kan? Apa saja sih barang-barang yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran bayi?

Begitupun saya dulu... Saat hamil, saya senang sekali melihat online shop atau sekedar kebaby shop cuma untuk lihat-lihat barang bayi. Referensi keperluan bayi memang sangat banyak, mulai dari buku dan masukan dari kerabat dekat. Rasanya semuanya pengen dibeli. Namanya juga ingin memberi yang terbaik buat sibuah hati. Ya nggak?

Walau semua ingin dibeli, tapi kan kita juga harus melihat kondisi keuangan. Jangan sampai kalap belanja, padahal masih banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan saat bayinya lahir. Iya kalau artis banyak diendorse :v... lah saya cuma serpihan nastar hari raya yang mau tidak mau harus puter otak belanja kebutuhan bayi yang memang diperlukan.

Karena kebetulan saya orangnya simpel, jadi mempersiapkan barang-barang menjelang kelahiran bayi juga yang simpel dan pasti terpakai. Dan percaya atau tidak, yang kasih kado lahiran bayi itu banyak. Makanya jangan belanja terlalu banyak. Hehehehe.

Tapi walau simpel, saya tetap saja bingung saat cari perlengkapan bayi. Dan ternyata pucuk dicinta ulam tiba, saat belanja disuatu mall saya diberi booklet promo tentang barang belanja persiapan kelahiran bayi. Jadi patokannya ya itu saja dan berguna banget.

Voila, akhirnya saya pakai acuan brosur ini untuk membeli perlengkapan bayi

Sebenarnya kapan waktu tepat untuk belanja perlengkapan bayi? Menurut saya, waktu yang tepat untuk belanja perlengkapan bayi saat TM 2 menuju TM 3, yaitu usia kehamilan 5-6-7 bulan. . Karena waktu tersebut adalah masa kehamilan yang nyaman bagi ibu hamil untuk belanja. Ibu hamil sudah melewati masa ngidam pada TM 1 dan belum terasa kontraksi di TM 3.

Jadi barang-barang apa sajakah yang harus dipersiapkan menjelang kelahirang bayi? Ini dia detilnya ^^.

Perlengkapan Ibu


Ini semua dibutuhkan ya, jadi wajib punya. Barang-barangnya yaitu :

1. Bh menyusui
Enaknya memang pakai BH menyusui.. Tapi kedepannya, ternyata saya pakai BH biasa. Karena buat saya pribadi lebih enak posisi menyusuinya dengan munculin keatas daripada munculin puting disamping (ini tergantung kenyamanan ibunya saja ya). Oh ya, selama menyusui lebih baik pakai BH terus ya.. soalnya jaga-jaga biar payudara tidak melorot ke bawah :v.
2. Pembalut bersalin plus celana dalam hamil atau yang besar pokoknya
Pembalut bersalin juga harus punya karena bakal menemani sang ibu selama 40 hari setelah kelahiran. Waktu itu, saya tidak beli soalnya teman saya mbak Haya beri kado pembalut bersalin 1 dus gede :v...alhamdulillah :D
3. Baju kancing depan
Bisa daster atau baju bukaan kancing depan agar lebih mudah untuk menyusui. Karena untuk awal-awal bayi menyusu terus, jadi pakai baju/daster kancing depan mempermudah untuk menyusui.
4. Kain panjang
Sebenarnya jujur saya kurang mengerti kenapa harus beli kain panjang saat lahiran. Kain panjang ini dipakai setelah pakai gurita ibu dengan cara dibebet kencang gitu kebadan. Mungkin biar lebih kencang ke perut setelah melahirkan biar tidak kendor. Tapi memang lebih baik beli aja sih.. soalnya ternyata kain panjang ini bisa kepake buat alas ompol juga xixixi.
5. Gurita ibu atau korset
Ini untuk mengencangkan perut setelah lahiran, biar tidak kembung dan tidak kendor..
6. Breastpad
Ini untuk menjaga agar air susu tidak merembes kepakaian. Awal-awal beli saja dan sangat berguna untuk ibu-ibu yang bekerja diluar rumah.
7. Gendongan
Awal2 bayi itu butuh pelukan hangat kita, mau tidak mau kita juga kudu punya gendongan yang baik. Bukan hanya untuk bayi nyaman tapi buat ibu biar tidak capek gendongnya. Oh ya, kalau bisa pilih warna yang netral karena kedepannya biasanya suami yang bakal gendong bayi #pffttt...

Kalau mau mencari referensi tentang memilih gendongan bayi yang nyaman, saya pernah menuliskan versi lengkapnya di http://www.echaimutenan.com/2013/11/memilih-gendongan-bayi-yang-nyaman.html

8. Pompa asi
Saya menggunakan pompa asi karena walau ibu dirumah, kegiatan pompa asi diawal itu sangat dibutuhkan. Apalagi kalau ASInya berlimpah mau tidak mau kita harus mengosongkannya agar ASI terisi lagi. Seperti prinsip ASI yaitu tergantung permintaan ^^. Semakin banyak dikosongkan, maka semakin cepat produksi ASI bertambah.

Saya pernah menuliskannya review pompa ASI philips AVENT Manual disini : http://www.echaimutenan.com/2014/06/pakai-breast-pump-philips-avent-manual.html

Pakaian bayi


Pakaian bayi itu lucu-lucu...sepakat ya^^. Tapi ada beberapa pakaian bayi yang memang harus kita punya. Ini dia :

1. Baju lengan panjang, baju lengan pendek, celana panjang dan celana pendek
Untuk bayi newborn, baju kancing depan ini mempermudah kita masangnya. Karena saat itu kepala masih belum kuat dan kudu disanggah. Kalau baju kancing depan ini enak, cuma tinggal miring kiri kanan saja. Beli bahannya yang lembut dan tidak panas yaaa... Satu lagi, jangan terlalu banyak membeli baju bayi newborn ini :D biasanya dapat kado hehehe...Kepakenya sebentar karena bayi cepat besarnya, beli selusin sudah cukup.
Oh ya, satu lagi beli saja baju yang kece buat poto di rumah sakit :v *penting ini hahaha
2. Jumper lengan panjang dan lengan pendek
Ini baju andalan saya saat bayi umur 1 bulan. Tinggal masukin dari atas kepala, masukin tangan dan selesai ^^.
3. Popok
Popok ada macam-macam, ada popok kain, clodi dan diapers. Perlu diketahui, bayi new born itu pipis dan pupnya sering banget. Jadi jangan kaget kalau harus sering ganti-ganti. Tapi sebagai tim merawat sendirian, saya dan suami sepakat pakai popok diapers. Karena lebih mudah dan tidak perlu cuci-cuci. Mungkin kalau ada yang bantu jagain beda ceritanya ya ^^, tapi demi kemudahan dan menghindari baby blues cuma gara-gara cucian, kami pakai diapers saja wes... hehehe.
4. Gurita bayi
Ini digunakan saat awal-awal saja saat pusar masih ada. Paling semingguan, bahkan bisa kurang. Beli saja setengah lusin.
5. Bedong bayi
Bayi new born itu buth kehangatan, salah satunya dengan bedong ini. Bedong membantu kita yang belajar menggendong bayi saat awal-awal kelahiran. Saya beli setengah lusin kain bedong dan 3 bedong instant. Ini cuma dipake awal-awal saja. Sselebihnya kain bedong itu dipakai buat selimut atau alas ompol huehuehue.
6.Sarung kaki dan tangan plus topi
Ini juga fungsinya untuk menghangatkan tubuh saja. Biar tidak masuk angin dan kembung. Kalau topi, anak harus diajari makenya...soalnya kalau dah kebiasaan tidak pakai topi kedepannya bakal susah pakai topi kayak Raffi anak saya.
7. Sapu tangan dan bib
Bayi bakal sering gumoh (muntah), keringetan saat menyusui atau ngiler...Jadi, yang namanya tisu, saputangan itu wajib punya ^^. Bib atau slabber juga beli saja...bisa kepakai lama sampai masa MPASI.


Perawatan Bayi



Ini dia macam-macam perawatan bayi yang kita perlukan :

1. Baby oil, lotion, hair lotion, cologne dan bedak
Biar bayi tetap harum, wangi dan terawat ^^. Saya hampir tidak pernah menggunakan bedak bayi, dan jangan lupa hati-hati saat menaburkan bedak bayi ya ^^.
2. Minyak telon
Saya pilih konicare, wanginya enak dan panasnya pas untuk bayi.
3. Sudocream
Ini juga bisa diganti dengan krim serbaguna lainnya yang aman buat bayi. Tapi saya sudah kadung jatuh cinta sama sudocream. Mulai dari gatal popok, biang keringat, cakaran kuku dll bisa diatasi dengan krim ini. Jadi sudah nggak mau pindak kelain hati ^^.
4. Gunting kuku, Sisir bayi, cotton buds
Kuku bayi itu cepat banget kukunya panjang. Memotong kuku awal-awal saat dia tidur pelan-pelan. Dan sekarang saya ajari agar dia melihat proses potong kuku.
Kalau sisir bayi, beli yang khusus soalnya memang lebih enak kalau merapikan rambutnya. Untuk cotton buds, beli untuk membersihkan bagian luar telinga atau hidung.
5. Termometer dan sedotan ingus
Buat saya, termometer itu wajib punya. Soalnya penting banget, bayi kadang tiba-tiba panas dan kita tetap bisa mengukur suhunya. Jaga-jaga buat keselamatan bayi kan. Kalau sedotan ingus bisa beli bisa tidak. Cuma pas lagi pilek emang lumayan terbantu hehehe nyedot lendir dihidungnya.
6. Tisu basah dan kering
Seperti sapu tangan dan bib, tisu basah dan kering jadi barang wajib buat saya. Kegunaannya banyak bangetttttt...


Perlengkapan Mandi Bayi


Perlengkapan mandi bayi itu yang wajib kita punya adalah :

1. Sabun dan shampo bayi
2. Waslap bayi
Untuk bayi baru bisa pakai waslap sebelum kita berani membilas atau direndam dibak mandi. Apalagi kalau pakai sabun cair kudu pakai waslap kan?
3. Bak mandi
Pilih bak mandi yang biasa saja agar kepakenya lama. Jangan pilik bak mandi yang pakai pompa atau didalamnya ada tempat duduknya, agar bisa long term makenya.
4. Handuk bayi
5. Perlak
Untuk mandiin bayi dikasur saat new born
6. Jaring mandi bayi
Ini diletakkan dibak mandi saat bayi mulai kita mandiin dibak... Jadi jaringnya tinggal dikaitkan selesai...bayi kita taruh sambil dia mainan air. Walau dipakainya sebentar, tapi buat saya ini penting banget. Karena saya jadi berani mandiin diair hangat bak mandi tanpa takut dia tenggelam..

Perlengkapan Menyusui

Ini adalah perlengkapan menyusui yang kita wajib punya. Mulai pompa asi, botol asi dan sikatnya, baby cup feeder untuk mengajari bayi minum asi, botol susu, breastpad, capitan untuk mengambil botol asi, cooler bag untuk menyimpan ASI atau makanan hangat saat mpasi nanti, dan sterilizer atau panci untuk mensterilkan peralatan menyusui. Oh iya, panci banyak kegunaannya loh selain sterilin peralatan...bisa untuk masak air panas untuk mandi bayi, mpasi dll.. Jadi memang kudu punya yang khusus untuk bayi kita.

Baca juga : Botol susu untuk bayi saya tulis di  http://www.echaimutenan.com/2015/08/botol-susu-philips-avent-untuk-bayi.html.

Atau baca juga : produk menyusui Express and Go dari Tommee Tippee 

Perlengkapan Tambahan Bayi


Perlengkapan yang saya punya waktu itu adalah :

1. Stroller
Percaya atau tidak, saya punya 3 stroller hadiah sampai saat ini. Ada pliko yang saya pakai saat new born, mc laren yang sangat jarang saya pakai karena kurang kecil kalau dibawa pakai motor dan stroller isport yang selalu saya bawa kemana-mana karena enak dibawa-bawa pakai motor. Stroller untuk newborn harus yang bisa sampai datar untuk menidurkan bayi. Saya juga biasa pakai kalau lagi menjemur bayi.
2. Tas Bayi
Sama kayak gendongan, pilih tas bayi yang unisex. Jadi bisa dipakai suami juga dan modelnya tidak terlalu cewek, kan maunya dipakai lama :D.
3. Boks bayi dan kelambu
Ini saya sewa dirental tempat tidur bayi. Untuk saya pribadi, ternyata boxnya tidak terlalu terpakai karena bayi tidur sekasur sama saya (soalnya nggak ribet pas malam-malam dia mau menyusui). Saat bayi sudah mulai guling-guling lumayan itu soalnya ada penahannya kanan kiri. Optional saja sih pakai ini ^^.
4. Bouncer
Saya punya 2 bouncer goyang mulai dari newborn sampai toddler dan bouncer lipat untuk bayi saat keluar rumah. Lumayan banget terbantunya.

Review lengkapnya sudah saya tulis di http://www.echaimutenan.com/2014/01/bouncer-untuk-bayi.html

5. Bantal kempeng, bantal dan guling bayi
Ini bantal kempeng dipakainya memang sebentar banget. Tapi itu buat sanggahan kepala bayi yang saat itu memang belum kuat untuk digerakkan. Kalau bantal dan guling bayi lumayan kepakai buat batas-batas badan bayi biar tidak kemana-mana saat tidur atau main.
6. Mainan bayi
Mainan bayi newborn itu biasanya yang gantung-gantung diatas sama yang bunyi-bunyi kricik kricik gitu. Menggangtung mainan bayi juga jangan sembarangan. Jangan meletakkan mainan gantung diatas pas kepalanya, tapi taruh disejajar mata bawah sedikit...
7. Perlak ompol 
Ini bisa dari kain bedong juga sih... Apalagi seperti tadi saya bilang diatas, saya pakai diapers agar lebih mudah saat mengganti pakaian bayi. Jadi saya pakai kain bedong untuk alasnya.

Hal yang tidak kalah penting untuk dipelajari oleh  ibu newborn itu...
~~~Stok sabar yang banyak dan percaya lahiran lancar~~~

Bayi newborn vs baby blues post partum itu memang sejalan Sebisa mungkin cerita sama suami kegalauan stress kita sebagai ibu baru atau ibu yang baru melahirkan agar dapat solusi. Makanya seperti saya menghindari cucian banyak ya pakai diapers, kalau tidak bisa stress sendiri. Believe me, semua ibu baru pasti mengalami perasaan macem-macem ala baby blues. Jadi bikin hidupmu bahagia, agar ibunya senang, ASI lancar dan anak sehat ^^.

Itu kali ya kira-kira barang penting apa saja yang perlu kita siapkan untuk kelahiran bayi kita. ^^ Selamat menanti kelahiran bayi ^^...

 

Note : khusus dibulan Agustus ini postingan saya akan lebih fokus kepostingan tentang bayi dan pengalaman menyusui selama 2 tahun. Karena bulan ini adalah  Ulang tahun anak saya yang ke-2 tahun...saya mencoba mengingat-ingat apa saja yang saya alami selama ini. Kenang-kenangan juga nanti saat dia dewasa bisa baca semua tulisan saya tentangnya ^^.

Buat yang mau download DIY daftar perlengkapan bayi versi saya

perlengkapan bayi

Baca juga :

Kalau mau lahiran, apa saja yang dibawa ke rumah sakit?

Isi tas bayi R buat pergi-pergi

Jenis peralatan bayi baru lahir


[Sponsored Post]

33 comments:

  1. sip mak, persiapannya sangat matang ya mak...

    met ultah Raffiiii

    ReplyDelete
  2. Waktu hamil Maira, aku ngerencanain nantinya Maira mau pake clodi. Biar irit juga gitu secara kakak2nya dulu anak diapers semua :v Seneng banget waktu hunting clodi online, lucu2, sampe gak bs distop n beli banyak. Taunyaaaa pas udah ada mairanya, baru tau kl nyuci clodi itu cape n makan waktu bgt. Akhirnya balik lagi ke diapers n clodinya cuma sekali pake ajah :))))

    ReplyDelete
  3. Komplit ya mbak e, makasih sudah mengingatkan klo dpt lungsuran lbh seru ya mbak, jd gak perlu ngeluarin bnyk uang lagi buat beli2 hihihi

    ReplyDelete
  4. Banyak juga perlengkapannya ya, mak. :D Save dulu ah, sapa tahu butuh kapan2.

    ReplyDelete
  5. Pas bangad nih diterapin sama pengantin baru biar gak kewalahan nanti kalau udah tiba masa yang satu ini.

    ReplyDelete
  6. udah aku catet..buat persiapan mbak cha..makasih banyak ya....

    ReplyDelete
  7. duuuh Echa selalu selalu dan selalu berbagi tips bermanfaat, seandainya sajaaa aku dari dulu ngeblog ya ^^ *peluk Echa*

    ReplyDelete
  8. Sukaaaa postingan ini lengkap banget. Makasih Mbak Echa, bikin aku ntar pas jadi ibu nggak bingung lagi.

    Btw kain panjang kalo di tempatku namanya stagen. Dan bener Mbak, biar badan si ibu ini tidak mbleber. :v

    ReplyDelete
  9. Belajar jadi ibu. Walau belum nikah. Hehe. Thanks. Tulisannya sangat membantu

    ReplyDelete
  10. saya dulu pernah nyiapin breast pad, tapi ternyata gak kepake karena memang ASI saya tdk melimpah, walaupun bisa dikatakan cukup utk anak saya

    ReplyDelete
  11. sippp...makasih banyak mak,baru tahu nama2nya hehehe...udah disimpen tiggal belanja^^

    ReplyDelete
  12. Buanyak banget, aku ucing hahaha... Sementara ini br punya yg wajib2 banget utk new baby born. Eh ini sengaja bilang gini loh ya haha... Biar dikasi lungsuran :v

    ReplyDelete
  13. lengkap & komplit, persiapan nanti adenya Raffi ya

    ReplyDelete
  14. Wah tipsnya sangat bermanfaat mak. Jadi inget waktu itu hehe. Dulu (2bulan yg lalu) aku juga membeli perlengkapan bayi. Tapi cm sedikit sih karena sudah banyak pemberian dari sodara.
    Lucu-lucu ya mak perlengkapan bayi itu, apalagi printilan-printilannya yang kecil-kecil. Dari daftar list di atas masih banyak yg blm aku punya hihihi
    Kalo mak pakai diaper, aku masih pakai popok kain

    ReplyDelete
  15. Wah lengkap banget nih Echa. Aku dulu pas anak pertama yang beli2 perlengkapan ini itu, untuk anak ke 2 dan ke 3 sebagian besar pake punya kakaknya :D

    ReplyDelete
  16. Uwiiiih... kumplit banget perlengkapannya. Harus dibaca ne mom nih. Eh, old mom macam aku juga kadang kelimpungan. Kereeeen...

    ReplyDelete
  17. Wow lengkap bgd mak ca...acuan bgd nih kalau nanti eikh hamil lg..secara nih, hamil anaknpertama gk adaa persiapan sm sekali. Terjebak mitos, gk boleh nyiap2in barang sblum sinkecil lahir...huhuhu...

    ReplyDelete
  18. Banyak banget ternyata yah mba :) memang bener si harus disiapkan segera, soalnya kemaren ada tetangga lahiran & ternyata blom beli perlengkapan akhirnya suaminya bingung sendiri beli ini itu :(

    ReplyDelete
  19. lengkapnyoooo mbak ku satu nih, kreatif pula, pantesan rafiii sehat bener mbak

    ReplyDelete
  20. lengkap banget peralatan bayinya
    bagus-bagus lagi :)

    ReplyDelete
  21. harus banyak belajar telaten dari sosok ibu ini daah :)

    ReplyDelete
  22. banyak perlengkapannya hehehehe....seruuu ya cha ..aku seneng belanjanyaa :)

    ReplyDelete
  23. Bener juga nih perlengkapan wajib ini harus disiapin untuk yang mau lahiran...

    ReplyDelete
  24. Banyak banget ya mbak perlengkapan yang harus disiapkan menjelang kelahiran debay, bookmark ah biar suatu saat bisa untuk referensi. Hehehe

    ReplyDelete
  25. Bookmark! Insya Allah aku mengandung dan melahirkan, akan butuh info seperti ini ya makk.. Thanks for sharing..

    ReplyDelete
  26. Ada Gurita buat Ibu juga, ya. :D Banyak perlengkapan. Mulai menyicil kalau udah hampir melahirkan. ;)

    ReplyDelete
  27. Lengkap bangetttt..dan alhamdulillah aq jg lagi hamil anak pertama, dan apa yg mak cha tulis sudah siap semua..tinggal nunggu baby A lounching..hhehe

    ReplyDelete
  28. Sangat baik !!
    Oh ya, untuk bahan refrensi bunda semua yang ingin melihat produk branded, harga miring dan kualitas bagus dapat juga mengunjungi web kami

    www.birdsnbeesbaby.com

    Keep sharing informasi baik :)
    ig: birdsnbeesbaby

    ReplyDelete
  29. Ijin bookmark, buat persiapan kalau nanti punya baby,,,

    ReplyDelete
  30. Sip. Mantap tipsnya Mami Raffi. Btw, meskipun ada lungsuran, tetap beli beberapa yang baru, Mak. Apalgi yg kelima ini, lungsuran dari 4 kakaknya, kebayang bentuknya kaya apa hihi...tapi lungsuran yg masih bagus juga banyak jadi tetap bisa ngirit hehe

    ReplyDelete
  31. wah ... yang mau menyambut bayi... banyak juga ya perlengkapannya ...

    ReplyDelete
  32. banyak tenan ya perlengkapannya ... jadi kepingin rencanakan kelahiran anak ke 2 ni mbak

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^