Teknik Fotografi Dasar untuk Blogger





Sebagai blogger, kita tidak hanya butuh kualitas tulisan saja tapi juga foto yang sangat mendukung setiap postingan blog. 

Kalau boleh mengkategorikan, foto diblog saya rata-rata termasuk dalam kategori creative picture. Dan sekarang, saya mulai belajar tentang fotografi itu sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, bukan? Semua itu demi menunjang postingan blog lebih bagus. Foto-foto yang bagus diblog akan membuat pembaca lebih memahami dan menikmati sebuah tulisan. Dan itu merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Jangan sampai kita memberikan foto di postingan blog yang membuat pembaca mikir ini postingan apa. Karena foto yang tidak menunjang disetiap postingan blog, akan mengurangi pembaca untuk menikmatinya. Tidak mau kan kalau hal itu terjadi? Karena blogging itu sharing, kita juga harus memberikan foto yang bagus juga.

Diacara Capture Your #EveryDELLife, saya mendapat banyak pencerahan tentang teknik fotografi yang pastinya mendukung pekerjaan saya sebagai blogger. Diacara ini, hadir sebagai nara sumber yaitu Raja Siregar dan Nurulita, salah satu fotografer muda yang karyanya sering kita lihat diberbagai iklan komersial. 





Berikut teknik fotografi dasar yang bisa kita pergunakan untuk postingan diblog :
1. Foto harus punya rasa dan jiwa

Setiap foto dipostingan blog harus punya nyawa. Karena seperti pepatah bilang, sebuah foto menceritakan banyak hal. Misalnya kita memotret model, maka buat sang model nyaman dengan diajak berkomunikasi yang baik. Karena ekspresi wajahnya akan sangat menggambarkan komunikasi saat pemotretan seperti apa. 

Oke, untuk hal ini mulai saya terapkan. Disetiap postingan blog, saya selalu berusaha berekspresi dengan baik saat menunjukkan sesuatu.

2. Foto harus memperhatikan pencahayaan dan sudut pengambilan foto

Jangan asal jepret objek, tapi perhatikan posisi yang baik dan punya nilai estetika. Foto yang bagus itu foto yang jelas bukan foto yang blur atau buram. Cahaya yang baik menentukan kualitas foto, kalau fotonya buram dan pecah karena gelap kan jadinya kurang bagus.. Pembaca blog juga jadi malas melihatnya.

Tips untuk blogger travelling, saat ingin mengambil foto alam usahakan untuk menghindari jam 11 sampai jam  2 siang. Karena pada saat itu, matahari berada diatas kepala. Lebih baik saat menjelang sore lebih bagus pencahayaannya. Saya sendiri kalau mau foto-foto biasanya memang siang atau sore, karena cahaya matahari masih terang dan membuat foto yang dihasilkan bagus.

3. Foto memiliki editing yang baik

Penentu bagusnya sebuah foto ada diediting sebelum dipublish diblog. Karena dengan editing, kita bisa menampilkan foto dengan berbagai macam style. Tentunya, foto yang baik akan lebih enak dilihat daripada foto yang kurang bagus.

Karena pentingnya hasil akhir sebuah foto inilah, DELL mengeluarkan produk laptop yang memanjakan para penggunanya. Di campaign produk ini, DELL mengambil  7 profesi sebagai  representasi 7 warna corporate DELL dan salah satunya profesi fotografer atau industri kreatif. Karena profesi kreatif ini salah satu yang bisa bertahan sepanjang masa. 

Laptop DELL ini diklaim bisa membuat editing foto yang bagus bahkan untuk pemula sekalipun. Kita tidak perlu lagi membeli kamera mahal, cukup pakai produk Dell ini. Apalagi untuk blogger, kita cukup satu laptop DELL ini untuk banyak kegiatan ngeblog. Sambil ngedit foto, bisa sekalian ngetik didashboard kan?

Ini dia produk terbaru dari DELL ini yang baru diluncurkan dan bisa membantu kita menghasilkan foto yang bagus :

1. DELL XPS 13


Laptop ini ukurannya 13 inch dengan ketebalan hanya 15mm dan berat 1,18kg. Tipis dan ringan kan? Laptop XPS 13 merupakan laptop berkekuatan generasi intel dan  pertama didunia yang memiliki tampilan layar infinity. Tidak heran kalau gambarnya sangat tajam. Sejak diluncurkan, laptop ini telah mendapat 50 lebih penghargaan sebagai laptop terbaik. 

Booting laptop ini hanya membutuhkan waktu 8 detik dan resume dari mode sleep hanya 1 detik. Performanya sangat cepat, bukan? Makanya harga dipasaran sekitar 16 jutaan sangat cocok untuk laptop DELL XPS 13 yang handal ini.

2. DELL XPS 15

Laptop ini sangat memanjakan untuk para pecinta laptop berkualitas tinggi. Laptop yang berukuran 15,6 inci dan didukung dengan tampilan UltraSharpYM QHD yang menghasilkan resolusi hingga 3200 x 1800 ini, membuat tontonan film berkualitas Blu-Ray asli. Touch screen-nya sangat nyaman digunakan. Layar Corning Gorilla Glass NBT dikemas dengan desain super tipis.  Memiliki generasi keempat intel dengan pilihan processors bisa sampai i7.

Karena performa yang sangat tinggi, laptop ini aman walau digunakan untuk game yang berat sekalipun. Kinerja baterainya bertahan bertahan lama. Dengan kualitas yang sangat baik ini, harga laptop dipasaran sekitar  sekitar 20jutaan.

Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi kan bagaimana cara membuat foto postingan diblog menjadi bagus? ^^. Buat foto postingan diblogmu bercerita, pembaca juga akan lebih menikmatinya. Coba deh praktekkan tips diatas tadi..  And Capturin Your #EveryDELLife.. Good luck :*!


Note : Untuk tips edit foto,  saya pernah menuliskannya disini http://www.echaimutenan.com/2015/04/aplikasi-mudah-untuk-edit-foto-dan-video.html dibaca juga ya ^^

32 comments:

  1. Harganya ciamikkk... sesuai sm teknologi nya.. keren

    ReplyDelete
  2. Terimakasih tipsnya, Jeng. Urusan foto masih harus banyak belajar nih. Apalagi punyaku masih sering ngeblur.
    Laptopnya keyen....

    ReplyDelete
  3. post ..nya tentang fotoh blog..apa produk dell...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya atuhhh kaakkkkkaaaaakkk :D

      Delete
  4. Laptop 20 juta pakenya rasanya gimana yaa... gak ada acarra bengong kaya'nya

    ReplyDelete
  5. Waw.. mahal, ya. Tp worth it mungkin dengan performa dan kehebatannya. Tampilannya juga cantik. Wuh... jadi pengen. *Lirik laptopku yg udah sakit2an* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Mbak Nia. Kalau memang fungsinya sesuai, harga bisa jadi urutan kedua *ngumpulin duit ah*

      Delete
  6. aku lagi belajar teknik fotografi utk kepentingan bahan2 yg mendukung tulisan di blog.. makasih infonya ya.. btw, harganya lumayan mahal ya..

    ReplyDelete
  7. Pencahayaan adalah hal yang paling penting. Meskipun hanya menggunakan hape jadul, kualitas juga nggak kalah kalau pencahayaannya pas.

    ReplyDelete
  8. Keceee tapi mahal jg y harganya cha

    ReplyDelete
  9. memang blogger gak cuma bisa nulis, tp juga harus bisa moto juga yah, buat mendukung konten blog

    ReplyDelete
  10. Harus mulai nabung berarti, bikin mupeng laptopnya :D

    ReplyDelete
  11. memang lkudu kece kalau untuk blog, biar pada demen pengunjung e..

    ReplyDelete
  12. Yang Dell Xps 15 beratnya berapa mak? Enteng juga ngga sih, suka ribet kalo laptopnya berat

    ReplyDelete
  13. Homaygah! Harganya hampir 2x lipat si mac. >___< Tapi mah harga segitu harusnya lebih berkualitas ya isinya daripada yg cuma seperempatnya aja? ;)

    ReplyDelete
  14. Hmm... izin mungutin ilmu soal potografi dalam blog ya, Mbak. Kalo soal yang belasan juta itu, hmm... berdoa aja, mudah2an deh. :)

    ReplyDelete
  15. Yaaah
    Modalku cuma kamera hp... hiks

    ReplyDelete
  16. Eiiyyy harganyaaaa keceee :). Tapi kalau barang oke, harga pasti oe juga yaa

    ReplyDelete
  17. Pencahayaan benar-benar mempengaruhi kualitas foto

    ReplyDelete
  18. setuju sama no 1, "menjiwai" itu yang selama ini kurang saya rasain
    biasanya motret banyak2, yang dipake cuma satu...

    tertarik sama DELL XPS 13, specs sama fiturnya wahid banget
    salah satu target selain var*o sama merek buah kegigit :)
    mesti siap2 ngumpulin uang dulu euy, buat belinya

    ReplyDelete
  19. cara mencari jiwanya gimana mbak? ajarin dong

    ReplyDelete
  20. Masih dlm antrian ini, punya leptop baru utk nunjang kegiatam blogging. :D mbuh kpn tapi bisa kebeli. Doain yaaa

    ReplyDelete
  21. Seri XPS ini mihiil, tapi soal spesifikasi dan kualitasnya benar-benar top dan mumpuni!

    ReplyDelete
  22. Echaaa....lempar sini Dell nya :) Jadi ngebayangin indahnya hidupku posting dan ngolah gambar dengan si Dell *lirik laptop yg sesak napas terus ituh :(

    ReplyDelete
  23. tengkyuuu buat tipnya :)

    Kumpulin uang juga, ah kali aja butuh laptop baru :)

    ReplyDelete
  24. laptop saya Dell, udah 3 tahun masih baguss. Menurut saya, ngga papa beli yang mahalan karena pasti awet. Kecuali kalo pakenya sambil dibanting, hehehhe.. Dell terbaru yg infinity screen, kereeen banget ya mbak echa. Jadi pengen ^__^

    ReplyDelete
  25. Foto itu salah satu kelemahanku ngeblog :( Btw anak sulungku pakai laptop Dell

    ReplyDelete
  26. Hiduuuuup fotooo .. Aku cintaaa fotografi hehee dan sekarang banyak pendukungnyaaa

    ReplyDelete
  27. bener iniiihh... foto emang sebagian dari "jiwa" isinya si blog. Kalau foto2nya cakep, bacanya juga enak ya mak echa :)

    ReplyDelete
  28. Sayangnyaaa nggak semua hasil fotoku photogenic, jadinya kadang pake pixabay :v

    ReplyDelete
  29. 1 masalah aku makk.. Gaptek hehehee.. Salah satu laptop ku juga dell, bagus dan ukuran nya kecil mungil 10 inci an (keluaran lama) dan masih 'bandel' sampai sekarang..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^