Siapa Teman Murni-mu Sebenarnya?


Siapa Teman Murni -mu Sebenarnya?. 9 bulan lalu saat saya tahu hamil lagi, yang pertama-tama dalam pikiran adalah "Kira-kira anak-anak saya nanti akur tidak ya?". Karena itulah, semenjak hamil saya banyak membaca dan bertanya pada yang lebih berpengalaman bagaimana cara supaya anak bisa saling menjaga satu sama lain. Iya, ini agar anak-anak kami nanti bisa akur dan saling menyayangi selamanya. Orang tua mana coba yang tidak mau?

Hal ini penting loh, mengingat saya sendiri sama kakak satu-satunya jarang komunikasi. Paling kalau lebaran ngobrol itupun sebatas sms atau whatsapp. Makanya, kadang saya iri kalau lihat ada teman yang sama saudaranya bisa akrab banget. Kenapa saya tidak ya?.

Dan keinginan plus tekad supaya anak-anak saling mencintai satu sama lain makin bertambah gara-gara baper nonton video Teman Murni. Sumpah baper abis :"). Duh Gustiiii, semoga anak-anakku bisa kayak mereka :").

Eh iya, sudah nonton belum videonya? Tadinya saya kurang tertarik, tapi pas lihat komen-komennya kok jadi pengen nonton full ya? Dan jedaaaar, ternyata beneran videonya bikin terharu*aku lemah kalau nonton kayak gini memang :"). 

Ini loh videonya bisa ditonton di 


Gara-gara nonton video ini saya jadi mengaca diri sendiri dan bertanya dalam hati, "Siapa teman murni saya sebenarnya?". 

Kalau dalam suka duka, saya punya Cucuth yang sudah menemani saya sejak 2004 waktu saya kuliah dikedokteran hewan. Dia kucing yang bukan sembarang kucing, karena bisa mengerti saya apa adanya. Bahkan sekarang menemani keluarga saya :"). Makasih ya Cuth! Berarti Cucuth termasuk teman murni saya dong ya?.

Cucuth dan saya 
12 tahun bersama selamanya

Hmmm....tapi kalau teman murni seperti divideo, apa iya kakak saya teman murni sebenarnya? Padahal saya dan kakak jarang sekali loh komunikasi :"(. Makanya, saya pribadi ingin anak-anak jadi teman murni selamanya seumur hidup mereka. Pokoknya jangan sampai lost contact seperti saya dan kakak deh :"(.

Dan perjuangan untuk mengajarkan hal ini pada Raffi Raffa pun dimulai. Dari semenjak Raffa ada didalam kandungan, saya selalu mengenalkan pada Raffi kalau ada seorang saudara bayi dalam perut. Caranya bisa dimulai dari mengajarkan Raffi untuk mengelus perut saya, menunjukkan Raffi USG bayi saat kontrol ke dokter, sampai memilihkan perlengkapan bayi untuk Raffa. Raffi-pun mulai paham dengan cara kami, paling tidak selama saya hamil Raffi tahu dia akan menjadi seorang kakak buat bayi dalam perut mamihnya. Begitupun Raffa, paling tidak sekarang dia nyaman berada dekat Raffi.

Selain itu, ada beberapa hal yang dianggap remeh padahal penting untuk diperhatikan. Yaitu dalam hal berbagi dan ini merupakan pengalaman terbanyak alasan kakak adik itu tidak akur. Jadi kami sengaja mempersiapkan segala sesuatu termasuk perabotan untuk masing-masing anak. Seperti kasur, baju, meja, mainan sampai bouncer pun kami siapkan dua. Ini agar anak tidak ada yang saling iri satu sama lain, soalnya masing-masing kan sudah punya^^. Aman dan bebas dari rebutan.



Dan yang paling terharu itu saat pertama kali Raffi ketemu Raffa. Raffi walau bingung, dia langsung mengenali Raffa sambil bilang, "My Baby". Cocwiit banget kan? Dan ternyata dugaan kami benar, Raffi sayang banget sama adiknya. Kalau ada yang orang mau lihat adiknya dia selalu bilang, "Pssttt, adik Raffa lagi bobok. Jangan ganggu!". Tidak sia-sia kami mempersiapkan Raffi dan Raffa jadi teman murni selamanya sejak dalam kandungan kan?. Semoga bisa saling menjaga satu sama lain ya, Nak! 

Untung nonton video itu, coba kalau tidak? Pasti kami menganggap membuat anak-anak jadi akur satu sama lain itu hal yang sepele. Padahal salah kan? Hubungan antara kakak adik saudara sekandung itu harus diajarkan sejak kecil :"). Semoga usaha kami berhasil membuat anak-anak saling mencintai sampai kapanpun. Wish us luck! Aamiin.


Raffi jagain ya adiknya dengan baik ya


Berkat video Teman Murni juga, saya jadi sempatkan kirim sms sama kakak cuma untuk bertanya kabar dan mendoakan semoga dia selalu baik-baik saja disana. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi #temanmurni kan?. Semoga semua membaik kedepannya :).

Btw, sudah nonton video tadi belum? Tonton dulu deh! Nanti habis nonton tanya hatimu "Siapa Teman Murni-mu sebenarnya?". Jangan lupa ceritain dikolom komentar, ya! Ditunggu sharingnya :*.

Jangan lupa tonton video #TemanMurni di

[Sponsored Post]

76 comments:

  1. Duh duo ganteng bakalan bikin ngiri deh nantinya. Si Kakak jagain si adek pas sama-sama jalan ke sekolah. Aarkkk..saya bayangin kayak gini ini, kayak di anime-anime gitu.

    Huhuhuhuhu semoga Duo Raff tetap saling menyayangi sampai kalian kakek-kakek yaaa :)

    ReplyDelete
  2. #TemanMurni ku ya kakak2ku. Sampe rela berantem sama orang yang nyakitin aku. Rela bantuin kalo aku lagi susah. Padahal kalo aku lagi seneng gak pernah bagi2 kakak2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihik aku g deket sih ama kakak hikz

      Delete
  3. Ahhh mewek nonton videonya huhuhuhu.. teman murni dan tulus itu emang susah ya dicari sekarang ini. Kalaupun sudah ada mending dijaga dengan baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul...susahnya nyari #temanmurni ya :")

      Delete
  4. Kadang-kadang kita juga susah menentukan siapa teman murni kita sebenarnya. Kalau saudara kandung sih sudah pasti, nah kalau dia orang lain? ayoooo.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooo kalau pak dian siapa teman murni nya

      Delete
  5. Haduh videonya bikin mata banjir niy Cha..
    Kalo saudara kandung sih pastinya,

    #TemanMurni saat ini adalah kaka olive, pengen segala sesuatunya selalu bareng menjalani hidup saat ini.

    ReplyDelete
  6. Raffi dan Raffa bakal jadi teman murni Mamih juga! Jagain dan belain Mamih dunia akhirat. Aamiin. So sweet, Cha.

    ReplyDelete
  7. akhh menyentuh.. brotherbonding... kalau udah besar saling menjaga dan menyayangi.. jadi mau punya baby lagi .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aminin biar babam punya adik \m/

      Delete
  8. dd irsyad kalo minta adek n ditanya mau adek cowo apa cewe, jawabnya pengen adek cowo. soalnya dia ngerasa punya sodara cowo itu seru :)

    moga kompak yaa buat raffi n raffa :*

    ReplyDelete
  9. Adik-adik saya jadi teman murni saya ...
    Suami saya juga.
    Daan ada beberapa sahabat.
    Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  10. terharu..teman murni ku ibu,ayah,abang,adik dan suami :)

    ReplyDelete
  11. Baper banget, aku gampang tersentuh orangnya. Cucuth so sweet yah hehehehe 12 taun, sehat terus ya Cuth. Raffi dan Raffa mereka pastinya akan jadi teman murni sejati. Semoga jadi anak sholeh dan berbakti. Aamiin. 😘

    ReplyDelete
  12. Teman murni yang luar biasa ya mba. Ah terharu banget bacanya mba

    ReplyDelete
  13. Sangat bagus penceritaanya. Terima Kasih atas sharingnya, buat kita terharu.

    ReplyDelete
  14. ya ampun..ternyata mba echa beneran imut tenan..*fokus liat foto hahhaaha...

    ReplyDelete
  15. echa sama cucuth udah satu kesatuan :D

    ReplyDelete
  16. So sweeeeet.. Teman Murniku juga saudara kandungku mba. Dulu saat kecil berantem mulu, tp udah gede kita kompak dan back up satu sama lain. Videonya emang bikin teary dan inspiratif yaa..

    ReplyDelete
  17. Jai ingat adikku. Kmai empat bersaudara, tapi paling dekat sama adikku karena usianya nggak terlalu jauh.

    ReplyDelete
  18. Terharu bacanya. Raffa dan Raffi makin cakep aja :)

    ReplyDelete
  19. Senang ya lihat anak2 rukun begitu. ^_^

    ReplyDelete
  20. Semoga Raffi Raffa akur selamanya ya.. saling sayang satu sama lain :) :*

    ReplyDelete
  21. Bentar lagi si kecil juga mau punya adek nih, semoga juga bisa rukun & damai.. :)

    ReplyDelete
  22. Wah, sama kayak Raffi dan Raffa, teman murniku kayaknya adikku deh. Meski udah nikah, punya anak, dan jauhan, kalo ada apa-apa, curhat nya pasti ke dia...

    ReplyDelete
  23. Waaah, seneng banget lihat Raffi dan Raffa akur banget, kalau dulu Fathan sayang banget sama Fakhira, pas Fakhira masih bayi, ealaah sekarang rebutan terus, hikss..piye, ya, mba?

    ReplyDelete
  24. aaaa mba Echa masa muda, aku baru liat lho.

    ReplyDelete
  25. Teman Murni aku ya keluarga aku mbaa. Hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keluarga emang tidak bohong deketnya ya

      Delete
  26. memang penting sekali mengajarkan kepada anak, untuk saling menyayangi satu sama lain

    ReplyDelete
  27. Aku termasuk kakak yg akur sekali dgn dua adik wanitaku cha. Kami dekat dan akrab satu sama lain... jd mrk teman murniku kayanya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakkk kereeeen semoga anak2ku jugaaa bisa akurrrrrr banget gt

      Delete
  28. Sedih banget videonya, huhuhu... Ingat aku kuliah dibiayai kakak-kakakku. Entah bagaimana cara membalasnya. Makasih sharingnya Mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman murni banget ya mba :") perjuangan kakak2 ke mba :")

      Delete
  29. Pas nonton di beranda, awalnya, belum terjadi apa-apa. Eee. makin ke sini makin terharu dan akhirnya jebol deh...
    Saat ini #temanmurni adalah pak suami, dengannya aku tak perlu jadi orang lain, tak perlu jaim, bebas menjadi diriku apa adanya...

    Begitulah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suamiku jg teman murniku mba...:")

      Delete
  30. Jadi inget kakak sama adikku nih mak :')
    Lucu ya cucuth punyanya yg manaaaa....bouncer cucuth hihi
    Ntar anakku jg kaya raffi raffa... Aku versi cewek2 nya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga anak2 kita do akur semuaaaa

      Delete
  31. Iku potone Raffi Raffa cubanget deh...imyutttt....

    ReplyDelete
  32. malah fokus liatin foto raffa, raffi, dan cucuth, hihihi..

    ReplyDelete
  33. Lihat foto-foto di postingan ini bawaannya kok jadi pengen ketemu langsung sama Cucuth ya :( Lama ga lihat Cucuth eksis euy :(

    Setuju bangetlah klo teman murninya mbak Echa ya si Cucuth ini hihihihi..

    ReplyDelete
  34. bener bangeeet cha...saudara kandung bisa jadi teman murni selamanya..semoga anak-anak kita akur selalu yaaaa cha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba aamiin semoga akur saling jaga dan cinta sampai dewasa menikah dst :")

      Delete
  35. Kyaaaa Cucuth lucu bangeeeet! Umurnya beda 2 tahun ya dari kucing-kucingku. xD

    ReplyDelete
  36. Mba cucuthnya mirip banget sama kucingku yang hilang duluuu, si mimin namanya.

    Tapi seneng banget ya mba 12 tahun sama kucingnya. Saya juga punya kucing yang setia dan imut, tapi sayang paling lama 2 tahunan habis itu biasanya kalo ngga hilang dia mati. Hiks. T_T Padahal cita-cita saya dulu bisa bawa dia sampe berumah tangga nanti. Apa daya belum kesampaian.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^