Cara Menjaga Hewan Peliharaan Tetap Nyaman dan Aman Ketika Cuaca Panas


Tidak seperti manusia, hewan tidak memiliki kemampuan untuk mendinginkan badannya selayaknya manusia. Contohnya anjing menggunakan saluran pernafasannya untuk menghilangkan panas karena sulit mengeluarkan keringat. Makanya, kucing dan anjing terengah-engah ketika merasa panas. 

Tapi kalau hawa terlalu panas terperangkap dalam tubuh mereka, mereka dapat mengalami hipertermia – yang terjadi ketika suhu bagian utama tubuh mereka naik terlalu tinggi. Dan ini bisa membahayakan loh.

Perlu kita tahu kalau suhu normal tubuh anjing dan kucing lebih tinggi daripada manusia, antara 37 hingga 39 derajat celcius. Berbagai kegiatan yang dilakukan hewan dapat meningkatkan suhu tubuh mereka. Saat suhu mereka mencapai 41 derajat celcius, serangan panas dapat terjadi dan mengakibatkan banyak masalah, termasuk kematian.

Jadi apa yang harus dilakukan agar hewan peliharaan tetap nyaman dan aman ketika cuaca panas?

1. Melindungi Kulit Hewan Peliharaan

Walau tidak diketahui secara luas, kanker kulit adalah hal yang umum terjadi pada anjing dan kucing. Bulu mereka memang melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, tapi bolehlah kita mengoleskan sunblock khusus hewan pada kulit yang tidak sepenuhnya tertutup bulu, seperti bagian perut dan kuping, setiap 3 hingga 4 jam. Itu untuk hewan yang memang diluar rumah lohh ya.

Jangan menggunting bulu mereka di musim panas, karena akan membuat hewan merasa kepanasan. Cukup sisir bulu dan pastikan bulu mereka tidak kusut, sehingga sirkulasi udara masuk dalam tubuh dan membantu menghilangkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Bila kulit hewan peliharaan terbakar, beri aloe vera tipis-tipis pada area yang terbakar dua kali sehari.

2. Menjaga Peliharaanmu Tetap Dingin

Pastikan rutinitas jalan-jalan dengan anjingmu tidak dilakukan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Hindari waktu-waktu ketika suhu udara dan juga tingkat kelembaban tinggi. Ingat bahwa anjing sejenis bulldog yang memiliki moncong pendek tidak dapat bernafas dengan baik pada cuaca dengan tingkat kelembaban tinggi karena tenggorokan dan lubang hidung mereka yang sempit. 

Ketika sedang dalam perjalanan dengan perliharaanmu, jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil. Meskipun kita membiarkan jendela mobil tetap terbuka, suhu di dalam mobil dapat meningkat 7 derajat hanya dalam beberapa menit. Jika kita mau meninggalkan mereka di dalam mobil, nyalakan pendingin mobil supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada hewan kesayangan Anda.

Pastikan ketika kita meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, misalnya untuk bekerja, rumah dalam keadaan sejuk. Nyalakan AC atau kipas angin. Pastikan AC Anda selalu dingin dengan melakukan service AC secara rutin. AC yang terawat juga akan menghemat pengeluaran tagihan listrik Anda, waktu yang ideal untuk service AC adalah tiga bulan sekali. Ingat! Bila kita merasa suhu terlalu panas, berarti hewan kesayangan kita pun merasakan hal yang sama. 

3. Perhatikan Kelelahan yang Terjadi Karena Rasa Panas

Ketika kepanasan yang berlebihan menyerang, perhatikan sinyal yang diberikan peliharaanmu. Air liur yang kental, gusi mengering dan merah terang, nafas yang berat dan terengah-engah, kaki bengkak, diare, bahkan muntah-muntah. Jangan merendam peliharaanmu di air dingin! Hal itu akan membuat tubuh mereka mengalami syok. Pindahkan mereka ke tempat yang sejuk dan letakan handuk yang sudah dibasahkan pada tubuh mereka. Pastikan untuk membasahkan handuk sesering mungkin dan membawa hewan peliharaanmu ke dokter hewan secepatnya. 

4. Melindungi Hewan Saat di Luar Ruangan

Cari area yang sejuk dan terlindung sinar matahari ketika sedang membawa anjing kita bermain atau berjalan-jalan. Bahkan ketika kita membawa hewan untuk berolahraga dengan intens, kita harus ingat untuk beristirahat sejenak setiap 15 menit sekali. Hewan peliharaan yang fisiknya tidak terlalu fit membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dan lama untuk menghilangkan suhu dan kelembaban tubuhnya.

Kalau kucing sih, saya selalu kasih waktu Cucuth untuk keluar rumah tapi cuma sebentar. Habis itu saya panggil-panggik biar cepat pulang kerumah :v. Kasihan aki-aki kalau lama-lama diluar rumah*LOL.

Don't shop, please adopt. Jangan lupa sayangi hewan ciptaan Tuhan ya. Salam paws!

[Sponsored Post]

2 comments:

  1. mbak, tips buat melihara kucing dong... buat newbe nih kak, supaya kucing nurut dan bersih.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^