4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Tips Membawa Anak Naik Pesawat


Tips Membawa Anak Naik Pesawat. Kalau kemarin saya cerita tentang membawa bayi saat mudik naik pesawat.  Sekarang saya mau ngasih tips membawa anak naik pesawat. Bagaimanapun, dua-duanya saya alami. Lebih gampang bawa bayi atau bawa toddler? Well....menurut saya gampangan bayi :D. Kalau sudah anak-anak, dia sudah bisa ngomong bosan yang akhirnya bisa cranky. 



Duh, jangan sampai deh -___-. Perjalanan masih jauh ealah anak sudah bete gak ketulungan. Kalau keadaannya kayak gini pasti kita sebagai orang tua juga bete kan -__-. Padahal ya sama-sama capek :"). Makanya setelah beberapa kali saya pergi sama Raffi naik pesawat, paling tidak ada beberapa tips yang bisa dibagi untuk yang membutuhkan :*.

Sebenarmya, bawa anak naik pesawat itu tergantung anaknya juga seh. Ada anak yang pengen banget naik pesawat, happy gitu kalau mau terbang. Tapi juga ada anak yang takut saat naik pesawat lohhh. Untungnya, si Raffi naik pesawat aman-aman saja xD.

Barang yang wajib saya bawa itu gendongan dan stroller. Walau sudah jarang digendong, ada kalanya anak tetap butuh pelukan kita. Jadi bawa gendongan yang toddler biar sewaktu-waktu dibutuhkan. Kalau stroller, saya harus bawa jaga-jaga ngantuk atau capek jalan. Strollernya juga cari yang bisa masuk kabin ya ^^.

 

Btw, ini tips dari saya saat membawa anak naik pesawat. Semoga berguna ya ^^.

1. Beri afirmasi positif pada anak 
Ceritakan kalau kita mau naik pesawat, nanti lihat awan dll. Biasanya anak jadi penasaran dan tidak sabar untuk naik pesawat. Kalau saya, bapaknya yang suka cerita lebih dulu nanti mau ngapain. Jadi si Papih sudah cerita, nanti naik mobil terus naik pesawat jalan-jalan ada di atas awan bla bla bla. Raffi gimana? Excited! Banget!

Atau bisa dinyanyiin lagu Penerbang-nya AT Mahmud. Ini lagu kece banget bikin Raffi tiba-tiba berubah cita-citanya dari mau jadi superman jadi pilot*LOL.

Kalau aku besar ku jadi penerbang
Bawa kapal terbang dan melayang-layang
Keluar masuk awan melintasi bintang
Alangkah senangnya ku jadi penerbang
 

2. Bawa perlengkapan untuk anak yang masuk kabin (baca : tas)

Saya membawakannya tas toddler yang dia bawa sendiri kemana-mana. Isi tasnya ada mainan, minuman, cemilan, barang yang dia sukai dan baju ganti. Jadi kita ajari untuk anak tetap tanggung jawab terhadap barang bawaannya. Anak pasti bakal bosen saat menunggu #serius, dan barang-barangnyalah yang bikin dia nyaman ^^.


3. Beri pengetahuan tentang bandara dan pesawat

Seperti saat datang harus tepat waktu, check in counter, masukin barang lewat pemeriksaan, masuk harus tertib dan lain sebagainya. Oh iya, memberi tahu anak kalau harga di bandara jauh lebih mahal juga tidak ada salahnya. Biar anak belajar mengerti keadaan orang tuanya, gak sembarangan lapar mata minta jajan #pfffftttt

Di atas pesawat juga begitu, ajari anak untuk memakai sabuk pengaman, tidak menurunkan meja dan tidak menutup penutup jendela. Biar anak eksplorasi sambil baca-baca buku cara penyelamatan di pesawat plus memperhatikan pramugari yang menjelaskan sebelum pesawat berangkat. 

Oh iya, buat yang anaknya dikasih gadget jangan lupa untuk diajari matiin handphonenya saat di pesawat ya ^^. Kan demi keamanan juga ^^.
















Untuk membunuh rasa bosan, mainan atau buku kesukaan Raffi selalu saya bawa.
Jaga-jaga :D.

4. Selalu awasi anak jangan kasih lengah

Bandara adalah salah satu tempat yang padat dan sibuk, apalagi peak season karena lebaran, tahun baru atau liburan panjang. Jangan sampai anak itu terlepas dari pandangan ya di tengah banyak orang seperti itu.

5. Cukupi dengan makanan dan minuman bergizi

Saya biasanya nyetok roti, susu, nugget, kentang atau cemilan lainnya selama perjalanan naik pesawat. Karena buat makan anak, cuma jangan sampai kekenyangan. Nanti yang ada bolak-balik kamar mandi kan gak enak juga :D.

Simpel kan tips membawa anak naik pesawat? Btw, tonton video tips saya ini yuk! Ini cerita pengalaman saya naik pesawat bawa anak kecil ^^.


Kalau masih pada bingung dan butuh banyak info tentang pesawat penerbangan boleh loh gabung jadi Sahabat Aviasi yang biasa dikenal dengan #SobatAviasi. Ini adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan khusus buat kita-kita yang peduli atau pengen tahu tentang keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan.

Mau tahu tentang #SobatAviasi ? Cek di :



Sudah siap pergi naik pesawat bawa anak? Anak happy, orang tua senang dan perjalanan lancar. Bisa! Selamat pergi jalan-jalan :*.

13 comments:

  1. Iya ya, anak kicik itu gampang bosenan. Kalo kata orang Jawa pinter2 emaknya diseliwerin hihihi. Mudik ke mana mbak Cha tahun ini?

    ReplyDelete
  2. duh ini tips nya penting banget... dari dulu ngebayangin gimana ribetnya naik pesawat sama anak, soalnya belum pernah... bayangin di kereta atau angkot aja suka ada anak yang rewel ya kan ~

    ReplyDelete
  3. Harus ditanya anak2 mau apa kalau nanti di pesawat hehehe.. yg pasti Bo et Obi selalu bawa alat gambar, buku dan mainan kesayangan mereka

    ReplyDelete
  4. Meski belum pernah bepergian naik pesawat dg anak-anak tapi penting juga untuk tahu info ini. Siapa tahu nanti ada rezeki bisa ajak anak2, traveling dg pesawat

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya makCha, ayuk kapan main ke Jogja ^_^

    ReplyDelete
  6. Pasti mempersiapkan sebaik mungkin nih, apalagi anak anak kadang moodnya bisa berubah drastis. Mesti persiapan matang ya mom... selamat mudik!

    ReplyDelete
  7. Untung anak-anak udah gede neh, jadi udah nggak repot lagi, hehehe

    ReplyDelete
  8. Nice tips mbak. Saya juga selalu bawa mainan ama buku bacaan kalo mudik ama bocah, biar mereka gak bete.. :)

    ReplyDelete
  9. Anak-anakku blom pernah naik pesawat. Noted banget deh buat jadi perhatian nanti saat ada kesempatan naik pesawat.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah dooong, udah digarbarata, eeeeh si anak kicikku tiba2 tanya, "Mah, kalau pesawatnya jatuh gimana?" Hwaaaa aku jadi stress, baca2 doa sepanjang jalan, eh sepanjang udara.

    ReplyDelete
  11. Tipsnya berguna buat yg belum pernah terbang bareng anak, kayak saya ini hehehehe meskipun anak saya excited banget dengan yg namanya pesawat, tetap ada beberapa poin yg harus diperhatikan ya biar si anak nyaman dan ga cranky di pesawat :D

    ReplyDelete
  12. Bawa tas sendiri itu bener banget. Si anak bakal senang luar biasa kalau dikasih tanggung jawab bawa tas gitu. Walaupun isinya satu dua biji mainan atau snacknya sendiri hihihi

    ReplyDelete
  13. Duh...anak-anakku durung nate naik pesawat. Wkwkwk...semoga as soon as possible. Mudik naik sepur mulu.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^