Tips Mengajak Bayi Menonton Bioskop



Tips mengajak bayi menonton bioskop. Kami berdua sebenarnya sangat hobi nonton bioskop. Tapi semenjak punya anak, hobi itu terhenti karena 'katanya tidak baik' kalau bawa anak apalagi bayi ke bioskop.


Bukan matahin mitos seh, sebenarnya yang tidak baik itu suara yang sangat keras. Benar tidak ^^? Jujur.. iya suara didalam bioskop itu kencang banget... Jangan disamakan dengan nonton tipi pakai sound system gede dirumah.. Suaranya masih kalah sama sound di dalam bioskop.

Tapi, karena kami orang tua juga butuh rekreasi sedangkan sangat tidak memungkinkan untuk menitip Raffi. Karena memang tidak ada saudara sedikitpun diperantauan ini... Mau tidak mau demi menyalurkan hobi nonton, kami tetap bawa Raffi.

Dulu pas masih piyik, new born atau masih kecil banget... Raffi kami ajari nonton bioskop. Walau pada kenyataannya, kami harus gantian jaga Raffi diluar ruangan bioskop... Karena dia tidak betah, nangis dan nanti malah mengganggu ketenangan penonton dalam gedung. Nggak enak kaminya kan :D... Tidak apa-apa namanya juga belajar.. :D.

Tapi pelan-pelan, kami tetap nyobain bawa Raffi nonton bioskop. Dan taraaaa....walau dia kadang masih kesana-kesini saat nonton, alhamdulillah diumur Raffi 2 tahun ini kami sudah bisa nonton bioskop rutin setiap bulannya ^^. Malah sekarang Raffi anteng nontonnya seperti yang pernah saya ceritakan nonton minion dulu. Yesss.. papih mamihnya bisa piknik \m/.


Ini tips mengajak bayi menonton bioskop ala mamih Echa...


1. Pilih film yang disukai anak

Saya punya kebiasaan memutar trailer film yang akan ditonton dulu pada Raffi. Ini selain biar Raffi 'kenal' dulu filmnya, juga sebagai ancang-ancang bagaimana reaksi Raffi nanti didalam bioskop. Saya biasanya lihat trailernya di youtube atau ditrailer film kan banyak. Nanti lihat bagaimana reaksi anak terhadap trailer film-film pilihan kita. Biasanya kalau dia suka, dia akan minta setel ulang trailernya.. Nah, film itulah yang akan kita tonton. Ingat, tontonan anak ya ^^ atau yang bisa dinikmati anak. Hilangin egois dulu nonton film yang terasa 'menakutkan' untuk anak hehehe... Ada masanya, nanti tapi hehehe :D. Sabar sabar sabar *ngomong kediri sendiri... hahaha.. Eh tapi kemarin saya ajak nonton film action Raffi mau lohhh :D.


Ini pas Raffi 8 bulan, kami kenalkan tontonan trailer terlebih dahulu.
Ini contoh saja ya soalnya filmnya Pocoyo hahaha

2. Beli tiket jangan lupa 

Nah, film sudah ditentukan.. jangan lupa beli tiketnya ^^. Lihat jadwal 21 dulu diinternet jangan lupa. Biar tidak salah jadwal nonton.. Jangan pilih dijam tidur anak... Menurut saya, waktu nonton paling tepat itu saat sore hari, bayi tidak tidur dan fit untuk diajak jalan :D.

Beli tiketnya bisa juga via online lebih cepat dan tanpa antri. Soalnya kalau langsung datang kadang sold out.. Nggak lucu kan capek-capek antri ternyata habis tiketnya...hikz :"(. Anak juga nggak crancky karena menunggu terlalu lama dibioskop ^^.


Beli tiket online mau nonton apa saja ada disini ^^

3. Pakai pakaian yang hangat

Karena suhu udara dalam gedung bioskop itu dingin buanget.. Jangan lupa pakein celana panjang, jaket dan sepatu yak ^^. Kasihan kan kalau kedinginan dalam bioskop. ^^. Bisa sakit nanti kalo tidak biasa suhu udara...


Jaket, celana panjang dan sepatu jangan lupa!


4. Bawa Earmuff atau penutup telinga bayi

Kami dari dulu pakai penutup telinga merek EMS yang awet banget... Bisa dipakai kalau naik pesawat dan bisa dipake buat tutupin telinga pas nonton bioskop huehuehue...Bayi akan merasa lebih aman dan tenang karena tidak terganggu suara berisik. Tapi sekarang, Raffi kadang-kadang saja mau pake penutup telinga bayi. Malah kadang tidak pakai hehehe... See, mitos terpatahkan... toh tidak tiap hari nonton bioskop. Jadi pendengarannya aman ^^.

Macam-macam penutup telinga bayi

5. Bawa makanan dan minuman bayi

Ini penting huehuehue.. Bawanya makanan kesukaan saja ya, kalau saya selalu bawa pisang (karena Raffi suka buah itu) soalnya kemana-mana :v. Buat yang masih MPASI, bisa bawa kukis atau buah. Tapi jangan makanan berat, karena biasanya sehabis nonton kita makan kan?



6. Bawa mainan kesayangan bayi

Kalau dulu, saya bawa telpon-telponan itu loh.. Tapi sekarang, saya biasanya cuma bawa buku saja yang gambar huruf dan angka... Dan ini berhasil banget sampai sekarang. Malah selama nonton mainannya tidak disentuh karena asyik nonton bioskop :D.




7. Jangan lupa bawa stroller

Ini penting nggak penting tapi penting *hloh. Soalnya dulu, biasanya Raffi ketiduran... jadi saya bisa nidurin dia distroller pakai penutup telinga. Kalau sekarang stroller seh beralih fungsi jadi tempat barang :v... Kalau malas bawa stoller bisa diakalin dengan pakai gendongan yang nyaman. Yang penting bayi bisa tidur aja sih...



Selama nonton bagaimana? Kalau dulu, kami gantian jaga Raffi diluar ruangan bioskop hehehe... Sudah sepakat soalnya kalau tentang itu..Emang sih, jadinya nonton setengah-setengah, tapi tidak apa-apa dari pada tidak nonton sama sekali... Betul tidak? Tapi pernah, Raffi bobo anteng distroller pake earmuff pas nonton.. jadi kami bisa nonton sampai habis film hehehe...

Saat dia mulai bisa jalan, ini sedikit riweh... Soalnya, mau tidak mau dia kesana kesini harus ditemeni. Sama seperti masih bayi banget... Kami gantian jaga ^^.

Dan sekarang 2 tahun, Raffi nonton anteng dan duduk dipangkuan saya atau suami*gantin juga pegangnya.. Pernah pas kursi kosong, kami dudukin saja dikursi itu.. Dan dia tetap anteng sampai film selesai.. Dengan terus mengunyah makanan dan minuman yang sudah kami sediakan. ^^.


Asyik kan bisa hangout bareng sama bayi sambil menonton bioskop. Orang tuanya bisa sedikit refreshing piknik dan bayi juga tetap merasa nyaman menonton film yang dia suka ^^.. Makanya, sekarang setiap ada film baru kami buru-buru liatin trailernya sama Raffi biar dia yang milih film hehehe... Hobi menonton bioskop orang tuanya tersalurkan akhirnya..alhamdulillah...Tiap bulan kami bisa beberapa kali nonton loh sekarang :D.

Coba aja dipraktekin... cuma kudu sabar ya ^^.. Jangan ngeluh pas anak tidak anteng digedung bioskop.. Bayi itu cepet kok belajarnya.. Heart to heart ya buibu...

Ada yang punya pengalaman sama bawa bayi nonton bioskop? Monggo disharing ^^...

30 comments:

  1. Itu penutup telinga penting.. :) karna suara di bioskop kencengnya minta ampun... :)

    ReplyDelete
  2. asyiikk rafii nonton bioskop,.
    abangzam masih takut gelap hahah masih blm bisa
    musti dilatih2 dulu ya hihi

    ReplyDelete
  3. aku pernah nonton berdua ma bayiku waktu dia 7 apa 8 bulan gitu. sempet khawatir dia rewel. ternyata tidur sampai pulang. hehehe

    ga kepikiran sama penutup telinga. untungnya filmnya lumayan 'hening' ga ada suara bom :p

    ReplyDelete
  4. kifah juga awal nonton bioskop takut pas masuknya..gelap hihi..

    ReplyDelete
  5. Anak-ankku udah besar, jadi udah bisa hobi nonton bareng...tapi tentu saja aturan nonton film yg sesuai dgn usia mereka itu hukumnya wajib meski si kaka udh SMA kls 1 sekalipun ;)

    ReplyDelete
  6. Gayanya si Raffiiii, apalagi yg foto terakhir itu, alamaaak ^_^
    Kalo anak2 malah udah umur 4th nonton film. Yg sulung pas booming petualangan sherina. Yg bungsu malah udh lupa nonton apa, wkwkwkkk

    ReplyDelete
  7. Wah aku malah belum pernah nonton film bareng suami lg sampe anakku umur 6 tahun..hehe..masalahnya anakku ngg mau diajak nonton bioskop. Maunya cm diajak makan aja : D tipsnya oke mak

    ReplyDelete
  8. Asyik juga nonton bareng anak2 di bioskop, tapi kadang saya kawatir ada adegan2 yang bukan saatnya mereka melihat, tapi selama itu menjadi pembelajaran untuk kedewasaan saja bagus sih,,, tapi ya itu rasa kawatir saya yang bergelanyut di pikiran,,, semoga perkiraan saya salah saja...

    ReplyDelete
  9. Belum pernah bawa anak ke bioskop. Hihihi

    ReplyDelete
  10. Aku bawa anak ke bioskop waktu mereka sudah gede sih, paling kecil itu saat si bungsu umur 7 th. Itu juga dia ngambek, bau popcorn katanya, nggak enak. Eh sekarang klo nonton bioskop malah minta beli popcorn dulu hahaha.

    ReplyDelete
  11. pengen ajakin anakku nonton. tapi takut ganggu yang lain. anakku kalo nangis kenceng banget soalnya

    ReplyDelete
  12. raffi lucu banget yaa mbak, kecil2 udah liat philemm, kece banget dah

    ReplyDelete
  13. wah iya nih, pas Raisa 2 taun kurang pernah diajak ke ruang teater nonton kakanya pentas, eh dia nangis kenceng...kurang persiapan saya

    ReplyDelete
  14. di sini belum ada bioskop mbak echa,jadi belum bisa ajak anak nonto ke bioskop :)
    tapi pakaian hangat dan penutup telinga kayaknya memang wajib yah karena di bioskop kan dingin dan suaranya besar banget :)

    ReplyDelete
  15. Waaah tipsnya penting banget ini dibaca ibu2. Ada aja yang anaknya rewel & kita diminta maklum masih anak2. Lah kitanya sudah bayar tiket nggak termasuk berisik.

    ReplyDelete
  16. Belum berani bawa anak ke bioskop kalo dari yang saya baca kurang gitu bagus buat perkembangan anak.

    Tapi tipsnya keren, pasti di praktekin nanti kalo anak sudah besar

    Oh ya earplug nya tuku neng ndi cha?

    ReplyDelete
  17. anak saya bayi umur 1 bulan. saya akan melakukan tips yang mbak share...terimakasih

    ReplyDelete
  18. Aku juga setelah punya anak, gak bisa nonton bioskop, dan aku gak biasain dia nonton bioskop sih, secara pilem2 anak2 bisa dihitung pakai jari dalam setahun, gak mungkin juga aku ajak dia nonton twilight atau spiderman hahaha...

    Tapi sekarang dia udah gedean, umur 5 tahun dia baru bisa masuk sendiri ke bioskop, kalau setahun lalu dia masih ogah2an gitu, dia lebih milih kalau keluar ya jalan2, gak demen dia nonton bioskop, mendingan nonton di rumah kata dia hahaha

    ReplyDelete
  19. waah waah ini ngajarin anak jadi gaul sedari dini..boleh juga mba hihihiii

    ReplyDelete
  20. Anakku saja udah umur 6th,tapi tiap nonton bioskop pasti pake penutup telinga...soalx kadang audiox nyaring banget.Bikin kaget2..

    ReplyDelete
  21. Kalau saya pilih jam nonton juga.
    Biasanya milih yang jam kerja. Karena biasanya lebih sepi. Jadi kalau anak ngajak ngobrol tentang apa yang diliatnya di film, enggak perlu khawatir ganggu tetangga
    ;D

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen bawa de Zaudan nontop film. Tengkyu tipsnya....

    ReplyDelete
  23. Klo sya mampir ke blog ini, sya suka sama tampilan gambarnya yg kreatif dan kece
    dan sepertinya book my show sedang gencar2nya prmo di indonesia yahhh

    Belum punya bayiii saya, tipi tips2nya saya keep Mak Echaaaaa

    ReplyDelete
  24. Asal filnya bukan film action atau drama korea aja ya mbak, film animasi untuk ditonton keluarga cocok banget saya rasa.

    ReplyDelete
  25. Pengen deh nyoba ajakin anakku 😅 tapi gak kebayang rewelnya bun 😪😁

    ReplyDelete
  26. Pengen deh nyoba ajakin anakku 😅 tapi gak kebayang rewelnya bun 😪😁

    ReplyDelete
  27. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^