5 Alasan Kenapa Kita Harus Nonton Film Oshin yang Melegenda


                      
Ada yang masih ingat tidak dengan film Oshin? Buat yang seumuran saya sih pasti masih ingat samar-samar film ini^^.

Saya sendiri hampir tidak ingat detil jalan ceritanya, karena masih kecil waktu itu. Cuma yang pasti, diingatan saya film Oshin itu filmnya sediiiiih banget. Itu anak rasanya ada saja cobaannya dan filmnya selalu bikin nangis tiap episode :"). Betul tidak?

Sampai-sampai, waktu itu film Indonesia hampir ada cerita yang mirip dengan film Oshin ini yaitu film ibu tiri. Seingat saya, waktu itu barengan munculnya *kalau tidak salah seh :v.

Kemarin saya datang ke acara press conference film Oshin tanggal 18 Februari 2016 di XXI Lounge Plaza Senayan. Dan disana juga ada Ayako Kobayashi si pemeran Oshin kecil yang sengaja datang ke Indonesia loh. Ternyata dia tetap cantik dan awet muda loh. Kedatangannya itu mengabarkan kalau film Oshin akan hadir kembali ditengah-tengah kita.

Eh, film Oshin bakal ada lagi? Iyaaaaa bener! Jadi kemarin saat acara presscon, Ayako Kobayashi bilang kalau film Oshin yang melegenda ini akan tayang kembali di channel WAKUWAKU Japan mulai tanggal 29 Februari 2016 jam 8-11 malam. 


Press Conference Ayako 'Oshin' Kobayashi


Oh iya, saya mau cerita sedikit ya tentang film ini. Hitung-hitung penyegaran ^^ sebelum filmnya hadir kembali dilayar televisi kita. 

Film ini pertama kali diputar di TV NHK Jepang tahun 4 April 1983 dan diputar di 59 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, film Oshin ini ditayangkan mulai November 1986 di TVRI yang waktu itu adalah satu-satunya televisi kita semua :D. Dan memang pernah diputar ulang dibeberapa televisi swasta waktu itu.

Dan ternyata, film Oshin ini menjadi favorit banyak orang termasuk keluarga di Indonesia. Drama ini sebenarnya bercerita tentang kisah hidup Kazuo Wada, pendiri Yaohan, perusahaan pengelola supermarket di Jepang yang sukses pada awal 1990-an.

Jadi ceritanya begini sekilas ya... Alkisah, ada anak kecil bernama Oshin Tanokura di jaman Meiji. Hidupnya semenjak kecil selalu ada saja kesulitan yang dihadapi. Bayangin masih kecil harus merasakan pahit getirnya kehidupan :"). Orang tua Oshin adalah petani miskin yang menggarap sawah orang lain.

Waktu usia 7 tahun, Oshin jadi babysister untuk bantu ekonomi keluarga.  Disana, dia selalu dapat perlakuan kasar dari kepala pelayan. Dicaci maki sampai dituduh mencuri pernah dirasakan oleh Oshin. Belum lagi, ayahnya yang ingin membuang ibunya dan ingin menikahkan Oshin dengan saudagar kaya. Bayangin waktu itu dia masih sangat kecil :"(. 

Film Oshin ini banyak berlatar belakang musim dingin. Anak sekecil Oshin harus menerjang badai salju untuk pulang kerumah. Dan perjuangan hidup dari kecil hingga dewasa ini sangat berliku-liku. Tapi walau begitu, film Oshin ini happy ending karena akhirnya Oshin bisa bahagia seutuhnya.

Sedih ya filmnya kalau diingat-ingat :"(. Gimana sudah lumayan inget kan? Dan ini 5 alasan saya kenapa harus nonton film Oshin lagi.

1. Film Oshin adalah legenda
Film Oshin merupakan drama yang menjadi favorit masyarakat saat itu. Akting para pemain dan jalan cerita film drama Oshin ini bisa membius banyak penonton. Makanya tidak heran kalau Oshin dijadikan salah satu icon wanita Jepang yang tangguh waktu itu dan menjadi inspirasi banyak orang diberbagai belahan dunia. Di Jepang sendiri, film Oshin 63 % meraih jumlah penonton sebanyak 63% loh!

Tapi iya sih memang cocok beneran jadi film yang melegenda. Soalnya, saya saja masih inget dimemori kalau film Oshin ini walau bikin terharu tapi banyak pelajaran yang bisa diambil disana. 



2. 3 jam penuh drama sebanyak 297 episode
Walau durasi filmnya panjang, film Oshin ini tidak bikin bosan saat itu. Drama biografi ini juga diceritakan detil perjuangan suka duka kehidupan seorang Oshin di masa sulit negara Jepang kala itu. Dan itu membuat para penonton jadi ikut terhanyut dengan film ini. Dan dengan suksesnya film Oshin ini juga membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sangat menerima dengan baik film-film Jepang.

3. Banyak makna dan pesan bagus di film Oshin
Di film ini diceritakan sosok Oshin yang kuat, menjaga kehormatannya, sabar tapi tangguh dalam segala cobaan dan selalu membuktikan kalau dia itu bisa menjalaninya sesulit apapun. Tapi emang benar sih ya, hidup itu memang harus selalu berjuang dan berjuang. 

Saat Oshin dewasa, juga digambarkan sosok ibu rumah tangga yang penyayang. Dan dengan keikhlasannya menjalani lika liku hidupnya, akhirnya dia menjadi orang yang sukses dan kaya raya punya banyak toko supermarket. 

Selain itu, Oshin yang lugu dan polos sangat hormat pada kedua orang tuanya. Tapi dia tetap bisa membedakan mana yang baik dan tidak ketika ada yang salah dengan membela diri.

Kita bisa tilik film yang ada sekarang, 'pesan' seperti ini jarang sekali ada. Karena biasanya drama sekarang mengajarkan anak untuk hidup lebih konsumtif :"( dan sudah enak apa-apa ada. Lah anak sekolah aja sekarang pada pake motor :v, jaman dulu naik motor cuma terbatas :D. Atau gadget, anak bayi saja sudah diberi gadget. Padahal hidup itu bukan sebatas layar televisi atau gadget yang selalu ditelan oleh anak-anak kita generasi sekarang. Film drama mendidik yang sarat makna tanpa harus dibuat lebay memang sudah jarang ada kan? 


4. Mengajarkan "ada pelangi setelah hujan" dan gusti Allah mboten sare
Seperti alasan no 3, berkat hidupnya yang penuh perjuangan, pantang menyerah dan ketabahannya dia bisa menjadi seorang pengusaha kaya raya. Dia bisa menjadi seorang yang berhasil walau bukan dari golongan masyarakat mampu.

Dan ini buat saya dalem banget... Seperti motto yang selalu saya pegang "ada pelangi setelah hujan" dan gusti Allah mboten sare. Pasti ada nikmat setelah kita bisa melewati segala jalanNya, asal kita sabar dan ikhlas. 

Kadang, hal ini memang terlihat gampang dengan bergumam 'cuma gitu aja'. Tapi ternyata saat dilalui harus pol-pollan kuat kuat kuat. Dan Allah tahu kalau yang bisa jalani ya kita sendiri, karena setiap masalah itu sudah diukur sesuai kemampuan masing-masing umatNya. Dan dalam surat Al Insyirah, Allah bilang "dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan". 


5. Mengajarkan budaya yang harus tetap dijunjung tinggi
Latar belakang yang ada di film Oshin ini adalah situasi Jepang sebelum perang dunia sampai pada awal 1980-an. Jadi film Oshin juga turut berperan dalam memperkenalkan budaya dan kehidupan masyarakat Jepang kemata dunia. Sisi lain masyarakat Jepang yang lembut, tabah, gigih dan pantang menyerah digambarkan kental difilm ini, mengingat Jepang adalah negara yang saat itu baru bangkit dari serangan penghancuran bom atom. 


Salah satu adegan tentang persahabatan


Nah, sekarang pertanyaannya.... Bisa tidak ya film Oshin ini akan meraih hati banyak penonton seperti keberhasilannya dulu? Secara dulu dan sekarang beda selera generasinya. Betul tidak? 

Penasaran? Jangan lupa tonton film Oshin mulai 29 Februari 2016 jam 8 malam di channel WAKUWAKU JAPAN. 
Horeee, bisa foto bareng Oshin
Aku item bingit ya bersanding dengan dia :v

Biar lebih ingat lagi dengan film Oshin ini, yuk lihat video saya dulu ^^

33 comments:

  1. Keren mak echa, pas aku nonton tayangan di dahsyat, aku juga pengen banget bisa foto bareng sama Oshin, ealaah malah kedisikan sampean mak., hehee...

    ReplyDelete
  2. Nggak sabar nonton Oshin, mbaaa ;)
    Aku masih terkenang kisah perjuangannya saat maish kecil dlu :)

    ReplyDelete
  3. Dengan cerita yang sederhana dan mengena saya yakin bisa Mbak Echa. Oshon emang melegenda. Inget dulu ikutan sedih pas adegan Oshin menderita...

    ReplyDelete
  4. serial fave saat kecil? wah ga pasang teve kabel neh ga bisa liat :-(

    ReplyDelete
  5. aku gak tahu film oshin hahhaa...baru denger ini...tapi biasanya kalau film2 jepang yg kayak gini tuh suka bikin terharu hahhaa...

    ReplyDelete
  6. Waa.. asikk.. Biasanya Waku Waku cuma buat nonton Conan sekarang ada acara lain yg recommended. Eh, itu nantinya tayang tiap Senin aja, atau setiap hari?

    ReplyDelete
  7. gak dikasih link videonya, mbak :(

    ReplyDelete
  8. aku juga penasaran, kira-kira tetep bakal seheboh dulu gak ya, anak-anak jaman sekarang kan udah beda selera

    ReplyDelete
  9. ya ampuuun 4 April 83, 5 hari sblm aku lahiraaaan uda eksis ya si Oshin ini ternyata.
    Tp sayaaang di cable tv huhuhuuh pengeeen liat lg padahal ya

    ReplyDelete
  10. makin penasaraannn, film legenda begini,

    ReplyDelete
  11. waaah, film yang wajib ditonton ya Mak ^^

    ReplyDelete
  12. Aku jg ga inget detail ceritanya cm seingetku swsih banget. Inget adegan oshin jalan gendong anaknya pas hujan salju deres n akupun pengen seperti oshin yg jalan2 pas hujan salju wkwkkwke... ga mutu bgt :p

    ReplyDelete
  13. Saya dulu nonton film itu dari awal sampai akhir mbak Cha. Bagus dan sangat mengharukan :)

    ReplyDelete
  14. Ingat banget waktu saya kecil, keluarga kami selalu menanti drama ini di tvri. Tp ceritanya sdh agak2 lupa. Masih TK kayaknya saya waktu itu... :)

    ReplyDelete
  15. taun 86 saya blom lahir..hiks, ini pilem jadul banget yaa
    sekarang generasinya film korea mba :D

    ReplyDelete
  16. Waaa senengnya bisa poto sama Oshin. Gpp keliatan item Mak Echa. Yg penting ngeksis sama idola hohoho! Tapi Mak Echa tetep manis kok ^_^

    ReplyDelete
  17. Aku mw nonton ah ntr. Dulu pas msh tayang aku msh TK mba, jd blm suka film2 bginu. Tp ingt bgt mama slalu nonton filmnya :D

    ReplyDelete
  18. Aku sukaaa nonton oshin dulu. Paling inget adegan closing yg oshin kecil jalan susah payah di tengah salju

    ReplyDelete
  19. aku juga suka banget...nget sama film ini...banyak nilai positif yang bisa diambil dari film ini mb

    ReplyDelete
  20. dulu tuh aku suka nangis kalo Oshin sedang dimarahin

    ReplyDelete
  21. Melegenda banget deh ini episodenya kykny panjaaaang banget tp bkn penasaran

    ReplyDelete
  22. Thanks! Aku baru tau tentang film ini. Kecilnya gak suka nonton sih. Aku enggak sabar nonton di waku2 ^^

    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Di Indonesia ditayangkan mulai november 86, wuaah saya belum lahir, Mbak :D

    ReplyDelete
  24. Beberapa tahun lalu diputer lagi di tvri...aku taunya dari situ

    ReplyDelete
  25. Aku baru tahu kalau akan doputer lahi si Oshin.. . ;)

    ReplyDelete
  26. menyentuh banget nih filmnya, suka deh :)

    ReplyDelete
  27. Biasa nonton film jepang yang menarik film animasinya,, kalau film2 jepang yg kayak gini suka bikin terharu kebawa suasana..hhe

    ReplyDelete
  28. Wah, saya jadi keingetan dulu pas kecil *Maklum kelahiran 90an hehe* ibu saya sering setel Oshin di TVRI, dan memang ceritanya mengharukan banget meskipun cuma sempet nonton pas Oshin masih kecil, belum sempet nonton sampai tamat. -_-

    ReplyDelete
  29. mending nonton ini dripda nonton sinetron2 gaje dan merusak moral :)

    ReplyDelete
  30. hahha film ini nih yang di tunggu, dah lama banget ternyata

    ReplyDelete
  31. aku pengin banget nonton film ini, semoga aja malem minggu ini ada kesempatan nonton lah

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^