Mengenal Hari Jomblo Single's Day


Mengenal Sejarah Single's Day. Sebenarnya ada 3 perayaan jomblo sedunia, yaitu Single Awareness Day diamerika pada tanggal 15 Februari, Black Day di Korea pada tanggal 14 April dan yang terakhir adalah Single's Day di China pada tanggal 11 November (1111). Yang saya heran, untuk Indonesia sendiri trending topiknya pada tanggal 18 Juni :D. Padahal bulan Juni itu adalah bulan 'valentine' di Brazil. Entahlah... Indonesia mengambil hari jomblo dunia yang mana :D.



Sejarah Single's Day (光棍节 Guanggun Jie ) ini awalnya adalah protes para mahasiswa universitas Nanjing terhadap valentine pada tahun 1990-an. Dan mereka ingin merayakan hari jomblo untuk menghormati orang yang masih belum ada pasangan, single, jomblo, HTS, friendzone, TTM, belum menikah atau apapun namanya, selama masih sendiri, bisa merayakan Singles' Day. Karena sebenarnya pesan dari campaign hari jomblo ini adalah 'menjadi seorang jomblo itu bahagia dan tidak boleh dipandang sebelah mata'. Perlu kita tahu, bahwa banyak sekali status single di China. Demografi di China menunjukkan pada tahun 2020 akan ada 35juta pria dibandingkan wanita dan ada 180 juta jomblo di China.


Kenapa tanggal 1111? Dipilih 11 November karena merupakan perpaduan angka 1 disemua angkanya yang artinya sendiri. Walau termasuk hari jomblo, perayaan Single's day ini tidak dirayakan dengan suasana suram kok. Mereka malah akan berkumpul, berbelanja, makan-makan enak, bersenang-senang dan melakukan banyak hal positif daripada harus mengasihani diri sendiri sendirian :). Biasanya tradisi di China, mereka akan makan empat Youtiao (cakwe) yang merepresentasikan empat angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

Dihari single's day ini juga, para jomblo juga berkenalan dengan banyak orang. Sehingga diharapkan (kalau emang ada jodoh), mereka bisa mendapat pasangan diacara itu. Dan kalaupun tidak dapat, ya tidak apa-apa... Yang penting mereka senang-senang happy time dihari itu...


Beberapa meme tentang jomblo yang saya ambil diinternet

Pada tahun 2000-an, tradisi yang sudah dikenal luas ini ternyata dijadikan hari belanja oleh beberapa market place situs belanja online. Dan itu disambut baik oleh masyarakat China. Mereka ramai-ramai menghabiskan uang untuk mendapatkan berbagai macam diskon besar-besaran (lebih besar daripada sale dalam setahun loh). Makanya singles's day ini juga dikenal sebagai hari belanja terbesar. Masyarakat menghabiskan uang untuk belanja royal dan besar jumlahnya dengan alasan menyenangkan diri sendiri dan happy me time secara online. Tidak heran kalau penjualan online di hari single's day ini jumlahnya melampaui  tiga hari belanja di Amerika (sumber : Business Insider). Pada tahun lalu, diperkirakan total uang yang dihabiskan para jomblo untuk belanja di Singles' Day adalah $ 4 miliar atau sekitar Rp 40 triliun.*Tepuk tangan jomblo bersatu *eh.

Bagaimana di Indonesia? Tidak ketinggalan, banyak diskon gila-gilaan juga pada 11 November ini di berbagai market place online termasuk Zalora. Karena di Indonesia, single's day ini lebih dikenal dengan hari belanja nasional ^^. Berbagai diskon eksklusif brand lokal dan internasional semua banting harga dengan diskon yang sangat menggiurkan. Mulai dari sepatu Nike, Mango, Something Borrowed, Tas Palomino, Salt n Paper dan lainnya bisa didapat di Zalora Online Revolution ini.

Berbagai macam produk diskon gila-gilaan di tanggal 11.11


Trus, buat yang tidak jomblo ngapain dong? Hey... tanggal 11 November ini, kita bisa menikmati diskon besar-besaran loh... Tidak harus jomblo kan untuk berbelanja...Mumpung ada diskon, kenapa tidak? Apalagi, kita bisa menghadiahi diri sendiri atas keberhasilan kita^^. Seperti saya contohnya, saya seneng ngasih diri sendiri me time gitu buat penghargaan pribadi. Seneng loh, rasanya menghadiahi diri sendiri itu :"). Ini serius... apalagi buat ibu-ibu-yang-jarang-pergi-cuma-dirumah-saja kayak saya, diberi hadiah itu rasanya sueeeneng banget :"). Buat yang single apalagi, belanja itu suangat menyenangkan tanpa harus memikirkan banyak hal (serius, saya pernah ngalaminya..kalau sekarang mah banyak yang harus didahulukan :")). Makanya, seneng-seneng aja mumpung masih single ^^.

Jadi, siap-siap pantengin Zalora Online Revolution yak tanggal 11.11.15 yang tinggal beberapa hari lagi ^^. Dan hadiahi diri sendiri berbelanja dengan diskon banyak di hari single's day dan hari belanja nasional.. Happy me happy you happy us... Cussss ah...

http://www.zalora.co.id/online-revolution/

21 comments:

  1. Baru tahu. Lucu juga ya dunia ini, banyak sekali hari-hari yang aneh.
    Terima kasih infonya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Setelah ada hari Hallowen, kali ini ada hari Jomblo internasional,,, Hahaha ada ada saja isi dunia ini, tapi menarik kok dari pada bengong gak ngapa ngapain,,, Hehehe Salam kenal dari saya di malang.

    ReplyDelete
  3. Hallo mba salam kenal dari saya di kepanjen/malang,,, dan apakah perlu di rayakan hari jomblo itu, saya inin bertanya, sebenarnya siapa sih yang mencetuskan hari jomblo ini, kok baru dengar saya.

    ReplyDelete
  4. Yihaaa, jadi acar ini dibikin justru biar para jomblo berbahagia hati yoo mbaakk :D

    tanggal 11 bentar lagiii, save the date ahhh, *tandain kalender

    ReplyDelete
  5. Ternyata single is not unhappy people, indeed

    ReplyDelete
  6. Aku pengen ikutan program ini. Siap2 ngincer DSLR :D

    ReplyDelete
  7. aak, pengin mango dan nikee :3

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada jomblo day. Hmm bentar lagi tanggal 11 Nih :P

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada jomblo day. Hmm bentar lagi tanggal 11 Nih :P

    ReplyDelete
  10. I'm single and i'm very happy la la la la laaaaa~ *nyanyi* XD

    ReplyDelete
  11. Owalah..macem2 banget ya, ada perayaan jomblo segala..

    ReplyDelete
  12. owow,,wouwo come to mama he u discount... $_$

    ReplyDelete
  13. oh, jadi gitu sejarahnya mbak echa?? jadi tahu asal-muasal terbentuknya hari jomblo sekaligus hari diskon besar-besaran ini :)

    jadi gak sabar menantikan tgl 11.11.15 :)

    ReplyDelete
  14. trnyata begitu tho single day yg brujung pd belanja diskon gede2an..
    aih senngnyaaa, dimana mana ada diskon, saya suka saya suka,
    pantengin zalora tgl segitu

    ReplyDelete
  15. Catett catettt *belanja belanjaa hehe
    Hari jomblo membawa berkah :D

    ReplyDelete
  16. jomblooo boleeeh yang penting saleeee hehehehe...ayoo, udah tau mau borong apa cha? :)

    ReplyDelete
  17. Hahahaa. . .
    Aku sekarang sudah double, eh triple, ding. :D Kemarin aku lihat2 di Zalora juga. Lihat2 bajuuuuuuuu. . . :D

    ReplyDelete
  18. ahahaha....Gua mah bersyukur aja jadi single, itu tanda Allah masih ngasih gua kesempatan untuk jadi anak yang baik, daripada udah punya pacar ternyata nanti diajak nikah gak mau terus putus...kan sakit banget, dapet dosa lagi karena pacaran.

    Gua mah berharap aja, pasangan hidup yang nyariin Allah, secara tidak sadar Allah sudah memilih pasangan buat kita semua, cuma kurang doa aja kok.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^