Mengajarkan Anak Berkebun dengan Boneka Horta



Mengajarkan anak berkebun dengan boneka horta. Jujur saya paling malas kalau disuruh bercocok tanam. Ada sih keinginan kesana, cuma karena saya dasarnya memang lebih menyukai binatang daripada tumbuhan yaaaaa tidak pernah kesampaian berkebun.. bahkan 1 bungapun dirumah saya nggak punya.. tapi kalau hewan jangan ditanya :v...

Pas kemaren nyiapin ultah Raffi... saya inget ada boneka horta diIPB. Kayaknya kalau jadi souvenir bagus ya... Cuma karena saya tidak tahu harus beli dimana, ya nggak jadi wes.. Pakai souvenir yang saya konsep minion deh...

Ternyata, ada dek evrina yang lagi bikin giveaway dan hadiahnya ternyata boneka horta itu. Akhirnya, saya tanya beli dimana. Setelah dapat CP nya, saya langsung pesan buat souvenir ultah Raffi khusus yang datang saja.. Hitung-hitung ucapan terima kasih karena mereka sudah meluangkan waktunya hadir ^^. Oh ya yang mau pesen ke instagram boneka horta aja yaa ^^ id IG nya bonekahorta_id.


Lumayan buat hadiah tinggal dikasih ucapan saja

Boneka horta ini bisa digunakan untuk anak kok... Jadi Raffi bisa saya ajak untuk berkebun tanpa kotor-kotor tanah dan semacamnya. Gampang banget... Wong cuma tinggal disiram pagi dan sore saja.. Percayalah, disaya saja hidup apalagi orang yang memang suka tanaman kan :D.

Kemasannya juga lucu-lucu.. Ada bentuk hewan seperti panda, monyet, macan dan lain sebagainya... Ada juga seri orang dan profesi seperti orang wisusa, dokter, petani dll... Ada seri transportasi, ada seri kartun atau bentuk cake. Tinggal pilih saja... Harganya murmer kok, mulai dari 15 ribu hihihih...

Ada tata caranya kok...jadi nggak usah bingung

Waktu Raffi liat ini, dianya penasaran apaan itu... Dipegang-pegang bolak-balik xD.. Saya bilang, ini disiram nanti sama raffi pagi sore ya...

Caranya gampang, rendam boneka selama dua jam lalu taruh ditempat yang terkena cahaya. Dibagian rendam-rendaman ini, Raffi seneng banget...Soalnya mainan air...Karena berjalan 10 menit dia sudah rusuh, akhirnya boneka horta saya langsung letakkan didekat jendela biar terkena cahaya. Iya sih harusnya 2 jam ya...tapi gimana lagi :3.


Penampakan benih2nya dibagian atas boneka horta

Celupin keair...rendam sampai 2 jam

Raffi malah maenan aernya nggak berhenti-berhenti
Yang harusnya ngerendam sampe 2 jam... Saya cuma 10 menit :v abis itu bersih2 ngepel xD

Setiap pagi sore, Raffi harusnya menyiram bonekanya... Cuma karena dia tidak sedikit-sedikit nyiramnya :v..tapi mengguyur semua bagiannya... xD.. Sampai hari ke-3, belum ada tanda-tanda bakal keluar tunas.. Cuma bagian atasnya udah berubah warna hijau.. Duh jangan-jangan gagal nih -___-.

Elah dalah, pas pagi hari ke-4 muncul tunas lucu-lucu gitu xD.. Horeee berhasilll.. Hari-hari selanjutnya, rambutnya tumbuh subur...Jadi panjang dan lebat #halah...

Hari ke-4 mulai keluar dikit

Hari ke-5 lumayan tumbuhnya rada banyakan

Hari ke-6 uwoooo rambutnya memanjang

Hari ke-7
Udah panjangggg horrayyyy


Oh ya, ternyata kemiringan rambutnya itu tergantung pada bagian yang kena cahaya. Kalau miring berarti gak semua kena cahaya matahari. Dan kalau liat buku petunjuk umur sebulan, boneka horta ini kudu dipupuk...sama jangan lupa untuk menanamnya separuh badan ke pot... Yah yah semoga tumbuh suburrr ya boneka yaaa...

Raffi gimana? Seneng banget,.dijambak2in itu rambutnya sampai patah :v -____-.. Tapi paling nggak saya mengajarkan hal baru yaitu berkebun... Yang selama ini dia tidak pernah tahu kan hehehe... Ngasah motorik halusnya juga, biar dia bisa belajar merawat dan menyiram tanaman..

Lumayan loh buibu pakbapak, pakai media ini... Tidak perlu kotor-kotor berkebunnya hehehe... Yuk yuk ajari anak berkebun dengan boneka horta.

ps : bukan produk review...nulis karena pengen aja

41 comments:

  1. Save ah, siapa tau nti pas lg bingung mau ngapain, bs bikin ini hehehe

    ReplyDelete
  2. Owalah ini boneka tanaman toh, pantesan rambut bonekanya aneh (waktu mbak ngepost di fb). Ternyata itu benih yang mulai tumbuh, enak donk gak perlu pot lagi. Bisa diajak main dan bisa diajak bercocok tanam tuh boneka.

    ReplyDelete
  3. Berarti isi bonekanya adalah bakal tanaman ya mak echa?
    Jadi, yang keluar itu tanaman apa mbak?
    Ih lucu, pengen beli buat anakku deh, hihii

    ReplyDelete
  4. hihii raffi gemes pingin mainin yak, boneka horta, selain mengajari berkebun juga melatih motorik halus, yes...selain itu jadi mengenalkan untuk menyayangi tumbuhan. Eh ntr jadi OOt ke #asap. Wes selamat berkebun Raffi

    ReplyDelete
  5. Waaahhh, kok keren.
    Mau ahhh.
    *mlipir ke IG*

    ReplyDelete
  6. wkwkwkw...seperti rambut jiprak ya mbak jadinya..lucu banget..pasti anak lihat beginian seneng :)

    ReplyDelete
  7. mbak Echa itu jenis tanamannya kita bisa milih atau hanya satu macam..??
    ini namanya bermain sambil belajar...apalagi ada bagian air-airnya gitu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada yang bayam, trus apa lagi gt lupa xD

      Delete
  8. Wah, belajar berkebun dengan media yang simple.

    ReplyDelete
  9. dulu juga pernah ada nih boneka horta, saya sempet punya juga :D

    ReplyDelete
  10. tiap aku pulang kerja, arfan langsung narik aku ke dekat jendela tempat boneka hortanya ditaruh trus bilang "Bunda, bonekanya ada yg numbuh".

    sekarang sudah numbuh 1-2 cm.

    ReplyDelete
  11. itu ide yang bikin kreatif bangetttt,lucu juga ya mak hehehe...
    nanti kalo dah ditana di pot,posting lagi ya mak...jadi penasran hehehe

    ReplyDelete
  12. nah ini pas banget buat orang kaya aku yang gak mau kotor2an hehehe

    ReplyDelete
  13. wah kudu beli nih cha, lucu juga yah :)

    ReplyDelete
  14. lucu banget, aku jadi pengen beli, yaa walaupun belum punya anak, tapi unik banget, boneka bisa tumbuh rambut hehehe

    ReplyDelete
  15. ya ampuun lucu banget yaaa mau coba ah

    ReplyDelete
  16. Lucuuuu asliii chaaa.. Udah gondrooong gitu yaaa hehehehe

    ReplyDelete
  17. Wah...baru tau saya ada tanaman begini, Mak.
    Jadi pengen nyari deh.

    ReplyDelete
  18. Jadi inget almamater ni daku ka echa klo liad boneka horta

    ReplyDelete
  19. Wah, lucuu klo udah numbuh rambutnya mba echa. Btw, klo bibitnya bibit tanaman aps sja mba?

    ReplyDelete
  20. Pengen beli boneka ini... Ternyata bukan boneka serem ya (ngeliatnya serem makk) tapi ini bibit tanaman ya.. Ide bagus nih yang bikin boneka horta. Penasaran aja kalau udah sebulan kayak apa dia jafinya makk

    ReplyDelete
  21. Pengen juga berkebun praktis gini ya cha, cuma kok mba ir geli ya liat bonekanya xixixixi

    ReplyDelete
  22. Aaakkk... Jadi pengin beli. >.<
    Eh, penasaran itu boneka terbuat dri apa sih.
    Kok bisa tumbuh gitu.

    ReplyDelete
  23. Anak-anak pasti suka kalo punya boneka ini, lucuuuu :)
    Itu panjangnya sampe berapa cm Cha

    ReplyDelete
  24. Lutchuuuu

    Btw, mak Echa sip markosip deh, udah menerapkan #ArtikelBerbagi by Mak Nchie Hanie, hehehehe :)

    AKu durung :))

    ReplyDelete
  25. kirain tadi biji-biji padi di ubun2 si horta. bukan yak! :D

    ReplyDelete
  26. waah lucu. aku mo kadoin buat keponakanku yang sudah mulai kelihatan minat suka berkebunnya. makasih infonya kak Echa

    ReplyDelete
  27. 7 hari udh numbuh aja tuh rumputnya,emejing!heee... bagus nih buat syafieq bljr berkebun juga ^_^

    ReplyDelete
  28. Dari dulu pengen banget punya boneka horta ini, cuma nggak tahu beli di mana, Makasih infonya yang mbak Echa :D

    ReplyDelete
  29. Hehehe, gek mudeng aku, ini to yang namanya boneka harto, eh horta, dari hortikultura, kereeen
    Bonekane aneeeh, lucuu

    ReplyDelete
  30. Anak - anak pasti suka deh

    Salam Blogmate Indonesia

    ReplyDelete
  31. Anakku pernah main study tour ke boneka Horta ini. pulang-pulang bawa Boneka Horta. Trus diurusin deh. Tapi lama -lama kok pohonnya numbuh njegrag kemana-mana dan tidak beraturan. Trus dibuang deh. Sayang bangett..

    ReplyDelete
  32. Jaman dulu sdh ada yg begini utk meja kantor, cuma bentuknya pot kecil biasa aja, nggak dibentuk boneka begini, jadi lebih lucu & lihat harganya wow murah ya, padahal susah kyknya bikinnya. Sayang nih gak datang ke ultah Raffi :D

    ReplyDelete
  33. Pengen boneka Horta ih. Tapi, nahan dulu supaya gak beli. Mau ikutan give awaynya Mak Evrina. Kali aja menang. Hehehehehe.... lucu ya boneka ini. Anak-anakku pasti suka. :)

    ReplyDelete
  34. Unik dan lucuuu. Anak IPB kreatif2, yaaaa.

    ReplyDelete
  35. Boneka hortaku manaaaa, huhuu :p

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^