Tips Mengelola THR ala Keluarga Surya


"Bu, THR itu kayak makanan ya? Harus dihabisin?"
"Pinter anak Ibu"


Percakapan diatas ini ada di dalam video web series di youtube Sunlife Financial yang saya lihat pas mau berbuka waktu itu. Langsung ngakak lah. Anjir!! Ini mirip banget sama celoteh anak saya atau anak kita rata-rata kan kalau orang tuanya lagi dapat rejeki THR.


Baca juga :

Tapi memang iya sih, selain tentang trendingnya menu buka puasa, lagunya Sabyan Gambus dan tarawih di bulan Ramadan, THR (Tunjangan Hari Raya) juga ramai dibicarakan di internet plus grup WA. Ada yang sudah keluar, ada juga yang belum keluar (kayak suami saya) dan ada juga yang gak dapat THR malah kayak saya. Wkwkwkw. Cryyyyy.
Ah, iya suami kan bakal dapet tapi (nyenengin diri sendiri). 

Tapi, sudah tahu belum sih kita mau ngapain kalau sudah dapat THR? Kemarin iseng-iseng bikin polling di instastories kalau udah dapat THR mau diapakan, dihabisin atau ditabung. Jawaban terbanyak tentu bilang ditabung sekitar 75% yang jawab. 

Hmmm, tapi yakin mau ditabung? 

Saya termasuk yang niat memang untuk nabung. Tapi pas kemarin iseng mencatat keperluan lebaran.........................kok jadi ciut rasanya ya buat ditabung. Cry cry lagi. 

Mungkin keperluan lebaran kita tidak jauh berbeda ya kali. Secara kan beda-beda tipis dan tahun ini kami pulang kampung karena memang sudah lama sekali tidak pulang ke rumah. 5 tahun cuyyyy gak mudik kalau lebaran, tapi di luar lebaran sih kami pulang. Cuma momennya kan beda kalau lebaran, ya nggak? Kasihan juga bapake gak pernah pulang Lebaran :").



Kalau THR kan kita dapatnya gaji pokok, sedangkan buat sehari-hari ya gaji yang biasa keluar dari kantor itu buat bulanan. Dan itu sudah ada pos-pos tertentu yang tidak bisa diganggu gugat. Jadi gak mungkin kalau kudu motek dari gaji pokok buat lebaran. Satu-satunya harapan kita buat merayakan lebaran dan belanja keperluan Idul Fitri itu yaaaaa dari THR

Makanya tadi saya bilang, yakin THR ditabung? Kalau lihat list lebaran ala saya sih, kok kayaknya ga mungkin ya mau lebaran. THRnya dah habis gegara list yang saya bikin itu. Secara THR kan juga sekali gaji aja (ada beberapa perusahaan yang 2 x). Cry cry cry lagi.

Oh iya, jangan lupa lebaran ini kan barengan sama uang anak masuk sekolah. Jadi harus pol-polan bisa mengatur keuangan biar semua bahagia kan? Bingung gak sih? 

Baca juga : 



Gimana ya enaknya?

Pas lihat video youtube web series Sunlife Financial ini kok saya ngerasa mirip ya. Jadi ini cerita tentang #KeluargaSurya. Bukan bukan Surya saya (nama asli), tapi ini adalah sitkom yang dibikin Sunlife biar kita lebih pintar merencanakan keuangan. 

Sebenarnya total ada 7 sitkom yang dibuat Keluarga Surya ini. Dan tanggal 24 Mei 2018 kemarin, episode pertama tentang THR : Habisin atau Tabungin sudah launching di youtube Sunlife Financial. 

Mau tahu ceritanya kayak gimana episode 1? Cuss langsung lihat ini ya :


Gimana-gimana? Kocak kan? Tapi, pasti gak mau dong lebarannya "ngirit" kayak keluarga Surya? Masak hari gini ngasih goceng ke saweran amplop lebaran bocah. Kayak saya dong minimal 10ribu kali ya *beda tipis xD. 

Nah biar kita tepat dan bener-bener ngatur keuangan THR biar gak melarat pas lebaran nanti, boleh banget dong belajar lewat sitkon Keluarga Surya ini. Gak mau dong pakai baju lebaran bagus, tapi duitnya dah habis. Sedangkan gajian masih lama? Ya kan ya kan?

Kalau saya lihat sih, keluarga Surya ini beti-beti sama keluarga saya. Secara istrinya jadi blogger gitu loh hihihi dan uang THR pure dari kantor suami. Anaknya dua, trus kalau dapat THR udah kalap duluan :v. Padahal list yang harus dibeli  masih panjang, tapi duit tak sampai :v.

Terus tipsnya kita kudu gimana? Tenang-tenang, sitkom ini bakal launching full nanti di tanggal 31 Mei 2018. Kita tinggal tunggu versi perencanaan keuangannya kayak gimana biar pada ga salah saat nerima lebaran. Jawabnya ada di ujung langit, eh salah jawabnya ada di sitkom lanjutan Keluarga Surya ini.  Catet ya, tanggal 31 Mei 2018 ya tentunya di youtube Sunlife Financial. 

Biar kita gak galau lagi kudu gimana saat nerima THR meskipun duitnya pas-pasan. Demi lebaran jadi lebih syahdu dan fitri. Penasaran kan bagaimana kelanjutan Keluarga Surya ini?

Jangan lupa nanti tanggal 31 Mei 2018 juga bakalan ada kuisnya loh seputar keluarga Surya di sosial media Sunlife Financial. Hadiahnya banyakkkk loh. Lumayan juga kan buat nambah-nambah THR Lebaran keluarga kita. Yang penting halal mah kan ya! Jangan lupa ya tungguin #KeluargaSurya agar lebaran #lebihbaiksekarang.

Selamat menonton

Info lebih lanjut tentang Keluarga Surya
Sunlife Financial, kunjungi
IG @sunlife_id

12 comments:

  1. memang harus pintar-pintar yaaa Cha..jangan langsung diabisin semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya emang gitu mama bo tapi pas itung kok keder sendiri xD

      Delete
  2. Jadi pingin cepat-cepat lebaran ni...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAI aku tar dulu kalau ada thr xD

      Delete
  3. Hihi iyaaa Echa juga Surya yaa, Suria...Lebaran mudik Jatim, Cha?

    ReplyDelete
  4. makin dibikin list makin bingung sendiri,, hahaha

    ReplyDelete
  5. Waktu belom punya anak aku gak peduli biaya THR wes abis gak bersisa. Tapi sekarang mikir lagu kalau mau beli beli hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli terus ya pengennya tapi duite ga ada huhu

      Delete
  6. lucu sitkomnya, tapi kena banget. Blogger pulak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya merasa terwakilkan 😂😂😂

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^