Atasi Stress pada Bayi dalam Kandungan


[Sponsored Post] Atasi Stress pada Bayi dalam Kandungan. Masih ingat tidak tulisan saya tentang mood swing beberapa hari lalu? Itu kenyataan dan banyak yang ngalami ya ^^. Nah, pas banget ini saya kemarin datang di event Mother and Baby Indonesia dan Sweety Gold yang mengangkat tema "Kenali stress bayi dalam kandungan".


Acara kali ini bernuansa gold, saya dan Raffi juga sedikit pakai sentuhan emas dibaju hehehe. Untungnya hitam bisa matching dengan apa saja kan. Dipandu oleh MC mbak Amy Zein, acara ini dibuka dengan sambutan dari mbak Sandra selaku Chief Editor Mother and Baby Indonesia. Disini mba Sandra bilang agar ibu hamil selalu bahagia ^^.



Nah, kalau kemarin ditulisan mood swing saya itu lebih kecerita ibu hamilnya. Kalau dimateri acara ini, ibu hamil juga harus lebih waspada dengan mood swing dan stress yang berkepanjangan saat hamil karena sangat berpengaruh pada janin dalam kandungan. Janin bisa stress :(.

Sebagai narasumber yaitu DR. dr. Taufik Jamaan SPOG yang memberikan materi tentang ini. Makanya kenapa IBU HAMIL ITU HARUS BAHAGIA. Walau kenyataannya namanya hidup ya kan tidak harus selalu bahagia? Dan disinilah peran kita sebagai ibu hamil agar selalu positif dalam setiap kejadian yang dialami *terus menerawang sambil melihat awan :").


Kalau ibu hamil terus sedih dan mood swing yang tidak diatur baik, bayi akan stress dalam kandungan. Kan kasihan :"(. Dan itu merupakan ancaman buat bayi dalam kandungan sehingga membuat kondisi aliran darah dan asupan kalori dari ibu ke janin terganggu.

Dan cara mendeteksi bayi stress itu bisa dilihat dari frekuendsi denyut jantung, gerakan bayi, USG, CTG dan kurva pertumbuhan janin. Bila hasil periksa memperlihatkan kelainan, berarti bayi tersebut mengalami stress. Untuk tri semester pertama, kondisi bayi stress ini sulit dideteksi, tapi di TM 2 dan 3 akan lebih mudah dikenali.


Kenapa bayi bisa stress dalam kandungan? Lebih disebabkan karena faktor ibu, seperti ibu anemia, demam, kurang gizi, depresi, oksigen berkurang, ketuban kurang, terlilit tali pusar dll. Selain itu faktor emosional ibu  yang sadar atau tidak sangat berpengaruh pada bayi dalam kandungan. Makanya suka denger kan kalau ibunya sedih bayinya juga sedih :"(. Banyaknya perubahan dan adaptasi yang dialami ibu hamil kadang juga menjadi stress dan mood swing tersendiri selama kehamilan. 

Psttt, tahu tidak ternyata deadline pekerjaan itu sangat membuat stress loh pada ibu hamil :D. Dan sepertinya saya ngalami karena hal ini kali ya xD. Kerasa sih kalau misalnya kerjaan lagi banyak, rasanya pening banget. Lah yang tidak hamil saja stress apalagi yang hamil :p.

Walaupun stress tidak dapat dihindari, diharapkan ibu hamil tetap tenang agar janin juga tenang dalam kandungan. Ini juga biar janin tidak kontraksi sebelum waktu melahirkan, kan bahaya loh itu. Malah bisa-bisa lahir prematur sebelum waktunya bahkan kematian pada janin.

Duh bu-ibu makanya mari dikelola dengan baik stress dan mood swing ini selama hamil yaaaa. Jangan lupa periksa kehamilan secara teratur kedokter kandungan atau bidan dengan ditemani pasangan atau anggota keluarga dekat. Periksa kurva pertumbuhan janin dan jangan lupa minum vitamin dan makanan bergizi agar ibu hamil plus janin sehat ^^.

Beberapa tips mengatasi stress pada ibu hamil
1. Selalu berpikir positif dan bahagia selama hamil
2. Asupan pola makan minum yang baik 
Ini termasuk di 1000 hari pertama kehidupan yang memang kudu ada nutrisi yang baik


3. Olahraga ringan 
4. Berkomunikasi dengan baik dengan suami dan keluarga. Plus mendapat dukungan dari suami dan lingkungan, sehingga menimbulkan efek senang pada ibu hamil
5. Relaksasi dan lakukan yang membuat ibu  hamil senang ^^.
6. Istirahat yang cukup
7. Hindari stress berkepanjangan
8. Lebih dekat dengan Tuhan (ini sih tambahan saya sendiri hehehe)

Kalau dilihat-lihat, tips ini mirip ya dengan tulisan mood swing yang saya tulis kemarin. Intinya, ibu hamil bahagia janin bahagia. 

Lah kenapa ibu  hamil harus bahagia? Bentar lagi ketemu bayi yang selama 9 bulan dalam kandungan loh. Masak tidak excited?? Makanya, kalau kita semangat ketemu bayi diperut nanti anaknya juga jadi semangat ^^. Salah satunya dengan mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir termasuk popok salah satunya ^^.


Kemarin, ada Titi Kamal sebagai bintang tamu dalam acara ini. Dan dia sharing kalau salah satu pemicu stress ibu (yang baru melahirkan) adalah seringnya frekuensi pup dan pipis bayi baru lahir. Bener kok. Itu juga kejadian sama saya sendiri :v. Biar tidak stress dan memicu baby blues pasca melahirkan yang berkepanjangan, salah satu solusinya menyediakan pospak yang lembut dan nyaman buat bayi. Believe it or not, saya tim pospak biar minimalisir stress. Tidak perlu diperdebatkan tentang pakai pospak atau clodi loh ya bu-ibu, masih banyak yang perlu diperhatikan selain debat seperti ini :v.


Salah satu pospak yang bisa jadi pilihan adalah Sweety Gold terbaru. Mbak Stella dari Sweety Gold juga menjelaskan sampai demo bagaimana #pakaisweety bisa membuat bayi kita nyaman saat pakainya. Yang pasti ibu jadi bisa lebih istirahat begitupun bayi akan merasa lebih kering saat memakainya. Sweety ini bisa digunakan pada bayi yang baru lahir bahkan untuk bayi dengan kulit sensitif. Dan yang pasti, Sweety Gold ini asli produk buatan Indonesia loh. 


Keunggulan sweety gold

Kemarin juga ada mbak Wulan dari Mom n Jo yang memberi cara ibu hamil memijat diri sendiri untuk menghilangkan stress. Btw tahu pijat ILOVEYOU tidak? Itu loh cara pijat bayi baru lahir yang sering digunakan diarea perut? Ternyata juga bisa digunakan pada ibu hamil juga loh. Nanti caranya saya posting ditulisan terpisah ya ^^.


Oh iya, saya juga dikasih banyak voucher mom n jo sama teman-teman blogger xD. Terima kasih banyak yaaaa. Terus Raffi dapat alat makan hello kittty hihihi dan adeknya Raffi dalam perut dapet gudibek diapers new born buat persiapan nanti. Kan kan kan salah satu mengurangi stress itu dengan bahagia menyiapkan perlengkapan bayi. Alhamdulillah ^^.

Yuk yuk yuk bumil seng semangat. Kelola stress dengan baik biar bayi dalam kandungan bahagia. Terima kasih Mother and Baby plus Sweety Gold materi acaranya saya suka :). Happy pregnancy! Sehat-sehat ya bumil-bumil cantik dan bahagia \m/

33 comments:

  1. Alhamdulillah... emang selama hamil nggak boleh stress...biar happy terus perlu perhatian juga dari suami, keluarga, teman dan sekitar...moga sehat selalu ya mbak dedenya raffi

    ReplyDelete
  2. aku dulu pas hamil lagi sumpek banget,obatnya jalan2 sama minum jus alpukat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tiap sore pasti diajak makan diluar kalau ga iso sumpeeek

      Delete
  3. Pas hamil Aiman dulu, Mama Ivon pernah ngamar karena janinya stres dan hampir divonis harus digugurin.
    Penyebanya karena nekat makan gulai kambing trus juga agak stress juga ibunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalu sehat mama ivone yaa

      Delete
    2. Aamiin, doa yang sama buat kehamilan Mbak.

      Delete
  4. Wah kelupaan aku vouchernya ga kukasih ke mak echa. Semoga Sehat terus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiih mbaa..udaaahhh ini dah banyaaak

      Delete
  5. sweety gold bayiku cocok, tp yg sweety biasa ga cocok di kulitnya. pasti ruam.. makanya aku sesekali aja pakai sweety ini... itupun hrs yg gold..

    jd inget pas masa2 hamil dulu, sempet stress, apalagi jujurnya krn kita ga pgn nambah anak wkt itu mbak.. jd 3 bulan pertama aku bisa dibilang mood berubah2 -__-.. kdg sayang ama si baby, tp kdg stress yg sampe ga mau makan apa2... skr sih, si baby udh lahir, udh 5 bulan juga, tidurnya udh teratur, dan jd nyeseeeel bgt mbak kalo inget masa2 mood swing.. untung aja si baby ga kenapa2, dan untung aja aku g sampe berbuat nekad waktu itu.. :(..

    ReplyDelete
  6. klo oksigen kurang itu tandanya di bayinya kayak gimana mba? Ibunya ngecek di usg dulu ya? aku tahunya klo yg ketuban kurang itu kudu diperbanyak biar ga kenapa2 sama janinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bisa liat kalau lewat usg dan ctg dek, makanya pemeriksaan teratur yang diharuskan
      air ketuban bisa dibanyakin minum tapi juga tetep kudu g stress dan bisa kelola mood swingnya

      Delete
  7. Para suami harus baca postingan ini!

    ReplyDelete
  8. Pembelajaran bagi saya nanti Mba kalo udah nikah hehehe, Ibu mesti sehat apalagi bayinya ya Mba :D

    ReplyDelete
  9. Bener banget Cha, bumil nggak boleh stress. Kuncinya fisik bugar dan positive thinking ya. Dan banyak komunikasi dgn Allah tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemana lagi kalau gak ke Tuhan ya mbak :")

      Delete
  10. Intinya agar bayi tidak stress, Ibunya mesti bahagia :)

    ReplyDelete
  11. Mak Echa yg happy yaa, biar baby juga happy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mintaaa uittt biar emaknya tambah hepiii

      Delete
  12. Itu hello kitty nya lucuuuu deh, buat dedek bayi yg ada diperut yaaa hihihihih *salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah gara2 itu pada rebutan yang g dapet nangis --"

      Delete
  13. Senang dech lihat aura ibu hamil yang bahagia. Cantiknya beda, hehehe.. Semoga sehat-sehat dan bahagia yach mbak menjalani masa kehamilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak mbak ^^ *duh jadi geer :")
      ini auranya yang mana titi kamal gitu xD

      Delete
  14. Stress emang ga baik ya. Makanya Ibu hamil itu harus selalu di manja, biar happy terus.

    Mak Echa sehat terus ya, semoga dede bayinya sehat dan lancar ampe lahiran

    ReplyDelete
  15. kalo janin stress bisa pup sebelum lahir? yg bikin ketuban keruh itu kah?
    sehat-sehat terus ya calon adiknya rafi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi jatuhnya kelainan tepatnya emang periksa kedokter mak :*
      aamiin doanya

      Delete
  16. Bunda, kalau mengecek kelamin cewek atau cowok secara alami gmna??

    ReplyDelete
  17. ibu hamil banyak kepenginnya, ada yang ingin berbelanja terus ada pula yang ingin besama suami terus.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^