Hamil Sehat Bebas Anyang-anyangan Berkat Prive Uri-cran

hamil sehat bebas anyang-anyangan

[Lomba blog] Hamil Sehat Bebas Anyang-anyangan Berkat Prive Uri-cran. Setiap ibu hamil punya banyak cerita tentang masing-masing kehamilan yang dialaminya. Begitupun saya, waktu kehamilan Raffi dan kehamilan kali ini beda-beda ceritanya. Yang pasti, saya (dan ibu hamil lainnya) pasti akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk menjaga kandungan agar selalu sehat hingga melahirkan nanti. Rasanya bahagia sekali saat melihat bayi berkembang sehat didalam kandungan :").  

Tapi saat memasuki kehamilan tri semester 2 ini, tiba-tiba saya terus menerus kekamar mandi. Buang air kecil rasanya tidak tuntas (anyang-anyangan). Dan parahnya saat malam hari, frekuensi ke kamar mandi lebih sering. Saya jadi susah tidur :(, soalnya baru saja mau pejamin mata sudah ingin buang air kecil lagi. Mau pergi kemana-mana juga jadi malas, soalnya sebentar-sebentar harus kekamar mandi untuk buang air kecil. Bukan hanya anyang-anyangan yang saya alami, tapi juga sakit buang air kecil seperti kencing panas dan nyeri. Kan jadi takut kalau ada apa-apa sama kandungan saya :(. 

hamil sehat bebas anyang-anyangan
Dulu, saya pernah kena anyang-anyangan karena kateter saat dirawat lama dirumah sakit. Mungkin karena kelamaan dipasang dan kurang higines jadi sempat kena infeksi saluran kemih. Pernah lagi kena saat kehamilan tri semester 3 Raffi, tapi kalau ini sih karena bayi dalam kandungan sudah besar jadi menekan kandung kemih. Makanya kenapa jadi anyang-anyangan dan itu rata-rata memang dialami ibu hamil saat usia kandungan sudah besar ^^.

Saking takutnya minum air dan jadi sering pipis jadi dehidrasi :(

Lah kalau sekarang kan baru tri semester 2 umur kandungan 4 bulanan, kok sudah kena anyang-anyangan? Saking takutnya sering kekamar mandi untuk buang air kecil, saya jadi takut banyak minum sampai dehidrasi. Karena situasi ini terus berlanjut hingga beberapa hari dan bikin susah tidur dimalam hari yang buat badan jadi tidak fit, akhirnya saya tes urine lengkap dirumah sakit dekat rumah.

Emangnya penting untuk tes urine? Buat ibu hamil disarankan per tri semester untuk tes urine lengkap. Jadi kita tahu, gejala infeksi saluran kemih (ISK) ini karena kandung kemih ditekan oleh rahim atau memang karena positif ISK. Untuk yang tidak hamil juga harus tes urine bila merasakan gejala ISK seperti yang saya rasakan ^^. Agar tahu saluran kandung kemih kita itu sehat atau tidak.

Tenang, tes urine harganya murah kok cuma sekitar 30ribu rupiah saja. Dan hasilnya juga cepat, kira-kira sejam langsung tahu kondisi patologis kandung kemih kita ^^.

Harga tes urine lengkap hanya 30ribuan kok ^^


Hasil tes urin lengkap saya


Dan ternyata hasil tes urine saya kurang bagus kali ini. Ada bakteri dalam saluran kandung kemih saya :(. Duh! Pantesan saya jadi anyang-anyangan. Akhirnya saya langsung menghubungi via whatsapp ke dokter kandungan untuk konsultasi hasil tes urine-nya. Kata dokter, saya terkena gejala ISK yang salah satunya adalah anyang-anyangan. 


Duh! Kok bisa kena gejala ISK? Sebenarnya siapa saja sih yang bisa kena infeksi saluran kemih? Siapa saja bisa kena. Jadi mau pria atau wanita, wanita hamil atau tidak, mau tua atau muda, bahkan anak-anak bisa terkena infeksi saluran kemih. Faktanya, 5 dari 10 wanita pasti pernah kena infeksi saluran kemih (termasuk ibu hamil yang sangat rentan terkena infeksi). Dan 25% dari yang pernah menderita infeksi saluran kemih pasti akan berulang beberapa bulan kemudian. 

Saya jadi ingat saat Raffi kecil, dia sempat sakit buang air kecil sampai nangis gitu. Ternyata kata dokter anak, Raffi terkena fimosis yang juga merupakan gejala infeksi saluran kemih. Waktu lihat Raffi pipisnya sampai nangis gitu rasanya sedih banget :"(.

Untuk wanita hamil sendiri kenapa rentan kena infeksi saluran kemih, selain janin membesar dan menekan kandung kemih juga karena makin susah membersihkan bagian kewanitaan. Bisa juga toilet yang kurang bersih atau kurang menjaga kebersihan saat membilas setelah buang air kecil. Kondisi hamil kadang juga membuat malas untuk makan dan minum (seperti saya--"), makanya jadi kurang cairan tubuh.

gejala ISK

FYI, 80% penyebab infeksi saluran kemih disebabkan bakteri E.coli. Makanya, tes urine saya positif bakteri hasilnya. Bakteri E.coli ini bisa memanjat dari saluran anus ke saluran kemih yang jaraknya dekat dan jumlahnya semakin lama semakin banyak yang mengendap. Sel bakteri E.coli menempelkan rambutnya didinding saluran kemih dan membuat kita mengalami infeksi saluran kemih.  Duh! :(.

E.coli menempelkan rambut-rambutnya ke dinding saluran kemih
Serem ya!

Besoknya, saya kontrol bulanan ke dokter kandungan dan sekalian konsultasi tentang kondisi yang saya alami. Kata dokter, infeksi saluran kemih (ISK) ini ada dua yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah. Untuk kasus gejala ISK yang saya alami adalah termasuk gejala ISK bagian bawah. Ciri-cirinya adalah buang air kecil tidak tuntas (anyang-anyangan), nyeri dan panas sakit buang air kecil (dysuria), dan frekuensi buang air kecil dimalam hari lebih banyak padahal jumlah urine yang keluar sedikit (nocturia).

Bahaya tidak untuk kehamilan? Sangat!!! Infeksi saluran kemih yang tidak diterapi dapat membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan BB rendah, preeklampisia, hipertensi, gagal ginjal bahkan sampai ke kematian janin.

Serem ya ? Kemudian dengan sedikit was-was, kandungan saya di USG dan Alhamdulillah sehat. Dan sekarang cara mengatasi gejala ISK ini adalah dengan diberikan terapi yang sesuai dengan kondisi kehamilan. Rata-rata semua infeksi saluran kemih pada kehamilan yang bergejala atau tidak itu perlu untuk diterapi.


Saat saya tanya jadi terapinya seperti apa? Dokter tidak meresepkan apa-apa karena beliau tidak mau memberikan antibiotika yang biasa digunakan terapi ISK. Saya hanya diminta untuk banyak minum, jangan menahan buang air kecil dan selalu menjaga kebersihan. 

Sebelumnya, saya sudah browsing tentang cara mengatasi gejala infeksi saluran kemih pada ibu hamil diinternet. Banyak yang menyarankan mengkonsumsi cranberry untuk mengurangi ISK ini. Cranberry (Vaccinium macrocarpon) adalah tanaman perdu yang tumbuh diatas permukaan tanah, mengandung 80% lebih air dan 10% karbohidrat dengan PH 1.8-23, dan memiliki bahan aktif Proanthocyanidin.   

Tapi sayangnya, saya tinggal di Indonesia kesulitan mencari buah atau jus cranberry. Boro-boro mau cari ekstrak , beli jusnya saja jarang ada. Dimana coba? Susah kan?. 

Bagus mana jus atau ekstrak cranberry? Sama bagusnya, tapi lebih efektif ekstrak cranberry. Kalau jus, efektifitas akan menurun pada jam ke-24. Kalau ekstrak, pada jam ke-24 efektifitasnya malah meningkat.  Jadi manfaatnya ekstrak lebih besar. Tapi tahu tidak? Ekstrak cranberry itu 4 kali lipat antioksidannya dari vit E loh.

cranberry

Tenang-tenang... Sekarang sudah ada produk Prive Uri-cran dari Combiphar yang katanya ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan. Sayapun beli diapotik dekat rumah untuk diperlihatkan ke dokter kandungan yang ganteng. Saat ditunjukkan, dia langsung membaca semua bahan yang tercantum pada komposisi dikemasan Prive Uri-cran. Dan bilang kalau semua bahan ini tidak berbahaya buat ibu hamil. 

Lalu saya lanjut bertanya boleh tidak dikonsumsi? Beliau bilang tidak apa-apa, jadi terapi profilaksis dengan cranberry dan aman dikonsumsi wanita hamil dan menyusui. Tapi, walau cranberry berguna untuk mengurangi gejala infeksi saluran kemih, pada beberapa orang golongan berry ini akan membuat buang air kecil lebih sering. Sehingga menuntut kita untuk minum lebih banyak lagi. Tidak apa-apa kok banyak minum itu bagus kan? Pengendapan bakteri E.coli di kandung kemih semakin berkurang dengan banyak minum dan saat urine keluar diharapkan bakteri juga ikut keluar. Jadi jangan takut untuk banyak minum yak!.

Yang saya suka, terapi dengan cranberry ini kita tidak perlu takut dengan yang namanya resistensi antibiotik. Karena rata-rata orang yang terkena gejala infeksi saluran kemih ini diobati pakai antibiotik. Ketika obat habis dan sembuh, kemungkinan besar gejala ISK ini akan berulang. Sehingga kalau sudah resisten dosisnya akan terus dinaikkan. Kan serem :(. 




Apa saja varian dari Prive Uri-cran dengan ekstrak cranberry ini?
1. Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul mengandung 250 mg Ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya. 
2. Prive Uri-cran Plus dalam bentuk sachet yang diseduh dengan air. Mengandung 375 mg ekstrak cranberry plus probiotik dan Vit C

Saya sendiri pilih yang bentuk sachet, soalnya rasa lebih enak seperti minum jus dan manfaatnya lebih banyak ^^. Bentuknya bubuk dan tinggal dicampur air putih saja.

prive uri-cran

Yang pasti berkat Prive Uri-cran ini, infeksi E.coli dan gejala infeksi saluran kemih yang saya rasakan jadi makin berkurang. Soalnya berkat ekstrak cranberry-nya, bakteri E.coli tidak bisa menempel lagi ke saluran kandung kemih kita dan mencegah terjadinya saluran kemih berulang. Bahan aktif cranberry menghambat perlekatan (Adhesi) bakteri ke sel epitel saluran kemih. 

Diawal terapi, saya minum Prive Uri-cran 2 sachet selama 8 hari lalu saya turunkan jadi 1 sachet tiap hari sampai saat ini walau sudah tidak anyang-anyangan. Dan hasilnya, badan saya jadi lebih enak dan sehat setelah rutin konsumsi. 

Berkat ekstrak cranberry, bakteri tidak bisa nempel kedinding saluran kemih

Gampang kok nyeduh Prive Uri-cran Plus ini. Tinggal diseduh dengan 100-150ml air putih dan lebih enak lagi kalau diminum dalam keadaan dingin ^^. Bisa saja dicampur dengan minuman lain, tapi buat saya minum ini saja sudah enak kok rasanya kayak jus beneran. Serius! Bisa saya bawa kemana-mana juga soalnya kan bentuk shacet.



Aduk sebentar

Ini dia Prive Uri-cran Plus dengan ekstrak cranberry 
yang rasanya enaaaak banget ^^

Saya mengkonsumsi Prive Uri-cran Plus sejak bulan Juni 2016 saat masuk tri semester 2 hingga saat ini. Tenang saja, suplemen ini kan aman buat ibu hamil dan menyusui. Badan saya jadi lebih segar dibandingkan dulu. Biasanya saya selama hamil kali ini kan lemas dan pusing, berkat rutin minum ini jadi berkurang loh. 


Dan ini sedikit tips dari pengalaman saya mengalami anyang-anyangan. Ini berlaku bukan hanya untuk wanita dan ibu hamil, tapi juga untuk semua kalangan ya ^^. Ingat, infeksi saluran kemih tidak pandang jenis kelamin dan kondisi! Jadi memang harus dari kitanya yang harus peduli kesehatan sendiri.

1. Ketika terjadi bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil terus-menerus dan sakit saat buang air kecil (nyeri dan panas) segera kedokter. Sebelumnya jangan lupa langsung tes urine lengkap terlebih dahulu agar saat ketemu dokternya sudah ada data patologi lengkap.

2. Biasanya opsi didokter ada 2, yang pertama akan diberi obat antibiotik untuk pengobatan dan terapi-nya. Minum obat sampai habis agar bakteri hilang. Ini juga bisa menimbulkan resisten antibiotika, apalagi ISK ini biasanya berulang. Yang kedua, biasanya dokter tidak memberi obat tapi akan meminta kita lebih banyak minum dan menjaga kebersihan (seperti yang dokter kandungan saya lakukan).

3. Perbanyak minum air putih. Semakin banyak buang air kecil saat terapi, berarti bakteri E.Coli akan semakin berkurang. Dan ini memang terbukti saat kemarin saya anyang-anyangan.

4. Jaga kebersihan toilet dan area organ intim agar tetap kering. Sediakan tisu di toilet atau serbet kering yang diganti berkala yang digunakan setelah buang air kecil. Pakai celana dalam yang tidak ketat dan ganti secara teratur 2-3 kali sehari.

5. Basuh organ intim dari arah depan kearah belakang (begitu pula saat ngelap ya ^^) jangan pernah terbalik arahnya ya baik saat buang air kecil atau air besar


6. Saya lebih menyarankan gunakan bilas dengan wc yang punya shower semprot dibanding yang pancuran kecil dari dalam karena kita bisa mengarahkan dari depan saat membilas.

7. Konsumsi cranberry, bisa minum jus cranberry atau suplemen yang mengandung ekstrak cranberry. Karena cranberry ini memiliki Proanthocyanidin untuk mengatasi anyang-anyangan dan menurunkan infeksi bakteri E. coli. Selain itu, cranberry juga banyak banget manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Untuk ini, kalian bisa konsumsi Prive Uri-cran atau Prive Uri-cran Plus seperti saya agar bebas anyang-anyangan. Tenang bisa dibeli dimana saja kok ^^, saya saja kalau habis tinggal beli supermarket dekat rumah saja ^^. 



8. Mulailah pola hidup sehat dan jaga kebugaran tubuh agar tidak mengalami ISK berulang. 


Gampang kan menjadi sehat itu! Saya sendiri sudah membuktikan hamil sehat bebas anyang-anyangan berkat Prive Uri-cran. Ektrak cranberry-nya memang luar biasa efeknya. Saya tidak merasakan lagi bolak-balik kamar mandi karena ingin buang air kecil terus-menerus. Saya juga tidak lagi mengalami nyeri dan panas saat buang air kecil. Saya jadi bisa tidur malam dengan tenang, paginya juga bisa kembali melakukan tugas sebagai ibu dan istri dengan baik seperti mengajak anak bermain tanpa harus kekamar mandi karena anyang-anyangan. Pokoknya mah sekarang mau jalan kemana-mana juga ibu hamil ini siap tidak khawatir kebelet pipis lagi :))).   

Plusnya juga selama mengkonsumsi Prive Uri-cran ini, saya juga tidak pernah mengalami sembelit lagi selama hamil. Sekarang jadi lancar berkat kandungan probiotik yang penting untuk kesehatan pencernaan. Makanya, saya terus mengkonsumsi Prive Uri-cran Plus sampai saat ini.

Kehamilan saya sehat tanpa masalah gejala infeksi saluran kemih dan tumbuh kembang janin juga bagus :"). Alhamdulillah. Terima kasih Prive Uri-cran, hamilku sehat bebas anyang-anyangan.


Saya sudah bebas dari anyang-anyangan.
Sekarang giliran kalian untuk katakan
"Selamat tinggal anyang-anyangan"

Testimoni saya hamil sehat bebas anyang-anyangan berkat Prive Uri-cran


Mau tahu lebih banyak tentang kehebatan Prive Uri-cran ini? 


Tulisan berdasarkan pengalaman pribadi penulis 
yang diikutsertakan dalam lomba blog Prive Uri-cran 
dan menjadi juara 1

71 comments:

  1. Waah baru tahu produk ini...btw, selama hamil sepertinya gak anyang anyangen. Tapi pas gak hamil seringnya. Emang rasanya gak enak banget. Makasih infonya, Mak Echa...sepertinya segerr ya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah enaknya pas hamil ga anyang-anyangan huhuhu aku berasa kemaren. Untung udah gak lagi. Enakkk seger, apalagi pas dingin

      Delete
  2. Cha
    Maaf kalau agak oot nih.
    Saya itu sering membaca bahwa minum cukup air itu bagus untuk kesehatan. Saya pun menuruti itu. Minum cukup. Namun akibatnya saya jadi sering kebelet pipis. Kadang diawali anyang anyangen juga.
    Prive ini hanya untuk wanita hamil ... atau laki2 juga bisa ya Cha ? Usia 50 keatas bisa ?

    Thank you Cha ?
    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan takut minum air lebih banyak om. Kemaran saya juga sampai takit minum takut pipis terus. Tapi ternyata air membantu bakteri keluar lewat urine.
      bisa kok ini om, prive uricran ini bisa untuk segala usia.
      Tapi bisa konsul dokter om untuk yakinnya ^^

      Delete
  3. Kalo aku waktu hamil gede mak ngerasain anyang-anyangan dan itu ga nyaman bangetttt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga biasanya pas TM 3 berasa itu anyang-anyangan ini pas TM 2 lah ternyata gejala isk --"

      Delete
  4. Selama ini aku salah kira, kirain produk untuk cuci area V. Ternyata ini produk untuk diminum. Prive berarti punya produk kesehatan luar dalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ini buat diminum. Soalnya kalau dari dalam lebih cepat efeknya biar bersihkan saluran kandung kemih juga

      Delete
  5. Sehat-sehat terus ya, Cha. Ibu hamil memang lebih rentan kena anyang-anyangan. Aku udah konsumsi Prive Uri-cran hampir 2 bulan. Alhamdulillah, lebih fit. Mungkin karena sifat antioksidannya yang tinggi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak makasiiih..iya bener 4 kali lebih tinggi dari vit C ya antioksidane

      Delete
  6. Dokter gantengnya Dokter Muchlis apa ismail nih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan keduanya sekarang, cari yang muda hohoho dr medi mak. Reviewnya bagus dan selama ini dia teliti gitu ngadepin keluhanku dari awal hamil jadi lebih sreg ini daripada yang dikau sebutin xD. Pada sibukkk antrinya lama enak ini xD

      Delete
  7. Wah. Aku kadang suka anyang2an, tak kira cuma gegara aku kadang nahan pipis, eh ternyata bisa karena ISK ya? Waduh, kudu tes urin nih. Dapetin uri-cran di toko ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa karena isk juga mak.diapotik ada mak atau supermarket juga jual seh ini

      Delete
  8. wah aku jadi takut nih, aku termasuk sering anyang-anyangan apalagi kalo malam. Selama ini abai aja, ternyata gejala ISK uhuk. Prive Uri-cran itu ada di luar negri gak ya? pengen nyoba juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalnya malah dari luar negeri mak kayaknya sih ada seingatku pas ikutan seminare. minum banyak yaaa

      Delete
  9. Dulu waktu saya lagi hamil, juga suka anyang-anyangan. Terutama waktu hamil besar. Waktu itu, saya juga suka nahan gak mau minum terlalu banyak, takut pipis terus soalnya.
    Kalo dulu, tau ada produk Uri-Cran, pasti gak akan ribet, kebelakang terus ya Mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga hamil juga bisa mbak :* banyak minum yak biar g berulang

      Delete
  10. Anyang2 ngan tp tetep byk minum air putih, begitu ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu saking takutnya pipis terus g berani aku minum banyak. tapi ternyata salah malah kudu minum banyak biar bakteri cepet go on

      Delete
  11. wah.. bisa buat sembelit juga ya, mantap nih bebas masalah depan belakang ya Cha.. sehat trs kehamilannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di aku gitu mbak. cuma tiap orang kan beda2 mayan ada probiotiknya jdi suplemen ^^

      Delete
  12. Wahh aku baru tau kalo anyang2an bisa juga terjadi pada ibu hamil..
    Alhamdulillah kalo sekarang udah move on ya Cha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba alhamdulillah, paling nanti pas semseter 3 biasanya karena bayi dah gede

      Delete
  13. Wah, ini sih kayak minum sirup ya. Seger. Pas hamil bahaya juga kalau infeksi. Dan minum obat juga harus pilih-pilih yg aman buat janin.
    Semoga kehamilannya sehat terus ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo kayak minum biasanya aja mba, makane doyan kalau yang kapsul aku berasa sakit soale, enak ini *bumilnya rewel

      Delete
  14. Wah reviewnya keren mak...jadi dapat informasi banyak nih baca ini.. :) Semoga lancar terus kehamilannya ..:)

    ReplyDelete
  15. duhh kebayang banget kalo lagi hamil kena anyang2an ya :( untung nemu uri cran yg aman buat bumil ini ya Cha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak yang penting janin dan ibunya tetap jadi sehat :")

      Delete
  16. Aku pun pas hamil pernah ngerasaini kaya gini mba, pengen pipis tapi malah ngga keluar. Dan, sekarang kalau udah nahan-nahan pipis demi ngerjain tulisan, pasti ngga lama bakal kena anyang-anyangan. Dan itu ngga enak banget. Aku belum pernah nih minum uri-can ini, tapi bakal jadi rekomendasi nih buat cegah anyang-anyangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 ibu hamil banyak yang kena ya iya mak dicoba ci kalau kena anyang2an ya. tapi buat suplemen tubuh juga bisa seh

      Delete
  17. Aku paling nggak bisa nahan BAK :)
    Belum pernah anyang-anyangan sih saat hamil, tapi yang biasa aja rasanya nggak enak apalagi kalau hamil ya.
    Sehat selalu bumil, lancar segala sampai kelahiran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makpuh jangan rasanya g enak sampe ga bisa tidur aku -___- kalau ga dipipisin jadi mual jadi muntah :v :v rese ini emang ayang2an untung dah nggak --".
      makasih makpuh :*

      Delete
  18. Anyang2en emang gak nyaman. Trus, bolak balik ke kmar mandi emang gak nyaman ya mbak, pdhl kdng gak keluar. Eh aku sempet males minum, tapi klo inget baby dlm rahim, jd inget kudu minum banyak.
    Moga sehat terus ya Mbak, keamilannya... aamiin

    ReplyDelete
  19. lancar-lancar terus kehamilannya yah Mba Echa :)
    anyang-anyangan memang menyiksa banget, apalagi kalo diderita saat hamil yah, pasti dua kali nyiksanya, saya ajah ngalamin anyang-anyangan saat gak hamil rasanya ampun deh, untungnya udah ada cara alami yang praktis untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jadi lebih enak pakai ini g anyang2an lagi. makasih banyak doanya

      Delete
  20. Aku belum tahu gimana rasanya hamil apalagi kena anyang-anyangan mbak. Cuma kayaknya nggak enak banget ya :(, dulu sempat ingat mbak sepupu yang lagi hamil juga ke anyang-anyangan, kasihan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku sampe ga bisa tidur pas kemaren :(

      Delete
  21. Waaah widya baru tahu produk ini. Makasih informasinya mbak. Saya jadi paham dan dapat pengetahuan baru :D

    ReplyDelete
  22. Aku juga anyang-anyangan mbak sepertinya, kudu tes urine nih, untunglah dirimu menyarankan, padahal kepikirannya mau diurut,kata orang, kandung kemihnya turun, makanya kalau mau pipis kebelet mulu. Tapi, sepertinya, emang periksa ke dokter dulu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saranku sih tes urine buat cek bener gak nya baru kedokter untuk konsultasinya. terapinya bisa pakai prive ini ^^

      Delete
  23. Gak pernah bisa nahan pipis kalo saya, bisa-bisa pipis di celana kalau kelamaan nahan. Plus kalau bepergian itu problemnya soalnya saya beser...

    Lah pernah waktu itu anyang-anyangan, ga bisa tidur sama sekali, cuma nyaman kalo posisinya meringkuk, sampe mikir apa tidur di kamar mandi aja saking capek bolak baliknya :(


    As usually tulisanmu lengkap dan komplit, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah kadung curhat lupa kepanjangan nulis --"
      iya sampe susah tidur kan ya? aku juga gitu sebel sampe :(

      Delete
  24. Aku banget iki. Pas anak pertama sering banget anyang-anyangan. Sampai sering gak ngantor gara-gara toilet kantor kan jauh, capek banget kalau bolak-balik ke toilet. Hu...hu.... belum kenal FC dan makan sehat waktu itu. Minum juga sekadarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu malah mikire kalau banyak minum nanti takut pipisan xD. ternyata malah kudu pake minum banyak yaaa

      Delete
  25. Kalau hamil itu sepertinya bukan anyang-anyangan ya, tapi beser (sering pipis) CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama tidak mengganggu gpp apalagi kalau kehamilan sudah besar. dan itu bisa dilihat dari tes urine besernya kenapa ^^ isk atau hanya bawaan hamil ^^. semoga menjawab ya ^^

      Delete
  26. Lengkap banget ulasannya mba.selamat ya mba untuk kemenangannya.

    ReplyDelete
  27. Selamat ya Mak menang nih.. Lengkap banget ulasannya

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah aku gak anyang2an Cha. Ganggu banget kan yaa klo kena. Ga hamil aja repot apalagi hamil..

    ReplyDelete
  29. Keren mba patut jadi pemenang....salutttt

    ReplyDelete
  30. Saya dulu langganan anyang-anyangan. Kalo pas parah banget bisa sampe kencing darah, mungkin karena saluran kemih terluka atau gimana. Waktu itu biasanya sih cuma dibanyakin minum air putih, sampe bisa kencing normal lagi. Skrg dijaga banget konsumsi air putih, sama jangan terlalu lama duduk. Ngeri.

    Btw, selamat ya jadi juara :)

    ReplyDelete
  31. Mbak uri cran bisa utk hamil 1 bulan gak ?

    ReplyDelete
  32. Mbak uri cran bisa utk hamil 1 bulan gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bukan karena bakteri mending jangan ^^
      kalau baru sebulan biasanya karena perubahan otot vagina dan rahim saja adaptasi ^^. tapi jangan lupa minum banyak ya
      semoga membantu ya

      Delete
  33. selamat ya mbak atas juara pertama nya di lomba blog Prive Uri-Cran Blogger Competition Phase 1 ini.

    ReplyDelete
  34. selamat ya mbak atas Juara 1 nya..
    panitianya gak salah pilih, artikel mbak bagus, reviewnya lengkap dan kontennya menarik.

    ReplyDelete
  35. almuduliah makasih buat referensinya

    ReplyDelete
  36. Wah... Pokoknya setelah ini mau makin rajin minum air putih, mbak. Makasih ya, infonya.

    bermanfaat banget.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^