Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari. Punya bayi newborn itu memang susah-susah gampang. Walau dia masih banyak tidur, tetap saja kita harus membuat dia nyaman dengan tidurnya. Apalagi buat bayi kan tidur itu bisa mencerdaskan otak berdasarkan penelitian. Kitanya juga butuh banyak istirahat kan pasca melahirkan :").


Biasanya para ibu sering mengeluh dengan kegiatan begadang di malam hari, apalagi saat bayi masih newborn. Saat Raffi masih kecil ya sama, saya juga merasakan hal itu. Tapi saat Raffa saya tidak sama sekali bergadang dimalam hari. Paling hanya rutin menyusui dan ganti pospak saja setiap 2-3 jam sekali. Makanya saya sudah bisa langsung aktif menulis lagi seperti sekarang :D.

Sebenarnya, saya lebih khawatir pada hal yang mengganggu anak kurang enak tidur itu bukan tentang aktifitas menyusui dimalam hari seh. Lebih ke faktor dari luar yang bisa membuat anak saya kurang nyenyak tidurnya. Tahu sendiri kan? Dimusim penghujan saat ini kan bikin udara jadi lebih lembab plus banyak nyamuk. Duh ngeri kali kan?. Secara banyak banget penyakit karena nyamuk kan saat ini, ada malaria, demam berdarah sampai zika. Amit-amit jangan sampai kena anak-anak.

Makanya, dirumah saya sudah persiapkan sedemikian rupa agar bayi saya nyaman tidurnya. Yang penting bikin anak enak tidurnya nyenyak. Ini cara saya agar bayi tidur nyenyak dimalam hari ^^.

1. Buat jadwal menyusui dimalam hari

Susui bayi sampai kenyang, yaitu bayi akan melepas puting payudara karena ketiduran. Saat ini, bayi dalam kondisi tidur dan bisa kita pindahkan ketempat tidurnya. Atau kalau saya biasanya karena menyusui sambil tiduran, jadi sampai terlelap saja baru dipindahkan ke boks bayi.

Untuk newborn, jangan lupa setiap 2-3 jam sekali dibangunkan perlahan agar menyusu. Lalu tidurkan kembali sampai lelap. Biasanya setelah menyusui saya langsung ganti popoknya jadi sekalian kerja dan tidak membangunkan anak lagi.

2. Ajari konsep gelap terang 

Ini bisa dengan cara mematikan lampu kamar diganti lampu yang lebih temaram redup. Dengan pengenalan konsep gelap terang sebenarnya anak itu bisa mengatur pola tidur bayi juga. Misalnya kalau saat terang (pagi-sore) dia akan bermain dan saat dimalam hari dia akan tidur. Btw, saat gelap ada peningkatan hormon melatonin yang bermanfaat untuk membantu bayi tidur dan juga menambah kekebalan tubuh.

Bagaimanapun, bayi itu kan pintar. Jadi kalau dia melihat lampu tidur, akan terbentuk sendirinya tidur. Konsep ini terbukti banget pada kakak Raffi, makanya saya lanjutkan buat adik Raffa biar pola tidurnya terjaga sampai besar ^^.

3. Gunakan pakaian yang nyaman dan popok yang kering

Pakai baju bayi yang mudah menyerap keringat seperti kaus atau katun dengan ukuran yang pas. Selimuti biar lebih nyaman saat bobok selama suhu udara tidak panas ^^. Lalu pakai pospak untuk dimalam hari dengan rajin menggantinya maksimal setiap 4 jam sekali atau saat dia BAB. Ini biar bayi tetap merasa kering dan nyaman sepanjang malam. Kalau kata seseiklan, hari gini bobok nggak nyaman gegara popok basah? Dah gak jaman loh :D.

4.  Buat bonding yang kuat sebelum tidur

Menurut penelitian, waktu terbaik untuk bonding itu sebelum dan setelah tidur. Nah, untuk sebelum tidur kita bisa ajak anak bercanda sebentar, mengelus rambut, membacakan buku atau memberikan pijatan lembut juga bisa. Kualitas kebersamaan orang tua dan anak jadi bertambah kan. 

Tapi, usahakan jangan mengayun bayi agar tidur. Karena selain akan membuat jadi kebiasaan juga capeklah pasti gendong mulu xixixi.

5. Pakai pengatur udara yang bisa membuat ruangan bebas asap, bebas bau dan bebas nyamuk

Selain suhu udara dalam ruangan harus pas untuk tidur bayi, kesehatan udara juga tetap harus dijaga. Apalagi diawal sudah saya jelaskan banyak banget nyamuk pembawa penyakit dimusim penghujan ini. Mau tidak mau harus punya alat yang bisa melindungi kesehatan keluarga saya.

Untuk ini saya percayakan pada SHARP Air purifier Plasmacluster with mosquito cathcer. Ini adalah air purifier pertama didunia yang dilengkapi teknologi bebas nyamuk loh. Dengan kekuatan 3 in 1 yaitu membuat ruangan bebas bau, bebas asap dan bebas nyamuk, mampu membuat rumah kita punya udara yang bersih, segar dan sehat.

Dengan menggunakan teknologi penjernih udara plasmacluster juga memiliki fungsi penangkap nyamuk yang aman buat keluarga karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Jadi saya tidak perlu lagi bingung dengan nyamuk-nyamuk nakal yang bisa buat bentol badan dan bikin anak tidak nyaman tidurnya. Udara yang dihirup pastinya bebas bakteri dan jamur berkat plasmacluster , juga bebas partikel berbahaya berkat HEPA Filter dan Coanda Airflow.

Saya jadi lebih tenang istirahat pemulihan badan pasca melahirkan dan bayi lebih nyenyak tidurnya. Semua jadi senang dan sehat ^^.

Ini dia SHARP Air purifier Plasmacluster with mosquito cathcer

6.Putar musik lullaby (nina bobo)

Memutar musik lembut, musik rohani , musik klasik atau musik yang disenangi bayi juga bagus untuk pengantar tidur. Atau bisa juga kitanya nyanyi lagu-lagu pengantar tidur. Saya sendiri seringnya pakai lagu I love you-nya Barney itu loh. Makanya, si Raffi hapal bener sama lagunya hihihi. 

7. Sedia stok sabar yang banyak :D

Buat orang tua yang anaknya mungkin sering bangun malam, rewel dan nangis yaaa sabar saja ya ^^. I feel you. Yang penting orang tua kudu semangat dan ikhlas jalaninya ^^. Sini-sini pelukan, kita sama kok hahahaha.

Gampang kan sebenarnya? Yang penting, kita tetap harus menjaga kenyamanan anak selama tidur. Psssttt, jangan lupa pakai SHARP Air purifier Plasmacluster with mosquito cathcer ya dan selamat tidur nyenyak dengan udara bersih bebas nyamuk.

[Sponsored Post]

Komentar

  1. Aku liat olshop sebelah harganya lagi turuuuuun... owowowowow barang ini berguna utk seluruh keluarga, ga cuman anak yg ngerasain manfaatnya, tp ortu, mama, papa, teteh, adek, kakek, nenek, om, tante, mba, mas, dkk jg dpt manfaatnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak yaaa jadi ngehirup udara bebas kuman semuaaa

      Hapus
  2. Anakku yang bayi susah sekli tidurnya. Ketika saya bangun untuk kerja, selalu ikut bangun. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp nemeni ibue kerja generasi penerus ^^

      Hapus
  3. bebas asap, bebas bau dan bebas nyamuk, wah multi fungsi nih

    BalasHapus
  4. Kelihatannya jauh lebih aman dari obat nyamuk biasa ya Mbak Echa? :)

    BalasHapus
  5. Kalau multifungsi begitu, saya juga berminat. Nyamuk di sini pada gila2 an. Kasihan si kecil jadi terbangun saban digigit nyamuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apalagi kalau pakai obat nyamuk baunya g enak :(

      Hapus
  6. Betul juga, ya? Tidur dengan lampu redup akan meningkatkan kesehatan. Aku selalu membiarkan anakku tidur dalam keadaan terang benderang karena aku phobia gelap. Sepertinya aku harus membiasakan menggunakan lampu temaram dari sekarang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya seh nanti jadi kebiasaan sampai gede. kalau emang suka terang gpp juga tapi jadi sekeluarga harus biasa terang ^^

      Hapus
  7. Kalau harus rajin mengganti popok maksimal setiap 4 jam sekali saat dia tidur sebenarnya kasihan juga, karena pasti ngebangunin dia. Makanya kalau aku pribadi, sebelum tidur, anakku aku ajak pipis dulu di kamar mandi, baru setelah itu dia aku ajak bobok. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama aku juga gitu kalau gak bisa ngompol. cuma kadang anakku jam 2-4 gt pasti kebangun ngompol -__- pdhl aturan dia bangun pipis..ini diem aja xD

      Hapus
  8. anakku suka begadang Mba, jadi agak susah disuruh tidu di jam "normal" :(

    BalasHapus
  9. yang nomor 8 ituhh... hhhhahaha emang betullll...

    BalasHapus
  10. dede raffa dijamin nyenyak pakai mosquito cacher :)

    BalasHapus
  11. Huaaa pasti nyenyak nih pake sharp inih.. Sempet mau nyobain duluuu
    Lucu fotonyaaaa..kenyang nyaman insya Allah tdr nyenyak hihi

    BalasHapus
  12. aku juga pake sharp mbak...sharp...memang bagus kok

    BalasHapus
  13. Anakku semua suka tidur malam hari huhuhu mungkin nurun kami juga sih, aku ga bisa dan ga biasa tidur sore.

    BalasHapus
  14. Satu sampai lima sama dengan aku tuh tipsnya, makanya tiga anakku nggak ada yang bikin aku begadang saat malam :D
    Aku mupeng sama air purifier ini, biar nggak digigit nyamuk kalau lagi tidur siang atau pun malam :)

    BalasHapus
  15. Pengen nyoba deh.. bocoran harga nya ada gak mba echa..
    Tips nomer 2 itu ampuh banget di rumahku.. kalo gelap/temaram anak2 ky otomatis tidur

    BalasHapus
  16. Rumahku butuh ini nih. Sharp Plasmacluster. Udara zaman sekarang sangat berisiko banget buat anak-anak. Berapa harganya? :D

    BalasHapus
  17. Hihihi...kalau lampu nggak dimatiin sampe mulut berbusa ndongeng ya nggak bobok tuh Kak Ghifa.

    BalasHapus
  18. Wah kalau pakai Sharp Plasmacluster, jadi nyenyak tidurnya nih mba :)

    BalasHapus
  19. Tipsnya bermanfaat, terutama buat yang habis lahiran. Biasanya suka begadang kalau ga tau tipsnya...

    BalasHapus
  20. anak-anakku juga ga ada yang begadang mbak. syaratnya satu, emaknya ikut tidur pas anak tidur malam. dan ini masih kebawa sampai sekarang (mas mbarep umur 7 th).

    BalasHapus
  21. Oke, baiklah...noted. Siapa tahu besok-besok punya bayi lagi #eaaaa

    BalasHapus
  22. sedia stok sabar yang banyak, itu dia, hihihi...

    kalau saya, alhamdulillah anak-anak ngga terbiasa begadang sejak bayi. tapi, kadang mereka kehausan malam-malam. meski yang kecil masih ASI, tapi tetap saja suka bangun nglilir dan minta air putih. lebih segar mungkin ya? jadi saya selalu sedia air putih saat tidur. :)

    BalasHapus
  23. aq mau coba ah mbak pake lampu tidur..

    BalasHapus
  24. Bonding sebelum tidur itu masih aku lakukan lho, walopun anak2 udah pada gede kayak gini. Pokoknya kalo mau tidur atau baru bangun, kita selalu sayang2an dulu :))

    Ih, aku juga pengeeeen beli Sharp Air Purifier ini buat memberantas nyamuk yang pada bandel di rumahku!

    BalasHapus
  25. Aku juga mau beliii ah, latah amat. Hahaha. Tapi emang kalo baca-baca fungsinya, kayaknya butuh ya, apalagi punya anak kicik kita.

    BalasHapus
  26. Makk..eike mupengg sama air purifier ����

    BalasHapus
  27. Wah pengen beli nih. nabung dulu kali ya

    BalasHapus
  28. kalau mengatasi anak yang sulit untuk tidur di siang hari gimana ya... karena sering anak sulit jika di suruh tidur di siang hari

    BalasHapus
  29. Anakku dari dulu tidurnya tengah malam, susah banget buat tidurnya teratur tapi gampang banget buat bikin dia betah melek.

    Pengen air purifiernya, di sekitar rumah lagi musim DB jadi parno..

    BalasHapus
  30. Sama satu lagi mbak, pas hamil jangan sering2 tidur malam..konon katanya menurut penelitian jam tidur ibu hamil jg mempengaruhi jam tidur bayinya. Karena dulu saat diperut katanya ketika ibu hamil tidur anaknya jg ikut tidur begitu jg sebaliknya

    BalasHapus
  31. Yang terakhir penting tuh: sedia stok sabar yang banyak :)

    BalasHapus
  32. Dulu anakku nyenyak tidur di baby crib trus dikelambuin krn di rumah mertua banyak nyamuknya ohemjiii. Coba udah kenal Sharp Air Purifier ini ya, pasti tidur si kecil lebih nyenyak.

    BalasHapus
  33. Kak ... kalo stok sabar nya habis, mending isi ulang di indomaret aja hehehe.
    Jadi inget ama ponakan gw, awal nya udah tidur di depan tv lalu di angkat ama bapak nya masuk kamar, eh begitu sampai kamar mulai betingkah ampe bapak nya kesel dan di biarin aja mau ngapain

    BalasHapus
  34. Anak kedua tapi pas baru lahir begadangnya gak separah anak pertama.
    Wah alatnya bikin pengen ini

    BalasHapus
  35. waktu anakku bayi waktu tidurnya terbalik . siang tidur dan malamnya berjaga.wah ... agak repot juga ....

    BalasHapus
  36. musuh bayi saat tidur adalah nyamuk. Dulu... saya suka bingung mau pake obat nyamuk, khawatir mengganggu kesehatan bayi saya. Nah sekarang enak ya, ada alat pembasmi nyamuk yg tentunya aman untuk bayi dan anak. senengnya....

    BalasHapus
  37. Pelajaran ini untuk yang gelap terang, soalnya dulu di rumah sukanya tidur pake lampu dari kecil jadinya suka insom sampe gede. Bisa nanti kalau ada bayik pake konsep matiin lampu juga...

    BalasHapus
  38. wuih yang saya cari-cari nih,
    sering banget si kecil nangis gak tahu penyebabnya.
    thank

    BalasHapus
  39. Waa, makasih tipsnya mba, anak saya suka rewel kalo malam. pusing emaknya hehe

    BalasHapus
  40. Oh iya bener, mulai dar bayi yaaa yg mati lampu kalo tidur ini. Anak nya temen ku karena ngak terbiasa gelap jadi kalo liat gelap dikit dah ketakutan

    BalasHapus
  41. aku kalau bobo lamput terang tau redup ngga masalah cha..anak-anak juga. Tapi kalau ada nyamuk baru deeeh susah bobo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa nyamuk itu sebenarnya suka yang gelap2 ya. Disana ada nyamuk juga mamabo di NY?

      Hapus
  42. Makasih mbak bermanfaat banget informasi di artikelnya... :)

    BalasHapus
  43. Bener ini, gangguan nyamuk yang akibatnya macem-macem, bising suaranya, gigitannya bahaya, minimal bentol-bentol.
    Pake mosquito chahe ini boleh juga ya

    BalasHapus
  44. Makasih sharingnya. manfaat banget .

    BalasHapus

Posting Komentar

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^