4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Resep MPASI Nugget Tempe



Resep MPASI Nugget Tempe. Saya pecinta tempe. Mau di goreng, bacem, goreng sambel atau diapain saja pasti suka. Makan pake tempe itu nikmat buat saya. Cukup nasi hangat, tempe dan sambal kecap udah mewah banget rasanya. Serius!. Makanya, biar anak saya suka tempe tidak jarang saya juga pakai tempe untuk makan sehari-hari mereka. Begitupun juga saat masa MPASI, saya sering memakai tempe untuk menunya hehehe.




Kali ini saya mau sharing resep nugget tempe untuk mpasi. Bikin nugget tempe sendiri itu memang enak dan murah menurut saya hehehe apalagi bonusnya anak suka. Bisa disimpan sampai 3 hari (tapi biasanya setengah papan tempe 2 hari sudah habis :D). Selain itu, bikin nugget ini bisa masukin beberapa macam sayuran, jadi anak tetap konsumsi sayur bentuk lain.

Resep lain : 

 Tempeeeee


Mpasi nugget tempe ini cocok untuk anak usia 8 bulan keatas. Karena saya sendiri, mulai mengenalkan gorengan seperti perkedel, pom-pom keju dan nugget tempe di usia 8 bulan. Dimana dia mulai belajar megang dan makan sendiri.

Saya bikinnya bareng si kakak Raffi. Karena Raffi memang diusianya sangat tertarik kegiatan di sekitar dapur dan rumah tangga, seperti mengepel, membersihkan tempat tidur, menyapu dll. Kalau saya atau bapaknya di dapur, dia pasti langsung ikut bantuin. Yah, lumayanlah dari pada puyeng lihat dia lari-lari ke sana sini :v. Bisa mengatasi kaki pecah pecah juga kan karena lari-lari geje kena trotoar, ngilanginnya kan susah kalau dah jatuh atau tergores --". Mending bantuin emaknya sok sibuk didapur dah :v. 

 
 Si kakak yang suka sama kegiatan dapur :*


Bahan yang diperlukan :
1. Setengah papan tempe dipotong-potong dadu. Kalau di kang sayur komplek harganya 3ribu rupiah sajooo
2. Telur 2 buah
3. Keju parut sesuai selera
4. Sayuran : wortel, kentang, daun bawang, bawang putih, bawang merah. Bisa juga tambah bayam. Semua dicincang atau diparut.
5. Ayam parut. Ini saya ambil dari ayam yang saya rebus dan diambil kaldunya buat stok mpasi :D. Bisa juga diganti kornet yang penting daginglah ya.
6. Tepung terigu secukupnya
7. Tepung panir atau tepung roti


Cara membuat :
1. Rebus atau kukus sih lebih enak tempe yang dipotong-potong. Cuma karena kukusan saya pakai baby food maker gitu kurang besar jadi direbus biasa aja di panci. Kira-kira 20 menit lalu tiriskan.



 
2. Haluskan pakai blender atau food maker (saya pakai philips).


3. Masukkan semua bahan sayuran, ayam dan keju. Haluskan kembali.





4. Setelah halus, masukkan sebutir telur dan tepung terigu. Haluskan kembali.
5. Masukkan dalam wadah dan kukus lebih kurang 20 menit. Saya ngukusnya pakai baby food maker biar cepet.



6. Setelah dikukus, dinginkan sebentar. Kemudian potong-potong atau bentuk sesuai selera. Enaknya dikukus dan dingin ini, adonan jadi mudah dibentuk walau cuma dipotong doangan :D. Masukkan saja ke kulkas sebentar ^^, jadi deh dingin hehehe.


7. Kocok telur rata dan taruh dimangkuk. Tepung panir atau roti juga ditaruh piring/mangkuk. Masukkan potongan nugget tempe kedalam kocokan telur lalu gulingkan di tepung panir atau roti. Ulangi sampai potongan nugget tempe habis semua.


8. Simpan dalam tempat tertutup di dalam freezer ^^. Biasanya saya kalau homemade gini gak berani lama, tapi ya biasanya habis duluan barang 2-3 hari :v. Kalau mau digoreng, taruh di kulkas bawah dulu setengah jam biar lunak gitu


9. Goreng dengan minyak yang banyak sampai coklat keemasan.
10. Nugget tempe siap dinikmati.


Walau ini resep mpasi, nugget tempe homemade ini juga bisa dikonsumsi anak dan dewasa kok. Tinggal tambah garam, gula, lada sesuai selera saja. Tapi untuk mpasi nugget tempe ini juga enak ^^ menurut saya. Karena ada keju sebagai pengganti asinnya ^^. Saya sendiri yang makan (dan sekeluarga juga) enak-enak saja seh makannya. Apalagi hangat-hangat, cocol saos sambal lezaaaaaattt hehehe.

Btw, saya bikin video bikin resepnya sebenarnya :D. Biar lebih jelas step by step-nya. Monggo di view, jangan lupa like dan subscribe ya :D.


Silahkan mencoba resep mpasi nugget tempe ini. Semoga suka dan selamat memasak dengan penuh cinta :*.

7 comments:

  1. Kalau pakai mayonaise juga kayanya enak tuh. :D Ntar bikin ah

    ReplyDelete
  2. Wah bisa nih dicoba buat mpasi anak saya nanti

    ReplyDelete
  3. Waaaa,boleh juga nih.biar nggak bosen

    ReplyDelete
  4. Waah enak, buat lauk atau dicemilin gitu aja, yummy!

    ReplyDelete
  5. Pasti enaaak.. aku juga sukaaa hehehe..

    ReplyDelete
  6. Cuss mau aku coba resep nya..... Belom pernah juga bikinin rayyan begini an hehehe thank mba cha

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^