Uban Oh Uban

uban rambut

[Sponsored Post] Uban Oh Uban. Siapa yang tidak mau punya rambut bagus? Semua pastinya yaak! Saya juga kok! Apalagi rambut adalah mahkota kita ^^. Makanya, waktu rambut saya mulai tumbuh dari botak jadi bagus lagi rasanya senaaang banget. :"). 


Iya sih, sekarang memang sudah berjilbab tapi bukan alasan tidak merawat rambut kan. Paling tidak pakai shampo sama conditioner atau rileks badan sambil dicreambath. Pasti mantep enaknya :D. Badan enakan, rambut juga terawat.

Tapi tapi bagaimana kalau memang karena faktor usia rambut kita berubah? Dan mulai ada uban dirambut kita??? Kalau kata orang punya uban itu seksi, tapi kalau saya bilang punya uban itu berarti harus lebih mengingat Tuhan. :"). Ya Allah, aku wes tuweeeeeeeeeeek.

Jadi begini ceritanya... Pas malem-malem suami bikin resep nasi goreng spesial, tiba-tiba dia menghampiri dan pegang kepala saya yang lagi enak-enak ngetik komputer. Sayanya kan jadi tidak enak digituin, buru-buru ngaca dong. Cuma belum ngeh maksudnya suami apa, jadi balik duduk lagi.

Terus saat nasi gorengnya sudah jadi, sambil makan bareng dia bilang kenapa tadi seperti itu. Ternyata dirambut saya ada uban. WHAT? Uban?? Buru-buru ngaca lagi, dan beneran ternyata rambut saya ada uban. Beberapa helai uban yang tampil canttik dipinggir kiri menghias rambut saya ternyata :"). Dan saya tidak sadar :"(. Secara ya beberapa bulan ini lama tidak matut-matut diri dikaca. Boro-boro dandan -___-.

Suami cuma nepuk pundak saya dan bilang, "Wes wayahe, Mih! Kudu disyukuri". Saya cuma diam dan ngelanjutin makan nasi gorengnya. *Setel musik melankolis

Paginya, dipengajian masjid lagi ngebahas tentang uban kebetulan. Jadi pas kan ya dengan kejadian semalam. Dan dipostingan ini, saya mau share sedikit tentang uban dirambut kita ^^. Kalau ada kesalahan mohon maaf karena salah punya saya pribadi dan tetap Allah yang maha Benar. Bismillah.

Kenapa Kita Punya Uban?


Sebenarnya wajar ya ada uban dibadan kita karena merupakan salah satu tingkatan kehidupan berikutnya. Ada yang dirambut, diwajah, jenggot, bulu kaki dan area yang berbulu lainnya.
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفاً وَشَيْبَةً يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ
"Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)
Seiringnya jaman, kadang uban muncul bukan hanya faktor usia. Bisa karena produk kecantikan rambut yang efek sampingnya membuat rambut beruban, hormonal, genetik atau juga pola hidup. Jadi gampangnya, banyak hal yang sekarang membuat kadar melamin rambut berkurang dan taraaaaaaa jadilah uban.

Kalau suami saya, dia genetik ubanannya. Jadi waktu saya kenal dia sudah banyak banget ubannya, nikah sama saya malah tambah banyak ubannya *Puk-pukin papih kasian.

Uban

Sampai kadang kita sendiri ingin mencabut atau paling gampang mengecat rambut untuk menutupi uban. Benar tidak? Sampai ada yang depresi hanya karena muncul uban dirambutnya :v. Tapi bisa jadi sih ya, secara kalau ada uban kita pasti (sadar atau tidak) berguman, "Duh, saya sudah tua!" atau pemikiran negatif lainnya hanya karena adanya uban.

Terus Ubannya Diapain?


لا تنتفوا الشيب فإنه نور يوم القيامة ومن شاب شيبة في الإسلام كتب له بها حسنة وحط عنه بها خطيئة ورفع له بها درجة

“Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
Seringkali orang yang punya uban itu mencabut satu-satu dan katanya rasanya enak dikepala kayak pusingnya hilang. Gatel tapi enak gitu katanya kalau dicabutin. Benar tidak? Padahal nih ya, kita tidak boleh mencabut uban loh. Dari berbagai hadis tentang uban ini semua nyebutin kalau mencabut uban hukumnya makruh. Tapi kalau nyabut uban diwajah hukumnya haram. Nah loh!

الشيب نور المؤمن لا يشيب رجل شيبة في الإسلام إلا كانت له بكل شيبة حسنة و رفع بها درجة

“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban –walaupun sehelai- dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ
“Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Dan yang perlu dipahami oleh kita sebagai umat Islam kalau uban itu adalah cahaya mukmin dihari kiamat. Makanya jangan pernah mencabut uban walau cuma 1 helaipun. Emangnya mau cahayanya hilang gegara nyabut uban?? Tapi kalau udah terlanjur nyabutin uban ya sudah, jangan diulang ya *setrap nih kalau nyabutin uban lagi ^^.

Uban yang banyak akan membuat kadar melamin sedikit, dan ini ternyata menandakan kalau kita sehat. Uban yang dicabut bakal merusak folikel, akar dan syaraf dirambut jadi bikin selaput kepala tidak sehat.

Biar rada stylish dikit, ternyata kita diperbolehkan untuk menyemir uban jika terlalu membuat efek psikologis orang jadi down cuma gegara uban. Dan warna yang diperbolehkan bukan warna hitam tapi warna lain kalau menurut hadis. Semirnya pakai Hinna (pacar) atau Katm (inai), tapi sekarang kan banyak pewarna yang praktis boleh saja seh ^^ asal warnanya bukan hitam.

Terus yang lucu pas kemarin ada yang nanya, kalau misalnya rambut uban saya cat ungu gitu pak Ustad bisa tidak? Pak Ustad-e njawab, "Dijilbabin saja buk. Jadi gak perlu disemir ungu :v". Saya langsung ngakak. Eh tapi bener juga seh kan sekarang sayas juga sudah pakai jilbab. Uban ini mau saya apain ya? Kayaknya didiemin saja biar memutih sendirinya :"). Kan bareng-bareng suami memutihnya sampai tua *eciyeeee ciyeeee *setel lagu sekarang atau 50 tahun lagi.

Semoga bermanfaat ya bahasan tentang uban ini. Kalau ada yang keliru hadis dan lainnya mohon koreksinya. Muah.

58 comments:

  1. Suami saya uda mulai beruban dan menolak tua wkwkwk...saya gatel pgn nyabut tp blio sll nolak ternyata bisa bikin folikel ga sehat. Thx u mba sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jangan dicabutt
      kita masih muda kok mbak :")

      Delete
  2. masalahku banget. turunan juga sih, tapi katanya klo pola makannya benar, gizi cukup, bisa diundur munculnya uban. lha tapiiiiii.. ngecat emang paling cepat :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. podo mbek papih :v ubanan akeh wes saiki

      Delete
  3. Ya ampuuuun Mbak, ini tulisan kamu menjawab keresahanku seminggu ini
    -____-
    antara mau nyabut uban atau ngecat rambut.. aku wes tuwek :D

    ReplyDelete
  4. Saya jg pernah nulis ttg uban ini mak. Sejak tau hadist ini dikurangi cabut2 ubannya tp ya ampuun suka gatel aja tangannya astaghfirullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jadi kadang jleb sendiri pernah ngeitemin rambut :"(
      tapi lebih baik telat daripada tidak mencari tahu kebenaran Tuhan

      Delete
  5. Suamiku yg skrg ada ubannya, mungkin efek kepala panas meriksain laporan keuangan (uangnya orang siiih, bukan yang ndiri hihihihi). Cm klo mw dicat krn awalnya dibiarin putih, jadi negara banget ga ya klo disemir wkwkwkwk. Cm klo pake jenna mesti siap biasanya handuk jd agak kelunturan henna pas keramas, bapakku dulu gitu si, cm skrg udh nggak pernah nyemir-nyemir lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa jangan2 semua yang kerja dikeuangan pasti cepet ubanane :v

      Delete
  6. Maak...aku berubah dari jaman sMA dan ituh keturunan dr bapakku.
    Makin kesini makin banyak, dulu suka dicabutin, tapi pas dikasih tau gitu jadi dibiarin.
    Trus pas kuliah, kerja dikasih tau pake shampo cina jd item dan cucok, manjur, katanya ga boleh juga..
    Awalnya biarin aja ahh,cuek, tapi semenjak kerja disini dikasih tau juga, udah tutupin aja ma hijab, cape bolak balik denger urusan uban molooo hahahhaa *baiklah pa bos ustad

    Alhasil, aman sekarang ketutupin, hampir sepertignya ubaaan semua hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tetap berjiwaaaa mudaaaaaaaaaah

      Delete
  7. saya tuaan dari suami kalo dilihat dari segi uban.lol. saya turunan ubanan dari ibu saya. tapi ya ga banget sih. muncul uban tuh kalo ga salah akhir 20-an deh.

    oya, kalo mau pakai cat rambut, selain bukan hitam, juga yang nggak menghalangi air menyentuh rambut. takutnya nanti wudhu nggak kena, mandi besar pun nggak kena. duh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak terima kasih diingetin...tentang cat yang tidak menghalangi rambutnya... :")

      Delete
  8. Rambutku juga mulai ada ubannya, tapi nggak masalah. Malah aku pengin kayak aktor2 yang beruban namun tetep keliatan seksi ahahaha

    ReplyDelete
  9. Jadi sama kayak suamiku, sejak kenal sudah beruban. Sekarang tambah banyak.

    ReplyDelete
  10. Aku sbnrnya penasaran knapa ga boleh disemir ato cat dgn wrna hitam yaaa? Blm tau mbak kalo nanti ubanan aku bakal biarin aja ato dicat ya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pakai semir sepatu mbak.tambah ga boleh :")

      Delete
  11. Ya Mbak...memang katanya gak boleh dicabutin. Malah jadi cahaya penerang bagi kita, katanya. Saya juga udah mulai bermunculan. Tapi dijadiin pengingat aja, kalo memang udah tueek, harus makin inget sama akhirat...:))

    ReplyDelete
  12. aku udah ubanan sejak SMP... sekarang banyak banget donk... Tapi aku suka, jadi mirip orang Rusia wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. saya mulai beruban *berasatuabanget* dan ga kepikiran di cabutin karena ya proses alamiah menua hhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya kalau dicabutin gitu enyakk xD

      Delete
  14. Nah loh! Nenekku doyan banget dicabutin gitu lol. Kalau aku gak mau nyabutin, aku diomelin hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi inget pas masih kecil dibayar uang jajan buat nyabutin yak xD

      Delete
  15. suamiku udah ubanan, banyak. tapi aku beloooom hihihihi, padahal ya udah tua jg sih Cha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru ada uban ini mba :") *suit dulu tuaan sapa

      Delete
  16. Aku juga sudah mulai ubanan dan tambah tipis deh kayaknya nih rambut banyak rontoknya *aku sudah tambah tuaaaa :D
    anakku yg paling gede tuh SMP sudah ubanan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin genetik mbak. si papih ubane ake pada baru 30

      Delete
  17. ah baru tau ini, makasih ya secara uban tambah rimbun aja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya semir juga dilarang dalam islam mba?

      Delete
    2. asal warna bukan hitam dan tidak menutup rambut karena zat semir :)

      Delete
  18. Eh suamiku yang umurnya 25 aja udah ada ubannya mak sebiji dua biji. Hihiii.Selain karena banyak faktor mungkin jadi pengingat tentang umur juga ya Maaaak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :") cepet ya ternyata umur itu :")

      Delete
  19. Aku gemesan liat uban, trus aku cabut dong. Huahahaha.
    Pdhal ga boleh ya -_-

    ReplyDelete
  20. yang ubanan..yang ubanan.. kita mah apa atuh masih remaja masih bebas dari uban wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yaaa samalah aku juga masih remaja *eh

      Delete
  21. Mbak'eeeeee suwuuun sanget yo, aku malah baru tau loh ada hadist tentang uban yang nggak boleh dicabut ini.

    Uban mana uban *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah. masama mbak semoga bermanfaat ya

      Delete
  22. Xixixi, di rambut saya juga udah ada ubannya, Teh. Berasa banget kalo udah tua. :v

    ReplyDelete
  23. mamaku sudah beruban sejak belum nikah Mba Echa tapi alhamdulillah kami anak-anaknya gak ada yang seperti beliau. Suamiku pun demikian, sudah beruban semenjak kami belum nikah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama si papih genetik itu ubannya

      Delete
  24. Saya malah minta cariin uban mbak echa, pengen lihat satu aja. Tapi belum ada katanya yg nyariin hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masaaaakk sini aku yang nyariin :P

      Delete
  25. wess...saya juga punya uban hihihi ... rapopo, lucu aja ada uban 2 helai di samping, ubannya panjang lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin cantik kok mak..pengingat :)

      Delete
  26. Uban alias silver hair okeee kok cha.. Jadi dewasa kesannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya mbak kesannya seksi meureun yaak

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^