Program Sehat 3 2 1

Sehat itu bahagia, Echa




Betul tidak? Menurutku, kunci pertama kebahagiaan seseorang itu adalah sehat. Karena kalau kondisi badan itu tidak sehat, bagaimanapun indahnya dunia tetap tidak akan bisa dinikmati.

Tidak perlu jauh-jauh... Saya sendiri mengalaminya soalnya. Dulu, saat sakit kanker dan harus menjalani kemoterapi, saya merasa kosong hidup. Saya ingin melakukan banyak hal, tapi sayang kondisi badan sangat terbatas. Saya harus tahu diri saat teman-teman bisa mengikuti banyak kegiatan, sedangkan saya cuma bisa mendengar keseruan ceritanya ditempat tidur.

Percayalah, hal itu sangat-sangat tidak enak. Semenjak itu, saya bertekad untuk hidup sehat agar hidup terasa lebih hidup. Pelan-pelan saya melakukan beberapa transformasi dalam hidup, mulai dari gaya hidup sampai pola makan. Beberapa tulisan saya diblog ini, juga banyak bercerita tentang proses transformasi itu.. Dan ternyata, setelah saya praktekkan hasilnya sangat luar biasa. Bahkan alhamdulillah, saya diberikan kesempatan memiliki anak dan berhasil memberikan asi eksklusif untuk anak saya. Transformasi program sehat itu terus saya lanjutkan juga untuk keluarga. Hasilnya, sekarang saya dan keluarga lebih sehat dan bugar.

Bangga? Jelas bangga ^^. Paling tidak untuk diri sendiri saya berhasil mengalahkan sakit yang dialami dan bangga bahwa keluarga saya juga dibiasakan hidup sehat.

Program sehat saya itu gampang sebenarnya, tapi harus dilakukan dengan komitmen tinggi. Saya namakan Program Sehat 3 2 1! Kenapa dinamakan seperti itu? Simak penjelasannya dibawah ini!


3 kali makan yang sehat dan bergizi setiap hari
Saya makan mi yang sehat dan lezat 


Biasakan untuk makan selama 3 kali dalam sehari. Dan mulai budayakan menu sarapan walau datang rasa malas, tapi saya selalu berusaha untuk makan pagi sebelum jam 9 agar aktifitas berjalan lancar dan konsentrasi meningkat.


Salah satu menu makan sehat yang saya buat untuk anak

Untuk porsi makan, saya sesuaikan dengan cara makan sesuai ukuran lambung yaitu sekepalan tangan. Karena makan diluar ukuran lambung akibatnya akan membuat gemuk. Untuk lauknya, saya memilih menjadi semi vegan yang tidak terlalu doyan daging. Tapi, beberapa kali saya konsumsi dengan porsi sedikit, demi menjaga keseimbangan gizi yang diperlukan tubuh. Menunya juga harus makanan yang sehat dan bergizi. Buah sayur harus selalu ada dalam porsi makanan.


2 liter air minum setiap hari

Minumlah minimal 2 liter air setiap hari agar tubuh kita sehat. Tapi 2 liter air ini sudah termasuk buah-buahan, makanan yang berkuah dan minuman lainnya ya. Jadi bukan harus 2 liter air putih yang diminum.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium. Karena penting sekali untuk tubuh, apalagi wanita membutuhkan kalsium untuk kesehatan tulangnya.


1 jam berolahraga 3 kali dalam seminggu

Berolahragalah dengan baik maksimal 1 jam dalam sehari dengan ritme 3 kali dalam seminggu. Karena dengan berolahraga, tubuh kita jadi sehat dan tidak cepat lemas. Pilih olahraga yang sesuai kemampuan dan waktu luang, karena olahraga ini butuh komitmen agar bisa mendapat hasilnya. Olahraganya pilih yang mudah saja seperti jogging, berenang, yoga atau main futsal.

Nah, sekarang cobain deh program sehat 3 2 1 ini!  Tubuh akan menjadi lebih segar, sehat dan bugar. Ternyata mudah kan menjadi orang yang sehat dan bahagia itu? ^^

40 komentar:

  1. Yg terakhir beluuummmm....
    Dulu aku anggap ngerjain pekerjaan rumah itu jg olahraga mak, tp trnyata nggak...
    Olahraga ada itunya sndiri
    Minimal pgn bs joging gt ah..byr segeran dikit ni badan,
    Tengkiu tipsnya mama raffiiiii :)

    BalasHapus
  2. Luar biasa.

    Tiap Kali baca artikel Mbak Echa, Aku selalu amazing dg ide2nya. Kreatip bgt (sampe pake p nyebutnya, haha). Saya mah ga bisa gitu kaya Gini, disitu kadang saya sedih menjadi blogger yg jarang update dan biasa2 aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaaa.....aku mah blogger apalah apalah apalah dekk

      Hapus
  3. Aku belum rutin makan sayur dan olahraga. Padahal udah umur segini. Tapi nggak ada kata terlambat untuk memulai kan, Cha? ^^

    BalasHapus
  4. Duh olah raga..... perasaan susah betul memulainya...:(

    BalasHapus
  5. olahraga yang mandeg niiih....sudah dua bulanan berhenti aerobic dan BL gegara tugas keluar kota...eh keterusan... *sedih liat sepatu olahraga nganggur di pojokan*
    sukses mak...

    BalasHapus
  6. demi bisa olahraga teratur aku bela-belain beli treadmill mak....btw top deh idenya program 3 2 1 patut ditiru........

    BalasHapus
  7. ini diaaaa....yg rutin olah raga itu loh berat bangeeeettt.... masih susah mengalahkan rasa malas. dugh jadi sedih :(

    BalasHapus
  8. Wah kalo aku masih berantakan semua mua nya >.<
    mau dicoba lagii deh :D :D makasih tipsnya #healthagent hehe

    BalasHapus
  9. wah... aku kurang kalau cuma 3 kali makan dalam sehari.. harus 5 kali karena aku punya hypoglikemia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bukan jumlah makannya mba...tapi asupannya

      Hapus
  10. sebenarnya sederhana banget ya Mbak pregram 321 nya...memang harus disiplin pada diri sendiri nih

    BalasHapus
  11. Echa keren. Ayo sehaaaaaat. :)

    BalasHapus
  12. Singkat, padat, mantap!!

    Kena bangeeeet nih, Mak!!

    BalasHapus
  13. emang keren deh mamaknya raffi nih...kreatif banget...

    BalasHapus
  14. Program sederhana tapi keren. Aduh Mak, diriku merasa takjub dengan ide2mu :)

    BalasHapus
  15. Setujuuu! Salut sama Mak Echa, poin yg ketiga nii yg masih jarang :(

    BalasHapus
  16. Olahraga? Sampe sekarang masih jadi wacana ya ampun... x))

    BalasHapus
  17. Iya nih nggak olah raga buat badan jadi tambah lemes. Harus mulai dari sekarang nih biar sehat, semangattt! :)

    BalasHapus
  18. program sehat yg mudah, murah dan meriah ya... :)

    BalasHapus
  19. Semoga sehat selalu biar tambah gesit ngikuti Raffi main.

    BalasHapus
  20. aku suka ekpresi mbak echa selalu ceria

    BalasHapus
  21. Hoo, ada jg ya mi yg sehaat... Nanti aku cobain aaahhh

    BalasHapus
  22. Sehat itu kaya anugrah

    BalasHapus
  23. kalo untuk diet sebaiknya jangan makan mie soalnya mengkonsumsi 1porsi mie = 3 porsi nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas obat...ini bukan buat diet lohh :))) tapi cobain deh mie yang sehat dan lezat tropicana slim... ^^ pasti beda nggak bersalah makan mie walau diet

      Hapus
  24. Yuup... setuju sama mak echa. Sehat itu mudah. Tinggal konsisten jalanin ajq ;-)

    BalasHapus
  25. Jadi pingi makan mie. :D
    Btw, foto yg lari itu fresh bgtt. Suka ngelihatnya. :D

    BalasHapus
  26. mau dicoba deh program sehat 3 2 1 ini :)

    BalasHapus
  27. wahh jadi inget nih resep sehatnya
    makan 3x sehari, minum 2 liter sehari dan olah raga sejam!!
    go go healthy..
    makasih mb tips nya:)

    BalasHapus
  28. Oooo, 321 sehat ala cha begini tooow, aku makan kadang 3 kali kadang 2 kali...berarti kudu disiplin makan yook aach...

    BalasHapus
  29. Yang terakhir masih susah diterapin qiqiqi

    BalasHapus
  30. Wah asik nih ada mie yang cocok kalo lagi diet :D

    BalasHapus
  31. satu dua tiga ayo semangat olah raga

    BalasHapus
  32. wah, sumpeh itu ada mi yang sehat? mauuuu. yg 2 oke. yang 1....errrr masih dalam mimpi, susah bener

    BalasHapus
  33. Aiiiih keren tipsnya :D bismillah mau mulai yang 1

    BalasHapus
  34. semuanya udah.. tapii cuma kadang2 aja dijalanin terutama olahraga wkkwkwk :v :v

    BalasHapus
  35. poin 3 masih belum bisa di terapkan dengan konsisten mbak,,hehe ada aja gangguannya :D

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^