Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

kue ulang tahun sederhana

Membuat kue ulang tahun sederhana. Ini adalah kue yang saya buat saat ulang tahun emak blogger kemarin. Soalnya kita diminta bawa makanan dan minuman sistem potluck. Tadinya mau bikin puding seperti jualan disekolah, cuma pas lihat dikulkas ada coklat batang biru dan kuning saya jadi pengen nyoba bikin kue ulang tahun sederhana.


Saking sederhananya, saya tidak perlu bahan yang sangat banyak :D. Karena gampang bahan dan bikinnya juga tidak perlu bingung. Tapi ini yang pertama kalinya, saya buat kue tart dilapis dan dihias coklat. Biasanya saya lebih senang pakai butter cream. Karena kalau bentuknya kurang menarik, bisa diakalin dengan diuwel-uwel pakai tusuk gigi dan dikasih cherry atau strawberry gitu atasnya. Kalau pakai coklat ternyata tidak bisa :v. Soalnya coklat itu mengeras dan ngebentuk gitu, jadi sekalinya narik garis nggak rapi ya dadahbabay :D.

Thanks to blog mba monic simply kitchen dan just try taste, disana saya nemuin semua resep plus caranya. Kalau untuk kue tartnya, saya buat pakai resep steamed moist cake JTT yang fenomenal dan anti gagal :D. Sedangkan untuk menghias pakai coklat, saya baca tutorialnya diblog mbak Monic Simply Kitchen. Disana lengkap tutorial menghias pakai coklat baik ganache atau pagar coklat. Cucoklah buat ibu-ibu yang pengen banget belajar masak kayak saya :D.

Ini dia resep cake kukus coklat JTT
Bahan : 
Tepung terigu 110gram
Bubuk coklat 50-60gram (saya cuma pakai 30gram sisanya ditambah pasta coklat biar gelap)
Gula 150gram
Telur 2 buah
Vanili bubuk 1/4 sendok teh 
Mantega 170gram (saya pakai butter 30gram dan mantega 150gram)
Susu 200ml
Baking soda *saya skip
Baking powder 1 sendok teh

Cara membuat :
1. Campur mantega, gula, susu dan vanili dalam panci. Panaskan sampai lumer semua jadi satu. Setelah agak dingin masukin telur dikocok biasa saja.
2. Tepung terigu, bubuk coklat dan baking powder diayak ditempat terpisah
3. Masukkan campuran yang sudah dicampur telur tadi kedalam adonan tepung pelan-pelan
4. Campur dan aduk biasa agar menyatu
5. Masukkan dalam loyang dan kukus selama 1 jam (kalau di jtt 45 menit, sesuaikan saja)

Dan ini hasilnya setelah 1 jam lebih karena adonan dan cetakan kuenya rada tinggi. Saat masih hangat, saya potong tengahnya (dibelah dua) dan diberi susu kental manis coklat. Bisa diganti selai, nutella atau buttercream sesuai selera sih. Setelah itu ditumpuk lagi dan disimpan dikulkas. Oh iya, saat memotong kue tart pisaunya kudu tajem ya. Biar tidak kemana-mana remahannya dan lebih rapi.

kue ulang tahun sederhana

kue ulang tahun sederhana

Rasanya? Kue atau cake yang dikukus hasilnya pasti lembut dan enak :D. Saya sendiri kalau buat kue lainnya emang lebih suka kukus daripada panggang. Rasanya lebih moist dan lumer dilidah. Ini menurut saya seh hehehe. Tapi saya jamin, kalau bikin cake ini anti gagal. Pasti jadi dan enaknya deh. Serius! Beberapa kali saya bikin kue ini, rasanya selalu enak ^^. Kue andalan dalam segala acara hahaha.

Nah sekarang kita hias kue ultahnya. Yang pertama tentukan dulu mau dihias gambarnya kek gimana. Biar lebih gampang dan bisa lebih fokus ngehias kuenya bisa dicorat coret dikertas desainnya. Untuk bahan yang diperlukan cuma coklat batangan (disini saya pakai biru dan kuning seperti minion), parutan dan piping bag untuk adonan. Bagi 2 coklatnya, satu dilumerin dimagic jar (hahaha) satunya diparut untuk hiasan. Setelah itu yang dilumerin dimasukkan kepiping bag sebagian.

kue ulang tahun sederhana

kue ulang tahun sederhana

Sambil menunggu kue set dikulkas, yang pertama kita buat hiasan pagar coklatnya dulu. Caranya dengan menghias coklat dengan piping bag diatas alas mika yang sudah dicuci bersih. Bikin aksen pagar biasa garis-garis saja dan panjang. Setelah itu langsung masukkan kedalam kulkas dan cepat ngerasnya. Nah, ini masalahnya untuk pemula. Saat kita keluarin coklat dengan piping bag, coklatnya harus sekali garis tidak bisa berkali-kali. Hatiku dag dig dug derrr pas bikin garis soalnya susahhhh. Lebih enak kalau pakai cetakan sih sebenarnya, dasar Echa nekat! Tapi tidak apa-apa namanya juga pengalaman xD.

pagar coklat

Setelah kue dingin, keluarkan dan lapisi dengan lumeran coklat dari atas (ganache coklat). Biar kelihatan rapi, bisa diolesi butter terlebih dahulu atau potong rapi agar saat diberi ganache. Jadi tidak kayak naik turun bukit kuenya xD. Ini terhitung mudah, soalnya beberapa kali saya pernah bikin ganache *kibas jilbab. Lah ganache cuma tinggal disiramin kekue aja :v gimana nggak gampang :v.

Setelah dilapisi semua dengan siraman rohani eh ganache, ambil pagar coklat yang tadi dikulkas. Dan cepat pasang kesamping-samping kue tart. Jangan lupa ditekan ya pagar coklatnya, karena akan mengeras sendirinya. 

Yang perlu diperhatikan saat menempel adalah waktu pasang pagar yang cepat. Jadi saat ganache masih basah, kita kudu cepat nempelinnya. Kalau tidak keburu ganachenya keras ^^, malah nggak nempel xD.

ganache coklat
Ganache pagar coklat yang garisnya amburadul tekewer-kewer

Untuk bagian atasnya, taburi parutan coklat yang tadi sudah disediakan sesuai selera dan tema. Ini saya tambahin gambar foto founder dan ketua KEB biar keliatan lebih seru saja. Tadinya mau pasang foto semua makmin, cuma kok keramean ya jadinya. Ya wes, gini aja cukup kali ya.

kue ulang tahun sederhana

Yang saya pelajari dari menghias dengan menggunakan coklat itu adalah kudu cepat dan harus punya cetakan. Jadi rapi saat membuat hiasan coklatnya. Banyak yang jual sih cetakan coklat praline gitu. Cuma sayangnya, saya nggak puya :"). Tapi cepat banget loh kalau pakai coklat ini. Coba kalau pakai butter, pasti lama banget set kerasnya. Kalau coklat 5-10 menit saja cukup. Kekurangannya kalau menghias pakai coklat adalah kita harus sabar menggambar pakai piping bagnya. Karena kalau sudah sekali garis dan ternyata diulang lagi, coklatnya atas bawah tidak mau menyatu. Numpuk-numpuk jadinya (yaaaaa kayak yang saya bikin :v)

Pas waktu dibawa ke acara ulang tahun, Raffi semangat nyicipin. Secara sudah dari pagi dia pengen colek-colek kuenya. Rasanya lumayan dan anti gagal karena pakai coklat yang rasanya sudah pasti enak. 

Gampang kan bikin kue ulang tahuh sederhana ala saya ini? Boleh dicoba sesuai tema dan kreatifitas buibu semua^^. Yang pasti, saya bilang (sambil membela diri) segala sesuatu yang dibuat dengan cinta pasti enak *uhuk. Sekali lagi selamat ulang tahun KEB, teruslah menginspirasi ^^.

Cobain yuk bikin!
kue ulang tahun sederhana

40 comments:

  1. suerrrr...mama raffi kreatippp bangettt...pwercaya deh...pasti kuenya enakkk

    ReplyDelete
  2. Ganache itu yg coklat kuning dilumerin doank trs di tuang ke atas cake? Ato gimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tinggal dilumerin doang trus tuang diatas cake aja

      Delete
  3. JTT emang jd andalan u byk resep ya. Aku pun sering mampir ksana, tapi baru sebatas mampir blm praktek bikin kuweh. Liat postingan ini jd pgn bikin jg ah si kue anti gagal. Tampaknya gampang ya Cha..

    ReplyDelete
  4. Setuju mak.. Sesuatu yg dibuat dengan penuh cinta hasilnya pasti enak. Itu raffi udah mupeng banget yaaa mau colek kuenya. :D

    ReplyDelete
  5. Ini kue jadi rebutan Shakila sama Kezia..hehe tengkiu mak cha,tak coba bikin.

    ReplyDelete
  6. Pintere nduuukkk.... aku terakhir bikin cake pas SMA. Aduhhh udah lupaaaa caranya. Ha..ha..

    ReplyDelete
  7. Mba apa bedanya soda kue, Baking powder dan baking soda. Aku masih bingung. Pengen buat buat ultahku bulan depan. Kadoin ya *eh

    ReplyDelete
  8. Aku gak pinter bikin kue. Pinter ngabisinnya doang. Hihihi.

    Huhuhu sayang kemarin gak bisa datang ke acaranya :(

    ReplyDelete
  9. looks yum chaaa...sederhana tapi penuh cinta, rasanya pasti oke bangeet :)

    ReplyDelete
  10. Aku khusyuk baca artikelmu mbak echa, trus terakhirnya ketawa ngeliat Raffi yg pose bak foto model, lirikannya maut euy, haha. Bookmarked ahh, ntar kapan2 bisa dipraktekin nih resep.

    ReplyDelete
  11. udah deh geleng2 sama emak satu niy, rajin, kreatip..
    dibalik layar pembuatan cake ultah KEB, ahh co cuit pisan.

    mau donk icip2, ga nyampe ke Bdg

    ReplyDelete
  12. Aku juga pilih gampangnya kalo mau lumerim coklat, masukin magic jar... jadi deh, hahaha

    Keren bikin hiasannya, pakai coklat enak ya. Raffi jagainnya sambil mupeng tuuhhh, hihiii

    ReplyDelete
  13. Kue ultahnya keren!
    Ooh pake kue yang steam moist itu ya. Rasanya enaaakk, tapi aku 3 kali nyoba rasanya ada pahit2nya dikit, mungkin dari susu bubuk cokelatnya.
    Duh si Raffi kayaknya sudah nggak sabar pingin towel-towel :)

    ReplyDelete
  14. posenya rafii dongg hahahhaa...
    raffi seru ya mba..konyal kanyill :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah istilah cemunal munil, sekarang ada istilah konyal kanyil. :)))) *lucu banget di kuping*

      Delete
  15. Mbak echa, saya lihat kuenya bener2 unik namun penyajiannya tetep sederhana. Sukaaaa banget mbak. Apalagi hiasan di pinggir kuenya bener2 kreatif. Salut banget mbak :D

    ReplyDelete
  16. Wah perlu dicoba ini, soalnya kalau menghias secantik kue mak echa belum mahir saya hehe. Kudu bisa bikin begini neh.

    ReplyDelete
  17. Wah jadi kue buat ultah KEB ya? So yummy keliatannya... Saya termasuk yg gak telaten bikin cake sendiri, jadi beli ajah sementara ini hahaha

    ReplyDelete
  18. Nyaaamiiii, mau juga dooong Mbak kuennya :D

    ReplyDelete
  19. angkat topi nih buat mama raffi..piawai bikin cake dan makyus tentunya. Nek aku wes nyerahlah, isone nyicipi. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Sering nyontek jtt juga *andalan bgt* 😁 contek tips menghias pake cokelatnya ya

    ReplyDelete
  21. Kapan2 nyontek ah.. Tapi sebenarnya anak2 ga doyan yg krimnya. Doyan kue kukus cokelatnya aja

    ReplyDelete
  22. Saya belum pernah bikin kue.. hiks hiks.. resepnya Mbak Echa bisa lah dicobain. Gampang kayaknya :)

    ReplyDelete
  23. Duh pintarnya Mbak Echa. Warna kuenya persis warna tulisan KEB ya.

    ReplyDelete
  24. Coba deh nanti..bentar lagi Hawna ulang tahun

    ReplyDelete
  25. No mixer no oven...
    Kapan2 mau myobaaa.
    Mamacih infonya mami rafiii

    ReplyDelete
  26. Huaaa keren. Udah nerima pesenan belum? Hihihi

    ReplyDelete
  27. Sukak ama ide bikin pagarnya, mbaa. Keren pulak warnanyaa :). Ijin nyimaak. Makasih mba

    ReplyDelete
  28. keliatannya gampang, cuman harus telaten ya

    ReplyDelete
  29. aih aih...euy hasil kuenya :) kapan2 pengen coba ya Mak...:)

    ReplyDelete
  30. ihiiir... bisa ditiru inii.. aku juga pernah bikin b'day cake sendiri.. guimpil! :))

    ReplyDelete
  31. ini mah bukan sederhana lagi , udah keen banget

    ReplyDelete
  32. Boleh banget buat dicontek nih :D

    ReplyDelete
  33. temen2 saya kayanya harus dikasih tau resep bikin kue ultah ini , biasanya mereka punya ide ngerayain ultah pake mie ayam dililinan haha

    ReplyDelete
  34. keren banget ya sesederhana ini

    ReplyDelete
  35. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Silahkan kunjungi www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik tanpa bahan kimia..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^