Cara Memijat Bayi dengan Sentuhan Cinta

Cara Memijat Bayi dengan Sentuhan Cinta

Saya sangat senang memijat anak-anak saya sampai sekarang. Saking sudah biasanya, Raffi dan Raffa sehabis mandi langsung posisi tengkurap agar saya mau memijat mereka sebelum menggunakan pakaian. 


Tapi mellow juga sih kalau mijet sekarang, anak-anak yang dulu bayi sekarang sudah pada gede. Dulu kakinya masih mungil, sekarang sudah panjang bahkan kakinya bisa dipake buat injekin punggung saya. Memang ya, masa anak-anak itu sebentar dan cepat banget :").

Jadi ingat kemarin tanggal 5 Juni 2018, saya datang ke acara #TUMBloggersMeetUp Sentuhan Cinta kerjasama The Urban Mama dan Johnsons Baby di Gudang Yoga, Kemang, Jakarta. Arah ke daerah Kemang saat sore hari memang luar biasa ya macetnya. Abang Gojeknya sampai minta maaf karena lama di perjalanan apalagi kan lagi puasa. Waktu si babang gojeknya bilang gitu saya senyum saja, secara lagi gak puasa :v. 

Mari tinggalkan babang Gojek, kita kembali ke acara yang membahas "Pentingnya Pijat pada Bayi" yang saya datangi ini. Sejak lama, salah satu produk bayi yang saya pakai itu adalah produk dari Johnsons Baby. Termasuk digunakan untuk pijat buat anak-anak saya. 

sentuhan cinta johnsons baby
Beberapa varian produk Johnson Baby

Saat masuk ke ruangan acara, di depan ada pameran foto ibu yang sedang memeluk dan memijat anaknya. Tadinya saya pikir bakalan ada foto saya juga di salah satu yang dipajang #eaaa, tapi ternyata tidak ada. Setelah saya amati, ternyata itu foto-foto para ibu dan bayi yang telah mengikuti program Sentuhan Cinta. 

Baca juga :

sentuhan cinta johnsons baby

Kenapa dinamakan Sentuhan Cinta? Yang pasti, yang saya tangkap setiap orang tua pasti mencintai anaknya. Dan pasti akan melakukan segalanya untuk sang anak. Semua itu dilakukan dengan penuh cinta. Seperti masa menggendong, menyusui, atau bahkan memijat anak juga dilakukan dengan penuh cinta.

Semua karena cinta 
Semua karena cinta
Tak mampu diriku dapat berdiri tegar
Terima kasih cinta

sentuhan cinta johnsons baby

Lah malah nyanyi! Tapi beneran kok, semua itu dilakukan dengan cinta orang tua pada anak. Tapi sudah tahu belum kalau Indonesia ini sangat produktif dalam menambah jumlah penduduk. Sayangnya, hal ini juga bersamaan juga dengan tingginya angka kematian bayi. Padahal kesehatan dan generasi bangsa Indonesia sendiri nantinya itu ditentukan dengan bagaimana anak-anak (bayi) kita sekarang. 

Dan tahu tidak kalau 70ribu bayi di Indonesia tidak bertahan melewati 28 hari pertama dalam setiap tahunnya. Huhuhu. Kita bisa coba melihat sebentar ke daerah yang punya angka kematian bayi tinggi, yaitu di daerah Maluku, Sumba dan Sumatera Utara. Disana masih banyak Ibu yang perlu edukasi dalam merawat bayi. Nah, karena alasan inilah akhirnya tercipta kampanye Sentuhan Cinta kerjasama Johnsons dengan Save The Children Indonesia (Partnernya Yayasan Sayangi Tunas Cilik). Ini adalah salah wujud cinta dari Johnsons Baby melalui campaign Kesehatan Ibu dan Anak dengan tujuan mengedukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi pada para Ibu di Indonesia. Kece yaa kampanyenya.

Cara ikutan program ini cukup mudah. Kita tinggal beli produk Johnsons Baby minimal Rp. 25.000,- di Alfamart atau Johnsons Baby Care  Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini otomatis akan menyumbang Rp. 500,- untuk program Sentuhan Cinta.

Hal ini juga diperjelas dengan Ibu Wine Lukman selaku brand Manager Johnsons Baby. Program Sentuhan Cinta ini adalah salah satu wujud kecil dan nyata cinta Johnsons Baby untuk Indonesia. Ibu Wine sendiri menggunakan Johnsons Baby untuk anak-anaknya dan dia sangat menyadari bahwa bonding Ibu Anak itu sangatlah penting, salah satunya saat memijat bayi.

sentuhan cinta johnsons baby

Hadir juga dr Matahari Arumdini yang membawakan pencerahan dengan materi tentang stimulasi bayi. Sejak bayi baru lahir atau bahkan dalam kandungan, 1000 HPK anak itu membutuhkan asupan nutrisi dan tentunya stimulasi untuk tumbuh kembangnya. 

Seperti saat memijat bayi, kita bisa menstimulasi dengan banyak sentuhan cinta. Mulai dari mengajaknya tertawa, membunyikan suara, menatap mata bayi bahkan juga saat  anak merasakan kenyamanan saat dipijat. Stimulasi baik yang dilakukan kontinyu akan membuat tumbuh kembang anak bagus, bahkan akan diingat sampai dewasa nanti. Seperti anak saya yang selalu mengingat kebiasaan rutin minta pijat setelah mandi hehehe.

sentuhan cinta johnsons baby

Nah, sekarang mari kita belajar pijat bayi yang baik dan benar yuk! Sebenarnya saya sudah lama ingin ikutan sertifikasi pijat ini, cuma nanti deh kalau sudah lulus peer babywearing dan konselor laktasi. Soon. Tapi memang memijat bayi itu bukan cuma usap-usap saja loh. Kita juga tidak boleh melakukan tekanan terlalu kencang agar tidak membuat bayi kesakitan. Pokoknya lakukan pijatan bayi dengan sentuhan cinta ya!


Yang pertama dilakukan sebelum pijat bayi : CUCI TANGAN HINGGA BERSIH. Iyap, ini wajib banget, tidak mau kan kalau kulit anak kita kena minyak bekas makan gorengan :v. 

Kapan waktu tepat untuk pijat? Bisa dilakukan setiap hari dalam suasana yang nyaman. Jangan dilakukan habis makan dan jangan memijat bayi dengan paksa ya. Itu yang ada malah bakal bikin bayi jadi gak enak badan :v.

pijat bayi sentuhan cinta johnsons baby

Ada 6 rangkaian teknik stimulasi pijat bayi dan batita. Ini dia urutannya ya :


1. Pijatan wajah
2. Pijatan dada 
3. Pijatan Perut

Nah ini, yang paling banyak familiar digunakan ibu-ibu kalau bayi lagi kembung. Bisa pakai teknik pijatan perut yang tepat. Mulai mengayuh, bulan matahari, i love you (ini pasti dah pada paham), walking fingers dan relaksasi. Ternyata gerakan ini juga bisa dilakukan setiap hari loh ^^.


cara pijat perut bayi

4. Pijatan tangan
5. Pijatan kaki
6. Pijatan punggung : pijatan maju mundur, pijatan meluncur, mengayuhm pojatan melingkar dan menggaruk.

Jangan bingung lagi ya kalau diminta pijat bayi karena cukup kita pelajari dan dilakukan dengan rutin pasti bisa. Selain membuat badan bayi enak juga bisa bikin bonding ibu dan anak dekat dengan hanya memijat.

Jangan lupa pakai baby oil Johnsons Baby untuk memijat. Beli produk minimal 25 ribu di Alfamart atau Tokopedia, kalian sudah menyumbangkan Rp 500,- untuk membantu kelangsungan hidup bayi di Indonesia.

Pijat bayi setiap hari? Tidak masalah dong ya!

sentuhan cinta johnsons baby

informasi lebih lanjut tentang Johnsons Baby
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

6 comments:

  1. banyak juga kegiatan bunda - bunda blogger ini ternyata.. :)

    ReplyDelete
  2. Iya ya anak jadi lebih tenang dan nyenyak tidurnya kalau sudah dipijat.

    ReplyDelete
  3. Mba Echa keren ihh, babywearing iya, laktasi iya, pijat pun iya 😍 ku amin ngefans hehe aku juga baru tau soal pijat mrmijat ini saat acara kemarin

    ReplyDelete
  4. Sejak punya anak pertama sampai sekarang saya suka memijat anak-anak setelah habis mandi, yang kakaknya dulu sayangnya gak terlalu intens karena dulu masih kerja.

    Yang adiknya sejak lahir sampai usia 8 bulanan ini selalu saya pijat.
    Makanya gak pernah ke tukang pijat, meskipun emaknya belajar mijat dari Jhonsons baby hehehe..

    ReplyDelete
  5. Ketika orang tua memijat bayinya, bayi akan terstimulasi untuk menggerakkan kaki tangannya. Ini merangsang kaki tangannya untuk cenderung lebih banyak begerak, sehingga kemampuan motorik kasarnya bertambah. Akibatnya, ia jadi mudah berpindah tempat, sehingga kecerdasan otaknya meningkat. Maka otaknya menjadi semakin terlatih mengenali benda asing, termasuk kuman penyebab infeksi dan ia mampu menolaknya. Pendek kata, bahwa pijat bayi itu mencegah kematian bayi akibat infeksi, itu memang benar.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^